cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal ECODEMICA
ISSN : 25498932     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecodemica menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, sistem informasi manajemen, bisnis internasional, hukum bisnis, dan kewirausahaan. Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ECODEMICA" : 12 Documents clear
PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN ANTARA PT. BCA TBK. DENGAN PT. BANK MANDIRI TBK Sumantri, Fazhar; Apriliani, Dwi
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.884 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i2.796

Abstract

ABSTRAKPT. Bank Mandiri Tbk. merupakan Bank BUMN yang memiliki tingkat aset tertinggi sedangkan dari Bank Swasta yang memiliki aset tertinggi adalah PT. BCA Tbk. Kedua bank tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan dalam mengelola kinerja keuangannya, untuk mengukur kinerja keuangan alat ukur yang dapat digunakan adalah rasio keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perbandingan kinerja keuangan PT. BCA Tbk. dengan PT. Bank Mandiri Tbk. menggunakan rasio keuangan periode 2010 – 2015. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari annual report BEI, annual report PT. BCA Tbk. dan annual report PT. Bank Mandiri Tbk. periode 2010 - 2015. Berdasarkan seluruh kinerja keuangan yang di analisis meliputi enam rasio keuangan yang diukur yaitu LDR, DER, ROE, ROA, EPOTI dan PER, terlihat bahwa kinerja keuangan PT. BCA Tbk. sangat mendominasi secara keseluruhan dibandingkan PT. Bank Mandiri Tbk. sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan PT. BCA Tbk. jauh lebih baik dibandingan PT. Bank Mandiri Tbk. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan Uji One-Way ANOVA secara parsial dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan rata – rata kinerja keuangan, dari perusahaan tersebut berdasarkan ROA, EPOTI dan PER. Sedangkan secara simultan, hasil uji statistik dalam penelitian ini menunjukan adanya perbedaan kinerja keuangan antara kedua perusahaan tersebut. Hasil ini mengindikasikan bahwa pembentukan portofolio yang terdiri dari kedua jenis saham tersebut memberikan hasil optimal mengingat kedua saham tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dilihat dari kinerja keuangannya. Kata Kunci : Rasio Keuangan Bank, Analisa Perbandingan, Kinerja Keuangan.  ABSTRACTPT. Bank Mandiri Tbk. is a state-owned bank, which has the highest asset level while the private banks that have the highest asset is PT. BCA Tbk. Both banks have advantages and disadvantages in managing financial performance, to measure the financial performance measurement tool that can be used is the financial ratios. The purpose of this study was to analyze the comparative financial performance. PT. BCA Tbk. with PT. Bank Mandiri Tbk. using financial ratios period 2010 - 2015. The data used in this research is secondary data that take from BEI annual report, annual report PT. BCA Tbk. and the annual report of PT. Bank Mandiri Tbk. the period 2010 - 2015. Based on the all financial performance in the analysis covered six financial ratios are measured LDR, DER, ROE, ROA, EPOTI and PER, it appears that the financial performance. PT. BCA Tbk. dominates than PT. Bank Mandiri Tbk. so it can be concluded that the financial performance of PT. BCA Tbk. Better, compared to the PT. Bank Mandiri Tbk. Tests were performed using One-Way ANOVA test can be partially seen that there are differences in the average financial performance of the company based on the ROA, EPOTI and PER. While simultaneously, the results of statistical tests in this study showed a difference in financial performance between those two companies. These results indicate that the establishment of a portfolio consisting of both types of shares that will provide optimal results considering both these stocks have a different characteristic views of its financial performance. Keywords: Bank Financial Ratio, Comparative Analysis, Financial Performance
STRATEGI PRODUK CILOK KENYAL KENYOL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN Solihat, Ani; Hakim, Lukmanul; Setiawati, Sri Dewi
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.614 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i2.805

Abstract

ABSTRAC_Cilok Kenyal Kenyol is a brand of traditional food from Bandung. Created for lifting traditional food to be more modern, more popular nationally and internationally. Various innovations in products cilok already taken in an effort to increase sales, but these measures still do not meet the sales target. This study uses qualitative research with case study approach. Data collected by FGD (Focus Group Discussion) involving 20 people consisting of teachers Catering, Lecturer in Tourism, Employees Restaurant, Blogger (Food Blogger and Travel Blogger), Media, and Consumer (Students, Student, Employee, Housewife). This research produced models of the product development strategy, namely through its attributes and product features, style and design of products, brands and logos, packaging, labeling of the product support services.Keyword : Product, Product Strategy, Case StudyABSTRAK_Cilok Kenyal Kenyol merupakan makanan tradisional yang berasal dari Kota Bandung. Diciptakan dengan tujuan untuk mengangkat makanan tradisional menjadi lebih modern dan lebih popular baik secara nasional maupun internasional. Berbagai inovasi pada produk cilok sudah dilakukan sebagai usaha meningkatkan penjualan, namun langkah tersebut masih belum memenuhi dengan target penjualan . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan FGD (Focus Group Discussion) yang melibatkan 20 orang terdiri dari Guru Tata Boga, Dosen Akademi Pariwisata, Karyawan Restoran, Blogger (Food Blogger dan Travel Blogger), Media, dan Konsumen (Mahasiswa, Siswa, Karyawan, Ibu Rumah).  Penelitian ini menghasilkan model strategi pengembangan produk, yaitu melalui atribut dan fitur produk, gaya dan rancangan produk, merek dan logo, pengemasan, pemberian label pelayanan penunjang produk.Kata Kunci : Produk, Strategi Produk, Studi Kasus.
KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PRODUK ORGANIK Alamsyah, Doni Purnama
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.782 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i2.822

Abstract

ABSTRACT Indonesia is one of country in ASEAN that has a quite crowded human population; one of its provinces is West Java with Bandung as capital city. However, the high number of population does not compensated by healthy lifestyle, seemed from the low of consumption on organic product. The aim of this study reviews the factor which forms consumer confidence on organic product. Confirmatory Factor Analysis is used as data analysis technique, with survey on consumer that exists in Bandung city as much as 351 respondents. The study result is found that consumer confidence on organic product is still not optimal. This study makes perfect the previous research in which there is factor that can form consumer confidence on organic product such as reliable, dependable, trustworthy, expectation, environmental protection, and safer. Keywords: Trust, Organic Product, Confirmatory Factor Analisys ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu negara di ASEAN yang memiliki populasi manusia cukup padat, salah satu provinsinya adalah Jawa Barat dengan Ibu Kota Bandung. Namun demikian jumlah populasi yang tinggi tidak diimbangi dengan pola hidup sehat, terlihat dari rendahnya konsumsi pada produk organik. Tujuan penelitian ini mengkaji faktor yang membentuk kepercayaan konsumen pada produk organik. Confirmatory Factor Analisys digunakan sebagai teknik analisis data, dengan survey pada konsumen yang ada di Kota Bandung sebanyak 351 reponden. Hasil penelitian ditemukan bahwa kepercayaan konsumen pada produk organik belum optimal. Penelitian ini menyempurnakan penelitian sebelumnya dimana terdapat faktor yang mampu membentuk kepercayaan konsumen pada produk organik diantaranya adalah  reliable, dependable, trustworthy, expectation, enviromental protection, dan safer. Kata Kunci: Kepercayaan, Produk Organik, Confirmatory Factor Analisys
PERAN REMUNERASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK: THEORETICAL REVIEW Angliawati, Ria Yuli
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.142 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i2.801

Abstract

ABSTRAK Pelayanan publik merupakan unsur paling penting dalam meningkatkan kualitas hidup sosial didalam masyarakat. Buruknya kualitas pelayanan publik menimbulkan krisis kepercayaan di masyarakat terhadap birokrasi publik. Dalam rangka mewujudkan tata pemerintahan yang bersih berwibawa dengan mengedepankan kualitas pelayanan publik yang prima dan optimal tersebut tidak mungkin akan dapat terlaksana dengan baik (efektif) tanpa kesejahteraan yang layak dari pegawai.  Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah dengan adanya pemberian remunerasi yang efekif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian teori dari penelitian-penelitian  sebelumnya, untuk memunculkan model penelitian terbaru  tentang hubungan  remunerasi dan pelayanan publik. Hasil kajian ditemukan pentingnya pemberian remunerasi  dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dimana pegawai diharapkan berkomitmen melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya  karena tujuan remunerasi yang diterima  sudah cukup dan sesuai dengan beban pekerjaannya dan nantinya hal ini menciptakan pegawai semangat dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada publik. Sehingga akan terwujud suatu pemerintahan  yang “clean” and “good governance”. Kata Kunci: Remunerasi, Kualitas Pelayanan, Pelayanan PublikABSTRACT Public service is the most important element in improving the quality of social life in society. The poor quality of public service inflicts crisis of trust in society towards public bureaucracy. In order to create “clean” and “commanding” governance by forwarding the quality of public service that is superfine and optimal are not materialized well (effective) without the decent welfare of employee. One of efforts to improve service quality is by giving an effective remuneration. This study uses qualitative approach with the theoretical review from the previous researches to emerge the newest research model about the relationship of remuneration and public service. The review result found the importance of giving remuneration in improving the quality of public service. In which employee is expected to commit in conducting their works depend on the major task and the function because the goal of accepted remuneration is enough and appropriate with workload and it creates employee to be motivated in providing the optimal service to public. So it will be materialized a “clean” and “good” governance. Keywords: Remuneration, Service Quality, Public Service
EFEKTIFITAS WPOP DAN TINGKAT KEPATUHAN MENYAMPAIKAN SPT TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN Mulyanti, Dwinta; Sugiharty, Febby Sry
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.726 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i2.865

Abstract

ABSTRACTThis research was conducted at the Tax Office Primary Sumedang. The phenomenon that occurs is that the low level of taxpayer because it is still the large number of taxpayers who are already registered do not meet tax obligations in accordance with applicable law. This study aims to determine the effect of Effective Tax Payers of Personal and Compliance Levels in Delivering returns to the Income Tax Receipts Tax Office Primary Sumedang. The type of research is descriptive verification with quantitative approach. The research used secondary data and more focused on the financial statements Number of Effective Individual Taxpayer, Compliance Level in Delivering SPT and the Income Tax Receipts research sample that is the period of 2011-2015. The results of this study indicate that there is no influence Effective Tax Payers of Personal and Compliance Levels in SPT Delivering on Tax Revenue Income Tax.  Keywords: Number of Effective Individual Taxpayer, Compliance Level in Delivering SPT, Income Tax Receipts ABSTRAKPenelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang. Fenomena yang terjadi adalah tingkat wajib pajak yang rendah karena masih banyaknya jumlah wajib pajak yang sudah terdaftar tidak memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Jumlah Wajib Pajak Efektif Orang Pribadi dan Tingkat Kepatuhan dalam Menyampaikan SPT terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang. Tipe penelitian yang digunakan yaitu tipe deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif.  Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan dengan menitikberatkan pada Jumlah Wajib Pajak Efektif Orang Pribadi, Tingkat Kepatuhan dalam Menyampaikan SPT dan Penerimaan Pajak Penghasilan dengan sampel penelitian yaitu periode 2011-2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh Jumlah Wajib Pajak Efektif Orang Pribadi dan Tingkat Kepatuhan dalam Menyampaikan SPT terhadap Penerimaan Pajak Pajak Penghasilan.Kata Kunci: Jumlah Wajib Pajak Efektif Orang Pribadi, Tingkat Kepatuhan dalam Menyampaikan SPT, Penerimaan Pajak Penghasilan
PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PERPUTARAN MODAL DAN PENDANAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN FARMASI Rahmiyatun, Fitri; Nainggolan, Kaman
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.527 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i2.795

Abstract

ABSTRACTThe research was conducted to analyse the effect of working capital policy that consists of asset structure, working capital turnover, and funding working capital on profitability of the pharmaceutical companies listed in the Indonesia Stock Exchange. The population of this study is a pharmaceutical companies that listed on the Indonesia Stock Exchange in 2005 to 2015 which consist of 10 companies. The samples of this study are two companies namely PT. Kimia Farma representing state-owned company and PT. Kalbe Farma representing private companies. Regression analysis technique was used to analyze the impact of asset structure, working capital turnover and funding working capital on profitability of the pharmaceutical companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The results of the analysis concluded that: (1) asset structure has a significant effect on profitability; (2) working capital financing did not significantly affect the profitability and (3) the structure of assets and working capital financing simultaneously have a significant effect on profitability. The implication is  that the companies listed in the Indonesia Stock Exchange especially PT. Kimia Farma and PT. Kalbe Farma must improve its asset structure optimally since it has a significant effect on profitability. Increasing asset structure will improve the performance of the companies. This finding is very relevant since this kind of research especially in the pharmaceutical companies is still very limited. Keywords: Asset structure, Working Capital Turnover, Funding Working Capital, And Profitability. ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kebijakan modal kerja yang terdiri dari struktur aktiva, perputaran modal kerja dan pendanaan modal kerja terhadap profitabilitas pada perusahaan farmasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2005 sampai dengan 2015 yang berjumlah 10 perusahaan. Sedangkan sampel penelitian ini adalah dua perusahaan yaitu PT. Kimia Farma yang mewakili perusahaan milik BUMN dan PT.Kalbe Farma yang mewakili perusahaan swasta. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) struktur aktiva berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap profitabilitas; (2) pendanaan modal kerja tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, dan (3) struktur aktiva dan pendanaan modal kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.Implikasinya adalah bahwa perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia khususnya PT. Kimia Farma dan PT. Kalbe Farma harus meningkatkan secara optimal struktur aktiva karena berpengaruh sangat signifikan terhadap profitabilitas. Peningkatan struktur aktiva akan berdampak baik terhadap kinerja perusahaan-perusahaan tersebut. Hal ini sangat relevan mengingat masih minimnya penelitian di bidang ini. Kata kunci: Perputaran Modal Kerja, Pendanaan Modal Kerja Dan Profitabilitas.
DESTINASI WISATA BUDAYA DAN RELIGI DI CIREBON Hariyanto, Oda Ignatius Besar
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.787 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i2.830

Abstract

ABSTRAKSaat ini Kementerian Pariwisata sedang fokus pada pengembangan pariwisata, khususnya destinasi wisata, karena sektor pariwisata diharapkan dapat menjadi tulang punggung perekonomian dari sektor non migas. Kekayaan destinasi wisata yang dimiliki Indonesia adalah Budaya (culture tourism), alam (natural tourism) dan buatan (man-made tourism). Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang tersebar pada 34 propinsi. Masing-masing suku dan daerah memiliki keragaman budaya yang berbeda, dipengaruhi oleh kondisi geografis, daerah asal dan latar belakang sejarah serta religi yang berbeda. Hal ini menjadi keunikan dan daya tarik wisata budaya dan religi di Indonesia. Cirebon merupakan salah satu daerah di Jawa Barat memiliki banyak keunikan dan daya tarik untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata budaya dan religi.  Dahulu Cirebon pernah menjadi jalur sutra perdagangan dari berbagai bangsa yang datang   dari China, India, Turki, Persia dan Timur Tengah, melakukan transit di pelabuhan Cirebon, sehingga lambat laun terjadi akulturasi dengan penduduk asli Cirebon. Hal ini menambah khasanah keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh masyarakat Cirebon. Adanya keraton Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebon, merupakan alkulturasi kebudayaan lokal dan   Hindu-Budha.  Sejarah masuk dan berkembangnya agama Islam di Cirebon, maka Cirebon memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi wisata budaya dan religi. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan multi disiplin dengan alasan pariwisata merupakan bagian dari budaya yang sangat kompleks. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran tentang destinasi wisata dan religi yang di miliki oleh Cirebon.Kata Kunci: Destinasi Wisata, Budaya, Religi.ABSTRACTMinistry of Tourism currently focused on the development of tourism, especially tourist destinations, because the tourism sectors expected to become the responsibility of the economies on non-oil sector. The wealth of Indonesia tourist destinations is a culture tourism, natural tourism, and man-made tourism. Indonesia has a cultural diversity that spread to 34 provinces. Each tribe and region has a diversity of different cultures, influenced by geography, region of origin and historical background and religion are different. It is the uniqueness and attractiveness of cultural and religious tourism in Indonesia. Cirebon is one area in West Java has many unique and appeal to be develops into a cultural and religious tourist destination. Previously Cirebon had been a “Jalur Sutra Perdagangan” of various nationalities who came from China, India, Turkey, Persia, and the Middle East, who transit through the port of Cirebon. Thus, eventually occur of acculturation to the natives Cirebon. It is increased the repertoire of cultural diversity which is owned by the people of Cirebon. The palace of Kasepuhan, Kanoman and Kacirebon, Hindu-Buddhist relics, the history entry and the development of Islam in Cirebon, then Cirebon has the potential to be develops into a cultural and religious tourism. This research used qualitative descriptive method with multi-disciplinary approach for reasons of tourism is part of a culture that is very complex. The aim of research got description of tourist destinations and religious possessed by Cirebon.Keywords: Tourist Destination, Culture, Religious
PEMANFAATAN NERACA SEBAGAI PENERAPAN FUNGSI PENGELOLAAN PERMODALAN UMKM (HASIL PEMIKIRAN KONSEPTUAL) Sevriana, Lufthia
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.721 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i2.803

Abstract

ABSTRACT This research was accomplished to be a contribution for Micro, Small, and Medium Entreprises because of our concern to the condition of the MSMES in enlarging their business. Characteristic of their problems are very classic. Most of them still disable to manage their capital, to take the advantage of techonology for their business, and to market their product widely, and so on. But capital as the basic needs of the business operation needs special treatment. From literature review, the writer found that although MSMES knew the advantage of financial statement arrangement, but not all of them willing to arrange financial statement with strong commitment. Although we actually entering the era of Asean Economic Community, the competency of financial statement arrangement are not distribute evenly among the Asean Countries. Therefore, MSMES need back up from the government, the corporation, and also academic people to train the MSMES entrepeneurs, and also to counsel them in improving their competence in arranging Income statement based on their implementation stage. Keywords: MSMES, Financial Statement, SAK ETAP.  ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjadi salah satu kontribusi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah karena kepedulian penulis pada kondisi UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Karakteristik dari permasalahan mereka sangat klasik. Kebanyakan UMKM masih tidak mampi mengelola modal mereka, mengambil manfaat dari teknologi untuk bisnis mereka, untuk memperluas jaringan pemasaran produknya, dan lain sebagainya. Akan tetapi, modal sebagai kebutuhan mendasar dari operasional bisnis mereka, membutuhkan perlakuan khusus. Dari kajian pustaka, penulis menemukan bahwa meskipun UMKM mengetahui manfaat dari penyusunan laporan keuangan, kebanyakan dari mereka tidak memiliki kemauan untuk menyusun laporan keuangan dengan komitmen yang kuat. Meskipun kita telah memasuki era MEA, kompetensi dalam penyusunan laporan keuangan tidak tedistribusi dengan rata diantara negara-negara Asean. Untuk itu, UMKM membutuhkan dukungan dari pemerintah, perusahaan dan juga akademisi untuk melatih pengusaha UMKM, dan juga untuk membimbing mereka dalam meningkatkan kompetensi dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan tahapan yan sudah mereka terapkan. Kata Kunci: UMKM, Laporan Keuangan, SAK ETAP
PERANAN PROMOSI MELALUI PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN Rohaeni, Heni
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.975 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i2.802

Abstract

ABSTRAKSIPromosi sangatlah erat kaitannya dengan penjualan sehingga dengan dilakukannya promosi maka akan berdampak pada tingkat penjualan produk di perusahaan. Hal ini dikarenakan semakin efektif promosi yang dilakukan, maka semakin tinggi pula tingkat penjualan produk di perusahaan. Cara promosi dapat dilakukan melalui berbagai macam salah satunya adalah melalui personal selling atau penjualan langsung oleh marketing terhadap calon konsumen potensial. Promosi melalui personal selling perlu dilakukan secara berkala karena itu perusahaan dituntut untuk dapat melaksanakan promosi dengan tepat agar dapat diterima oleh konsumen dan dapat meningkatkan penjualan produk seperti yang diharapkan oleh perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, dalam metode pengumpulan data ini penulis melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek riset yang diamati dimana penulis melakukan pengamatan dengan datang langsung ke Hotel Ririn Bogor pada bagian yang menunjang data penelitian dalam hal ini bagian Marketing Hotel Ririn. Berdasarkan hasil pengamatan penulis untuk dapat menaikan penjualan dan mencapai target penjualan, Hotel Ririn  perlu memperluas target pasar. Perlu diadakan pelatihan bagi karyawan di bagian Marketing. Hotel Ririn seharusnya tidak hanya terfokus melakukan promosi melalui personal selling tetapi juga mempromosikan produk berupa kamar hotel dengan menggunakan strategi yang lain seperti membuat  website Hotel Ririn guna memberikan informasi dan gambaran jelas mengenai Hotel Ririn. Kata Kunci : Promosi, Personal Selling, Volume Penjualan ABSTRACTPromotion is very closely related to the sale so that the promotion does then it will have an impact on the level of product sales in the company. This is because the more effective promotion is done, the higher the level of product sales in the company. The way the promotion can be done through a variety of one of them is through personal selling or direct sales by marketing to potential prospects. Promotion through personal selling should be done periodically because the company is required to be able to carry out the promotion of the right to be accepted by consumers and can increase product sales as expected by the company. The method used in this study is the observation, the data collection methods have writers do direct observation of the object research were observed in which the authors make observations to come directly to the Hotel Ririn Bogor on the part of the data supporting research in this part of Marketing Hotel Ririn. Based on observations of the writer to be able to increase sales and achieve sales targets, Hotel Ririn need to expand the target market. There should be training for employees in the Marketing. Hotel Ririn should not only focus promotion through personal selling, but also promote the products in the form of hotel rooms by using other strategies such as creating a website Hotel Ririn to provide information and a clear picture of Hotel Ririn. Keywords: Promotion, Personal selling, Sales Volume
PENGARUH EVENT MARKETING TERHADAP BRAND IMAGE ROKOK DJARUM SUPER MILD PT DJARUM Madhalena, Ellen; Syahputra, Syahputra
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.554 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i2.797

Abstract

ABSTRACT Cigarette is one of the industry in Indonesia who have an increased annually. From the data obtained for tobacco companies in Indonesia in 2014 may, PT Djarum is in the third position of the tobacco market share in Indonesia based on a survey CNN Indonesia 2014, with low tar nicotine cigarette as a featured product. To achieve company goals, each company uses a strategy of promotion. One of promotion that used is event marketing. Event marketing that implemented by corporate also should be right on target, so that can increasing brand image of the corporate.One of them is Djarum Super Mild. The aim of this study was to determine the influence of event marketing on brand image on Djarum Super Mild. This research is quantitative descriptive data and causal analysiswith multiple linear regression. Respondents surveyed in this study amounted to 100 visitors of event Stage Bus Jazz Tour 2015 with purposive sampling technique. The result of simultaneous showed that event marketing significantly influence brand image of Djarum Super Mild. The result of partially showed that variable of event marketing with dimension involvement has not significantly influence brand, interaction has not significantly influence brand image, intensity significantly influence brand image, individuality has not significantly influence brand image , innovation significantly influence brand image, integrity has not significantly influence brand image. Keywords: Event Marketing, Brand Image, Cigarette ABSTRAK Rokok merupakan salah satu industri di Indonesia yang memiliki peningkatan setiap tahunnya. Dari data yang diperoleh untuk perusahaan rokok di Indonesia pada tahun 2014 bulan Mei, PT Djarum menempati posisi ke 3 pangsa pasar rokok di Indonesia berdasarkan survei dari CNN Indonesia 2014, dengan produk unggulan yaitu rokok low tar nicotine. Untuk mencapai tujuan perusahaan, maka setiap perusahaan menggunakan strategi dalam berpromosi. Salah satu bentuk promosi yang digunakan adalah event marketing. Event marketing yang dilaksanakan perusahaan juga harus tepat pada sasaran agar mengangkat citra merek suatu perusaan bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh event marketing terhadap brand image rokok Djarum Super Mild. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data deskriptif dan kausal dengan metode regresi linear berganda. Responden yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 100 pengunjung event Stage Bus Jazz Tour 2015 dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa event marketing berpengaruh signifikan terhadap brand image rokok Djarum Super Mild. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa variabel event marketing dengan dimensi involvement tidak berpengaruh signifikan terhadap brand image, interaction tidak berpengaruh signifikan terhadap brand image dengan, intensity berpengaruh signifikan terhadap brand image, individuality tidak berpengaruh signifikan terhadap brand image , innovation berpengaruh signifikan terhadap brand image, integrity tidak berpengaruh signifikan terhadap brand image. Kata Kunci : Event Marketing, Brand Image, Rokok

Page 1 of 2 | Total Record : 12