cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal ECODEMICA
ISSN : 25498932     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecodemica menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, sistem informasi manajemen, bisnis internasional, hukum bisnis, dan kewirausahaan. Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ECODEMICA" : 13 Documents clear
PENGARUH ROA, DER, DAN AG TERHADAP DPR PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BEI 2010-2014 Putri, Febrinancy Valencia; Widodo, Arry
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.597 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i1.320

Abstract

Abstract - The mining company is a company that started its work in the framework of research, management and concessions of mineral or coal as well as post mine. This research aims to know the influence of Return on Assets, Debt to Equity Ratio, and Asset Growth against the Dividend Payout Ratio on 40 mining companies listed on the 2010 – 2014 period BEI partially nor simultaneous in order for registered company and investors can analyse factors – factors that affect in terms of dividend distribution. This research is descriptive research is categorized as a type of verikatif with a purposive sample selection the sampling method that is a total of 11 companies. The data collected is secondary data with engineering studies library. The method used is the method of regression models using panel data a Random Effect. Hypothesis testing using the F test, t-test and coefficient of determination. The results showed that simultan and partially free variables has no effect against the Dividend Payout Ratio. In addition only obtained a coefficient of determination (R2) 0.3299 which means that free variables are only able to explain variable of 32.99% whereas the rest were 67.01% explained by variables other than research. Keywords: Dividend Payout Ratio, Return on Assets, Debt to Equity Ratio, Asset Growth Abstrak - Perusahaan pertambangan adalah perusahaan yang kegiatannya dalam rangka penelitian, pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara serta kegiatan pasca tambang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Asset, Debt to Equity Ratio, dan Asset Growth terhadap Dividend Payout Ratio pada 40 perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2010 – 2014 secara parsial maupun simultan agar perusahaan terdaftar maupun investor dapat menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi dalam hal pembagian dividen. Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian deskriptif verikatif dengan metode pemilihan sampel purposive sampling yaitu sebanyak 11 perusahaan. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dengan teknik studi kepustakaan.  Metode yang digunakan adalah metode regresi data panel dengan menggunakan model Random Effect. Pengujian hipotesis menggunakan uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simlutan variabel bebas tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio. Selain itu hanya diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0.3299 yang berarti bahwa variabel bebas hanya mampu menjelaskan variabel terikat sebesar 32.99% sedangkan sisanya 67.01% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Kata kunci: Dividend Payout Ratio, Return on Asset, Debt to Equity Ratio, Asset Growth
PENGARUH E-WOM DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA ONLINE DI LAZADA Priansa, Donni Juni
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.717 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i1.353

Abstract

Abstract: Lazada.co.id is e-commerce portal that offers a wide range of products of daily needs and others. Lazada.co.id offer an easy solution for consumers who want to buy online. Lazada.co.id provide an online shopping experience like shopping at the mall, but that is online. Lazada.co.id providing various facilities in both the transaction and delivery. Marketing strategy implemented by Lazada.co.id is based electronic word of mouth (e-wom) and also build the perception of value as an e-commerce company that has a strong brand and trusted in Indonesia. This study aims to analyze the influence of E-Wom to the  decison consumers shopping; the influence of perceived value to the decison consumers shopping; and the influence of E-Wom and perceived value to the  decison consumers shopping. This research used descriptive and explanatory survey method. Population of this study is students were distributed proportionally to seven courses in the Faculty of Applied Sciences of the University of Telkom. The sampling technique used is simple random sampling (SRS). The main instrument used in this study was a questionnaire. Data were analyzed using multiple linear with SPSS 21.00 and Microsfot Excell 2007. Based on these results, it can be concluded that the e-wom has a positive and significant impact to the decison consumers shopping;  perceived value has a positive and significant impact to the decison consumers shopping; also e-wom and perceived value has a positive and significant impact to the decison consumers shopping. Thus, e-wom and perceived value needs to be optimized .Keywords: E-WoM, Perceived Value, Decison Consumers Shopping Abstrak: Lazada.co.id merupakan portal bisnis e-commerce yang menawarkan berbagai macam jenis produk kebutuhan sehari-hari dan berbagai kebutuhan lainnya. Lazada.co.id menawarkan solusi mudah bagi konsumen yang hendak berbelanja secara online. Lazada.co.id memberikan pengalaman berbelanja secara online layaknya berbelanja di mall namun yang bersifat online. Lazada.co.id memberikan berbagai kemudahan baik dalam transaksi maupun pengantaran. Strategi pemasaran yang diimplementasikan oleh  Lazada.co.id adalah berbasis electronic word of mouth atau sering disebut dengan istilah e-wom dan juga membangun persepsi nilai sebagai perusahaan e-commerce yang memiliki merek yang kuat dan dipercaya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-Wom terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja; pengaruh persepsi nilai terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja; dan pengaruh E-Wom dan persepsi nilai terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif. Unit analisis penelitian adalah mahasiswa yang didistribusikan secara proporsional kepada tujuh program studi yang ada di Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling (SRS). Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan linear berganda dengan bantuan software pengolah data SPSS 21.00 dan Microsfot Excell 2010. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial e-wom berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen berbelanja; secara parsial persepsi nilai berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen berbelanja; secara simultan e-wom dan persepsi nilai berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen berbelanja. Dengan demikian, maka e-wom dan persepsi nilai perlu dioptimalkan.Kata Kunci: E-WoM, Persepsi Nilai, dan Keputusan Konsumen Berbelanja
PENTINGNYA EXTERNAL FACTORS UNTUK KEUNGGULAN BERSAING INDUSTRI ENERGI BARU TERBARUKAN Alamsyah, Doni Purnama
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.824 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i1.350

Abstract

ABSTRACKRenewable Energy Industry in Indonesia is an important concern now, where government supports as external factors play an important role. External factors are important in gain competitive advantages of Renewable Energy industry in Indonesia. Therefore, this research focused on the study of the theoretical review of the relationship between external factors and competitive advantage. Discussed the theory study with previous research in this qualitative research, is used to model the latest research at the Renewable Energy industry. Results of the study found the importance of external factors in the Renewable Energy industry in gain competitive advantage. Another thing to note in particular the Renewable Energy industry in Indonesia on external factors is the political, economic, social, and technological. Utilized of these factors are important in improving competitive advantage. While the things that need to be considered by the Renewable Energy industry in competitive advantage is quality, capable, position, profitability, management and corporate image. This study theoretically improvement of previous research, and recommendations to develop with empirical study in the next research for the Renewable Energy industry.Keywords: External Factors, Competitive Advantage, Renewable Energy. 
ANALISIS KEEFEKTIFAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI KOTA SUKABUMI Susilawati, Susilawati
Jurnal Ecodemica Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.435 KB)

Abstract

Abstract - The research has done in Sukabumi with the mean to be analysis and check the effectively promotion to know many variable which very effective and to know the impact of the promotion that been done by the private university in Sukabumi about the decision student to take the decision certainly which simultaneous and precision. Population take by the research is students to has been study in private University in Sukabumi, the method had and use to be analysis the data which become descriptive analysis and simultaneous examine and partial based the research examination of the effectiveness promotion with EPIC model, got the result that promotion with had be done in private university in Sukabumi enough effective variable emphaty, impact, and communication classified at effective. While persuasion variable include to linier scale enough effective. The result of dual linier regretion examination, simultaneous examination pointed that all of free variable influence significant to the bond variable. Partial examination pointed emphaty variable and communication influens significant to student disicion in choice private university in Sukabumi while persuasion variable in impact not influens significant free to the disicion in choice private university in Sukabum  the big influens with had research by emphaty variable, persuasion, Impact and communication to variable disision of students in choice private university in Sukabumi, the value R square cause below 5% under to 0 so the conclusion of ability variables independent limited to be describe many variation variable.Key Words : Emphaty, Persuasion, impact, communication, Abstrak - Penelitian ini dilakukan di Sukabumi, dengan tujuan menganalisa dan menguji efektifitas promosi, mengetahui variabel yang paling efektif serta untuk mengetahui pengaruh promosi yang dilakukan perguruan tinggi swasta di Sukabumi terhadap keputusan mahasiswa dalam menentukan pilihan, secara simultan dan parsial. Populasi pada penelitian ini adalah para mahasiswa yang berkuliah di PTS Sukabumi, Sampel diambil sebanyak dua ratus enam puluh enam orang. Metode yang digunakan dalam analisa data yaitu analisis deskriptif (tabulasi sederhana) dan uji simultan dan parsial (analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS windows versi 17). Berdasarkan hasil pengujian efektifitas promosi dengan EPIC Model, diperoleh hasil bahwa promosi yang diadakan di PTS Sukabumi cukup efektif (1,83), variabel emphaty, impact dan communication tergolong pada rentang skala cukup efektif(1,6 -2,4), sedangkan, variabel persuasion tergolong pada rentang skala tidak efektif(1,58).  Hasil pengujian regresi linear berganda, uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat(5,78). Uji parsial (Uji t) menunjukkan Variabel Emphaty dan Communication berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih PTS(3,778 dan 2,18), sedangkan varabel Persuasion dan Impact tidak berpengatuh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih PTS (0,404 dan 1,375 < ttabel). Besarnya pengaruh yang ditimbulkan (R2) oleh variabel emphaty, persuasion, impact dan communication terhadap variabel keputusan mahasiswa dalam memilih PTS hanya berpengaruh sebesar 8%, sedangkan 92% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Karena nilai R Square dibawah 5% atau cenderung mendekati nilai 0 maka dapat disimpulkan kemampuan variabel-variabel independen  dalam menjelaskan variasi variabel amat terbatas.Kata Kunci : Emphaty, Persuasion, Impact, Communication,
PENGARUH WORK-LIFE BALANCE TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT. BIO FARMA PERSERO) Ganapathi, I Made Devan
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.13 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i1.354

Abstract

Abstrak - Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang berperan penting dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Pengelolaan sumber daya manusia yang baik akan berdampak positif bagi perusahaan yang bersangkutan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Work-Life Balance terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Bio Farma (Persero). Work-Life Balance sebagai variabel bebas terdiri dari tiga keseimbangan yaitu keseimbangan waktu, keseimbangan keterlibatan dan keseimbangan kepuasan. Adapun kepuasan kerja sebagai variabel terikat dibagi menjadi empat faktor yaitu faktor psikologis, faktor sosial, faktor fisik dan faktor finansial. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kausal. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada 92 responden serta data sekunder berupa dokumen dari perusahaan. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Untuk menganalisis data tersebut dibantu menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Work-Life Balance berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 42,2% dan sisanya 57,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Secara parsial, keseimbangan kepuasan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Sedangkan keseimbangan waktu dan keseimbangan keterlibatan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan.Kata Kunci : work-life balance, kepuasan kerja karyawan, keseimbangan kepuasan.Abstract - Human resource is a resource that plays an important role in order to achieve the companys goals. Good management of the human resource will have a positive impact for the company concerned. This study was conducted to determine the effect of Work-Life Balance on job satisfaction of employees at PT. Bio Farma (Persero). Work-Life Balance as independent variables consist of three balance that is the balance of time, the balance of engagement and satisfaction balance. The job satisfaction as the dependent variable was divided into four factors: psychological factors, social factors, physical factors and financial factors. This research uses descriptive and causal method. The data used in this research is primary data obtained from interviews and questionnaires distributed to 92 respondents and secondary data such as documents of the company. Sample collection technique used was simple random sampling. Data analysis method used is multiple linear regression. To analyze the data using SPSS assisted. Results from this study indicate that the Work-Life Balance simultaneous effect on job satisfaction of employees is 42.2% and the remaining 57.8% is influenced by other variables not examined in this study. Partially, the balance of satisfaction significantly influence employee satisfaction. While the balance of time and the balance of involvement does not significantly influence employee satisfaction.Keywords : work-life balance, employees job satisfaction, balance of satisfaction.
PENGARUH KUALITAS JASA PERBANKAN DENGAN MENGGUNAKAN INTERNET BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH Hanifa, Fanni Husnul; Maria, S Hania
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.026 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i1.266

Abstract

Abstract - This study aimed to analyze the influence of the quality of banking services using the Internet Banking on customer loyalty to the PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Branch Dayeuh Kolot Bandung. The method used in the descriptive verification by using quantitative data. Population data on the number of customers acquired from users of Internet Banking PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (2014) with a sample of customers of PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (2014) Dayeuh Conservative branch Bandung as many as 100 people. Data processing using SPSS 19.0 software. Results This study suggests that the quality of banking services using the Internet Banking effect of 13.4% on customer loyalty to the PT. Bank Negara Indonesia (Persero). Keywords: Service quality, customer loyalty  Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas jasa perbankan dengan menggunakan Internet Banking terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero),Tbk Cabang Dayeuh Kolot Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan data kuantitatif. Populasi diperoleh dari data jumlah nasabah pengguna Internet Banking PT. Bank Negara Indonesia (Persero),Tbk (2014) dengan sampel nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero),Tbk (2014) cabang Dayeuh Kolot Bandung sebanyak 100 orang. Pengolahan data menggunakan software SPSS 19.0. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa kualitas jasa perbankan dengan menggunakan Internet Banking berpengaruh sebesar 13,4% terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero). Kata Kunci : Kualitas Jasa, dan  Loyalitas Nasabah
NILAI HARGA SAHAM YANG DIPENGARUHI OLEH LABA BERSIH DAN UKURAN PERUSAHAAN Bernardin, Deden Edwar Yokeu; Pebryyanti, Dewi Ikhtiar
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.85 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i1.335

Abstract

ABSTRAKSektor farmasi menjadi salah satu sektor yang sangat berpotensi bagi investor dalam menanamkan modalnya ke perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh laba bersih dan ukuran perusahaan terhadap harga saham pada PT Tempo Scan Pasifik Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008 – 2014. Metode analisis yang digunakan dalam penelitin ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis Regresi Berganda.Penelitian ini menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 20. Hasil analisis Regresi Berganda pada penelitian ini menyatakan bahwa laba bersih dan ukuran perusahaan memiliki hubungan yang sangat kuat sebesar 0,904 atau 90,4%. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa laba bersih berpengaruh signifikan terhadap harga saham sebesar 0,938 atau 93,8%, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham sebesar 0,047% atau 4,7%. Selain itu secara simultan baik laba bersih dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap harga saham sebesar 0,963 atau 96,3%, sedangkan sisanya sebesar 0,037 atau 3,7% adalah merupakan faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.Kata Kunci :Laba Bersih, Ukuran Perusahaan, HargaSahamABSTRACTThe pharmaceutical sector become the one of the most potential sectors for investors to invest in the company. The purpose of this study is to determine the effect of net income and the size of the companys stock price on PT Tempo Scan Pacific Tbk listed on the Indonesia Stock Exchange in 2008 - 2014. The analysis using multiple regression analysis techniques .. This study used SPSS application program 20. The results of multiple regression analysis in this study stated that the net income and size of the company have a very strong relationship of 0.904 or 90.4%. While partially shows that the net profit significantly influence the share price of 0.938 or 93.8%, and the size of the company does not significantly influence stock prices by 0.047% or 4.7%. Besides that, both net income and the size of company have significant influence to the stock price of 0.963 or 96.3%, while the rest is 0,037 or 3.7%  is another factor not examined in this study.Keywords: Net Income, Company Size, Price Shares
PERSEPSI KARYAWAN PNS TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LINGKUNGAN KERJA DI BALITSA LEMBANG Handayani, Rina Dwi
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.84 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i1.356

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi karyawan PNS dalam meningkatkan kenyamanan lingkungan kerja di Balitsa Lembang. Pendekatan yang digunakan adalah bersifat kuantitatif dengan metode analisis faktor. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner kepada 40 karyawan Balitsa Lembang sebagai sampel penelitian, yang dipilih secara purposive. Penelitian ini teleh menemukan bahwa kebersihan (76%) merupakan faktor dominan dalam meningkatkan kenyamanan lingkungan kerja di Balitsa Lembang.Kata Kunci: Persepsi Karyawan, Lingkungan Kerja, Analisis Faktor ABSTRACTThis study aims to determine the factors that influence employee PNS improving comfort working environment in Balitsa Lembang. The approach is both quantitative factor analysis method. The data collection was done by using a questionnaire to 40 employees Balitsa Lembang as samples, which were selected purposively. This study found that the cleanliness (76%) is the dominant factor in increasing the comfort of the working environment in Balitsa Lembang.Keywords: Perception Employees, Work Environment, Factor Analysis
PENGARUH MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI Rajagukguk, Pater
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.083 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i1.283

Abstract

Abstract - The success of the performance of an employee in a field of work is determined by several factors such as motivation and organizational commitment. The purpose of this study was deternine the effect of work motivesion and organisasional commitment to employee performance. This research was conducted at PT Challenger Tangerang which has a population of 62 employees. The sampling technique used in this study are saturated sampling, all members of the population used as a sample. Statistical analysis with the aid of SPSS version 21 , that there is significant influence between the variables of work motivation and organizational commitment to employee performance variables. The study produced empirical evidence that motivation and organizational commitment affect performance. So the motivation and organizational commitment is very important to note for improving employee performance. Key word: Job motivation, organisasional commitment, performance employeeAbstrak - Keberhasilan kinerja seorang karyawan dalam suatu bidang pekerjaan di tentukan oleh beberapa faktor seperti motivasi kerja dan komitmen organisasi.Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh motivasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai.Metode yang digunakan adalah penelitian penjelasan (exsplanatory research) dengan teknik analisis Regresi Linier Berganda. Penelitian ini dilakukan pada PT Challenger Tangerang yang mempunyai populasi 62 pegawai.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.Dari analisis stastistik dengan bantuan spss versi 21, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi kerja dan komitmen organisasional terhadap variabel kinerja karyawan. Penelitian ini menghasilkan bukti empiris bahwa motivasi dan komitmen organisasi berpengaruh pada kinerja. Sehingga motivasi dan komitmen organisasi adalah hal yang sangat penting diperhatikan untuk meningkatkan kinerja pegawai Kata kunci : Motivasi kerja, komitmen organisasi, kinerja karyawan
GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, DAN KINERJA KARYAWAN DENGAN MEDIASI KOMITMEN ORGANISASI Nurdin, Sahidillah; Rohendi, Acep
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.859 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v4i1.336

Abstract

Abstract - The aim of this study is to describe and analyze further the influence of transformational leadership style and organizational culture on employee performance and organizational commitment as an intervening variable. The study was conducted at Lembaga Penyiaran Public (LPP) TVRI West Java. The study population numbered 298 people. The sampling technique used was simple random sampling with a sample of 75 people. Retrieving data using questionnaires, data analysis method using the Path Analysis. Based on the results of the study showed that transformational leadership style significantly affect organizational commitment, organizational culture does not significantly affect organizational commitment, organizational commitment not significantly affect the performance of the employee, transformational leadership style has no effect and significant impact on the performance of employees, organizational culture influence significantly to the performance of employees, there is a significant influence and transformational leadership style on employee performance through organizational commitment, and there is a significant influence of organizational culture on employee performance through organizational commitmentKeywords: Transformational Leadership Style, Organizational Culture, Organizational Commitment and Employee Performance, Regressions, Path Analysis.Abstrak - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis lebih jauh mengenai pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dengan mediasi komitmen organisasi. Penelitian dilakukan di Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Jawa Barat. Populasi penelitian ini berjumlah 298 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner, metode analisis data menggunakan Path Analisis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan transformasional secara signifikan berpengaruh terhadap komitmen organisasi, budaya organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasi, komitmen organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, gaya kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan, budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, terdapat pengaruh dan signifikan gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasi, terdapat pengaruh dan signifikan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasiKata Kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan, Regresi, Path Analisis.

Page 1 of 2 | Total Record : 13