cover
Contact Name
Yosef Abdul Ghani
Contact Email
yosef.ylb@bsi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
redaksi.jurnalubsibdg@bsi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pariwisata
ISSN : 23556587     EISSN : 25282220     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JURNAL PARIWISATA pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. JURNAL PARIWISATA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Destinasi Pariwisata, Perhotelan, Budaya, Makanan. Dengan artikel tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. JURNAL PARIWISATA memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan April dan September setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Pariwisata" : 7 Documents clear
Shopping Attributes Berdasarkan Motivasi dan Loyalitas Wisatawan Nusantara Kota Bandung Fadjrina, Nunik; Octavanny, Vitha; Matara, Wilson
Jurnal Pariwisata Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.382 KB) | DOI: 10.31311/par.v5i2.3863

Abstract

Wisata belanja adalah salah satu sumber pendapatan pada sebuah destinasi  wisata. Untuk mengoptimalkan pendapatan tersebut, sebuah destinasi perlu memperhatikan shopping attributes yang ditawarkan agar wisatawan mau berbelanja kembali dan bersedia untuk mengatakan hal-hal positif mengenai wisata belanja di Kota Bandung kepada orang lain. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran shopping attributes berdasarkan motivasi dan loyalitas wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 12 partisipan dengan menggunakan metode kualitatif, diketahui bahwa pelayanan karyawan, kenyamanan dan value dari produk yang ditawarkan pada dua kawasan wisata belanja di Kota Bandung memiliki persepsi paling baik diantara komponen shopping attributes lainnya. Wisatawan yang berbelanja ke Kota Bandung sebagian besar dilatarbelakangi oleh motif hedonik dan perilaku wisatawan mencerminkan karakteristik loyalitas. Penelitian berikutnya diharapkan dapat mengkaji lebih luas mengenai shopping tourism dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Promosi Melalui Media Sosial Berbasis Partisipasi Masyarakat dan Peranannya dalam Pariwisata Kota Soeswoyo, Dina Mayasari; Dewi, Liliana; Asaparini, Putu Swasti
Jurnal Pariwisata Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.276 KB) | DOI: 10.31311/par.v5i2.4429

Abstract

<p>Perkembangan teknologi berkaitan erat dengan dunia pariwisata, karena dalam industri pariwisata sangat diperlukan perkembangan informasi terkini dan terintegrasi serta pemahaman akan perilaku wisatawan terhadap trend perubahan yang terjadi. Tujuan  dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media sosial yang paling efektif  dalam meraih dukungan masyarakat dalam studi kasus kompetisi The Most Lovable City In The World dan juga peranannya dalam promosi pariwisata kota. Penelitian ini dibatasi hanya pada penggunaan 3 sosial media yaitu Facebook, Twitter dan Instagram pada kampanye kompetisi tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara intensif melalui telpon, e-mail dan Whatsapp, juga dokumentasi dan studi literatur. Informan penelitian adalah koordinator dari WWF-Indonesia dan beberapa warga yang berpartisipasi dalam kompetisi tersebut. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, pengelompokan, reduksi dan penarikan simpulan, juga analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media sosial berbasis partisipasi masyarakt yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia  adalah Instagram-twitter kemudian facebook, namun  kota lain di luar Negara Indonesia yang masuk peringkat 5 besar, lebih banyak menggunakan media sosial Facebook. Peranan program kompetisi The Most Lovable City in The World yaitu dalam memotivasi komitmen pemerintah kota dan dukungan warganya mewujudkan kota yang lebih baik dan sustainable sebagai modal penting perkembangan pariwisata dan juga dalam bentuk dukungan post berbagai promosi daya tarik pariwisata kota dari warganya</p>
Peranan Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Wisata Heritage di Trowulan Widyawati, Christy
Jurnal Pariwisata Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.099 KB)

Abstract

Trowulan selama ini dikenal sebagai salah satu daerah di Propinsi Jawa Timur yang memiliki kekayaan budaya dan seni yang sangat beragam yang terlihat terlihat dari peninggalan-peninggalan arsitektur bersejarah dan pola hidup masyarakatnya yang kental dengan kesenian. Kekayaan budaya dan seni tersebut merupakan potensi sekaligus peluang bagi daerah Trowulan untuk dapat mengembangkan pariwisatanya agar dapat semakin dikenal oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara sebagai kawasan wisata heritage. Agar pengembangan wisata heritage di Trowulan bisa berjalan dengan baik, tentu saja diperlukan peran dari para stakeholder pariwisata yang salah satunya adalah keterlibatan masyarakat lokal Trowulan. Keterlibatan tersebut berupa partisipasi dan kontribusi nyata secara aktif dari masyarakat lokal sebagai tuan rumah di kawasan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sikap, kesadaran dan partisipasi atau keterlibatan masyarakat lokal Trowulan dengan menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif dalam kaitannya dengan pengembangan wisata heritage yang bermuara pada upaya peningkatan wisata heritage berbasis peran serta masyarakat lokal atau lebih dikenal dengan istilah community-based tourism. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat lokal secara umum memiliki persepsi yang positif terhadap pengembangan wisata heritage di daerah Trowulan, namun antusiasme untuk terlibat dan berpartisipasi masih belum terlalu optimal.
Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta Wiastuti, Rachel Dyah; Kimberlee, Sarrah
Jurnal Pariwisata Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.691 KB) | DOI: 10.31311/par.v5i2.4073

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek di SIMETRI Coffee Roasters Puri Kembangan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data primer didapatkan melalui survei menggunakan kuisioner yang menggunakan pertanyaan tertutup dalam pilihan jawaban skala Likert dan dari wawancara dengan manajemen SIMETRI. Sample dalam penelitian ini adalah 100 konsumen SIMETRI Coffee Roasters, yang dihitung berdasarkan rumus Slovin, dan disebarkan berdasarkan metode convenience sampling pada Mei 2018. Ekuitas merek berperan sebagai variable bebas dan keputusan pembelian sebagai variable terikat. Deskriptif statistik digunakan untuk mengetahui bagaimana ekuitas merek dan keputusan pembelian konsumen SIMETRI. Ekuitas merek terdiri dari empat dimensi yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Sedangkan analisis korelasi dan regresi digunakan untuk mengukur hubungan dan pengaruh ekuitas merek dengan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang kuat dan positif, serta pengaruh yang signifikan. 
Uji Kesukaan dan Organoleptik Terhadap 5 Kemasan Dan Produk Kepulauan Seribu Secara Deskriptif Suryono, Chondro; Ningrum, Lestari; Dewi, Triana Rosalina
Jurnal Pariwisata Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.359 KB) | DOI: 10.31311/par.v5i2.3526

Abstract

Sudah menjadi budaya/ kebiasaan bagi wisata lokal melakukan aktifitas wisata membeli makanan ringan baik sebagai makanan ringan dan sebagai oleh-oleh. Warga Kepulauan Seribu Jakarta Utara melihat peluang besar dalam bisnis makanan ringan ini mengingat tingkat kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu yang selalu tinggi terutama di akhir pekan (BAS, 25 Desember 2017). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei dan menggunakan uji organoleptik dan uji hedonik. Penelitian dilakukan terhadap 5 produk UKM Warga kepulauan seribu dengan berbahan dasar ikan selar, ikan teri, cumi dan buah sukun. Konsumen tertarik untuk membeli makanan ringan karena penampilan kemasan yang menarik serta merasakan produk makanan ringan yang enak. Wisatawan menyukai makanan ringan dengan kemasan yang manarik. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui kemasan produk yang disukai berwarna biru langit. Produk yang disukai dari produk krupuk dan Abon ikan selar adalah aroma dan tekstur. Produk Stik berbahan cumi disukai pada rasa dan tekstur. Produk sambal berbahan teri dan keripik bahan sukun disukai pada tekstur dan warna.
Maksimalisasi Potensi Geowisata dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Riswanto, Ari; Andriani, Rian
Jurnal Pariwisata Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.276 KB) | DOI: 10.31311/par.v5i2.4428

Abstract

Meningkatkan kunjungan wisatawan dengan potensi geo-wisata adalah salah satu cara menghasilkan potensi alam berupa objek wisata yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Kabupaten Bandung meningkatkan kunjungan wisatawan dengan sumberdaya geo-wisatanya serta untuk mengetahui apa potensi yang ada di objek wisata yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Pendekatan kualitatif atau desain penelitian deskriptif yang digunakan dalam metode penelitian ini dengan memaksimalkan pada penemuan, verifikasi dan pengembangan pengetahuan sehingga hasilnya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi tempat wisata, terutama geo-wisata dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.
Analisis Stakeholders Dalam Pengembangan Ekowisata di Hutan Adat Ammatoa Kajang Sulawesi Selatan Nurkhalis, Nurkhalis; Arief, Harnios; Sunarminto, Tutut
Jurnal Pariwisata Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.776 KB) | DOI: 10.31311/par.v5i2.3811

Abstract

Hutan Adat Ammatoa Kajang memiliki banyak sumber daya alam dan budaya. Sehingga terdapat potensi yang bisa dikembangkan menjadi destinasi yang berkonsep ekowisata. Namun kondisi saat ini, manajemen pengolaan Hutan Adat Ammatoa Kajang masih belum terkelola dengan baik sebagaimana pengolaan khusus ekowisata. Analisis stakeholder dilakukan untuk memetakan para pihak yang memiliki tingkat pengaruh dan kepentingan dalam pengelolaan dan rencana pengembangan ekowisata hutan adat. Selain itu analisis sosial berupa penilaian persepsi, motivasi, dan preferensi para pihak juga dilakukan untuk mengetahui ketersediaan/ kondisi infrastruktur dan fasilitas yang ada, memetakan alasan (dorongan kehendak) masyarakat adat dan para pihak, dan mengidentifikasi prioritas pengembangan yang sesuai untuk pengembangan ekowisata di Hutan Adat Ammatoa Kajang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner tertutup dengan metode one score one indicator (skala 1-7). Teknik pengambilan sampel pada analisis stakeholder dan data sosial (pemerintah, pemangku adat, dan masyarakat lokal) yaitu purposive sampling sedangkan data sosial berupa pengunjung/ wisatawan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua klasifikasi stakeholder yaitu key player (Dinas Pariwisata Bulukumba, Dinas LHK Bulukumba, Bappeda Bulukumba, Kecamatan Kajang, Desa Tanah Towa, dan Ammatoa) dan Context setter (Disdikbud Bulukumba dan LSM Aman). Persepsi para pihak terhadap ketersediaan dan kondisi infrastruktur/ fasilitas di kawasan adat dinilai sedang (4.59) sehingga perlu ada pembenahan. Motivasi dan preferensi para pihak masing-masing menilai agak tinggi (5.04 dan 5.32) untuk pengembangan ekowisata di kawasan adat Ammatoa Kajang.

Page 1 of 1 | Total Record : 7