Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 23550287     EISSN : 25493299
Jurnal J-IKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung) pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. J-IKA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Bahasa dan Komunikasi.
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2016): Jurnal J-IKA" : 8 Documents clear
ANALISIS STRATEGI DIRECT RESPONS MARKETING EFEK RUMAH KACA DI KONSER SINESTESIA Fauzi, Dian Kurniawan; Setiawati, Sri Dewi
J-IKA Vol 3, No 1 (2016): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTThis study suggests about how the Public Relations Marketing strategy in increasing the sales of concert tickets synesthete, namely by using a strategy of Direct Response Marketing. A activities carried out in the public relations practitioner at the target through media, with the aim to create market excitement, developing the core customer base and turn loyal customers into advocates. Facts found in the field of marketing strategy Efek Rumah Kaca before the concert synesthete is to provide works created or songs for a demographic that can be downloaded for free at website Efek Rumah Kaca or through SoundCloud account and sites Ripstore Asia.Keyword: Greenhouse Effect, Marketing and Public Relations, Marketing Strategy, Direct Response Marketing, Concerts synesthete ABSTRAKPenelitian ini mengemukakan tentang bagaimana strategi Marketing Public Relations dalam meningkatkan penjualan tiket konser Sinestesia, yakni dengan menggunakan strategi Direct Response Marketing. Sebuah kegiatan yang dilakukan praktisi humas dalam membidik sasaran melalui media, dengan tujuan untuk menciptakan kegairahan pasar, mengembangkan basis pelanggan inti dan mengubah pelanggan yang setia menjadi pembela. Fakta yang ditemukan di lapangan tentang strategi marketing Efek Rumah Kaca sebelum konser Sinestesia adalah dengan menyediakan karya yang diciptakan atau lagu-lagu untuk demografis secara gratis yang dapat diunduh diwebsite Efek Rumah Kaca atau melalui akun SoundCloud dan situs Ripstore Asia.Kata Kunci : Efek Rumah Kaca, Marketing Public Relations, Strategi Marketing, Direct Response Marketing, Konser Sinestesia
HUKUMAN TAHANUS SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENIGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI PUTRI PESANTREN AL-BASYARIYAH Ismail, Jaka; Ngare, Ferdinandus; Suhadi, Mahardiansyah
J-IKA Vol 3, No 1 (2016): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTTahannus Punishment Case Study as a form of moral education in Pondok Pesantren Al-Basyariyah Bandung This research suggests how a program tahannus punishment as an effort to improve discipline and improvement of the morals of the students who violate disciplines sunah cottage. Researchers use this study to examine how the strategy, implementation and results of the program tahanus punishment in improving discipline and improvement of the morals of the students who violate disciplines sunna cottage. The goal is to provide new reference on the implementation of penalties to improve discipline. This study uses a theoretical study of organizational communication with the application of theory acceptance of the authority of Chester Barnard. Data collected by observation depth interviews and literature study. Thus, the study produces an overview of the process of moral education through program tahanus punishment.Keywords : Tahannus, Student.ABSTRAKTahannus sebagai bentuk pendidikan moral di Pondok Pesantren Al-Basyariyah Bandung. Penelitian ini mengemukakan tentang bagaimana sebuah program hukuman tahannus sebagai upaya peningkatan kedisiplinan dan perbaikan akhlak para santri yang melanggar sunah disiplin pondok. Peneliti menggunakan penelitian ini untuk mengkaji bagaimana strategi, pelaksanaan, dan hasil dari program hukuman tahanus dalam upaya peningkatan kedisiplinan dan perbaikan akhlak para santri yang melanggar sunah disiplin pondok. Tujuannya untuk memberikan referensi baru tentang implementasi hukuman untuk meningkatkan kedisiplinan. Penelitian ini menggunakan kajian teoritis komunikasi organisasi dengan penerapan teori penerimaan kewenangan Chester Barnard. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Sehingga, penelitian ini menghasilkan sebuah gambaran proses pendidikan moral melalui program hukuman tahanus.Kata Kunci : Tahannus, Santri Putri.
MAKNA HUBUNGAN ANTARPRIBADI MELALUI MEDIA ONLINE TINDER Nadya, Karlina; Hidayat, Dasrun; Retnasary, Maya
J-IKA Vol 3, No 1 (2016): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTThe focus of this research is based on the meaning of the Inter-personal relationships Tinder users in Bandung. Establishing a relationship via technology should be based on the preparation of appropriate communication messages. Open attitude and the attitude of trust becomes an important thing that Inter-personal communication is still running despite using Tinder media. This study used a qualitative approach on the grounds that this approach is the approach that interprets the phenomena that occur naturally. The method used is phenomenological method as a key concept in this research is to examine the meaning of a user Tinder. Results from this study that the communication can run well with good management communication messages such as the preparation of topics and use of emoticons. Openness and trust in Tinder users can also support communication even if only by using the media. Keywords: Tinder, Inter-personal communication, social media ABSTRAKFokus penelitian ini didasarkan pada makna hubungan Antar pribadi pengguna Tinder di Bandung. Menjalin sebuah hubungan via teknologi harus didasari dengan penyusunan pesan komunikasi yang tepat. Sikap terbuka dan sikap percaya menjadi suatu hal yang penting agar komunikasi Antar pribadi tetap berjalan walaupun dengan menggunakan media Tinder. Penelitian ini menggunakan pendekeatan kualitatif dengan alasan bahwa pendekatan ini adalah pendekatan yang menafsirkan fenomena yang terjadi secara alamiah. Metode yang digunakan adalah metode fenomenologi karena konsep utama dalam penelitian ini adalah mengkaji tentang makna seorang pengguna Tinder. Hasil dari penelitian ini bahwa komunikasi dapat berjalan dengan baik dengan pengelolaan pesan komunikasi yang baik seperti penyusunan Tema dan penggunaan emoji. Sikap terbuka dan percaya pada pengguna Tinder juga dapat menunjang komunikasi walaupun hanya dengan menggunakan media. Kata kunci : Tinder, Komunikasi Antar pribadi, media sosial
KEBIJAKAN PUBLIK PELAYANAN ADMINISTRASI PERNIKAHAN DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF KEMENTERIAN AGAMA RI Murtiadi, Murtiadi
J-IKA Vol 3, No 1 (2016): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKKantor Urusan Agama sebagai ujung tombak Kementerian Agama dalam melayani masyarakat di bidang keagamaan memiliki peran yang sangat krusial. Kantor Urusan Agama (KUA) adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Urusan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Islam RI yang berada di tingkat Kecamatan, satu tingkat dibawah Kantor Kementerian Agama tingkat Kota/Kabupaten. KUA  memiliki Tugas Pokok dan Fungsi (tupoksi) melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten di bidang urusan agama Islam dan membantu pembangunan pemerintahan umum di bidang agama di tingkat kecamatan. Strategi Komunikasi Kebijakan Publik Pelayanan  Administrasi Pernikahan Dalam Membangun Citra Positif Kementerian Agama RI  (Studi Kasus Kualitas Pelayanan Administrasi Pernikahan Di KUA Kecamatan Pulogadung). Penelitian ini menggunakan metode paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif menggunakan analisa studi kasus, untuk menggambarkan Strategi Komunikasi Kebijakan Publik Pelayanan  Administrasi Pernikahan Dalam Membangun Citra Positif Kementerian Agama RI. Objek penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Administrasi Pernikahan Di KUA Kecamatan Pulogadung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  adanya   suatu   usaha   pembuktian   bahwa Strategi Komunikasi Kebijakan Publik Pelayanan Administrasi Pernikahan Dalam Membangun Citra Positif Kementerian Agama RI . Sudah cukup baik dilaksanakan sesuai Tugas Pokok dan Fungsi dari KUA. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Kebijakan Publik, Kualitas Pelayanan Administrasi Pernikahan, Citra Kementrian Agama RI ABSTRACT Office of Religious Affairs as the spearhead of the Ministry of Religious in serving the people in the religious field has a very crucial role. Religious Affairs Office (KUA) is a Technical Implementation Unit (TIU) Directorate of Islamic Affairs Directorate General of the Ministry of Islamic Guidance of Islamic Religion RI located at district level, one level below the level of the Ministry of Religious City / Regency. RAO has a Main Duties and Functions (TOR) carry out some tasks Religious Affairs Office of the City / County in the field of Islamic religious affairs and help the development of public administration in the field of religion at the district level. Communication Strategy for Public Policy Administration Services Marriage In Building Positive Image Ministry of Religious Affairs (Case Study of Service Quality Administrative District of Marriage In KUA Pulogadung). This study uses a constructivist paradigm with qualitative approach using case study analysis, to illustrate the Communication Strategy for Public Policy Administration Services Marriage In Building Positive Image Ministry of Religious Affairs. The object of this study is the Quality of Administrative Services Marriage In KUA District of Pulogadung. The results showed that the existence of a business proving that the Communications Strategy for Public Policy Administration Services Marriage In Building Positive Image Ministry of Religious Affairs. Already quite well implemented in accordance Main Duties and Functions of KUA. Keywords: Public Policy Communications Strategy, Quality of Marriage Administrative Services, Citra Ministry of Religious Affairs
PENGELOLAAN IMAGE WANITA SINGLE PARENT Putri, Revy Deasyani; Anisti, Anisti
J-IKA Vol 3, No 1 (2016): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTThis study aimed to describe the Image Management Single Parent. This study used a qualitative approach to the study of phenomenology. Informants who studied consists of 3 (three) people. The data obtained through interviews, observation, literature, and internet searching. The results showed that there are three (3) the important role that must be run by a single parent in managing the image is, the role personally for himself, the role as the backbone of the family and the role of housewife. Single parent image management in instilling confidence in the environment done by a single parent trying to give a sense, that is actually a single parent is not something to be feared by the community, and the focus of educating children to excel so that people can see the results didikannya. Image management in a single parent to place oneself in the environment done by a single parent to attend social activities organized in their environment. Keywords: image, single parentABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengelolaan Image Single Parent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi. Informan yang diteliti berjumlah 3 (tiga) orang. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, studi literatur, dan internet searching. Hasil penelitian menunjukan bahwa  ada 3 (tiga) peran penting yang harus dijalankan oleh single parent dalam mengelola image  yaitu, peran secara pribadi untuk dirinya sendiri, peran sebagai tulang punggung keluarga dan peran sebagai ibu rumah tangga. Pengelolaan image single parent dalam menanamkan kepercayaan terhadap lingkungannya dilakukan dengan cara single parent berusaha untuk memberikan pengertian, bahwa sebenarnya single parent bukan sesuatu yang harus ditakuti oleh masyarakat, dan fokus mendidik anak hingga berprestasi agar masyarakat dapat melihat hasil didikannya. Pengelolaan image single parent dalam penempatan diri di lingkungannya dilakukan dengan cara single parent mengikuti kegiatan sosial yang diselenggarakan di lingkungannya. Kata kunci : image, single parent
JEJARING KOMUNIKASI DALAM PENYEBARAN INFORMASI OBAT HERBAL DI KALANGAN PENGGUNA Komala, Lukiati; Hafiar, Hanny; Subekti, Priyo
J-IKA Vol 3, No 1 (2016): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKSementara ini banyak orang beranggapan bahwa penggunaan tanaman obat atau obat tradisional relatif lebih aman dibandingkan obat sintesis. Walaupun demikian bukan berarti tanaman obat atau obat tardisional tidak memiliki efek samping yang merugikan, bila penggunaannya kurang tepat. Agar penggunaannya optimal, perlu diketahui informasi yang memadai tentang kelebihan dan kelemahan serta kemungkinan penyalahgunaan obat tradisional dan tanaman obat. Dengan informasi yang cukup diharapkan masyarakat lebih cermat untuk memilih dan menggunakan suatu produk obat tradisional atau tumbuhan obat dalam upaya kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana jejaring komunikasi dalam penyebaran informasi mengenai obat herbal pada masyarakat pengguna obat obatan herbal. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan data kualitatif yang dikumpulkan melalui penyebaran angket terbuka, observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini antara lain: penyebaran informasi obat obatan herbal dalam jejaring komunikasi dalam komunitas pengguna obat obatan herbal, meliputi sumber yaitu keluarga, saudara, kerabat yang dikenal, teman, dan penjual jamu. Adapun pihak komunikasnnya meliputi: keluarga, saudara, teman, tetangga dan pembeli. Sedangkan usulan yang dapat disarankan adalah pemerintah sebagai pihak pengatur regulasi dan pelaksana kebijakan sebaiknya menambah media-media komuniasi guna penyebaran informasi yang tepat mengenai jamu, melalui pembuatan media-media yang disesuaikan dengan keterjangkauan masyarakat yang mengkonsumsi jamu di Indonesia, agar masyarakat dengan mudah dapat memperoleh pencerahan informasi, sehingga pemanfaatan jamu yang bersifat “katanya” dapat secara bertahap dikurangi untuk menghindari kesalahan informasi. Kata kunci: jejaring, komunikasi, obat herbal, tanaman obat.ABSTARCTMany people believe that herbal medicines or traditional medicines are relatively safer than synthetic medicine. But then, if it is not consumed properly, it is not safe to say that herbal or traditional medicines have no harmful side effects. To make sure an optimal consumption, adequate information on the benefit and disadvantage of herbal or traditional medicine is required to prevent the misuse of it. With adequate information, it is hoped that people would be more mindful in consuming the traditional or herbal medicine. The purpose of this research is to understand herbal medicine consumer communication network in information dissemination. Method of research applied is descriptive with qualitative data through open survey questionnaire, observation, and interviews. The findings of this research shows that information dissemination of herbal medicines sources includes: family, relatives, friends, and “jamu” sellers. While the communicator includes: family, relatives, friends, neighbours, and buyer. The suggestion coming from this research are: government as a regulatory and policymaking institution should increase the number of communication media for information dissemination on “jamu”. The communication media should be able to reach consumer of “jamu”, so that the public would receive information easily on the consumption, which gradually will reduce the misuse of “jamu” for the consumer. Keywords: network, communication, herbal medicine, medicinal plant
KONSEP DIRI COSPLAYER “STUDI FENOMENOLOGIS MENGENAI KONSEP DIRI AEON COSPLAY TEAM BANDUNG” Fitriawati, Diny
J-IKA Vol 3, No 1 (2016): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the concept of Self and Communication Patterns Cosplayer and to investigate the motives AEON cosplay team members entered the cosplay community in Bandung. Involving six (6) members AEON informants cosplay team as a source of primary research data and information. The method used is a qualitative method with a phenomenological approach. Data collection techniques in the form of in-depth interviews, documentation studies, and participant observation, using symbolic interaction theory and the theory of social action. The phenomenon under study identified the following research questions: (1) How does the concept of self-cosplayer AEON Bandung, (2) What is the motive AEON a member cosplay cosplayer in Bandung, (3) How does an understanding of cosplay cosplayer AEON. The results showed that self-concept AEON cosplay team members tend to form positive distinctiveness of the team cosplay AEON family of mutual support, help and complement each other. However, it can be concluded that the members of AEON cosplay team can maintain the integrity of the team despite having a self-concept motives and different. Keywords: Self concept, Cosplayer, Motives ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep Diri Cosplayer serta untuk mengetahui motif anggota AEON cosplay team masuk dalam komunitas cosplay yang ada di Bandung. Melibatkan 6 (enam) orang informan anggota AEON cosplay team sebagai sumber data dan informasi utama penelitian. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan pengamatan berperan serta, dengan menggunakan teori interaksi simbolik dan teori tindakan sosial. Fenomena yang diteliti diidentifikasi dalam pertanyaan penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimana konsep diri cosplayer AEON Bandung ; (2) Apa motif cosplayer AEON  menjadi anggota cosplay  di Kota Bandung ; (3) Bagaimana pemahaman cosplayer AEON tentang cosplay. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep diri anggota AEON cosplay team cenderung positif terbentuk kekhasan dari AEON cosplay team yaitu kekeluargaan yang saling mendukung, membantu dan saling melengkapi. Namun dapat disimpulkan bahwa anggota AEON cosplay team dapat menjaga keutuhan team walaupun memiliki motif dan konsep diri yang berbeda-beda. Kata kunci: Konsep Diri, Cosplayer, Motif
STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE TK TUNA SILIWANGI Oktaviani, Yunia; Oktaviani, Femi; Taufik, Reza Rizkina
J-IKA Vol 3, No 1 (2016): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTThis research want show about marketing communication everythings done citizen of Block Tempe to build brand image Tk Tunas Siliwangi in the village eks convict. By doing marketing strategy to be scrutinizing focus problem, research using a method kualitatif with a case study and using konstruktivisme paradigma. The results of obtained by research is that in building brand image Tk Tunas Siliwangi marketing communication strategy much needed in the marketing that is product, price, place, and promotion.Keywords : marketing communication, Tk Tunas Siliwangi ABSTRAKPenelitian ini mengemukakan mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh warga blok tempe dalam membangun brand image TK Tunas Siliwangi di kampung mantan narapidana. Dengan melakukan bauran strategi pemasaran, membangun hubungan good relationship dengan masyarakat dan mengatasi hambatan yang terjadi dalam membangun brand image TK Tunas Siliwangi.Untuk meneliti fokus permasalahan, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan paradigma konstruktivisme. Hasil yang diperoleh peneliti adalah bahwa dalam membangun sebuah brand image TK Tunas Siliwangi strategi komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan dengan melakukan bauran pemasaran yaitu produk, price, place dan promotion.Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Tk Tunas Siliwangi

Page 1 of 1 | Total Record : 8