Jurnal Informatika
ISSN : 23556579     EISSN : 25282247
JURNAL INFORMATIKA pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. JURNAL INFORMATIKA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Teknik Informatika, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi . Dengan artikel tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. JURNAL INFORMATIKA memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan April dan September setiap tahunnya.
Articles 17 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 1 (2017): Jurnal INFORMATIKA" : 17 Documents clear
Optimasi Fitur Menggunakan Backward Elimination Dan Algoritma SVM Untuk Klasifikasi Kanker Payudara

Ma’arif, Farizul, Arifin, Toni

Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.879 KB) | DOI: 10.31311/ji.v4i1.1548

Abstract

AbstrakOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2004, menyatakan bahwa 5 besar kanker di dunia adalah kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus besar, kanker lambung, dan kanker hati. WHO mengestimasikan bahwa 84 juta orang meninggal akibat kanker dalam rentang waktu 2005-2015. Survei yang dilakukan WHO menyatakan 8 sampai 9% wanita mengalami kanker payudara. Hal itu membuat kanker payudara sebagai jenis kanker yang paling banyak ditemui pada wanita setelah kanker leher rahim. Pada penelitian ini dilakukan klasifikasi tingkat keganasan breast cancer dengan menggunakan metode optimasi fitur Backward Elimination dan Support Vector Machine (SVM), yang bertujuan untuk memudahkan ahli dalam mengidentifikasi kanker payudara. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode Support Vector Machine (SVM) adalah Algoritma yang baik diantara algoritma yang penulis telah uji untuk pengklasifikasian Kanker Payudara menggunakan Dataset WBC (Wisconsin Breast Cancer). Dimana nilai klasifikasi performansi Akurasi dan AUC nya adalah yang tertinggi, sedangkan untuk penggabungan algoritma seleksi fitur Backward Elimination dan Support Vector Machine (SVM) mendapatkan peningkatan Akurasi sebesar 14% sehingga nilai tingkat akurasi akhirnya sebesar 97.14% dan nilai AUC mencapai 0.995. Keywords: Kanker Payudara, Backward Elimination, Support Vector Machine, Klasifikasi. AbstractThe World Health Organization (WHO) in 2004, States that the 5 large world cancer is lung cancer, breast cancer, colon cancer, stomach cancer, and liver cancer. The who estimates that 84 million people died of cancer in 2005-2015 time frame. A survey conducted the WHO declares the 8 to 9% of women experiencing breast cancer. It makes breast cancer as the most common type of cancer found in women after cervical cancer. This research was conducted on the classification of the degree of malignancy of breast cancer by using Backward Elimination feature optimization method and Support Vector Machine (SVM), which aims for make it easier the expert in identifying breast cancer. Based on the results and discussion has been done, it can be concluded that the method of Support Vector Machine (SVM) is a good algorithm between the algorithms that the author has been testing for breast cancer classification using Dataset WBC (Wisconsin Breast Cancer). Where the value of classification Accuracy performance and his AUC is the highest, while for the merge feature selection algorithm Backward Elimination and Support Vector Machine (SVM) get an increased Accuracy of 14% accuracy level value so that the end of 102.72% and AUC values reach 0995. Keyword: Breast Cancer, Backward Elimination, Support Vector Machine, Classification.

Knowledge Management System Di Bidang Pelayaran Menggunakan Metodologi USDP

Nasihin, Muhamad

Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.008 KB) | DOI: 10.31311/ji.v4i1.1601

Abstract

AbstrakPT. Karunia Samudera Indonesia Ltd adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran lebih dari 22 tahun sejak tahun 1995 sampai sekarang menangani berbagai layanan armada transportasi air, badan, pengurusan dokumen, perekrutan kru, docking kapal, sering menggunakan media sosial dan email dalam penyebaran pengetahuan dan informasi yang dilakukan selama ini. Namun, media ini tidak dapat menampung informasi perusahaan ini dalam beberapa hal sebagai catatan pengetahuan yang dapat dicari kembali dan tidak sebagai media perekam untuk pengetahuan berdasarkan pengalaman di lapangan. Oleh karena itu, perlu dirancang sebuah sistem yang dapat mengkonversi pengetahuan tacit menjadi pengetahuan eksplisit yang berguna bagi PT. Karunia Samudera Indonesia dan kemudahan untuk menyampaikan informasi kepada para pengguna jasa. Sistem ini dirancang dengan menggunakan metodologi Unified Software Development Process (USDP) yaitu sebuah aplikasi web yang menerapkan konsep Sistem Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management), dimana pengguna dapat berinteraksi dengan PT. Karunia Samudera Indonesia sebagai anggota dari sistem dengan mengomentari artikel yang merupakan bentuk pengetahuan yang telah didokumentasikan. Kata kunci: Knowledge Management System, Unified Software Development Process, Web Application.                                                             AbstractKarunia Samudera Indonesia Co. Ltd. is a company that engaged in shipping more than 22 years since 1995 up to now handle a variety of water transport fleet services, the agency, processing of documents, crew recruitment, docking ships, often using social media and email in the dissemination of knowledge and information that is carried out so far. However, these media can not accommodate this company in some ways as the notes of the knowledge that can be searched back and not as a recording medium for the knowledges based on experience in the field. Therefore, we need to design a system that can convert tacit knowledge into explicit knowledge that is useful for Karunia Samudera Indonesia Co. Ltd. and ease to communicate information to the users of services. The system was designed using the methodology of the Unified Software Development Process (USDP) in this research is a web application that implements the concept of Knowledge Management System (Knowledge Managements), which the user can interact with Karunia Samudera Indonesia Co. Ltd. as a member of the system by commenting on the article which is a form of knowledge that has been documented. Keywords:   Knowledge Management System, Unified Software Development Process, Web Application.

Optimalisasi Produksi Di Industri Garment Dengan Menggunakan Metode Simpleks

Rachman, Rizal

Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1174.224 KB) | DOI: 10.31311/ji.v4i1.1419

Abstract

AbstrakAplikasi optimalisasi Produksi dan Keuntungan pada perusahaan Garment ini dibangun untuk mengatasi permasalahan tersebut. Aplikasi ini memiliki kemampuan dalam mengolah data bahan baku benang, data waktu kerja, data kebutuhan produksi dan data beban untuk dilakukan perhitungan pengoptimalan. Adapun dasar perhitungan yang dilakukan meliputi perhitungan optimasi menggunakan metode Simpleks dan Visual Basic 6. Hasil keluaran dari aplikasi ini adalah banyak yang diproduksi berdasarkan sumber daya benang yang ada, biaya total beban pengeluaran yang dikeluarkan saat proses produksi serta keuntungan kotor dan bersih dari penjualan. Aplikasi ini dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dan tingkat prosentase keuntungan bergantung pada besar harga perbandingan penjualan antara produkyang satu dengan yang lainnya.Kata kunci : Optimasi, Metode simpleks, Linier Programming,AbstractApplication optimization of Production and Profits in Garment company is built to overcome these problems. This application has the ability to process data yarn materials, work time data, the data needs of production and expense data for calculation optimization. The basis of calculation was conducted on the optimization calculations using the Simplex method and Visual Basic 6. The output of this application is many are produced based on the resources existing threads, the total cost of expenditure incurred during the production process as well as gross and net profits from sales. This application can increase corporate profits and the percentage of large profits depend on the price comparison between the sale of one product to another. Keywords: optimization, simplex method, Linear Programming.

Manajemen Server Jaringan Komputer Berbasis Teknologi Virtualisasi Menggunakan Proxmox

Suhendi, Hendi, Nurdiyana, Indra

Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560 KB) | DOI: 10.31311/ji.v4i1.1416

Abstract

AbstrakBerdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, terdapat dua buah mesin server yang memiliki resources yang kurang baik karena menggunakan personal computerdengan spesifikasi bukan untuk server, sehingga tidak bisa melayani clientdengan baik. Selainitu tidak terdapat server pusat penyimpanan data untuk berbagi data. Solusi untuk permasalahan resources server adalah mengganti dengan satu unit PC Server dengan spesifikasi yang tinggi. Dan dikarenakan terdapat dua buah server maka metode yang digunakan untuk masalah ini adalah Teknologi Virtualisasi. Semua mesin server tersebut dibangun dalam teknologi virtualisasi dengan menggunakan Proxmox. Proxmox adalah software opensource untuk menjalankan Virtual Machine. Dengan proxmox dapat meminimalisir penggunaan hardware dan memudahkan dalam maintenance karena menggunakan Web Base Management untuk pengaturannya. Dan dengan dibangunnya server pusat data untuk penyimpanan data nilai dan berbagi data maka akan memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan. Manfaat dari penelitian ini  untuk mengefesiensikan waktu dan biaya dalam maintenance server serta penggunaan resource secara optimal. Kata Kunci: Virtualisasi, Proxmox, Server.  AbstractBased on research conducted by the authors, there are two server machines that have less resources well as using personal computer with a specification is not for the server, so it can not serve clients well. In addition, there is no central server data storage for data sharing. The solution to the problem is to replace the server resources with one unit of PC servers with high specification. And because there are two servers, the method used for this problem is Virtualization Technology. All machines are built in server virtualization technology by using Proxmox. Proxmox is open source software for running Virtual Machine. With proxmox can minimize the use of hardware and ease in maintenance due to using the Web Base Management for the organization. And with the construction of a data center server for data storage and sharing of data values. Keywords: Virtualization, Proxmox, Server.

Penerapan Certainty Factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Saluran Pencernaan Ayam Broiler

Rahmah, Julia, Saputra, Rizal Amegia

Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1022.06 KB) | DOI: 10.31311/ji.v4i1.1754

Abstract

AbstrakKomoditas ayam broiler mempunyai prospek pasar yang sangat baik karena didukung oleh karakteristik produk yang dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat Indonesia yang sebagian besar muslim, kolesterol relatif lebih rendah sehingga  relatif aman bagi penderita hipertensi, harga relatif murah (dibandingkan daging sapi maupun kambing) dengan akses yang mudah diperoleh karena sudah menyebar di seluruh wilayah tanah air. Cakupan nutrisi tubuh ayam berpengaruh besar terhadap produktivitas dan hal itu sangat berkaitan erat dengan fungsi kerja saluran pencernaan. Pengobatan yang efektif terhadap suatu penyakit memerlukan diagnosis yang tepat. Namun para peternak ayam biasanya hanya mengetahui gejala-gejala yang terjadi pada ayam yang sakit tanpa mengetahui penyakit apa yang dideritanya. Oleh karena itu perlu dibuatkan sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit pada saluran pencernaan ayam untuk memudahkan peternak ayam dalam mendiagnosa penyakit ayam. Aplikasi ini menggunakan perhitungan gejala/keluhan menggunakan metode CF (certainty factor). Dengan aplikasi ini peternak ayam bisa mengetahui kemungkinan penyakit yang terjangkit pada ayam broiler dan solusi pengobatannya. Kata Kunci: Algoritma Certainty Factor, Penyakit saluran pencernaan ayam, Sistem Pakar. AbstractChicken broiler commodity has a good market because supported by product character who can accept by most citizens Muslim in Indonesia. With low cholesterol that save for hypertension, cheaper than beef and mutton and easy to find in whole country. Chicken nutrition is defending to productivity who has relations with digest system. Effective care to a syndrome needs a real deal diagnostic. But mostly chicken farmer doesn’t know about caring the syndrome. Therefore we need to make a system for diagnosing about diseases of the chicken digestive to make easier chicken farmers in diagnosing diseases of chicken. This application uses the calculation of syndrome using CF (certainty factor). With this application the chicken farmer can know the possibility of contracting the disease in broiler chickens and treatment solutions. Keywords: Algorithm Certainty Factor, Digest Syndrome Diagnostic, Expert System.

Komparasi Algoritma C4.5, Naïve Bayes Dan Neural Network Untuk Klasifikasi Tanah

Mukminin, Amirul, Riana, Dwiza

Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (845.341 KB) | DOI: 10.31311/ji.v4i1.1002

Abstract

AbstrakPenentuan jenis tanah pada kedalaman tertentu untuk kebutuhan perencanaan pembangunan perumahan dilakukan berdasarkan data Cone Penetration Test. Tujuan penelitian ini untuk mengkomparasi Algoritma C4.5, Naive Bayes, and Neural Network sehingga ditemukan pemodelan yang terbaik untuk mengklasifikasikan tanah. Hasil dari penelitian ini didapatkan algoritma terbaik yaitu Algoritma C4.5. Algoritma C4.5 dalam klasifikasi dua kelas mencapai akurasi 98,45% dan AUC 0,981. Dalam klasifikasi tiga kelas C4.5 juga mencapai akurasi tertinggi (93,21%), demikian juga pada klasifikasi tujuh kelas (83,40%). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Algoritma C 4.5 dapat dijadikan pilihan dalam mengklasifikasi tanah untuk pembangunan perumahan. Kata Kunci : Data Mining, Klasifikasi Tanah, C4.5, Naïve Bayes, Neural Network AbstractDetermining the type of soil at a certain depth to the needs of residential development planning is done based on the data Cone Penetration Test. The purpose of this research to compare the data mining algorithm C4.5, Naive Bayes, and Neural Network to find the best modeling can be used for land classification. The results of this research, the best algorithm is C4.5. Algoritma C45 in binary-class classification accuracy reaches 98% and AUC 0,981. In the three-class classification C4.5 also have scored the highest accuracy (93.21%), as well as on the seven-class classification (83.40%). The results of this research concluded that the algorithm C 4.5 can be selected in classifying soil for residential development. Keywords: Data mining, C4.5, Naïve Bayes, Neural Network, Soil Classification.

Sistem Informasi Pencatatan Gangguan Jaringan Berbasis Web

Hendri, Hendri

Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.397 KB) | DOI: 10.31311/ji.v4i1.1832

Abstract

AbstrakSistem informasi berbasis web ini didasarkan adanya kendala para user IT dalam pencatatan gangguan jaringan komunikasi dan pembuatan laporan bulanannya. Sistem informasi berbasis web ini bertujuan untuk memberi kemudahan kepada para user IT mencatat gangguan jaringan komunikasi secara online. Sistem informasi berbasis web yang dapat membantu user IT, dan staff  IT dalam mengatasi permasalahan gangguan jaringan komunikasi dan membuat laporan bulanan dengan tepat waktu. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat memberikan informasi secara cepat, tepat, dan akurat, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi user IT untuk mendapatkan solusi dari masalah yang umumnya dihadapi. Kata kunci: pencatatan gangguan jaringan, sistem informasi berbasis web. AbstractThis web-based information system based constraint operators in recording and manufacturing communication network disruption monthly report. This web-based information system aims to provide convenience to the operator recorded a communication network disruption online. Web-based information system that can help operators and technicians in overcoming problems of communication network disruption and make monthly reports in a timely manner. With this system is expected to provide information quickly, precisely and accurately, so as to provide convenience for the operator helpdesk to get the solution of the problems commonly faced. Keywords: recording network disruptions, web-based information system.

Analisis Sikap Pengguna Paytren Menggunakan Technology Acceptance Model

Siri, Moh, Fitriyani, Fitriyani, Herliana, Asti

Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.319 KB) | DOI: 10.31311/ji.v4i1.1613

Abstract

AbstrakSemakin pesatnya aplikasi berbasis android mendorong masyarakat beralih dan menggunakan. Melakukan transaksi dan pembayaran ke loket-loket Paymen Point Online Bank (BPOB) yang dirasa kurang membantu masyarakat dalam kegiatan transkasi. Oleh karenanya hadir sebuah layanan terknologi dibidang micropayment dengan perangkat lunak bernama PayTren yang dapat digunakan untuk pembayaran transaksi dalam jumlah kecil  (micropayment) berbasis android yang merupakan salah satu alternatif tepat dan bermanfaat untuk sarana mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi atau pembayaran serta mampu menggeser jenis pembayaran pada loket-loket pembayaran pada umumnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis sikap pengguna aplikasi PayTren berbasis android dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM), serta pengujian menggunakan analisis regresi. Manfaat penelitian ini adalah sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya dengan menggunakan metode TAM dan ditambahkan variabel yang lain. Hasil dari penelitian ini persepsi kegunaan (perceived usefullness) dan persepi kemudahan (perceived easy of use) memiliki pengaruh yang dikategorikan kuat dan lemah terhadap (attitude toward using) sikap pengguna.Kata Kunci: Aplikasi, Android, PayTren, Technology Acceptance Model.                                                                                                                            AbstractThe more rapid the android-based applications are pushing the community move on and use. Transaction and payment to the counter-the counter of Paymen Point Online Bank (BPOB) where less help the community in dealings. Therefore present a terknologi service in the field of micropayment with software called PayTren that can be used for payment transactions in small amounts (micropayment) android-based which is one of the alternatives is right and beneficial for the means of facilitating the user in doing deals or payments and afford to shift the payment type on counter-counter payments in General. The aim in this study is to analyze the user interest PayTren android-based applications by using the method of the Technology Acceptance Model (TAM), as well as testing using regression analysis. The benefits of this research is as a reference for further research using TAM and added other variables. The results of this research are perception of usability (perceived usefullness) and persepi ease (perceived easy of use) has categorized influence is strong and weak against (attitude toward using) the attitude of the users. Keywords: Android, Applications, PayTren, Technology Acceptance Model.      

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mata Pelajaran Unggulan Pada LPI Al-Muhajirin Cibeurih

Hadianti, Sri, Mubarok, Ade

Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.062 KB) | DOI: 10.31311/ji.v4i1.1813

Abstract

AbstrakLembaga pendidikan islam secara terminologi dapat diartikan suatu wadah atau tempat berlangsungnya proses pendidikan islam. Setiap Lembaga pendidikan Islam memiliki ciri khas yang ditandai dengan adanya mata pelajaran yang diunggulkan. Akan tetapi LPI Al-Muhajirin tidak memiliki mata pelajaran yang diunggulkan sebab mata pelajaran yang terdapat di LPI Al-Muhajirin memiliki kriteria yang hampir sama. Untuk mengetahui mata pelajaran yang paling diunggulkan maka penulis mengusulkan untuk merancang sistem pendukung keputusan pemilihan mata pelajaran yang diunggulkan menggunkaan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan 5 kriteria yang terdiri tujuan, isi, waktu, metode, manfaat, dan alternatif mata pelajaran yang terdiri dari Tafsir Al-Quran, Al-Hadits, Fiqih, Aqidah Ahlak, Bahasa Arab. Hasil dari sistem yang dibuat menggunakan metode AHP adalah admin bisa memasukkan data nilai, kriteria, alternatif, analisa kriteria dan alternatif, dan hasil dari perhitungan berupa tabel rangking dan grafik, untuk user nya hanya bisa melihat hasil dari perhitungan berupa rangking dan grafik. Sehingga dengan adanya sistem yang diusulkan bisa membantu kepala sekolah selaku pembuat keputusan untuk memutuskan mata pelajaran mana yang diunggulkan. Kata Kunci: Lembaga Pendidikan, Analytical Hierarchy Process (AHP), Mata Pelajaran. AbstractIslamic educational institution terminologically can be described as a place or facility where the process of Islamic education held. Every Islamic Education Institution, as known as LPI, usually has a specific subject as its own priority subjects. However, LPI Al-Muhajirin does not have this specific subject since all of the subjects in it have no-different criteria. In order to determine its priority subject, the author proposes a design of decision support system  to select the priority subject using the Analytical Hierarchy Process (AHP) by five criteria such as the aim, content, timing, methods, and benefits, and by alternatives such as tafsir Al-Quran, Al-Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlaq, bahasa Arab. The result shows that the admin is able to input data values, criteria, alternatives, alternatives and criteria analysis, and the results of the calculation such as the ranking tables and charts, while the user is only capable to see the results of calculation which are the ranking table and charts. therefore, this proposed system is able to help the principal as the decision maker who selects the priority subjects. Keywords: Educational institutions, Analytical Hierarchy Process (AHP), Academic Subjects.

Sistem Pengelolaan Gangguan Layanan TI Menggunakan Trouble Ticket Di PT. Trindo Pratama

Sanjaya, Rangga, Sondari, Siti

Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.54 KB) | DOI: 10.31311/ji.v4i1.1596

Abstract

AbstrakSeiring dengan semakin besarnya peranan Departemen Teknologi Informasi (TI) dalam mendukung kelancaran proses bisnis perusahaan, disertai dengan meningkatnya permintaan pemecahan gangguan layanan TI. Meningkatnya permintaan layanan terhadap pemecahan gangguan TI mengakibatkan pekerjaan Departemen TI yang menumpuk. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem pengelolaan agar semua permintaan dari user dapat dilayani dan terdokumentasi dengan baik. Trouble ticket berbasis website merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pengelolaan gangguan layanan. Trouble ticket merupakan formulir laporan terhadap gangguan layanan TI untuk dilakukan tindakan respon terhadap gangguan. Implementasi dari sistem informasi pengelolaan gangguan layanan TI menggunakan trouble ticket dengan teknologi berbasis website, memungkinkan proses pelaporan dan pemantauan status laporan gangguan dapat dilakukan diberbagai perangkat TI. Sistem informasi pengelolaan gangguan layanan TI menggunakan trouble ticket dapat meningkatkan pelayanan kepada user, disamping itu merupakan dokumentasi yang baik bagi Departemen Teknologi Informasi. Kata Kunci: Sistem Informasi, Trouble Ticket, Manajemen, Pengelolaan Gangguan Layanan, Web AbstractAlong with the growing role of the Department of Information Technology (IT) in supporting the company's business processes, accompanied by increased demand for solving IT service disruption. Increased demand for services towards solving IT disruption resulted in piling work of IT Department. Therefore we need a system of management that all requests from the user can be served and well-documented. Web-based trouble ticket is one of the ways that can be used to overcome the problem of the management of the service interruption. Trouble ticket is a report form to disruption of IT services to be taken in response to disturbances. Implementation of information system management of IT service disruption using a trouble ticket with web-based technology allows the reporting process and monitoring the status report can be done in various disorders of IT devices. Management information system IT service disruption using a trouble ticket can improve services to users, beside is a good documentation for the Information Technology Department. Keywords: Information System, Trouble Ticket, Management, Service Interruption, Web

Page 1 of 2 | Total Record : 17