Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 23550287     EISSN : 25493299
Jurnal J-IKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung) pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. J-IKA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Bahasa dan Komunikasi.
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 1 (2018): JURNAL J-IKA" : 8 Documents clear
Tahapan Kampanye “This Album is Gold” oleh Band Indie Elephant Kind Effendy, Tiara Putri; Bakti, Iriana; Hafiar, Hanny
J-IKA Vol 5, No 1 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.047 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan kampanye “This Album is Gold” yang dilakukan oleh Band Indie Elephant Kind. Metode Penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan paradigma positivisme. Konsep yang digunakan dalam kampanye ini adalah model kampanye The Five Functional Stages Development Model yang dikemukakan oleh tim peneliti dari Yale University Terdapat 5 lima tahap dalam model ini, yaitu identifikasi, legitimasi, partisipasi, penetrasi, dan distribusi. Hasil dari penelitian ini adalah, identitas yang digunakan dalam kampanye ini adalah warna emas dan logo yang digunakan adalah logo City J. Elephant Kind mendapatkan legitimasi dari Detikhot.com sebagai Top Album 2016. Masyarakat terlibat dalam kampanye ini dengan membeli CD mereka, datang ke konser mereka, memberikan karya seni, mengunggah foto dan video dengan tagar #thisalbumisgold, dan memberikan apresiasi secara langsung. Penetrasi yang didapatkan berupa simpati yaitu apresiasi secara langsung dan masyarakat turut bernyanyi dalam konser, juga mendapatkan tempat di hati masyarakat dilihat dari masyarakat mau membeli konser Elephant Kind juga mengundang Elephant Kind dalam acara. Tahap terakhir yaitu tahap distribusi merupakan tahap yang belum berhasil dalam kampanye ini. Elephant Kind masih belum bisa menjual CD Fisiknya dalam jumlah yang diinginkan. Saran yang diberikan untuk Elephant Kind adalah sebaiknya mereka menambah media untuk promosi, menambah jaringan distribusi, dan menambah tim khusus untuk melakukan distribusi CD Fisik.
Gaya Eksekusi Iklan Digital Studio Workshop Depok Melalui Poster Baskoro, Angga Pradipta
J-IKA Vol 5, No 1 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.319 KB)

Abstract

Digital Studio dapat bersaing dengan lembaga kursus lainnya secara baik dan melakukan pedekatan bertujuan untuk mengetahui kondisi persaingan produk dimana khalayak menyukainya. Oleh karena itu penulis mencoba meneliti bagaimana gaya eksekusi iklan cetak digital studio melalui posterdengan mengetahui bagaimana gaya eksekusi yang digunakan oleh digital studio sehingga khalayak tertarik dan melakukan tindakan, karena digital studio berkomitmen bergerak dibidang desain dan animasi yang luar biasa. Sehingga dalam mengeksekusi iklan pada media cetak khususnya poster, digital studio tidak pernah main-main untuk membuat tampilan iklan tersebut agar menarik. gaya eksekusi iklan merupakan tahap final atau hasil akhir dari pembuatan sebuah iklan, eksekusi iklan merupakan hasil perwujudan dari sebuah strategi kreatif iklan. Gaya eksekusi iklan dalam kaitannya dengan kegiatan marketing communication di kaji secara komprehensif sehingga pesan yang disampaikan dapat menarik perhatian dan menimbulkan efek yang kuat pada media khususnya media lini bawah (below the line). dimana gaya eksekusi iklan yang kreatif juga tidak terlepas dari media yang digunakan, seperti media lini bawah khususnya poster. Poster juga salah satu media yang digunakan oleh digital studio untuk menarik perhatian dari kgalayak sehingga dapat memahami bahwa digital studio merupakan sebuah lembaga kursus desain grafis yang terpercaya, poster juga dapat mewakili dari sebuah perusahaan ataupun produk.
Strategi Marketing Public Relations Pt. Pos Indonesia Nurfitriani, Asri; Suhartini, Titin
J-IKA Vol 5, No 1 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.004 KB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Marketing Public Relations PT. Pos Indonesia, Studi kasus Terhadap Strategi Marketing Public Relations Pospay Kantor Pos Area V Jawa Barat. Penelitian ini mengemukakan tentang bagaimana strategi marketing produk pospay yang dilakukan oleh Kantor Pos Area V Jawa Barat, yang pada jaman sekarang ini banyak orang yang memakai pelayanan jasa dan keuangan untuk menunaikan kewajiban nya untuk membayar tagihan / angsuran. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi yang digunakan dalam marketing public relations produk pospay yaitu strategi pull mencakup pemberian informasi mengenai produk, menggunakan media komunikasi, periklanan, kegiatan promosi melalui event dan juga sponsorship, strategi kedua yaitu strategi push yang mencakup mendorong masyarakat agar menggunakan pospay dengan cara menginformasikan kemudahan yang dilakukan dan meluaskan target pemasaran pospay, dan yang ketiga strategi pass yaitu melakukan sosialisasi terhadap masyarakat, instansi dan juga sekolah untuk meningkatkan citra PT. Pos Indonesia. Kata kunci : Pospay, Strategi Pull, Push, dan Pass ABSTRACT Marketing Public Relations Strategy PT. Pos Indonesia, Case Study Public Relations Marketing Strategy Pospay Post Office Area V West Java. This research describes how the marketing strategy of Pospay products conducted by Post Office Area V West Java, which in this day many people who use service and finance to fulfill its obligation to pay bill / installment. This research uses case study method and data collection technique done by observation and interview. The result of this research is strategy used in marketing public relations product of pospay that is full strategy include giving information about product, using communication media, advertisement, promotion activity through event and also sponsorship, second strategy is push strategy which include encouraging people to use pospay with How to inform the ease of doing and expanding the target marketing pospay, and the third pass strategy is to socialize the community, agencies and schools to improve the image of PT. Indonesian post. Keywords: Pospay, Full Strategy, Push, and Pass
Endorser Selebriti Pada Iklan Politik Sebagai Upaya Vote Getter Pada Pemilih Muda Martana, I Ketut; Andriana, Dina
J-IKA Vol 5, No 1 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.132 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna-makna tersirat di balik naskah dan untuk mengetahui peranan serta efek penggunaan endorser iklan politik pada iklan capres dan cawapres Jokowi-Jusuf Kala. Iklan-iklan yang menjadi perhatian pada penelitian ini adalah iklan-iklan yang menampilkan capres dan cawapres Jokowi dan Jusuf Kala dari tiga versi iklan politiknya. Tim sukses pasangan capres dan cawapres Jokowi-Jusuf Kala (Jokowi-JK) membuat 3 versi iklan politik dengan strategi endorser, yaitu versi pengakuan artis, versi Jokowi-JK adalah Kita 1 dan versi Jokowi-JK adalah kita 2 yang masing-masing iklan berdurasi 30 detik. Analisis yang digunakan adalah analisis studi kasus Robert K.Yin dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini endorser selebriti politik adalah upaya untuk memperoleh suara (votting getter) pada pilpress 2014 pasangan Jokowi-JK menggunakan strategi politician celebrity endorser dengan strategi penyampaian pesan persona politik (vocally, iconically, dan kinestic). Hal itu bisa dilacak dari elemen yang mengiringnya entah itu berbasis legitimasi, popularitas, maupun kharisma. Adapun vote getter sendiri pada dasarnya merupakan bentuk kulminasi daripada endorsement tersebut.Kata Kunci : Iklan Politik, Endorser, Vote Getter.
Internally Driven Issue Dalam Kegiatan Peluncuran Produk Honda Oleh Pt.Daya Adicipta Motora Sultrayansa, Sultrayansa; Gusfiani, Auliana; Perbawasari, Susie
J-IKA Vol 5, No 1 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.047 KB)

Abstract

PT. Daya Adicipta Motora (DAM) merupakan distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat. Dalam pangsa pasar sepeda motor di Indonesia, Honda layak disebut pemimpin pasar atau market leader. Namun pada kenyataannya Sampai dengan hari ini Honda tidak hanya tinggal diam menikmati hasil penjualannya yang terus meningkat, melainkan membuat langkah-langkah strategi peluncuran produk untuk memenuhi kebutuhan pasar. Penelian ini memahas tentang bagaimana tindakan strategi PT. DAM dalam menanggulangi resiko yang mungkin muncul pada saat peluncuran produk. Produk yang dimaksud adalah produk yang memiliki spesifik hampir sama dengan produk pesaing. Analisis kualitatif ini dibuat melalui konsep dasar Internally Driven Issue yang mengemukakan tentang bagaimana seorang Public Relations menanggulangi issue akibat tindakan internal.
Agriculture and Ritual: Pola Komunikasi Ritual Slametan Musim Tanam Padi di Ngemplak, Sambikerep, Surabaya Handayani, Sri
J-IKA Vol 5, No 1 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.597 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan perspektif ritual. Perseptif ini berpandangan bahwa komunikasi bukan pengiriman atau proses transmisi pesan, melainkan sebagai representasi keyakinan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk memotret pola komunikasi ritual “slametan” semasa musim tanam padi di desa Ngemplak, Sambikerep, Surabaya? Dengan fokus pertanyaan tersebut akan mendeskripsikan: (1) Rangkaian ritual slametan semasa musim tanam padi; (2) Simbol dalam sajian ritual slametan semasa musim tanam padi; (3) Place and Time Setting dalam ritual slametan semasa tanam padi; dan (4) Makna dan Fungsi ritual slametan semasa musim tanam padi.  Untuk tujuan ini, digunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi ritual slametan semasa musim tanam padi di desa Ngemplak dilakukan dalam tiga rangkaian, yaitu “keleman”, “metek”, dan “munggo lombung” yang masing-masing memiliki simbol signifikan yang berbeda yang secara otomatis mengenali ritual yang sedang dilakukan. Diketahui pula, sekalipun masing-masing individu dalam masyarakat itu tidak mengetahui makna pasti dari simbol-simbol signifikan dalam setiap ritual slametan,  namun mereka memiliki pengertian yang sama atas makna ritual slametan. Ada kebermaknaan dalam komunikasi ritual slametan. Mereka memaknai ritual slametan tersebut sebagai representasi dari pengharapan atas keberkahan, persembahan kepada dayang, dan perwujudan rasa syukur atas keberkahan dan kelimpahan rezeki.  Kata kunci: agriculture, komunikasi ritual, slametan, kebermaknaan
Proses Strategi Pull Marketing Public Relations Planter Craft Hardisty, Reinatya Ghaida; Zubair, Feliza; Budiana, Heru Ryanto
J-IKA Vol 5, No 1 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.944 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Proses Strategi Pull Marketing Public Relations Planter Craft”. Topik yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi pull marketing public relations Planter Craft dalam upaya mengenalkan Boneka Lumut yang telah dilakukan selama dua tahun namun belum memberikan hasil yang diinginkan. Penentuan sumber data yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan penelusuran data online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan (planning) strategi pull dilakukan Planter Craft dengan menentukan tujuan, publik kunci, dan pesan mengenai produk. Pada tahap pelaksanaan (executing), Planter Craft mengimplementasikan strategi pull dengan aspek komunikasi berupa penggunaan media sosial, bazaar, dan workshop pembuatan Boneka Lumut. Evaluasi strategi pull yang dilakukan Planter Craft dilihat dari dua hal yaitu pengetahuan konsumen yang mengunjungi gerai pada bazar dan jumlah like dan komentar di Instagram. Kata Kunci: Marketing Public relations, pull strategy, planning, executing, evaluation ABSTRACT The title of this research is “The Process of Pull Strategy Marketing Public relations by Planter Craft”. The topic raised in this research is about the planning, implementation, and evaluation process of pull marketing public relations strategy by Planter Craft in an effort to introduce Boneka Lumut that has been done for two years but has not given the desired result. The data source in this research is obtained by using purposive sampling technique. The method used for this research is descriptive study with qualitative data type. The data collection was held through interviews, observation, literature study, and online data searching The results showed that the planning of pull strategy that was conducted by Planter Caft is done by setting a goal, key publics, dan messages about the product. In the executing phase, Planter Craft implement the pull strategy by focusing on communication aspect such as the use of social media, bazaar and crafting Boneka Lumut workshop. The evaluation phase was done by observing the knowledge of stand visitors in bazaar and the amount of like and comment on Instagram. Keywords: Marketing Public relations, pull strategy, planning, executing, evaluatio
Film Wonder Woman : Dominasi Wanita Dalam Dunia Patriarki Irwanto, Irwanto
J-IKA Vol 5, No 1 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.513 KB)

Abstract

Film Wonder Woman yang diadaptasi dari komik dengan judul yang sama menampilkan sosok pahlawan wanita yang bernama Diana dan dikenal dengan sebutan Wonder Woman. Dalam film tersebut Diana menjadi simbol perjuangan feminisme dengan mengaktualisasikan dominasi wanita pada unsur visual dan audio pada filmnya. Melalui metodologi kualitatif dan analisis wacana penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana wacana feminisme tersebut disampaikan dalam film. Hasil penelitian  terungkap bahwa pada elemen mikro feminisme disampaikan melaui judul, tema, setting, karakter, dialog, kostum, fotografi, dan musik.  Sementara pada elemen makro nya didapat bahwa dominasi wanita pada film Wonder Woman tidak lepas dari aspek historis film tersebut yang memang dikreasikan oleh tokoh feminis.

Page 1 of 1 | Total Record : 8