cover
Contact Name
Yosef Abdul Ghani
Contact Email
yosef.ylb@bsi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
redaksi.jurnalubsibdg@bsi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pariwisata
ISSN : 23556587     EISSN : 25282220     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JURNAL PARIWISATA pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. JURNAL PARIWISATA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Destinasi Pariwisata, Perhotelan, Budaya, Makanan. Dengan artikel tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. JURNAL PARIWISATA memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan April dan September setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2015): Jurnal PARIWISATA" : 7 Documents clear
PENGARUH INOVASI SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA KARANGSETRA WATERLAND Ghani, Yosef Abdul; Brahmanto, Erlangga
Jurnal Pariwisata Vol 2, No 2 (2015): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.306 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi sarana prasarana terhadap kepuasan pengunjung di objek wisata karangsetra waterland Bandung. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukakan melalui penyebaran kuesioner menggunakan teknik non probability sampling kepada 100 responden di objek wisata karang setra, dengan pengambilan menggunakan teknik sampling insidental. data yang terkumpul di tabulasi kemudian di analisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil perhitungan menggunkan SPSS 16 didapatkan hasil bahwa inovasi sarana prasarana berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung karangsetra waterland sebesar 5,62%, dan 94,38% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan dari hasil uji T diketahui hasil signifikansi sebesar 0,018 atau < dari nilai probabilitas 0,05, hasil ini menunjukan bahwa inovasi sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung di objek wisata karangsetra waterland Bandung.Kata kunci : Inovasi sarana prasarana, Kepuasan Pengunjung, Taman air   ABSTRACT The aims of this study is to analyze the effect of inovation superstructure, infrastructure at karangsetra waterland Bandung on visitor’s satisfaction. This research using method descriptive with quantitative approach by using questionnaire. Data is to collecting use a technique non probability sampling with a sample is 100 person’s at karangsetra waterland how to sampling collection in this study use sampling insidental. data collected will a tabulation and then is to analysis use simple linear regression technique. The results of the study use SPSS 16 showed that influence of innovation superstructure, infrastructure  on visitors satisfaction 5,62% while 94,38% influenced by another factors are not examined in this research. The results from T analysis get showed the sygnification is 0,018 or < from probability value 0,05. This results is showed that variable inovation superstructure, infrastructure has a major influence on visitors satisfaction at karangsetra waterland Bandung.Keyword: Inovation superstructure, Infrastructure, Visitor’s Satisfaction, Waterpark
PENGARUH FASILITAS WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI TAMAN HUTAN RAYA Ir. H. DJUANDA Somantri, Putri Riva; I.B. Hariyanto, Oda
Jurnal Pariwisata Vol 2, No 2 (2015): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTaman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan kawasan hutan lindung di bagian utara kota Bandung yang beralih fungsi menjadi taman hutan raya atau hutan wisata, sebagai kawasan pelestarian alam yang mempunyai fungsi untuk tujuan koleksi tumbuhan dan satwa, dan sebagai kawasan perlindungan sistem penyangga kehidupan. Fasilitas wisata merupakan salah satu faktor yang menunjang fungsi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda sebagai tempat tujuan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fasilitas wisata yang tersedia di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, mengetahui minat berkunjung di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dan untuk mengetahui pengaruh fasilitas wisata terhadap minat berkunjung di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan menyelidiki kondisi dan keadaan faktual yang terjadi di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, kemudian memaparkan hasil temuan dalam bentuk laporan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengunjung yang datang ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Sedangkan, sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas wisata berada pada kategori cukup baik yaitu sebesar 53,41%. Sedangkan, minat berkunjung berada pada kategori baik sebesar 76,4%. Fasilitas wisata berpengaruh sebesar 4,04% terhadap minat berkunjung. Hal ini menunjukan bahwa fasilitas wisata berpengaruh positif terhadap minat berkunjung. Kondisi fasilitas wisata menurut wisatawan berada pada skala cukup dan fasilitas tersebut masih terus dapat dikembangkan dan dioptimalkan dengan baik.Kata kunci: Fasilitas Wisata, Minat Berkunjung, Taman Hutan Rayav Ir.  H.        Djuanda ABSTRACTTaman Hutan Raya Ir. H. Djuanda was a protected forest area in the northern part of Bandung that was converted to a forest park or tourism forest and as a nature conservation area which has a function for the purpose of collection of plants and animals, as well as the area of the protection of life support systems. Tourist facility is one of the factors that support the functions of Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda as a tourist destination. This study aims to know the condition of tourist facilities available in Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, to know the visiting interest of Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda as well as to discover the effect of the tourist facilities on visiting interest in Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. The method used in this research is verificative descriptive method with quantitative approach by investigating the conditions and factual circumstances in Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, and presenting the findings in a research report. The  data collection was done by distributing questionnaires. Data analysis technique used is simple linear regression technique. The population in this study is the visitors who come to Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Meanwhile, the samples taken are 100 respondents. The result shows that the tourist facilities are in good enough level with the percentage of 53,41%. While, visiting interest are in good level with the percentage of 76,4%. Tourist facilities give 4,04% effect of visiting interest. This shows that the tourist facilities give positive effect on visiting interest. The condition of tourist facilities in Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda is at sufficient scale and those facilities can be developed and optimized.Keywords: Tourist Facilities, Visit Interest, Taman Hutan Raya  Ir. H. Djuanda
PENGARUH ATRAKSI WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PRIMATA SCHMUTZER TAMAN MARGASATWA RAGUNAN JAKARTA Lesmana, Ary Amzar; Brahmanto, Erlangga
Jurnal Pariwisata Vol 2, No 2 (2015): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPusat Primata Schmutzer Taman Margasatwa Ragunan Jakarta merupakan tempat penampungan satwa-satwa yang sudah terlanjur menjadi korban karena telah diambil dari alam secara paksa dan dipelihara oleh manusia untuk kepuasan pribadinya, kemudian beralih fungsi menjadi tempat konservasi sekaligus menjadi daya tarik objek wisata. Atraksi wisata yang dimiliki Pusat Primata Schmutzer menjadi hal utama yang disajikan pengelola untuk para pengunjung. Kepuasan pengunjung di Pusat Primata Schmutzer bergantung kepada atraksi wisata yang disajikan oleh pihak pengelola Pusat Primata Schmutzer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh atraksi wisata yang dimiliki Pusat Primata Schmutzer terhadap kepuasan pengunjung yang berkunjung Pusat Primata Schmutzer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan cara penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer. Sedangkan sample yang diambil sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh atraksi wisata terhadap kepuasan pengunjung sebesar 38,3%, sementara 61,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hal ini menujukan bahwa ada variabel atraksi wisata mempunyai pengaruh besar terhadap kepuasan pengunjung. Saran untuk pihak pengelola Pusat Primata Schmutzer yaitu agar memperhatikan masalah yang terjadi di Pusat Primata Schmutzer yaitu dari harga tiket, fasilitas dan kualitas atraksi wisata tersebut dan pihak pengelola harus mempunyai strategi baru bagaimana para pengunjung yang berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer merasa puas setelah berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer. Kata Kunci  : Atraksi Wisata, Kepuasan Pengunjung dan Taman Margasatwa. ABSTRACTSchmutzer Primata Center Wildlife Park Ragunan Jakarta is animals shelter has already become victims has been taken from nature forcibly and reared by humans for personal satisfaction, then converted into a conservation become a tourist attraction. The tourist attraction is owned by Schmutzer Primata Center become the main thing that is served by manager for visitors. Visitor satisfaction at Schmutzer Primata Center depends on the tourist attraction who is served by manager of  Schmutzer Primata Center. The study using method descriptive with a quantitative approach by using questionnaire. Data analysis technique used is simple linear regression technique. Population in the study is visitors who visit Schmutzer Primata Center. Where are samples taken was 100 respondents. The result of the study showed that influence of tourist attraction on visitor satisfaction 38,3%, while 61,7% influenced by other factors are not examined. This shows that the variable of tourist attraction  has a major influence on visitor satisfaction. Advice to the manager of  Schmutzer Primata Center is to pay attention to problems that occur at Schmutzer Primata Center is the price of ticket, facilities and quality of the tourist attraction and  the manager should have a new strategy on how the visitors who visit Schmutzer Primata Center are satisfied after visiting. Keyword  :  Tourist attraction, Visitor satisfaction and Wildlife Park.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI MUSEUM GEOLOGI BANDUNG Kristiutami, Yuliana Pinaringsih
Jurnal Pariwisata Vol 2, No 2 (2015): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh dari bauran pemasaran terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Museum Geologi Bandung. Penulis menggunakan metode inferensial dengan analisis kuantitatif. Metode inferensial dipilih karena sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah besar, sehingga untuk meminimalisir terjadinya distorsi data yang didapat dari sampel. Analisis kuantitatif merupakan analisis yang menekankan pada analisis pada data numerical yang diolah dengan metode statistik. Hasil analisis data membuktikan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Berdasarkan hasil analisis, didapati bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan variabel-variabel lain terhadap keputusan berkunjung. Kata kunci : Bauran pemasaran, keputusan berkunjung. ABSTRACTThis research is to find out how the impact of the marketing mix to the decision to visit Museum Geology Bandung. This research used inferential method by the quantitative analysis. Inferential method is choosed to minimize the distortion of the sample data, because the main sample number is big. The quantitative analysis is the type of analysis that based on numerical data to process using statistical method. The result of the analisys has prove that marketing mix have positif and significant influence to the decision to visit. Based on the analysis result, the marketing mix influence is bigger than the other variable to the decision to visit. Keyword : Marketing mix, decision to visit.
PENGARUH GUIDE PERFORMANCE DAN QUALITY TOURISM SERVICE TERHADAP REVISIT INTENTION DI KEBUN RAYA BOGOR Andriani, Rian; Rahmansyah, Muhammad Elvian
Jurnal Pariwisata Vol 2, No 2 (2015): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKKebun Raya Bogor merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kota Bogor Jawa Barat, secara geografis kawasan ini berada dalam posisi yang strategis karena berada di antara dua kota besar yaitu Jakarta dan Bandung. Faktor lokasi inilah yang menjadi peluang Kebun Raya Bogor menjadi destinasi wisata favorit di Kota Bogor. Guide Performance dan Quality Tourism Service adalah suatu bagian dari kegiatan pariwisata, sehingga peneliti fokus pada Guide Performance dan Quality Tourism Service terhadap Revisit Intention di Kebun Raya Bogor. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Peneliti menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi dan uji f. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Dalam penelitian ini, faktor Guide Performance dan Quality Tourism Service memiliki pengaruh sebesar 33,2% terhadap Revisit Intention pada Kebun Raya Bogor.Kata Kunci: Guide Performance, Quality Tourism Service dan Revisit Intention ABSTRACTBogor Botanical Gardens is one of tourist destination in Bogor City, West Java, which the geographical in a strategic location between two big cities, Jakarta and Bandung. This location factor is can become an opportunity for Bogor Botanical Gardens to become a favorite tourist destination in Bogor City. Guide Performance and Quality Tourism Service is one of part of the tourism, so the researcher focus to Guide Performance and Quality Tourism Service To Revisit Intention in Bogor Botanical Gardens. In this research, the researcher used quantitative methode with descriptive verificative. The researcher used 100 respondent for a sample. In this research, the researcher used multiple linier regresion analysis with hypotesis test used determination coefficient test and F test. The classical assumption of this research is used normality test, multicollinearity test, heteroskedastisitas test and auto correlation test. In this research, the Guide Performance and Quality Tourism Service factors has an influence 33,2% of Revisit Intention in Bogor Botanical Garden.Keywords: Guide Performance, Quality Tourism Service and Revisit Intention
PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP LOYALITAS TAMU MENGINAP DI SUMBER ALAM RESORT GARUT Hamzah, Faizal; I. B. Hariyanto, Oda
Jurnal Pariwisata Vol 2, No 2 (2015): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKResort merupakan salah satu usaha pariwisata dalam hal penyediaan akomodasi bagi para wisatawan.  Tingkat perkembangan persaingan resort di Jawa Barat semakin meningkat. Sumber Alam Resort merupakan salah satu resort di Kabupaten Garut. Tingkat jumlah tamu ke Sumber Alam Resort mengalami peningkatan yang tinggi pada satu tahun terakhir ini. Hal tersebut terjadi karena Sumber Alam Resort berusaha mempertahankan dan meningkatkan tamu untuk datang dan menginap kembali, setelah tamu menginap diharapkan tamu tersebut merekomendasikannya kepada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap loyalitas tamu di Sumber Alam Resort. Penelitian ini berjenis deskriptif-verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dari populasi 1.765 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan pengujian hipotesis menggunakan uji R2 dan uji t. Penelitian ini juga dibantu dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Dari hasil pengujian secara statistik, diketahui bahwa pelayanan prima berpengaruh positif terhadap loyalitas tamu dengan koefisien regresi = 0,289. Berdasarkan pengujian hipotesis uji R2 pelayanan prima berpengaruh sebesar 8,3% terhadap loyalitas tamu, dan hasil uji t diperoleh bahwa nilai T hitung sebesar 2,987 dengan signifikansi 0,004, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dinyatakan bahwa terdapat pengaruh pelayanan prima terhadap loyalitas tamu. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, pelayanan prima melalui dimensi yang digunakan adalah attitude, attention dan action mempunyai pengaruh terhadap loyalitas tamu. Kata Kunci: Resort, Pelayanan Prima dan Loyalitas Tamu. ABSTRACTResort is one of the tourism industry in providing accommodation for the tourists. The level of development in the competition of resort in West Java are increasing every year. Sumber Alam Resort is one of resorts in Garut District. The level number of guests to Sumber Alam Resort has increasing in the past year. Sumber Alam Resort strive to maintain and enhance the guests to come and stay there again, and recommend it to others. The aim of this research is to know the influence of service excellence to customer loyalty of Sumber Alam Resort. This research type is descriptive-verificative. Sampling technique used is incidental sampling with 100 respondents from 1.765 people’s population. The technique of data analysis used is simple linear regression analysis wich hypothesis test uses R2 test and t test. It also performed by classical assumption which include normality test, and heteroscedasticity test. From the statistical examination known that service excellence influence positively to customer loyalty which regression coefficient =0,289. Based on R2 test of  hypotheses testing the influence of  service excellence at 8,3% on customer loyalty, and the result of t test be obtained that the value of T count is 2,987 with the significance at 0,004. Thus, H0  rejected and Ha received it stated that there is the influence of service excellence to customer loyalty. The findings of the study show that service excellence through its dimensions such as attitude, attention and action have influence on customer loyalty. Keywords: Resort, Service Excellence, and Customer Loyalty.
PENGARUH ECOTOURISM TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN KAMPUNG NAGA KABUPATEN TASIKMALAYA Yulistianti, N.Yesi Sri; Brahmanto, Erlangga
Jurnal Pariwisata Vol 2, No 2 (2015): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKKabupaten Tasikmalaya memiliki sebuah Objek Wisata Budaya yang khas dan masih terjaga sampai saat ini, yaitu Kampung Naga. Kegiatan Ecoturism merupakan salah satu ciri khas dari objek wisata Kampung Naga. Kegiatan Ecoutourism di Kampung Naga dilakukan oleh masyarakat lokal yang tinggal di objek wisata ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ecotourism yang ada di Kampung Naga dan kondisi pelestarian lingkungan yang ada di Objek Wisata Kampung Naga, mengetahui seberapa besar pentingnya mengenai pelestarian lingkungan, dan mengetahui seberapa besar pengaruh Ecotourism terhadap pelestarian lingkungan.Sampel diambil dengan menggunakan metodesampling. Jumlahsampel ditentukanyaitu sebanyak 100 responden yang datang ke KawasanObjek WisataKampung Naga. Penelitianini menggunakan data primer yang diambil dari hasil wawancara, observasi dan penyebaran pernyataan berupa angket/kuesioner. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas Ecotourism (X) dan variabel terikat pelestarian lingkungan (Y). Teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan Software Spss 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ecotourism (X) memiliki pengaruh yang positif terhadap pelestarian lingkungan (Y). Persamaan regresi linier sederhana yang dibentuk yaitu Y = 17.075 + 0,339X yang berarti setiap pertambahan Ecotourism (X) sebesar satu poin maka kepuasan berkunjung akan meningkat sebesar 0,339. Dengan hasil koefisien determinasi sebesar 11,5% dalam kategori sedang.Kata Kunci : Ecotourism, Pelestarian Lingkungan, Wisata BudayaABSTRACTTasikmalayadistrict has a distinctive cultural attractions and still maintained until today, namely Kampung Naga. Ecoturism activity is one of the characteristics of attractions Kampung Naga. Ecoutourism in Kampung Naga activities carried out by local people who live in this attraction. This study aims to determine Ecotourism in Kampung Naga and conditions of environmental preservation in Attractions Kampung Naga, knowing how large the importance of the preservation of the environment, and determine how much influence Ecotourism to environmental conservation. Samples were taken using a sampling method. The number of samples is determined that as many as 100 respondents who came to the area attractions Kampung Naga. This study uses primary data taken from interviews, observations and statements concerning the deployment of questionnaires / questionnaire. Data obtained were analyzed using quantitative analysis. This study consisted of Ecotourism independent variable (X) and the dependent variable environmental preservation (Y). Data-processing technique used is simple linear regression analysis using SPSS 16. The results showed that Ecotourism (X) has a positive influence on environmental preservation (Y). Simple linear regression equation is formed: Y = 17 075 + 0,339X which means that each increment Ecotourism (X) at one point been the satisfaction will be increased by 0,339. With the coefficient of determination of 11.5% in the medium category.Keyword : Ecotourism , Environment Conservation, Culture Tourism

Page 1 of 1 | Total Record : 7