cover
Filter by Year
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 23550287     EISSN : 25493299
Jurnal J-IKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung) pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. J-IKA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Bahasa dan Komunikasi.
Articles
75
Articles
Narasi Feminisme Dalam Sinetron Dunia Terbalik

Irwanto, Irwanto, Kusumawati, Nina, Hariatiningsih, Laurensia Retno

J-IKA Vol 5, No 2 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.386 KB)

Abstract

Penelitian ini berupaya mengungkapkan bentuk gerakan feminisme yang terselubung pada sinetron Dunia Terbalik. Sinetron ini tayang pada jam unggulan di stasiun RCTI dengan kisah kehidupan desa yang penduduknya pria nya mengurus keperluan serta kebutuhan rumah tangga. Hal ini terjadi karena istri mereka menjadi tenaga kerja wanita di luar negeri. Pada sinetron dunia terbalik ini terjadi dominasi dan eksistensi kaum wanita terhadap kaum prianya. Pada penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisa teks ini ditemukan narasi feminisme dalam bentuk visual dan audio yang berupa elemen mikro yakni ide cerita, opening tune dan bumper, set lokasi, karakter pemeran, dialog, ilustrasi musik. Sementara pada elemen makro yang terdapat narasi feminisme terdapat dalam aspek persoalan tenaga kerja khususnya tenaga kerja wanita yang masih menjadi solusi sebagai jalan keluar utama dalam mencukupi kebutuhan keluarga.

Strategi Komunikasi Marcomm Lippo Tamini Square Melalui Live Music Dalam Menarik Pengunjung

Razali, Geofakta

J-IKA Vol 5, No 2 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.714 KB)

Abstract

Di era modern ini kompetisi dari Mall dikelola oleh bagian marketing komunikasi untuk menarik kostumer. Banyak strategi yan g cukup familiar selain kegiatan publiuc relation menjadi sapek pertimbangan khusus dalam pencapaian tingkat keramaian kostumer. Live musik salah satunya menjadi pertimbangan yang cukup signifikan. Menggunakan metode kualitatif deskirpitif. Peneliti akan melihat bagaimana implementasi, strategi koimunikasi dan evaluasi pada hal tersebut.

Pola Komunikasi Anak Difabel (Tuna Grahita) Pada Sekolah Khusus AS-Syifa

Setyawan, Andi

J-IKA Vol 5, No 2 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.112 KB)

Abstract

Anak difabel merupakan anak yang memiliki kekurangan fisik maupun mental dan kesulitan berkomunikasi dalam lingkungan sosial, salah satunya di lingkungan sekolah. disekolah guru dan anak difabel harus mempunyai ikatan yang baik agar terciptanya hubungan komunikasi yang harmonis. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang lebih ideal pada anak difabel. Penelitian ini berfokus pada pola komunikasi yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar anak difabel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dengan wawancara sebagai data pendukung. Peneliti mendapatkan hasil bahwa pola komuniaksi yang digunakan guru dapat mempengaruhi hasil belajar serta perubahan perilaku dari anak difabel. Pola komunikasi ideal yang digunakan adalah pola komunikasi gabungan antara pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder dan pola komunikasi dua arah

Berbagi Pengetahuan Dalam Meningkatkan Kinerja Publikasi Ilmiah Dosen

Putri, Ratna Komala, Amalia, Shendy

J-IKA Vol 5, No 2 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.591 KB)

Abstract

Tujuan – menghasilkan kajian tentang peningkatan kinerja publikasi ilmiah dosen melalui pengaruh berbagi pengetahuan. Desain / metode / pendekatan – Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan metode survey, alat uji menggunakan uji rata-rata untuk hipotesis deskriptif dan SEM (Structural Equation Modeling) untuk hipotesis verivikatif. Orisinalitas / nilai – berdasarkan beberapa kajian penelitian terdahulu, belum pernah ada penelitian tentang kinerja publikasi ilmiah dikaitkan dengan berbagi pengetahuan. Novelty - Peningkatkan Kinerja Publikasi Ilmiah Dosen di Indonesia khususnya di Jawa Barat dapat terwujud apabila berbagi pengetahuan terlaksana secara efektif.

Pariwisata Karang Para, Geopark Ciletuh dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Rahmi, Asri Noer, Fikri, Muhammad

J-IKA Vol 5, No 2 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.929 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan tempat wisata baru di Sukabumi, Indonesia. Sebagaimana kita ketahui Indonesia memiliki banyak sekali potensi sumber daya alam yang sangat potensial sebagai tempat pariwisata dan masih banyak potensi alam yang belum ditemukan. Dalam penelitian ini peneliti menemukan metode yang menarik untuk menemukan banyak tempat wisata alam yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan data primer juga data empiris untuk memperkenalkan tempat-tempat tersebut dengan metode wawancara dan mengunggah gambar ke media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bahwa kesadaran diri warga untuk menemukan keindahan tempat wisata alam dan juga dapat memberikan kontribusi kepada Pemerintah dalam rangka mengurangi pengangguran dan juga meningkatkan pendapatan Ekonomi. Dari Penelitian ini ditemukan bahwa tempat-tempat wisata baru yang baru saja ditemukan baru-baru ini seperti Karang Para, Geopark Ciletuh berasal dari posting di media sosial dan sekarang tempat-tempat itu menjadi warisan UNESCO. Pemerintah membantu merekonstruksi fasilitas di area wisata alam tersebut. Tempat wisata ini berhasil dapat dilestarikan karena adanya kesadaran diri warga negara yang telah membantu menjaga, melestarikan dan bekerjasama menyediakan akses yang mendistribusikan dengan sangat baik, dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga sekitar dan dapat membantu Pendidikan warga.

Proses Adopsi Inovasi Desa Wisata Menari

Nugrohono, Muhammad Rizki

J-IKA Vol 5, No 2 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Desa Wisata Menari (DWM) Tanon adalah inovasi untuk membentuk mental masyarakat desa agar mampu bersaing dengan perkembangan jaman. Penelitian ini membahas mengenai proses adopsi inovasi DWM pada masyarakat dusun Tanon desa Ngrawan kecamatan Getasan kabupaten Semarang. Lebih lanjut penelitian ini melihat bagaimana proses adopsi inovasi pada setiap tahapan inovasi ditinjau dari pemilihan saluran komunikasi oleh Innovator/Pencetus hingga pandangan masyarakat Tanon terhadap Inovasi. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif menggunakan data primer berupa wawancara mendalam dan data sekunder berupa dokumentasi. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik Wawancara Mendalam dengan teknik sampling Snowball. Selanjutnya dalam memastikan validitas data, peneliti menggunakan triangulasi data dengan fokus pada sumber. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi yang digunakan innovator berupa komunikasi interpersonal. dalam proses adopsi inovasi DWM, Kang Tris selaku pencetus sering kali menggunakan komunikasi interpersonal dalam meyakinkan masyarakat. Selain itu, dalam tahap Knowledge, Kang Tris mengumpulkan tokoh - tokoh kunci di masyarakat / opinion leader dari masyarakat dusun Tanon yang hasilnya mempercepat inovasi untuk dapat diterima masyarakat dusun Tanon.

Disruptif Inovasi Terkait Citizen Journalism

Hidayat, Rahmat Agus Nur, MA, Yudha Wirawanda

J-IKA Vol 5, No 2 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana disruptif praktik jurnalisme warga di grup Facebokk Info Cegatan Solo dan Sekitarnya (ICS) terkait proses prosumsi informasi berita lokal oleh warga Surakarta. Metode penelitian yang digunakkan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tek nik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan penga mbilan sampel mengguna kkan purposive sampling dengan mengambil tiga orang pengurus grup Facebook ICS dan tiga anggota yang pernah memp osting berita maupun informasi di grup tersebut. Secara garis besar hasil penelitian ini menemukan bahwa grup Facebook ICS merupakan jembatan baru untuk memperoleh informasi maupun berita lokal, di mana media setempat tidak mampu untuk mengatasi tuntutan berita dari konsumennya yang sangat beragam. Selain itu juga karena faktor kecepatan dan kekeluargaan yang terjalin di dalamnya membuat grup tersebut masih dipercaya serta pengguna mendisruptif diri mereka sendiri melalui grup tersebut karena tidak dapat menemukan informasi berita yang diinginkan di media lokal seperti koran, radio dan sejenisya.

Organizational Commitment Generasi X dan Y di Industri Manufaktur

Amin, Grace, Rahmiati, Filda

J-IKA Vol 5, No 2 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.53 KB)

Abstract

Laju turnover dalam suatu perusahaan adalah salah satu hal yang perlu dikendalikan. Faktor – faktor seperti perbedaan gaya bekerja, budaya serta usia dan generasi seringkali mempengaruhi kinerja karyawan dan komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbandingan organizational commitment dari generasi X dan Y yang bekerja pada industri manufaktur di kawasan Jababeka - Bekasi. Metode purposive sampling digunakan untuk menentukan sample penelitian dan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 200 responden. Dalam penelitian ini, metode yang akan digunakan adalah independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa affective commitment, continuance commitment dan normative commitment antara generasi X dan generasi Y memiliki perbedaan yang signifikan. Generasi X memiliki organizational commitment yang lebih tinggi dibandingkan generasi Y.

Internally Driven Issue Dalam Kegiatan Peluncuran Produk Honda Oleh Pt.Daya Adicipta Motora

Sultrayansa, Sultrayansa, Gusfiani, Auliana, Perbawasari, Susie

J-IKA Vol 5, No 1 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.047 KB)

Abstract

PT. Daya Adicipta Motora (DAM) merupakan distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat. Dalam pangsa pasar sepeda motor di Indonesia, Honda layak disebut pemimpin pasar atau market leader. Namun pada kenyataannya Sampai dengan hari ini Honda tidak hanya tinggal diam menikmati hasil penjualannya yang terus meningkat, melainkan membuat langkah-langkah strategi peluncuran produk untuk memenuhi kebutuhan pasar. Penelian ini memahas tentang bagaimana tindakan strategi PT. DAM dalam menanggulangi resiko yang mungkin muncul pada saat peluncuran produk. Produk yang dimaksud adalah produk yang memiliki spesifik hampir sama dengan produk pesaing. Analisis kualitatif ini dibuat melalui konsep dasar Internally Driven Issue yang mengemukakan tentang bagaimana seorang Public Relations menanggulangi issue akibat tindakan internal.

Strategi Marketing Public Relations Pt. Pos Indonesia

Nurfitriani, Asri, Suhartini, Titin

J-IKA Vol 5, No 1 (2018): JURNAL J-IKA
Publisher : Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.004 KB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Marketing Public Relations PT. Pos Indonesia, Studi kasus Terhadap Strategi Marketing Public Relations Pospay Kantor Pos Area V Jawa Barat. Penelitian ini mengemukakan tentang bagaimana strategi marketing produk pospay yang dilakukan oleh Kantor Pos Area V Jawa Barat, yang pada jaman sekarang ini banyak orang yang memakai pelayanan jasa dan keuangan untuk menunaikan kewajiban nya untuk membayar tagihan / angsuran. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi yang digunakan dalam marketing public relations produk pospay yaitu strategi pull mencakup pemberian informasi mengenai produk, menggunakan media komunikasi, periklanan, kegiatan promosi melalui event dan juga sponsorship, strategi kedua yaitu strategi push yang mencakup mendorong masyarakat agar menggunakan pospay dengan cara menginformasikan kemudahan yang dilakukan dan meluaskan target pemasaran pospay, dan yang ketiga strategi pass yaitu melakukan sosialisasi terhadap masyarakat, instansi dan juga sekolah untuk meningkatkan citra PT. Pos Indonesia. Kata kunci : Pospay, Strategi Pull, Push, dan Pass ABSTRACT Marketing Public Relations Strategy PT. Pos Indonesia, Case Study Public Relations Marketing Strategy Pospay Post Office Area V West Java. This research describes how the marketing strategy of Pospay products conducted by Post Office Area V West Java, which in this day many people who use service and finance to fulfill its obligation to pay bill / installment. This research uses case study method and data collection technique done by observation and interview. The result of this research is strategy used in marketing public relations product of pospay that is full strategy include giving information about product, using communication media, advertisement, promotion activity through event and also sponsorship, second strategy is push strategy which include encouraging people to use pospay with How to inform the ease of doing and expanding the target marketing pospay, and the third pass strategy is to socialize the community, agencies and schools to improve the image of PT. Indonesian post. Keywords: Pospay, Full Strategy, Push, and Pass