Jurnal Informatika
ISSN : 23556579     EISSN : 25282247
JURNAL INFORMATIKA pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. JURNAL INFORMATIKA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Teknik Informatika, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi . Dengan artikel tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. JURNAL INFORMATIKA memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan April dan September setiap tahunnya.
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2016): Jurnal INFORMATIKA" : 13 Documents clear
LOGIKA FUZZY TAHANI SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN LULUSAN TERBAIK

Rusman, Arief

Jurnal Informatika Vol 3, No 1 (2016): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.755 KB) | DOI: 10.31311/ji.v3i1.265

Abstract

Abstract - Graduates on a college campus is an important asset because it can be pride for the campus .The best graduates based on several of assessment criteria IPK rate, the value of final paper, the value of absentee , and the value of Supreme Subject .Using fuzzy tahani , data from these criteria can be processed to help get the results that can recommended as a candidate best graduates .The purpose of this research is apply fuzzy logic with the tahani to select students to be crowned the best graduate .With the final result expected is to have a decisions support system can be used to determine the best graduates.Keyword : Fuzzy Tahani, Decision Support System, Best GraduatesAbstraksi - Lulusan di kampus merupakan aset yang penting karena dapat menjadi kebanggaan untuk kampus. Lulusan terbaik dilihat berdasarkan beberapa kriteria seperti IPK , nilai TA , nilai absensi , dan nilai mata kuliah unggulan. Dengan fuzzy tahani, data dari kriteria tersebut dapat diolah untuk membantu mendapatkan hasil yang dapat direkomendasikan sebagai calon lulusan terbaik. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan logika fuzzy tahani untuk memilih mahasiswa yang akan menjadi lulusan terbaik. Hasil akhir yang diharapkan adalah sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan untuk menentukan lulusan terbaik.Kata kunci : Fuzzy Tahani, Lulusan Terbaik, Sistem Penunjang Keputusan

APLIKASI ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM PEMILIHAN SISWA MENGIKUTI LOMBA OLIMPIADE MATEMATIKA

Hendri, Hendri

Jurnal Informatika Vol 3, No 1 (2016): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.962 KB)

Abstract

Abstract -Currently for the selection of students who participate in the competition at SMAN 10 Jakarta done by consensus ( meeting ) and the value of the selection contest. So in this study, based Applications Adaptive Neuro Fuzzy Inference System ( ANFIS ) is used to select students who participate in the competition based on the Olympic Standard Operating Procedures issued by the Directorate of Education High School. Testing in this study using several membership functions to generate the level of conjecture closest to real conditions. By using Backpropagation and gaussmf membership functions can produce 0.15248 root mean square error and the feasibility of the system has a score of 80.87 that students electoral system that would meet quality standards. Keywords : Students Following the Contest , Adaptive Neuro Fuzzy Inference System Saat ini untuk pemilihan siswa yang mengikuti lomba pada SMAN 10 Bekasi dilakukan berdasarkan musyawarah (rapat) dan nilai seleksi lomba. Maka pada penelitian ini, Aplikasi berbasis Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) digunakan dalam memilih siswa yang mengikuti lomba berdasarkan Standar Operasional Prosedur Olimpiade yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Sekolah Menengah Atas.Pengujian dalam penelitian ini menggunakan beberapa fungsi keanggotaan untuk menghasilkan tingkat dugaan yang paling dekat dengan kondisi riil. Dengan menggunakan metode Backpropagation serta fungsi keanggotaan gaussmf dapat menghasilkan root mean square error 0,15248 serta tingkat kelayakan sistemnya memiliki skor 80.87 sehingga sistem pemilihan siswa yang akan memenuhi standar kualitas.Kata Kunci : Siswa Mengikuti Lomba, Adaptive Neuro Fuzzy Inference System.

SISTEM INFORMASI MONITORING PENGEMBANGAN SOFTWARE PADA TAHAP DEVELOPMENT BERBASIS WEB

Herliana, Asti, Rasyid, Prima Muhamad

Jurnal Informatika Vol 3, No 1 (2016): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.088 KB) | DOI: 10.31311/ji.v3i1.281

Abstract

Abstract - To work in a project, timely is one of the main points of the business aspect. It said the major, because it can keep a relationship and trust of costumers. With so many projects undertaken have certainly require precision in monitoring. Projects in the field of software development has its own problems, ranging from lack of effective mode of administration tasks and problems that are not stored properly can hinder the smooth development of the software. Companies need to design a system to monitor all the activities that occur in the software development phase. By using the information system monitoring any information required by systems analysts and programmers have been stored properly, ranging from job information, job specifications, constraints that occur in the task to estimate when the work is completed. Monitoring information system software development at this stage of development is very helpful systems analyst will need detailing project progress and improve performance in developing software programmer.Keywords : Information System, Monitoring, Software Development, Web  Abstrak - Tepat waktu dalam mengerjakan sebuah proyek merupakan salah satu point utama dari segi bisnis. Dikatakan utama, karena hal ini dapat menjaga hubungan dan juga kepercayaan dari konsumen. Dengan banyaknya proyek yang dikerjakan sudah pasti membutuhkan ketelitian dalam melakukan pemantauan. Proyek dibidang pengembangan perangkat lunak memiliki permasalahan tersendiri, mulai dari kurang efektifnya cara pemberian tugas dan permasalahan yang tidak tersimpan dengan baik dapat menghambat lancarnya pengembangan perangkat lunak. Perusahaan perlu merancang sistem untuk memantau segala aktifitas yang terjadi pada tahap pengembangan perangkat lunak. Dengan menggunakan sistem informasi monitoring setiap informasi yang diperlukan oleh sistem analis dan programmer sudah tersimpan dengan baik, mulai dari informasi tugas, spesifikasi  tugas, kendala yang terjadi dalam mengerjakan tugas sampai perkiraan kapan semua tugas selesai. Sistem informasi monitoring pengembangan perangkat lunak pada tahap development sangat membantu sistem analis akan kebutuhan yang mendetail tentang proyek yang sedang dikerjakan dan meningkatkan kinerja programmer dalam mengembangkan perangkat lunak.Kata Kunci : Sistem Informasi, Monitoring, Pengembangan Perangkat Lunak, Web

PERANCANGAN PROGRAM TRANSAKSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS BERBASIS WEB

Mubarok, Ade, Hadianti, Sri

Jurnal Informatika Vol 3, No 1 (2016): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.688 KB)

Abstract

Abstract - Recording of  receipts and outlays cash considered is not important, because considered a waste of time, should add to the cost, and a lot of paper to be wasted. To prevent excessive paper use in recording transactions cash receipts and disbursements, as well as to streamline the recording time, then made an application that can streamline transaction recording cash receipts and disbursements. This application is intended for individuals who want to know the size of acceptance or disbursements of cash in a certain period. Research conducted directly with observation, and literature regarding web-based programming, journals, and books on methods Waterfall. By using method Waterfall, the more structured application creation and the resulting application can help the recording of cash receipts and payments transactions more effectively and efficiently. Keywords: Application, Acceptance, Expenditure, Web, Waterfall.  Abstrak- Pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas dianggap tidak penting, karena dianggap membuang-buang waktu, harus menambah biaya, dan banyak kertas yang akan terbuang. Untuk mencegah penggunaan kertas yang berlebihan dalam pencatatan transaksi penerimaan dan pengeluaran kas, serta untuk mengefektifkan waktu pencatatan, maka dibuat sebuah aplikasi yang bisa mengefektifkan pencatatan transaksi penerimaan dan pengeluaran kas. Aplikasi ini ditujukan untuk perorangan yang ingin mengetahui besar kecilnya penerimaan atau pengeluaran kas dalam priode tertentu. Penelitian dilakukan secara langsung dengan observasi, dan studi pustaka mengenai pemrograman berbasis web, jurnal, dan buku mengenai metode Air Terjun (Waterfall). Dengan menggunakan metode Air Terjun (Waterfall) maka pembuatan aplikasi lebih terstruktur dan aplikasi yang dihasilkan bisa membantu pencatatan transaksi penerimaan dan pengeluaran kas lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Aplikasi, Penerimaan, Pengeluaran, Web, Waterfall

PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE MULTIKOMUNIKASI UNTUK SISWA KELAS IV SDLB-B

Salim, Agus

Jurnal Informatika Vol 3, No 1 (2016): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.552 KB)

Abstract

Abstract - A deaf person is an individual who has a hearing impediment in both permanent and not permanent. In each teaching for deaf children, teaching aids needed to visualize the material presented, making it easier to understand. Mathematic learning models can be appropriate tools in teaching math to deaf children. This learning model is intended for students in 4th grade of SDLB B. This application presents mathematic material that is explained using animations, pictures, text and videos. By using this applications, teaching and learning activities become more enjoyable and can shorten the time of teaching. The research shows that deaf person more focused on his learning material comparing with the conventional teaching. This method makes people learn 40% faster than conventional method.Keywords : Deaf person, Computer based learning, Mathematics learning model Abstrak -Tuna rungu adalah individu yang memiliki hambatan dalam hal pendengaran baik permanen maupun tidak. Dalam setiap proses mengajar anak tuna rungu, alat peraga sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan materi yang disampaikan, sehingga lebih mudah untuk memahami. Model pembelajaran matematika dapat menjadi alat yang tepat dalam mengajar matematika untuk anak tuna rungu. Model pembelajaran ini ditujukan untuk siswa kelas 4 dari SDLB-B. Aplikasi ini menyajikan materi matematika menggunakan animasi, gambar, teks dan video. Dengan menggunakan ini aplikasi, kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih menyenangkan dan dapat mempersingkat waktu mengajar. Penelitian menunjukkan bahwa individu tuna rungu lebih terfokus pada materi pelajarannya dibandingkan dengan cara konvensional. Metode ini membuat orang belajar 40% lebih cepat dibandingkan dengan metode konvensional.Kata kunci : Tuna rungu, Pembelajaran dasar komputer, Model pembelajaran matematika

APLIKASI INFO HALAL MENGGUNAKAN BARCODE SCANNER UNTUK SMARTPHONE ANDROID

Subeki, Beki, Jauhari, M Rahmat

Jurnal Informatika Vol 3, No 1 (2016): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1033.764 KB)

Abstract

Abstract – In the production and trade of food products in the era of globalization, people are consuming, especially Muslims need to be given the knowledge, information and access to adequate in order to obtain the correct information about the halal status of products bought. The use of barcode scanners halal product information using the mobile platform is effective and useful for the public to find out information on a product. Barcode scanners can be read by optical scanners called barcode readers or scanned from an image by special software. In Indonesia, most mobile phones have the scanning software for 2D codes, and similar devices available via smartphone. Keywords : Barcode Scanner, Mobile Platform, Halal Products, Smartphone  Abstrak - Dalam kegiatan produksi dan perdagangan produk pangan di era globalisasi ini, masyarakat yang mengkonsumsi, khususnya umat islam perlu diberikan pengetahuan tentang kehalalan produk, informasi dan akses yang memadai agar memperoleh informasi yang benar tentang status kehalalan produk yang dibelinya. Penggunaan barcode scanner informasi produk halal dengan menggunakan mobile platform dinilai cukup efektif dan berguna bagi masyarakat luas untuk mengetahui informasi sebuah produk. Barcode scanner dapat dibaca oleh pemindai optik yang disebut pembaca kode batang atau dipindai dari sebuah gambar oleh perangkat lunak khusus. Di Indonesia, kebanyakan telepon genggam memiliki perangkat lunak pemindai untuk kode 2D, dan perangkat sejenis tersedia melalui smartphone. Kata Kunci: Barcode Scanner, Mobile Platform, Produk Halal, Smartphone

ANALISA KEPARAUAN PENDERITA PITA SUARA MELALUI JARINGAN SELULER DENGAN METODE TRANSFORMASI WAVELET

Kusumaningrum, Hertiana Bethaningtyas Dyah, Suwandi, Suwandi, Arifianto, Dhany

Jurnal Informatika Vol 3, No 1 (2016): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.381 KB)

Abstract

Abstract - Hoarseness is a general term of perceived laryngeal vocal cord disorder. If late diagnosis and examination by ENT (Ear, Nose Throat) specialist is happened, one can damage the vocal cords permanently and in some case even cause death. Currently, diagnostic by ENT specialists is done by entering the elastic optical cable (laryngoscopy) into the throat because they are invasive, causing discomfort to the patient. In this research, to overcome mentioned problem and the fact that ENT specialists and laryngoscopy is rare, non-invasive diagnosis procedure through selular network is proposed as an alternative by means of voice signal processing using wavelet transform. The bases chosen is Daubechies to minimize error of the decomposed and reconstructed signal. Data acquisition was conducted by direct recording the voice of healthy respondents hoarse-illness patient in the Audiology room (DoubleWalled-sound-attenuated booth) that converted to digital domain using DAC audio with sampling frequency 44,1 kHz. The results of the experiment, for 27 datas of direct voice recorded in dr.Soetomo Hospital, Daubechies wavelet speech analysis technique can find out the feature of vocal cord disorder. In the recording through a selular network, normal voice is as same as ill voice characteristics because of channel noise.            Keywords : Vocal cord disorder, selular network, wavelet transform Abstrak - Suara parau adalah salah satu gejala dari suatu penyakit yang umumnya berhubungan dengan gangguan pita suara pada tenggorokan. Keterlambatan diagnosa dan penanganan oleh dokter ahli dapat menyebabkan kerusakan pada organ pita suara menjadi permanen hingga kematian. Saat ini, penegakan diagnosa bagi dokter spesialis THT dilaksanakan dengan memasukkan kabel optis elastis (laringoskopi) ke tenggorok sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada pasien. Untuk mengatasi masalah langkanya dokter spesialis terlatih dan laringoskopi, diusulkan teknik deteksi dini penyakit kelainan pita suara non-invasif melalui jaringan seluler dengan analisa sinyal suara menggunakan transformasi wavelet. Basis yang dipilih adalah Daubechies untuk meminimalkan galat dekomposisi-rekonstruksi. Pengambilan data dilakukan dengan perekaman langsung pada naracoba normal dan pasien dalam ruang kedap yang dikonversi ke ranah dijital memakai audio DAC dengan frekuensi sampling 44.1 kHz. Hasilnya pada 27 suara langsung responden yang diperoleh di RSUD dr. Soetomo, dengan menggunakan analisa wavelet Daubechies telah dapat ditentukan feature kelainan pita suara yang oleh pasien. Pada perekaman melalui jaringan seluler untuk suara normal menghasilkan ciri yang mirip seperti suara naracoba sakit akibat derau latar yang besar.             Kata Kunci : Kelainan pita suara, jaringan seluler, transformasi wavelet.

SISTEM INFORMASI PENJUALAN VOUCHER BELANJA PADA PT. PLAZA INDONESIA REALITY Tbk. JAKARTA

Lubis, Baginda Oloan

Jurnal Informatika Vol 3, No 1 (2016): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (968.322 KB) | DOI: 10.31311/ji.v3i1.262

Abstract

ABSTRACT - PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. Jakarta in sales voucher which transaction begins recording voucher entry, customer data records, invoicing sales voucher, recording handover vouchers to customers to making the report is still done manually, making it possible during the process frequent errors in recording, made less accurate reports and delays in data retrieval when needed. That requires the existence of a draft program that will support the sale of the voucher system that allows users and speed up transaction with customers and reporting.Model development system used in the making of this information system is SDLC (System Development Life Cycle)/Waterfall or groove classic or classic live life. The stages are passed in process analysis and system design include: analysis of system requirements, design, code generation, testing and support. From the results of this study are expected by the voucher system sales information can help the user in this case called the concierge at PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. Jakarta in the sale to preparing reports accommodated. Keywords : Information System, Sales Voucher, SDLC ABSTRAK - PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. Jakarta dalam penjualan voucher yang transaksinya dimulai dari pencatatan voucher yang masuk, pencatatan data pelanggan, pembuatan faktur penjualan voucher, pencatatan serah terima voucher dengan pelanggan  sampai pembuatan laporan  masih dilakukan secara manual, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung sering terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data pada saat dibutuhkan. Untuk itu dibutuhkan adanya suatu rancangan program yang akan menunjang kegiatan sistem penjualan voucher yang memudahkan user dan mempercepat transakasi dengan pelanggan dan pembuatan laporan. Model pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi ini adalah SDCL (System Development Life Cycle) air terjun (Waterfall) atau alur hidup klasik atau classic life. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam proses analisis dan perancangan sistem antara lain: analisa kebutuhan sistem, desain, kode generator, testing dan pendukung. Dari hasil penelitian ini diharapkan dengan adanya sistem informasi penjualan voucher ini dapat membantu user dalam hal ini disebut concierge pada PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. Jakarta dalam melakukan transaksi penjualan sampai dengan pembuatan laporan terakomodasiKata kunci: Sistem Informasi, Penjualan Voucher, SDLC

MULTIMEDIA INTERAKTIF PELATIHAN SERVICE EXCELLENT MENGGUNAKAN PENDEKATAN STORY BASED LEARNING

Sanjaya, Rangga

Jurnal Informatika Vol 3, No 1 (2016): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.526 KB)

Abstract

Abstract - Development of interactive multimedia story-based learning approach, aiming to provide alternative training to convey the material through short stories and case studies in accordance with the topic of discussion. The purpose of this study was to determine the effect of the use of interactive multimedia training service excellence through a story-based approach to learning. The method used to determine the results of research by pre-test and post-test on two groups of customer service staff are selected at random. Both groups, learn to use two learning approach, which uses interactive multimedia and text-book module (conventional). Interactive multimedia application development service excellent material covers divided into five modules consisting of reability, assurance, tangible, empathy, and responsiveness. Group learning using interactive multimedia has the level of advancement of learning outcomes is higher by 19% compared with conventional learning groups of 8%. The experimental group showed high levels of satisfaction towards the use of interactive multimedia.Keywords: Multimedia Interactive, Service Excellent, Story Based LearningAbstraksi – Pengembangan multimedia interaktif menggunakan pendekatan story based learning, bertujuan untuk memberikan alternatif pelatihan dengan menyampaikan materi melalui cerita pendek dan studi kasus sesuai dengan topik pembahasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pelatihan service excellent melalui pendekatan story based learning. Metode yang digunakan untuk mengetahui hasil penelitian dengan melakukan pre-test dan post-test terhadap dua kelompok staf customer service yang dipilih secara acak. Kedua kelompok, belajar menggunakan dua pendekatan pembelajaran, yaitu menggunakan multimedia interaktif dan modul text-book (konvensional). Pengembangan aplikasi multimedia interaktif mencangkup materi service excellent dibagi kedalam lima modul yang terdiri dari reability, assurance, tangible, emphaty, dan responsiveness. Kelompok belajar yang menggunakan multimedia interaktif memiliki tingkat kemajuan hasil belajar lebih tinggi sebesar 19% dibandingkan dengan kelompok belajar konvensional sebesar 8%. Kelompok eksperimen menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap penggunaan multimedia interaktif.    Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Pelayanan Prima, Pembelajaran Berbasis Cerita 

APLIKASI PEMBELAJARAN ANTI KORUPSI BAGI ANAK REMAJA BERBASIS ANDROID

Miswanto, Miswanto, Badrul, Mohammad

Jurnal Informatika Vol 3, No 1 (2016): Jurnal INFORMATIKA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.833 KB) | DOI: 10.31311/ji.v3i1.332

Abstract

Abstract - Corruption issue is currently the focus of the Indonesian government to be able to be eradicated down until the roots. One way must to do is to give a learning and understanding to the public about the meaning and scope about corruption as well as preventive measures through the media about the corruption-based mobile learning to the public. With the mobile media-based learning allow people, especially the youth to be able to learn directly from a smartphone whenever and wherever they wanted to learn. With the participation of the public (especially teenagers) can create a good critical of the younger generation in conveying criticism and suggestions to the problems of corruption to the Indonesian government or law enforcement related to Corruption. One role of the writer to be able to contribute to the eradication of corruption, in this case in the form of preventing corruption is to design a system for the application of the Anti-Corruption Learning-Based Android for Teenagers, where it is expected that these applications can provide a basic learning and understanding of the associated problems of corruption. Abstraksi — Permasalahan korupsi saat ini sedang menjadi fokus dari pemerintah Indonesia untuk dapat diberantas hingga ke akar-akarnya. Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah memberi pembelajaran dan pemahaman kepada masyarakat mengenai pengertian dan ruang lingkup korupsi serta tindakan pencegahan melalui media pembelajaran tentang korupsi berbasis mobile kepada masyarakat. Dengan adanya media pembelajaran berbasis mobile memudahkan masyarakat khususnya para remaja untuk dapat belajar secara langsung dari smartphone yang dimiliki kapanpun dan dimanapun para remaja ingin belajar. Dengan adanya peran serta masyarakat (khususnya para remaja) dapat menciptakan para generasi muda yang kritis dalam menyampaikan kritik dan saran terhadap permasalahan korupsi kepada pemerintah Indonesia atau para penegak hukum yang berhubungan dengan Tindak Pidana Korupsi. Salah satu peran serta penulis untuk dapat berkontribusi dalam pemberantasan korupsi, dalam hal ini dalam bentuk pencegahan korupsi adalah dengan merancang sistem aplikasi Pembelajaran Anti Korupsi bagi Anak Remaja Berbasis Android, dimana diharapkan aplikasi ini dapat memberikan pemahaman dasar terkait masalah korupsiKata Kunci: pembelajaran anti korupsi, anti korupsi, android anti korupsiata Kunci: pembelajaran anti korupsi, anti korupsi, android anti korupsi

Page 1 of 2 | Total Record : 13