Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 23550287     EISSN : 25493299
Jurnal J-IKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung) pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. J-IKA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Bahasa dan Komunikasi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2014): Jurnal J-IKA" : 7 Documents clear
STUDI SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI KEINDAHAN BANGUNAN DALAM BROSUR CLUSTER ANDALUS PT.CEMPAKA ARUMPERMAI ESTATE Aprianti, Devi; Rachmaniar, Rachmaniar
J-IKA Vol 1, No 1 (2014): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.16 KB)

Abstract

Abstract - PT. Cempaka Arum Permai Estate sebagai sebuah perusahaan properti sejak 2009 mengembangkan perumahan  Cluster Andalus. PT. Cempaka Arum Permai Estate menggunakan brosur  sebagai salah satu media Public   Relations nya. Brosur Cluster Andalus disebarkan dengan    tujuan untuk memperkenalkan produk perumahan kepada    masyarakat dan memberikan informasi yang dapat membantu masyarakat untuk mengenali produknya. Konsep brosur dibuat informatif dan menarik agar  pesan yang terkandung didalamnya dapat dimengerti dan diterima dengan  baik  oleh  konsumen. Penyajian yang menarik akan menentukan  tercapainya tujuan promosi, karena suatu pesan akan diterima dengan baik oleh pasar sasaran jika pesan tersebut menarik dan mudah dimengerti baik dari segi bahasa maupun   pengungkapannya. Keindahan bentuk dan warna bangunan pada brosur merupakan salah satu point penting untuk menarik perhatian konsumen. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis mengambil judul―Representasi Keindahan Bangunan  Dalam Brosur Cluster Andalus‖. Maksud dari penelitian ini  adalah untuk memahami representasi Keindahan Bangunan    Cluster Andalus dari segi bentuk dan warna. Metode  yang  digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif  dengan paradigma konstruktivis dan pendekatan semiotika. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik  pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, studi  literature  dan penyelusuran internet. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data collection, data reduction, data display, dan data verification. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan  pembahasan ini adalah bentuk garis lurus dipadu padankan dengan bentuk - bentuk garis lainnya menghasilkan keindahan  bentuk bangunan dalam brosur Cluster andalus dan warna abu-abu dipadupadankan dengan warna-warna lainnya menghasilkan keindahan bangunan dalam  brosur cluster Andalus. Hal ini menunjukan  bentuk bangunan minimalis  pada Cluster Andalus dan warna bangunan pada brosur Cluster Andalus merepresentasikan keindahan.Kata Kunci : Media Relasi Umum, Respresentasi. Abstract - PT. Cempaka Arumpermai Estate as a property company since 2009 to develop housing Cluster Andalus. PT. Cempaka Arumpermai Estate using brochures as one of Public Relations media. Cluster Andalus brochure distributed with the aim to introduce products to the public housing and provide information that can help people to identify their products. Concept created informativeand  interesting  brochure  that  the  messages    contained  therein  can  be  understood  and  well received by consumers. Interesting presentation will determine the achievement of promotion, because a message will be well received by the target market if the message is interesting and easy to understand in terms of both language and disclosure. The beauty of form and color of the building on the brochure is one important point to attract the attention of consumers. Based on the above  background,  the  authors  take  the  title  "Beauty  of  Representation  Cluster  Building  In Brochure Andalus". The purpose of this study is to understand the beauty of Building Cluster Andalus representation in terms of form and color. Metode used in this study is a qualitative method and the constructivist paradigm, semiotic approach. While data collection techniques using the techniques of data collection in-depth interviews, observations, literature studies and internet. The data analysis  technique used is data collection, data reduction, the data display, and data verification.  The results of the  research  and  the  discussion  is a  straight line  matching combined with a form - the form of other lines produce beauty of form building in the brochure Cluster andalus and gray colors - mix and match with the color gray - other colors produce a beautiful building in a cluster Andalus Hal brochure shows the shape of the building Cluster Andalu and minimalist color brochure building on Cluster Andalus represents beauty. Keyword: Public Relations Media, Representation
DIAN SASTRO DALAM PRENAGEN BELLY DANCE (Study Kasus Visibility Dian Satro sebagai Brand Ambassador Prenagen dalam Prenagen Belly Dance) Kusumahwati, Gine; Suhartini, Titin
J-IKA Vol 1, No 1 (2014): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.961 KB)

Abstract

Abstrak - Hurupadi   adalah   Produksi   Event Organizer   bekerjasama   dengan   perusahaan   PT. Kalbe Nutrisi dan kali   ini   diadakan   acara produk   Bellydance (Kalbe nutrisi). Pendekatan kualitatif yang  bertujuan  untuk  menemukan Dian Sastro sebagai Brand Ambassador Balley dance, dengan metode studi kasus. Hasilnya menunjukkan visibilitas, kredibilitas, daya tarik, daya Dian sastro sebagai Brand Ambassador belly dance dengan Dian Sastrowardoyo peran sangat penting untuk acara ini, banyak peserta yang datang untuk Dian Sastro sebagai merek Ambasadornya, karena Dian Sastro adalah tokoh publik, Dian sastro kehidupan sehari-hari yang sangat harmonis dengan keluarga, dan jauh dari paparan gosip yang tidak baik, dan memberikan gambaran yang baik tentang  belly  dance  kemudian  memilih  Dian  Sastro  sebagai  merek  Ambasadornya  karena popularitas   Dian Sastro dapat memberikan gambar yang baik dalam produk kami, Dian Sastro yang  sedang    hamil  dan  oleh  karena  itu  sangat  pas  Dian  Sastro  kita  pilih  sebagai  Brand Ambassador, dalam   acara bellidance tidak diragukan lagi apabila terbukti, 100% peserta tahu Dian Sastrowardoyo.Kata kunci: Merek Duta Besar, GambarAbstract - Production is Hurupadi Event Organizer Company in cooperation with PT. Kalbe Nutritionals and  this  time  held  Bellydance  event  of  product  Prenagen  (Kalbe  Nutritionals).  Qualitative approach which aims to find Dian Sastro as Brand Ambassador Prenagen in Prenagen Balley Dance, with the case study method. The results showed Visibility, Credibility, Attraction, Power Dian sastro as Brand Ambassador Prenagen ie with Dian Sastrowardoyo very important role for this event, many attendees who came for Dian Sastro as Brand Ambasadornya Prenagen, because Dian Sastro is a public figure, Dian life sastro everyday along very harmonious family away from exposure to the gossip that is not good, and it gives a very good image of the Prenagen then choose Dian Sastro as Brand Ambasadornya Prenagen because the popularity of Dian Sastro can give a good image in our products, in Dian currently being Prenagen commercials, Dian Sastro is pregnant and therefore very fitting Dian Sastro once we select as Brand Ambassador Prenagen, in the event Prenagen bellidance no doubt in the event proved, 100% of attendees know Dian Sastrowardoyo.Keywords : Brand Ambassador, Image
STUDI KOMUNIKASI BUDAYA TENTANG UPACARA RITUAL CONGKO LOKAP DAN PENTI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DAERAH MANGGARAI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR Ngare, Ferdinandus
J-IKA Vol 1, No 1 (2014): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.07 KB)

Abstract

Abstrak - Penelitian ini menyoroti peran budaya dalam upacara ritual congko lokap dan penti di Kabupaten Manggarai serta makna yang terkandung di dalamnya baik bahasa, tarian dan musik dalam keberhasilan perkembangan pariwisata budaya Manggarai. Penelitian mengenai upacara ritual congko lokap dan penti sebagai media komunikasi tradisional dalam mengembangkan pariwisata daerah Manggarai  ini  menggunakan  metode kualitatif dengan pendekatan etnografi komunikasi. Upacara ritual congko lokap dan penti yang dirayakan oleh masyarakat Manggarai selain upacara- upacara ritual yang lain di sana mempunyai peran sosial dalam rangka menjalin hubungan dengan sesama manusia, serta berperan religius yaitu menjalin hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Kuasa. Bahasa Manggarai berperan sebagai salah satu media penyampaian pesan-pesan adat dari  para  tetua  adat  kepada  masyarakatnya dan juga  sebagai  media  pemersatu  masyarakat Manggarai dan masyarakat Manggarai dengan  Tuhan Yang Maha Kuasa secara adat, sebagai sarana dalam menyapa para leluhur dan masyarakat. Selain bahasa sebagai media; musik dan tarian adat  juga  berperan  sebagai  penyempurna di dalam upacara  ritual.  Makna  komunikasi simbolik yang terlihat dan tak terlihat dalam ritual adat yang ada di lokasi penelitian senantiasa diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat Manggarai sehari-hari. Perilaku simbolis masyarakat nampak melalui tindakan simbolis dalam situasi religius, dalam tradisi dan dalam seni yang kaya akan makna. Upacara ritual congko lokap  dan  penti, merupakan titik puncak cerminan kebersamaan  masyarakat  Manggarai,  yang  turut  berperan dalam  upaya  pelestarian, pengembangan,  juga pemanfaatan kekayaan budaya menjadi daya tarik wisata selain keindahan panorama alam di bumi Manggarai. Kata kunci : Congko Lokap, Penti, Manggarai, Komunikasi. Abstract - The purpose of this research was to discover the culture roles in ritual ceremonies of Penti and Congko Lokap  in  Kabupaten  Manggarai and the meaning contained in it either  language, dancing, and music in the successful development of cultural tourism in Manggarai. Research on the Congko Lokap and Penti ritual ceremonies in Manggarai as a traditional communication media in developing  tourism using qualitative  methods with ethnographic communication approach. Visible and invisible symbolic communication meaning in traditional rituals at the research site are always implemented in everydat lives of the Manggaraians. Symbolic behaviours of the people are visible through the symbolic actions in the religious situation, traditions, and in the rich artistic meaning.This research concluded that the Congko Lokal and Penti ritual ceremonies celebrated by the Manggaraians beside any other rituals there had a social role in order to establish the relationships with fellow human beings, as well as religious role in establishing human relationship with God Almighty. Manggarai language takes the role in serving as a media to deliver custom messages from the community elders to the Manggaraians as well as unifying the people of Manggarai. The language is used customary as a liaison between the Manggaraians and God Almighty, as a media in addressing the ancestors and the community. In addition to language as a media; music and traditional dance are also take the role as a complement in the rituals. Congko Lokap dan Penti rituals, are the culmination point of reflection from the togetherness of Manggaraians community, which taking the role in conservation, development, and also utilization of cultural assets to become tourist attraction in addition to the beauty of Manggarai natural scenery. Keywords : Congko Lokap, Penti, Manggarai, Communication. 
E-GOVERNMENT: STUDY FENOMENOLOGI RW-NET SEBAGAI PELAYANAN PUBLIK YANG TRANSPARAN DAN AKUNTABEL DENGAN OPTIMALISASI FUNGSI E-GOVERNMENT DI PEMERINTAH KOTA BANDUNG Ferdiansyah, Viky; Hidayat, Dasrun
J-IKA Vol 1, No 1 (2014): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.298 KB)

Abstract

Abstrak - Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui makna  Program RW-Net  dalam peningkatan layanan publik yang dapat diterima secara transparan dan dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat. Pada pelaksanaanya, RW-Net sebagai sarana dalam menerapkan fungsi dari E-Government di pemerintah kota Bandung sangat diperlukan untuk membantu pelaksanaan pemerintahan. Penelitian ini fokus pada  pembahasan tentang makna Program RW-Net dan Pola Layanan Publik dalam Program RW-Net sebagai wujud fungsi E-Government. Hasil penelitian yang diperoleh adalah RW-Net  memberikan  kemudahan  berkomunikasi dan berinteraksi antara warga dengan  pemerintah, atau warga dengan warga lainnya. Pemerintah Kota Bandung bisa menyampaikan  informasi tanpa perantara yang biasanya memakan waktu. Jika program ini sudah berjalan secara maksimal, maka keterbukan dan akuntabilitas antara pemerintah dengan warga akan sangat terasa, sehingga  memudahkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa  pengembangan e-government menghasilkan kedekatan dan interaksi atau keterlibatan masyarakat semakin besar, luas dan cepat. Pola interaksi berubah dari  one  stop  service menjadi  non-stop service. Namun, Pola pelayanan dalam RW-Net tergantung dari bagaimana budaya kerja organisasi dan kesiapan teknologi serta sumber daya manusia yang dapat mempengaruhi pelaksanaan pemerintahan secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.Kata Kunci: RW-Net, Pola Layanan Publik, Transparan, Akuntabel. Abstract - The purpose of the study was to determine the meaning of RW-Net Program in improving services that can be received in a transparent and accountable to the public. In the implementation, RW- Net as a means to implement the function of E-Government in city government is needed to assist the implementation of the government. This research focuses on the discussion of the meaning of RW-Net Programs and Patterns of Public Service in RW-Net program as a form of E-Government. The results obtained are RW Net provides ease of communication and interaction between citizens and government, or people   with other people. Bandung City Government can convey information without intermediaries who usually takes. If the program is already running optimally, then openness and  accountability between government and citizens will be felt, making it easier for public confidence in the government. The final conclusion is that the development of e-government interactions or generate closeness and greater community involvement, wide and fast. Interaction patterns changed from one stop service to non-stop service. However, the pattern of the RW-Net services depends on how the work culture of the organization and readiness of technology and human resources that could affect the implementation of government transparent and accountable. Keywords: RW-Net, Patterns Of Public Service, Transparent, Accountable
PENGARUH OFFERING DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT KERJA SAMA KLIEN MQTV BANDUNG Kusumasari, Raden Nuruliah
J-IKA Vol 1, No 1 (2014): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.76 KB)

Abstract

Abstrak - Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Kontribusi Offering dan Citra perusahaan terhadap minat kerjasama klien. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang didukung survey bersifat eksplanatori, analisis kuantitatif digunakan untuk memperoleh skor atau nilai dari variabel-variabel yang ada.teknik pengumpulan datanya adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara dan penyebaran angket kepada responden. Teknik pengumpulan sampel menggunakan sampel jenuh, yang mana semua anggota populasi di jadikan sampel, dengan  jumlah sampel 53 orang yang termasuk klien MQTV Bandung. Berdasarkan hasil analisis peneliti bahwa masih kurangnya petugas Marketing Public Relation di MQTV yang ikut berperan serta dalam kegiatan Offering guna meningkatkan citra perusahaan seperti : pelayanan yang diberikan MQTV menjadi terbatas, harga yang ditawarkan dan sistem kerjasama fresh money yang ditawarkan MQTV Bandung masih belum sesuai dengan keinginan klien. Hal-hal yang ingin peneliti Rekomendasikan sebagai bahan masukan bagi pihak Marketing Public Relation MQTV, sebaiknya dilakukan penambahan staff Marketing Public Relation karena itu akan berpengaruh terhadap peningkatan pelayanan, harga jual produk yang ditawarkan dan sistem kerjasama  fresh money, semua itu harus sesuai dengan apa yang di harapkan klien. Banyak atau sedikitnya jumlah staff Marketing public relations sangat berpengaruh juga terhadap jumlah klien. Kata kunci : Offering, Citra Perusahaan, Kerjasama Abstract - Management  Qolbu Television is a private company engaged in the local broadcasters who are in the territory Bandung, the development of this company is interesting to study because researchers saw MQTV is the first local television program that has character Edutainment (dakwahtainment). It can not be separated from issues of various industry competition television station, for which the MQTV always meet the demands of communication in improving relations between the target audience and the MQTV, then MQTV aware of the importance of the role of Marketing Public Relations to provide information to clients through direct marketing activities is a tool to attract the clients working with MQTV. The purpose of this paper is to determine how much influence to the Offering and Corporate image collaboration client interests . The research method used was a survey supported the quantitative methods are explanatory , quantitative analysis is used to obtain the  scores  or  values  of  the  variables.  The  technical  data  collection  is  library  research  , observation , interviews and questionnaires to the respondents . Sample collection technique using saturated samples , which is where all members be made in the sampled population , with a sample of 53 people that includes clients MQTV Bandung . Based on the results of our analysis that the lack of Marketing and Public Relations officer in MQTV who participate in the Offering activities in order to improve the image of the company such as : services provided MQTV be limited , the price offered and partnerships offered fresh money MQTV Bandung still not liking clients . Things like researchers Recommend as an input for the Marketing and Public Relations MQTV , should be the addition of Marketing and Public Relations staff as it would affect the improvement of service , the selling price of the products offered and partnerships fresh money , all of it must be in accordance with what is expected client . A lot or a little amount Marketing public relations staff is also very influential on the number of clients .Keywords : Offering , Corporate Image , Cooperation
ANALISIS KOMPARATIF TENTANG STUDI KASUS ANTARA PRESS RELEASE DI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT DENGAN PT. AXIS TELEKOM INDONESIA Rachmalia Sutanto, Alica Gina; Setiawati, Sri Dewi
J-IKA Vol 1, No 1 (2014): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.778 KB)

Abstract

Abstrak - Penelitian ini dengan judul Analisis Press Release pada Instansi Pemerintahan dan Swasta (Analisis Studi Kasus press release di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat & PT Axis Telekom Indonesia). penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus yang di paparkan melalui teori Cresswell di jelaskan bahwa, A case study is an exploration of a bounded system or a case (or multiple cases) over time through detailed, in depth data collection involving multiple sources of information rich in context, ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahun public relations perusahaan pada  Dinas  Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan PT. Axis Telekom Indonesia, pada analisis penulisan press release  di kedua perusahaan tersebut. Peneliti mengumpulkan data dengan wawancara open-ended, observasi, analisis dokumentasi, studi literatur, internet searching, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis penulisan press release pada kedua perusahaan  dengan menggunakan beberapa unsur dalam penulisan press release, yakni Advantage,  Applications,  dan  Details  dari  press release yang di buat kedua perusahaan mempunyai pemahaman yang berbeda berdasarkan pengertian dan kegunaan yang di maksudkan dalam teori yang sebenarnya. Peneliti menarik kesimpulan bahwa pemahaman PR perusahaan pada umumnya masih mengandalkan pada penulisan dasar   kaidah jurnalistik, tanpa mempertimbangkan unsur-unsur terpenting lainnya dalam kaidah penulisan press release. Hal ini harusnya menjadi sebuah kesadaran bahwa seorang PR perusahaan harus mengetahui secara khusus  tentang  komunikasi, serta pentingnya kemampuan dasar dalammenulis. Saran yang di harapkan, agar setiap PR perusahaan lebih banyak memahami tentang penulisan yang sesuai  dengan  kaidah penulisan press release. Ini yang akan menjadi tolak ukur PR perusahaan mampu dalam memberikan  informasi yang tepat dan bermanfaat sesuai dengan publiknya.Kata Kunci : Press Release, Solaads Abstract - This research analyzes title of the press release of Government and Private Agencies (Case Study Analysis of the press release in the West Java Provincial Education Department and PTAxis Telekom Indonesia). This research used a qualitative approach and case study method in the mentioned through Cress well theory in explaining that, A case study is an exploration of a bounded system or a case (or multiple cases) over time through detailed, in depth of data collection involving multiple sources of information rich in context, this according to a study conducted by researchers. Aims to determine how the knowledge of public relations firms in the West Java Provincial Education Department and PT. Axis Telekom Indonesia, in the analysis of press release writing at two companies. Researchers collected data by open-ended interviews, observation, documentation analysis, literature studies, Internet searching, and triangulation. The results showed that the analysis of writing a press release on the two companies by using severalelements in writing a press release, the Advantage, Applications, and Details from the press release that the two companies have created a different understanding based on understanding and usefulness for the purpose in the actual theory . Researcher to conclude that the PR firm understanding in general still rely on the basic rules of journalistic writing, without considering other important elements in the rules of writing a press release. This should be an awareness that a PR company should know specifically about communication, and the importance of basic skills inwriting. Advice that is expected, so that every PR firm grasp more about writing that according to the rules of writing a press release. This will be measured by the PR firm is able to provide useful information appropriate and in accordance with the public. Keyword: press release, solaads 
HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN BAHASA GAUL DENGAN KETERBUKAAN KOMUNIKASI DI KALANGAN SISWA Oktaviani, Femi
J-IKA Vol 1, No 1 (2014): Jurnal J-IKA
Publisher : J-IKA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.681 KB)

Abstract

Abstrak - Penelitian  ini menjelaskan  tentang hubungan  antara  bahasa  Gaul  dengan  terbuka  komunikasi antara mahasiswa, The menguasai slang bahasa dianggap ascapitalin perintah untuk masuk di dunia diyakini membutuhkan orang yang pandai bergaul. Reseacrh ini menggunakan riset Perpustakaan dengan mengumpulkan bahan-bahan dari buku dan artikel yang relevan dengan diskusi. Dalam menganalisis itu, ada pencari menggunakan metode analisis deskriptif, yang memberikan ikhtisar tentang masalah penelitian. Penelitian menyimpulkan bahwa ada tidak ada hubungan antara penggunaan bahasa Gaul: pertama, kesediaan untuk mendengarkan keterbukaan komunikasi di antara siswa. Kedua, kemauan untuk menjelaskan keterbukaan komunikasi di antara siswa. Ketiga, ekspresi tanggung jawab dan rasa shipin pemilik keberatan keterbukaan komunikasi di antara siswa. Kata Kunci: Komunikasi, Bahasa, Keterbukaan, Hubungan, Siswa. Abstract - This  reseacrh  explains  about  the  Relationship  Between  Slang  Language  with  Open Communication Among Students, The Mastering slang language regarded ascapitalin order to enterin the world are believed to need people who are good at hanging out. This reseacrh uses library research by collecting materials from books andarticles relevant tothe discussion. In analyzing it, there searcher uses descriptive analysis method, which provides an overview ofthe research problem. The research concludes that there are no relationship between the use of slang language: First, a willingness to listen to the openness of communication among students. Second, the willingness  to explain the openness of  communication among students. Third, expression of responsibility and sense of owner shipin mind the openness of communication among students. Keyword : Communication, Language, Openness, Realationship, Students.

Page 1 of 1 | Total Record : 7