cover
Contact Name
Yosef Abdul Ghani
Contact Email
yosef.ylb@bsi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
redaksi.jurnalubsibdg@bsi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pariwisata
ISSN : 23556587     EISSN : 25282220     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JURNAL PARIWISATA pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. JURNAL PARIWISATA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Destinasi Pariwisata, Perhotelan, Budaya, Makanan. Dengan artikel tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. JURNAL PARIWISATA memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan April dan September setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2014): Jurnal PARIWISATA" : 7 Documents clear
PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TERHADAP MOTIVASI DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI LOKAWISATA BATURRADEN Martina, Sopa; Syarifuddin, Didin
Jurnal Pariwisata Vol 1, No 1 (2014): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.161 KB)

Abstract

Abstract - In an organization factors Human Resources has important role compared to other factors . If organizations fail to achieve the goal , the human factor can be the cause therein . Therefore employees need training and development to be able to motivate yourself to work better in order to achieve good performance anyway . This research was conducted using descriptive methods . Based on the findings of the 61 respondents mentioned the importance of the results in both categories at 81.8 % for the training and development available , the results in both categories at 74.3 % for employee motivation , and results in employees performance lokawisata Baturraden by 86 , 3 % in the excellent category . As for the effect of training on employee motivation and pengembanagn obtained correlation value of 41.21 % , and for the influence of motivational variables on employee performance lokawisata Baturraden of 11.42 % . So that the total value obtained for training and development impact on motivation and its impact on job performance of 52.63 % . A percentage of 47.37 % is influenced by other factors . Keywords : job performance, motivation, training and development. Abstrak - Dalam suatu organisasi faktor Sumber Daya Manusia (SDM) mempunyai peranan yang penting dibandingkan dengan faktor lain. Apabila organisasi mengalami kegagalan dalam mencapai tujuan, maka faktor manusia dapat menjadi penyebab didalamnya. Oleh karena itu karyawan perlu mendapatkan pelatihan dan pengembangan untuk dapat memotivasi diri sendiri untuk bekerja dengan lebih baik sehingga tercapai prestasi kerja yang baik pula. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dari 61 orang responden tersebut maka didapat hasil dalam kategori baik sebesar 81,8% untuk pelatihan dan pengembangan yang tersedia, hasil dalam kategori baik sebesar 74,3% untuk motivasi karyawan, dan hasil dalam prestasi kerja karyawan Lokawisata Baturraden sebesar 86,3% dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk pengaruh pelatihan dan pengembanagn terhadap motivasi karyawan didapat nilai korelasi sebesar 41,21%, dan untuk pengaruh variabel motivasi terhadap prestasi kerja karyawan Lokawisata Baturraden  sebesar 11,42%. Sehingga didapat nilai total untuk pengaruh pelatihan dan pengembangan terhadap motivasi dan dampaknya terhadap prestasi kerja sebesar 52,63%. Sisanya sebesar 47,37% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : motivasi, pelatihan dan pengembangan, prestasi kerja
GAMBARAN TUGAS TRAINEE DI KITCHEN HOTEL NOVOTEL BANDUNG Taqwa Zun, Nasim Amarabit; Pinaringsih, Yuliana
Jurnal Pariwisata Vol 1, No 1 (2014): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.577 KB)

Abstract

Abstract - Novotel Hotel Bandung has a uniqueness in presentation at breakfast and omlette played by a trainee. Not only that, besides being a man of a trainee omlette also believed to make a food product. The existenceof the uniqueness of the writer very interested to examine and make a final project with the title “Trainee job description at kitchen Novotel Hotel Bandung”. Based on the research and discussion section conducted kitchen Novotel Hotel Bandung, the conclusion by the authors includes explanations, knowledge and preparation responsibilities trainee to support quality improvement kitchen product and follow the duties and responsibilities of an operations trainee at Novotel Hotel Bandung well so that the problem can solved.Keywords :Unique, Trainee, DutyAsbtrak - Hotel Novotel Bandung memiliki suatu keunikan dalam penyajian pada saat breakfast dan omeltte yang diperankan oleh seorang trainee.Bukan itu saja, selain menjadi seorang omeletteman, seorang trainee juga sudah dipercaya membuat suatu product makanan di setiap sectionnya. Adanya keunikan tersebut menjadi suatu ketertarikan untuk meneliti dengan judul  “tugas trainee di kitchen Hotel Novotel Bandung”. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan di bagian kitchen hotel Novotel Bandung, memuat kesimpulan dengan adanya penjelasan-penjelasan, pengetahuan mengenai tanggung jawab trainee dan preparation untuk mendukung peningkatan kualitas product kitchen dan mengikuti tugas serta tanggung jawab operasional di Hotel Novotel Bandung dengan baik sehingga masalah tersebut bisa diatasi.Kata kunci :Unik, Trainee, Tugas
PERANAN COOK DI EVENT KITCHEN HOTEL HYATT REGENCY BANDUNG Firdaus, Rizky; Andriani, Rian
Jurnal Pariwisata Vol 1, No 1 (2014): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.834 KB)

Abstract

Abstract - Hotel is one of tourism supports, which is very important to accommodate tourist needs, related on home staying,restaurant,event organizing and entertainment, so service quality factor that gift become the key of success. Event organizing become the trends that has potential to be developed,one of quality service that very important is providing a dish for event activities, so chef part in kitchen event become the aspect that could deciding good or not the running of the event. Hotel Hyatt Regency Bandung as 5 stars hotel has 6 outlets to support the dish service for the event that held on the hotel.those 6 hotels are  Banquet Kitchen outlet, Taruma Café Kitchen outlet, Regecy Kitchen outlet, Cha Yuen Kitchen outlet,  Commissary Kitchen outlet and Simider Kitchen outlet. In a outlet there’s usually has 6 til 7 cook.Where as they had their own part,such as chef de partie that providing and controlling the goods, and commis that managing the goods become the dish that could be served for the event activities. The every parts is very important for the succed of the event,and the succed of the event could impact the image of the hotel. Keyword : Hotel, Even Kitchen, Cook  Abstrak - Hotel merupakan salah satu pendukung pariwisata, dimana keberadaanya begitu penting untuk mengakomodir kebutuhan-kebutuhan wisatawan yang berkaitan dengan penginapan, restoran, penyelenggaraan event dan hiburan, sehingga faktor kualitas pelayanan yang diberikan menjadi kunci keberhasilan dari suatu hotel. Penyelenggaraan event di hotel menjadi tren tersendiri dan sangat berpotensi untuk terus dikembangkan, salah satu kualitas pelayanan yang sangat penting yaitu penyediaan hidangan bagi kegiatan event, maka peran cook di event kitchen menjadi aspek yang dapat menentukan baik tidaknya event terlaksana. Hotel Hyatt Regency Bandung sebagai hotel bintang 5 memiliki 6 outlet untuk mendukung pelayanan hidangan bagi event yang diselenggarakan di hotel tersebut. Keenam outlet tersebut yaitu outlet Banquet Kitchen, outlet Taruma Café Kitchen, outlet Regecy Kitchen, outlet Cha Yuen Kitchen, outlet Commissary Kitchen dan outlet Simider Kitchen. Dalam suatu outlet biasanya terdiri dari 6 sampai 7 cook. Dimana mereka memiliki tugas masing-masing, seperti bagian chef de partie yang bertugas untuk menyediakan dan mengawasi pengadaan kebutuhan bahan makanan, dan ada pula bagian commis yang bertugas untuk mengolah bahan makanan menjadi masakan yang dapat disajikan untuk kegiatan event. Peran dari masing-masing bagian begitu penting bagi kelancaran event yang terlaksana, dan kelancaran suatu event yang terlaksana berdampak baik pada image hotel dimata konsumen. Kata Kunci : Hotel, Even Kitchen, Cook.
ANALISIS KARAKTER WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP FASILITAS WISATA KAWASAN PRAWIROTAMAN Wirakusuma, Reiza Miftah
Jurnal Pariwisata Vol 1, No 1 (2014): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.832 KB)

Abstract

Abstract - The research was conducted in Prawirotaman, Yogyakarta. The power of historical value, Batik Craftsmen and relaxed atmosphere generate the value of the accommodation which was very precious to be a tourist attraction. This study will reveal what affect foreign tourists  for coming to Prawirotaman recently after rapid hotel development. The objectives of this research is to identify profile and character of foreign tourists from psychography, geography, and demography segmentation as well as tourism trend. Next, to identify the perception of foreign tourists from tourist attraction, accesibility, amenities, price, service quality, advertising, number of visit, length of stay, and expenditure. Last, to identify which factor is the most influencing foreign tourists perception in Prawirotaman. The research methods that have been used are quantitative in multiple regression analysis and qualitative in analysis descriptive.These findings generated the biggest 5 market by nationality such as Netherland, Germany, France, USA and Japan. From the analysis can be concluded that(1) There is an existence of the partial effect between variable of attractiveness with tourist arrivals. This emphasizes that variable of attractions is influencing independently without other variables. Furthermore, it is also indicating that the power of Prawirotaman is an affordable international culinary complex with afforadble price as well as serenity ambience and various types of accommodation. (2) The character of foreign tourists affect the combination of tourism products offered by  Prawirotaman Tourism Operators (Hotels, Travel Agents, Restaurants). As the highlight, the characters of foreign tourists are more influenced by demographic segment.. Keywords: Tourism Products, Prawirotaman, Perception, Character, Foreign Tourists Abstrak - Prawirotaman dikenal wisatawan mancanegara sebagai suatu kawasan wisata mulai tahun 1974.Kekuatan nilai historis, pengrajin batik dan suasana akomodasi yang santai menjadikan nilai yang sangat berharga bagi suatu daya tarik wisata. Dengan adanya perkembangan teknologi dan semakin tingginya persaingan perhotelan di Yogyakarta, Lalu bagaimanakah dengan kondisi saat ini? penelitian ini akan mengungkap apa yang mempengaruhi wisatawan mancanegara datang ke kawasan Prawirotaman. Temuan-temuan yang dihasilkan yaitu Wisatawan Mancanegara didominasi 5 besar kewarganegaraan: Belanda, Jerman, Perancis, USA, dan Jepang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Adanya pengaruh secara parsial antara variabel daya tarik terhadap kunjungan wisatawan mancanegara. Hal ini menyatakan bahwa variabel Daya Tarik dapat berpengaruh secara mandiri tanpa variabel lain. Hal ini juga menandakan bahwa kekuatan daya tarik kawasan yang utama adalah keragaman kompleks kuliner internasional dengan harga yang terjangkau disamping suasana dan ketersediaan akomodasi. (2) Karakter wisatawan mancanegara mempengaruhi kombinasi dari produk wisata yang ditawarkan Kawasan Prawirotaman. Perlu diketahui bahwa karakter segmentasi demografis ternyata lebih dominan untuk menentukan pola perjalanan. kesimpulannya, wisatawan mancanegara dibagi berdasarkan usia seperti Youth Travelers (Independent or Couple), Honeymooners, Retirement, and Family with infant or younger children. Berdasarkan data sekunder dan pengamatan, segmentasi Youth Travelers bersifat sangat sensitif terhadap harga dan pengguna internet yang sangat aktif, lalu segmentasi Retirement and Family lebih berorientasi pada kenyamanan fasilitas dan privacy. Terakhir, Honeymooners merupakan kombinasi dari keduanya.Kata kunci: Produk Wisata, Prawirotaman, Persepsi, Karakter, Wisatawan Mancanegara
AKSESIBILITAS HOTEL HORISON BEKASI DENGAN MAL METROPOLITAN Nursintia, Nadia; Muktasida, Nida Nahida
Jurnal Pariwisata Vol 1, No 1 (2014): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.388 KB)

Abstract

Abstract - Development of accommodation services is growing very fast, the construction of hotels ranging from low to star property confirms that the business is very profitable and promising. Growing hotel development as the presence and development of tourism in a region. Concept of mix used and are now growing in demand by developers. In addition to shorten the land, its facilities are increasingly in demand, because the concept of developing the land into two business buildings comprising the hotel and mall, can provide ease of access for service users to carry out all the activities that support their activities. Accessibility is a very important thing to be considered for the service users to choose the hotel accommodation that will be flown them. Distance, transportation, facilities, road conditions, and ease of location had been the benchmark and consideration to get a suitable hotel for their activities. Keyword : Accessibility, Hotel Abstrak - Perkembangan jasa akomodasi saat ini berkembang sangat cepat, dibangunnya hotel mulai dari hotel rendah hingga bintang menegaskan bahwa bisnis properti ini sangat menguntungkan dan menjanjikan. Pembangunan hotel berkembang seiring hadirnya dan berkembangnya pariwisata di suatu daerah. Konsep mix used pun kini semakin berkembang dan diminati oleh para pengembang. Selain karena mempersingkat lahan, fasilitas nya pun semakin diminati, karena konsep mengembangkan satu lahan menjadi dua bangunan usaha yang terdiri dari hotel dan mal, dapat memberikan kemudahan akses untuk para pengguna jasa untuk melakukan segala aktifitas yang mendukung kegiatannya. Aksesbilitas merupakan hal yang sangat penting yang menjadi pertimbangan bagi para pengguna jasa akomodasi untuk memilih hotel yang akan mereka singgahi. Jarak, transportasi, fasilitas, kondisi jalan, dan kemudahan lokasi lah yang menjadi tolak ukur dan pertimbangan untuk mendapatkan hotel yang cocok bagi kegiatan mereka. Kata Kunci : Aksesibilitas Adalah Penunjang Mobilitas
PENGARUH APLIKASI STRATEGI MANAJEMEN OPERASI DAN PEMASARAN PRODUK BANQUET TERHADAP PENINGKATAN KEUNGGULAN DAYA SAING HOTEL PANGHEGAR BANDUNG Durachim, Endang Darwin
Jurnal Pariwisata Vol 1, No 1 (2014): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.563 KB)

Abstract

Abstract - Panghegar Hotel Bandung,is the one of Hospitality Industry was succed in the business operation , in periodical of year 1983 until 1986 was making progress of the business very well and booming, the reason is at that time the competition of Banquet business not so tight yet, and then Strategi Management Operation and Banquet Product Marketing at that time was carry out by excellence presentation and was supported  by a professional / qualified staff. Another reason is at that time, the business banquet product competition  in general are not making the  chalange of the heavier one. Even the Panghegar Hotel Bandung was called “ The Best Hotel in Bandung” or “The Best Hotel Occupancy”for the whole of hotel in Indonesian Country. But an after year 1989 until 1999 until right now was making the chalange of the heavier one , because so many hotel of IV / V star as same level with the Panghegar Hotel. Causing of those case was making  side affect  of unfair competition in between one hotel with another hotel , it’s included the competition of Banquet Business. That’s why Panghegar Hotel at that time was stand opposite of big problems on the Banquet Business such as: (1).The Professionall Hotel / Banquet Staff was reducing, (2). Mayorities of the staff who taking care of service and staff managers are not competence according to the necesary in the hotel operation, those case is causing of recruitment are not selective or is hard to find the professional staff according to the necessary Competency Standard. As indicated of those case , the basic purpose of the examination is want to know what’s the  Management Operation Strategy and Banquet Product Marketing can be in obtained of excellence power of competition in order it’s will be a good handling as well. The methodologi of examination  will presented by quantity system in according to the definitely condition,to give the real figure, and  making the analysis to looking for the several biggest of influence in between one variabel with another. Base on hipotesis examination T Hit. As: If the Management Operation Strategy and Banquet  Product Marketing is definitely executed , it’ll upgrade the exellence of competition power of Panghegar Hotel will be received. And then if always being carry out continuity  the Application of Management Operation Strategy and Banquet Product Marketing ,  its will be influence to stand opposite of the exellence promoted of competition power to the Panghegar Hotel Bandung. ” One of the key factor in obtaining an optimal successfull result  in the Banquet Operation is excellence  process of the job execution  of the Application  Strategy Management Operation and Banquet Marketing  perform by managers  Panghegar Hotel Bandung.So the Banquet Business Competition Problems will be reducing automatically  Keyword : strategi management operation and banquet product marketin Abstrak - Hotel Panghegar  Bandung , merupakan salah satu industri perhotelan telah sukses dalam operasi bisnis, secara periodik tahun 1983 sampai tahun 1986 mengalami kemajuan bisnis yang sangat baik dan booming , alasannya adalah  pada waktu itu persaingan bisnis banquet tidak begitu ketat belum, dan kemudian Manajemen Operasi Strategi dan Perjamuan Pemasaran Produk pada waktu itu adalah melaksanakan dengan presentasi keunggulan dan didukung oleh staf profesional / berkualitas. Alasan lain adalah pada saat itu, persaingan produk perjamuan bisnis pada umumnya tidak membuat chalange dari satu berat. Bahkan  Hotel Panghegar  Bandung disebut " The Best Hotel in Bandung " atau " The Best Hotel Hunian " untuk seluruh hotel di Negara Indonesia . Tapi setelah tahun 1989 sampai dengan tahun 1999 sampai sekarang sedang membuat chalange dari satu lebih berat, karena begitu banyak Hotel bintang IV / V sebagai tingkat yang sama dengan Hotel Panghegar  . Menyebabkan kasus mereka sedang membuat sisi mempengaruhi persaingan tidak sehat di antara satu hotel dengan hotel lain,  itu termasuk persaingan banquet. Itu sebabnya Hotel Panghegar pada waktu itu berdiri kebalikan dari masalah besar pada banquet seperti : . ( 1 ) The professionall Hotel / Perjamuan Staf adalah mengurang, ( 2 ). Mayorities staf yang mengurus layanan dan staf manajer tidak sesuai dengan kompetensi maka perlu di operasi hotel , kasus yang menyebabkan perekrutan tidak selektif atau sulit untuk menemukan staf profesional sesuai dengan yang diperlukan Standar Kompetensi . Sebagaimana ditunjukkan kasus tersebut , tujuan dasar dari pemeriksaan ini ingin tahu apa Operasi Manajemen Strategi dan Pemasaran Produk Perjamuan dapat diperoleh di kekuasaan keunggulan kompetisi dalam rangka itu akan menjadi penanganan yang baik juga. The methodologi pemeriksaan akan disajikan oleh sistem kuantitas sesuai dengan pasti kondisi , untuk memberikan angka yang sebenarnya , dan membuat analisis untuk mencari beberapa terbesar pengaruh di antara satu variabel dengan yang lain . Berdasarkan hipotesis pemeriksaan T Hit . Seperti : Jika Operasi Manajemen Strategi dan Pemasaran Produk Perjamuan pasti dieksekusi , itu akan meng-upgrade exellence kekuasaan kompetisi Hotel Panghegar akan diterima . Dan kemudian jika selalu melakukan kontinuitas Penerapan Strategi Operasi Manajemen dan Perjamuan Pemasaran Produk , yang akan berpengaruh untuk berdiri kebalikan dari exellence dipromosikan kekuasaan kompetisi ke Hotel Panghegar Bandung. "Salah satu faktor kunci dalam memperoleh hasil yang optimal sukses dalam operasi perjamuan adalah keunggulan proses dari pelaksanaan pekerjaan Penerapan Strategi Manajemen Operasi dan Pemasaran Perjamuan melakukan dengan manajer Hotel Panghegar Bandung. Perjamuan Bisnis Masalah Persaingan akan mengurangi secara otomatisKata kunci : strategi manajemen operasi dan pemasaran bisnis produk banquet
PENGOLAHAN BROWNIES KUKUS KETAN HITAM DI HOTEL SAVOY HOMANN BIDAKARA BANDUNG Dini, Rini Rahma; Oda, Oda; Andriani, Rian
Jurnal Pariwisata Vol 1, No 1 (2014): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (847.433 KB)

Abstract

Abstract - World tourism is closely related to the hotel or pastry and bakery offers a wide range of products, including cakes, pies, cookies, ice cream candy / nougat. Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung providing pastry products, namely black sticky rice steamed brownies. This product consists of Black Sticky Rice flour mixed with dark chocolate and blueberry jam and presented in a box as for the use cupcase mica. Shaped like a cupcake and garnished with sliced fruits such as strawberry, cherry green and Sunkist and very attractive so tempting guests to enjoy.In making Black Sticky Rice steamed brownie must same as standard recipe for the result product was stabil, this product is very unique and interesting as the black sticky rice garnish brownies are served with a slice of fruit. This product is in Savoy Homann Hotel Bidakara Bandung. But the product Black Sticky Rice Steamed Brownies has a disadvantage that consumer interests who prefer brownies the other products compared with Black Sticky Rice steamed brownies. This it should Black Sticky Rice Steamed Brownies is beautiful in it’s presentation garnished more and more tidy so that more guests are interested in this product. Keyword : Brownies Kukus Ketan Hitam, Food Processing.  Abstrak - Dunia pariwisata erat kaitannya dengan hotel atau pastry and bakery menyediakan berbagai macam produk, diantaranya cake, pie, cookies, ice cream permen / nougat. Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung menyediakan produk pastry yaitu brownies kukus ketan hitam. Produk ini terdiri dari tepung ketan hitam yang dipadukan dengan dark chocolate serta blueberry jam dan disajikan dalam sebuah box mika adapun yang menggunakan cupcase. Yang dibentuk seperti cupcake dan di-garnish dengan irisan buah-buahan seperti strawberry, green cherry dan sunkist dan di tata dengan sangat menarik sehingga menggugah selera tamu untuk menikmatinya. Produk ini sangat unik dan menarik karena garnish brownies kukus ketan hitam tersebut disajikan dengan beberapa slice fruit. Produk ini ada di Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung. Dalam Pembuatan Brownies Kukus Ketan Hitam ini harus sesuai dengan standard recipe agar produk yang dihasilkan selalu stabil, namun produk Brownies Kukus Ketan Hitam ini mempunyai kekurangan yaitu minat konsumen yang lebih memilih produk brownies yang lain dibandingkan dengan brownies kukus ketan hitam. Maka dari itu sebaiknya Brownies Kukus Ketan Hitam ini dalam penyajiannya digarnish lebih indah dan lebih rapih agar tamu lebih tertarik dengan produk ini. Kata Kunci : Brownies Kukus Ketan Hitam, Pengolahan Makanan

Page 1 of 1 | Total Record : 7