Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 23550287     EISSN : 25493299
Jurnal J-IKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung) pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. J-IKA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Bahasa dan Komunikasi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2017): JURNAL J-IKA" : 7 Documents clear
Revitalisasi Industri Pariwisata Melalui Komunikasi Pemasaran Terpadu Berbasis Online Di Kota Bandung Koswara, Iwan
J-IKA Vol 4, No 2 (2017): JURNAL J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKIndonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam dan budaya yang besar yang memberikan modal besar bagi  sektor pariwisata. Pariwisata sendiri merupakan salah satu sektor yang menjadi motor penggerak dalam pertumbuhan ekonomi negara. Dengan potensi wisata alam dan budaya yang begitu besar, pariwisata Indonesia menjadi salah satu penyumbang devisa yang besar bagi perekonomian Indonesia. Pariwisata merupakan sektor yang prospektif dengan kenaikan realisasi investasi relatif cukup besar. Kenaikan ini didukung dengan rencana pemerintah merevisi Perpres 39 tahun 2014 mengenai bidang usaha yang tertutup dan bidang usaha yang terbuka untuk penanaman modal (Bkpm. 2017). Bandung sebagai salah satu kota kreatif menyimpan banyak destinasi wisata yang dapat memikat ribuan bahkan jutaan wisatawan untuk mengunjunginya. Akan tetapi, keunikan atau unique selling point (USP) pariwisata Bandung dinilai belum dapat terekspose atau dikenal dengan baik. Oleh karenanya, revitalisasi industri pariwisata  melalui pendekatan komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication) berbasis online penting untuk dilakukan, hal ini dikarenakan  IMC dapat membentuk identitas merk yang kuat di pasar dengan mengikat bersama dan memperkuat semua citra dan pesan komunikasi yang disampaikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif; yaitu proses penyelidikan untuk memahami masalah sosial/manusia, berdasarkan penggambaran holistik atas permasalahan yang dihadapi. Hasil kajian menunjukkan bahwa peran komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication) berbasis online amat besar dalam upaya promosi  pariwisata Kota Bandung. Kata Kunci :  Industri Pariwisata, Komunikasi Pemasaran, Bandung.  ABSTRACTIndonesia is a country that has a wealth of natural resources and a great culture that provides large capital for the tourism sector. Tourism itself is one sector that becomes the driving force in the countrys economic growth. With the potential of nature and culture so great, Indonesia tourism became one of the major foreign exchange contributors to the Indonesian economy. Tourism is a prospective sector with relatively large increase of investment realization. This increase is supported by the governments plan to revise Presidential Decree 39 of 2014 on closed business fields and open business fields for investment (Bkpm 2017). Bandung as one of the creative cities keep many tourist destinations that can lure thousands and even millions of tourists to visit it. However, the uniqueness or unique selling point (USP) of Bandung tourism is considered not to be exposed or well known. Therefore, the revitalization of the tourism industry through an integrated online marketing communications approach is important to do, this is because IMC can establish a strong brand identity in the market by binding together and strengthening all the images and communication messages delivered. This research uses qualitative descriptive research method; Namely the process of inquiry to understand the social / human problem, based on the holistic description of the problems encountered. The result of the study shows that the role of integrated marketing communication (integrated marketing communication) based online is very big in the effort of Bandung tourism promotion. Keywords: Tourism Industry, Marketing Communications, Bandung.
Media Sosial Penguat Eksistensi Budaya Populer Irwanto, Irwanto
J-IKA Vol 4, No 2 (2017): JURNAL J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTulisan ini adalah hasil penelitian yang berupaya untuk menjelaskan mengenai karakter media sosial yang memberikan ruang terhadap budaya populer. Sementara media sosial saat ini telah menjadi bagian dari peradaban manusia dan digunakan olah banyak orang, maka budaya populer meluncur tanpa hambatan melalui kendaraan media sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka baik melalui literasi ataupun informasi yang dipeoleh dari media mainstream ataupun media sosial guna menjawab permasalahan yang terungkap. Hasil penelitian ini menjelaskan keunikan karakter media sosial sengaja diciptakan oleh kaum kapitalis sebagai cara untuk menyebarkan budaya populer yang identik dengan konsumtif dan bertentangan serta menghambat budaya tinggi. Kata Kunci: media sosial, eksistensi,  budaya populer, kapitalis ABSTRACTThis paper is a  from research that seeks to explain the character of social media that gives space to populer culture. While social media has become a part of human civilization and used by many people, the populer culture is gliding unhindered through social media vehicles. This study uses literature study method through literasi or information obtained from mainstream media or social media to answer the problems revealed. The results of this study explain the unique character of social media deliberately created by the capitalists as a way to spread populer culture is synonymous with consumptive and  contradict and resist high culture. Keywords: social media, existence, populer culture, capitalist
Analisis Event “Pos Indonesia Bergerak 2017” Sebagai Upaya Mempertahankan Reputasi Khotimah, Nurul; Suhartini, Titin; Fitriawati, Diny
J-IKA Vol 4, No 2 (2017): JURNAL J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPelaksanaan Event merupakan salah satu taktik dari divisi Public Relations (PR) disetiap perusahaan untuk menarik simpati dan empati publik dan media massa. Event juga bisa dikatakan sebagai alat untuk menciptakan citra dan reputasi yang baik bagi perusahaan. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana PT. Pos Indonesia khususnya bagian Public Relations mengelola sebuah Event yang dinamakan Pos Indonesia Bergerak sebagai partisipasi perusahaan di Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus disertai dengan pendekatan kualitatif untuk menentukan cara mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data hasil penelitian tersebut. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa Public Relations PT. Pos Indonesia mengelola sebuah Event dengan melalui proses analisis situasi, proses perencanaan, implementasi dan evaluasi. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa reputasi perusahaan bertambah menjadi lebih positif setelah diadakannya Event. Kata kunci: Event, Pos Indonesia Bergerak 2017, Reputasi. ABSTRACT The implementation of the Event is one of the tactics of Public Relations (PR) division in every company to attract sympathy and empathy of public and mass media. Event can also be said as a tool to create a good image and reputation for the company. This study discusses how PT. Pos Indonesia especially the Public Relations section manages an Event called Pos Indonesia’s Move as the companys participation in Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). This research uses case study method accompanied by qualitative approach to determine how to find, collect, process and analyze data of research result. The result of the research in explained that Public Relations of PT. Pos Indonesia manages an Event through analysis process of situation, process of planning, implementation and evaluation. From the research results also known that the reputation of the company increased to be more positive after the Event. Keywords: Event, Pos Indonesia’s Move 2017, Reputation.
Analisis Framing Pemberitaan Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Media Online Athalia, Emanuela; Purnama, Hadi; Nugroho, Catur
J-IKA Vol 4, No 2 (2017): JURNAL J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini membahas tentang konstruksi realitas yang dilakukan oleh Metrotvnews.com dan Viva.co.id dalam pemberitaan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, khususnya dalam permasalahan groundbreaking atau peletakkan batu pertama kereta cepat. Pemberitaan mengenai pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung turut menarik perhatian masyarakat Indonesia tidak terkecuali media online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerlad M. Kosicki dengan memerhatikan struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik, dan struktur retoris. Objek penelitian ini adalah teks berita mengenai pemberitaan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung di media online Metrotvnews.com dan Viva.co.id. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa framing yang dibentuk oleh Metrotvnews.com dan Viva.co.id atas berita groundbreaking kereta cepat Jakarta-Bandung lebih menonjolkan kepada aspek regulasi. Pemilihan narasumber dari kalangan pemerintah menunjukkan bahwa Metrotvnews.com dan Viva.co.id tidak objektif dalam menyampaikan beritanya. Kata kunci: Framing, Metrotvnews.com, Viva.co.id, Kereta Cepat, Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki ABSTRACTThis study discusses the construction of reality by Metrotvnews.com and Viva.co.id in reporting development of a high speed railway from Jakarta to Bandung, especially in problem of groundbreaking or laying the first stone of a high speed railway. News about the construction of a high speed railway from Jakarta to Bandung helped draw Indonesian attention especially to online media.The method used in this research is the analysis of framing a model Zhongdang Pan and Gerlad M. Kosicki by watching the syntactic structure, the structure of the script, thematic structure and rhetorical structure. The object of this study is the text of the news about the news construction of a high speed railway from Jakarta to Bandung in online media Metrotvnews.com and Viva.co.id.The results of this study indicate that the framing formed by Metrotvnews.com and Viva.co.id on news of groundbreaking high speed railway from Jakarta to Bandung is more weight to the regulatory aspects. The selection of speakers from government show that Metrotvnews.com and Viva.co.id not objective in presenting the news. Keywords: Framing, Metrotvnews.com, Viva.co.id, High Speed Railway, Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki
Feminisme dalam Tayangan Iklan Televisi Kategori Produk Laki-Laki Novianti, Evi; Nugraha, Aat Ruchiat
J-IKA Vol 4, No 2 (2017): JURNAL J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKSosok perempuan sebagai makhluk yang halus dan lembut menjadi nilai yang menarik untuk dijadikan objek iklan. Lain halnya dengan produk iklan untuk laki-laki yang diperankan oleh perempuan menjadi hal yang tidak wajar dan akan menimbulkan efek penasaran bagi khalayak yang menontonnya. Fenomena inilah yang dimanfaatkan oleh sebagian produsen untuk meningkatkan omset penjualan produknya melalui pemanfaatan sosok perempuan khususnya dalam iklan L-Men dan Axe for Men sebagai aktor tambahan dalam ide cerita iklan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis analisis data melalui semiotik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perempuan yang berperan di ruang publik sebagai objek iklan dapat menarik daya visualisasi khalayak dan secara komunikologi sebagai makhluk yang misterius dan penuh sensasional. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa citra perempuan sangat efektif untuk dijadikan objek iklan dalam usaha mningkatkan daya ungkit penjualan suatu produk. Kata Kunci: Perempuan, Iklan, Produk, dan Citra.  ABSTRACTThe figure of women as a creature that is smooth and soft be of value that is pulled to be used as an object advertising. In contrast with advertising a product for men that is played by women become unnatural and will an undesired effect curious for people who watch it. Phenomena this is that is occupied by producers to increase turnover sales their products through the use of the figure of women in particular in advertising l-men and axe for men as the actor an additional a story idea advertising. This research in a qualitative with a kind of data analysis through semiotic. The research results show that image of women play into public space as an object ad can be draws power visualize audiences and in komunikologi creatures mysterious and full of sensational. Drawing conclusions research shows that image of women was very effective for to becoming an advertisement in business mningkatkan power bob up and down sales a product. Keywords: women, advertising, product,, and image
Partisipasi Politik Tokoh Pemuda Jawa Barat Pada Pemilu Legislatif 2014 Herlina, Rita
J-IKA Vol 4, No 2 (2017): JURNAL J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPartisipasi politik merupakan bentuk konkret kegiatan politik yang dapat mengabsahkan seseorang berperan serta dalam sistem politik, partisipasi politik  sebagai calon legislatif pada pemilu legislatif 2014 memiliki makna tersendiri bagi tokoh pemuda Jawa Barat, dalam hasil penelitian menunjukkan makna tokoh pemuda atas partisipasinya sebagai calon legislatif 2014 adalah : pemuda berperan penting sebagai calon legislatif 2014 dan pemuda memiliki tantangan sebagai calon legislatif` 2014. Kata Kunci: Partisipasi Politik, Tokoh Pemuda. ABSTRACTPolitical participation is concrete form of political activity which can legitimize a person to participate in the political system, political participation as legislative candidate in legislative elections in 2014 has significance for youth leaders in west Java, the results show the meaning and youth leaders for their participation as a candidate for the legislature in 2014 are : youth plays an important role as a legislative candidate in 2014 and youth have challenges as a candidate for the legislature in 2014. Keywords : Political participations, Youth leaders.
Pengaruh Tayangan Iklan TV Terhadap Brand Image Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin Pramelani, Pramelani
J-IKA Vol 4, No 2 (2017): JURNAL J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.65 KB)

Abstract

ABSTRAKSeiring adanya kesadaran masyarakat untuk kembali ke alam (back to nature). Maka tidak sedikit produsen yang beralih produknya ke arah herbal. Semakin menjamurnya obat herbal khususnya obat pereda masuk angin, maka persaingan ketat terjadi antar merek. Merek Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin adalah pemain baru dibandingkan merek Tolak Angin dan Antangin. Untuk mendapatkan respon di pasar, merek Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin mengiklankan produknya dengan bintang dangdut Cita Citata. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh tayangan iklan Terhadap Brand Image (Citra Merek) Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, peneliti menyebarkan kuesioner sebanyak 100 responden dan melalui teknik analisa regresi linier didapatkan hasil yaitu tayangan iklan TV  terhadap brand image (citra merek) Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin memiliki pengaruh yang signifikan. Analisa koefisien determinasi (R2) memperoleh sebesar 24,1% pada variabel iklan TV, sedangkan sumbangan sebanyak 75,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Tayangan Iklan, Merek, Citra Merek ABSTRACTAlong with the public awareness to return to nature (back to nature). So not a few manufacturers who switch products to herbs. The more the proliferation of herbal medicine, especially cures for a cold, then the fierce competition occurs between brands. Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin Brand is a new player compared to Tolak Angin brand and Antangin brand. To get a response in the market, the brand Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin advertises its product with dangdut star Cita Citata. Therefore, the researcher is interested to examine the effect of advertisement on Brand Image. Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin. By using quantitative research method, the researcher distributed questioner as much as 100 responders and through linear regression analysis technique got result that TV show advertisement to brand image Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin have significant influence. The coefficient of determination (R2) analysis was 24.1% in the TV ad variables, while the contribution of 75.9% was influenced by other factors. Keywords: Ad Impressions, Brands, Brand Image

Page 1 of 1 | Total Record : 7