cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal ECODEMICA
ISSN : 25498932     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecodemica menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, sistem informasi manajemen, bisnis internasional, hukum bisnis, dan kewirausahaan. Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2014): Jurnal ECODEMICA" : 5 Documents clear
Pengaruh Strategi Pengembangan Mutu Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Di SMK MVP ARS Internasional Bandung Suryana, Suryana
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Jurnal ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1046.529 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i1.1088

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Strategi Pengembangan Mutu Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Di SMK MVP ARS Internasional Bandung, adalah sebuah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil dari strategi pengembangan mutu guru, kompensasi yang diterima oleh para guru, kinerja para guru dan seberapa besar pengaruh pengembangan mutu dan kompensasi terhadap kinerja guru di lingkungan SMK MVP ARS Internasional Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah quanitatif. Sebagai unit analisis adalah populasi para staf pengajar dan tidak menggunakan sampling karena seluruh staf pengajar mengisi questionaire. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan mutu guru di lingkungan SMK MVP ARS Internasional Bandung saat ini menunjukan keadaan seseuai dengan kompensasi yang diterima para guru. Sehingga berimbas pada kinerja para staf pengajar itu sendiri. Strategi pengembangan mutu dan kompensasi berpengaruh secara simultan terhadap kinerja para staf pengajar. Dan secara parsial kompensasi memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja dibanding dengan pengembangan mutu. Dengan dihitung menggunakan program SPSS, dihasilkan bahwa pengaruh secara Parsial antara strategi pengembangan mutu terhadap kinerja sebesar 0,010 atau 1% dan kompensasi terhadap kinerja adalah sebesar 0,572 atau 57,20%, nilai yang dihasilkan untuk pengaruh secara simultan antara strategi pengambangan mutu,kompensasi terhadap kinerja adalah sebesar 0,329 atau 32,90%, adapun korelasi antara strategi pengembangan mutu dan kompensasi sebesar 0,148 atau 14,8%. Kata kunci : Pengembangan Mutu, Kompensasi dan Kinerja ABSTRACT The Influence of Quality Development Strategy and Compensation on Teachers’ Performance at SMK MVP ARS International Bandung, is  a research to get to know the result of teacher’ quality development strategy, the compensastion for the teachers, the performance of teachers and the influence of the tachers’ development strategy and compensastion on teachers’ performance at SMK MVP ARS Internasional Bandung. The methods used in this research is qualitative methods where the analysis unit is population of teaching staff without sampling because all the teachers filled out the questionaires.Based on the result of research indicates that teachers’ quality development strategy at SMK MVP ARS International Bandung is correlated to the compensation received by the teachers. So it has positive effect on the teacher’s performance, techer’s quality development strategy and compensastion simultinuously influence on the teacher’s development. And partially compensation has larger influence on teahers’ performance than quality development.By using SPSS software, it is resulted; partially, the influence of teacher’s developement program on performance is 0,010 or 1% and compensation on teachers’ performance is 0,572 atau 57,20%, the value of influence in simultant between techers’ development and, compensation on teacher’s performance is0,329 or 32,90%, but the correlation between quality development strategy and compensation is  0,148%. Key Words : Quality Development, Compensation and Performance
PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT XYZ CABANG ABC Hakim, Lukmanul
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Jurnal ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1499.523 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i1.1323

Abstract

on form
PENGARUH BRAND EQUITY KAWASAN BELANJA KAIN CIGONDEWAH KOTA BANDUNG TERHADAP CITRA KAWASAN DAN KEPUTUSAN BERBELANJA (Survei Pada Konsumen Akhir Pengunjung Kawasan Belanja Kain Cigondewah) Solihat, Ani
Jurnal Ecodemica Vol 2, No 1 (2014): Jurnal ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Pemerintah daerah Indonesia, dewasa ini mulai meninjau ulang pendekatan dan cara pandang dalam mengelola daerah dengan memberikan otonomi untuk membangun sarana dan prasarana dalam mendukung pembangunan ekonomi, sosial, manajemen tata ruang dan lingkungan bagi daerah, termasuk diantaranya Jawa Barat khususnya Kota Bandung. Pelaksanaan otonomi daerah yang seluas-luasnya bagi Kota Bandung merupakan suatu tantangan yang berat, karena adanya tuntutan untuk mewujudkan kemandirian daerah. Kemandirian daerah sangat ditentukan oleh kemampuan seluruh komponen di Kota Bandung untuk mengoptimalkan segala potensi dan sumber daya yang ada. Salah satu potensi yang bisa dikembangkan di Kota Bandung adalah pusat perbelanjaan yang membuat Kota Bandung ini terkenal sebagai kota wisata belanja. Salah satu pusat pembelanjaan yang dikelola oleh pemerintah Kota Bandung adalah Cigondewah yang merupakan pusat kawasan belanja kain yang menjual berbagai macam kain lokal maupun impor, namun merek kawasan belanja ini perlu ditingkatkan dan dibangun lagi agar kawasan ini memiliki brand yang kuat. Merek yang kuat adalah merek yang memiliki ekuitas merek (brand equity) yang tinggi dan mampu mengembangkan keberadaan suatu produk. Oleh karena itu brand equity merupakan salah satu cara memperkuat merek sehingga akan membentuk citra kawasan yang lebih tinggi dan dapat meningkatkan untuk berbelanja kain di kawasan Cigondewah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai brand equity kawasan belanja kain Cigondewah, citra kawasan Cigondewah, keputusan berbelanja konsumen, pengaruh brand equity kawasan belanja kain cigondewah terhadap citra kawasan, pengaruh brand equity kawasan belanja kain cigondewah dan citra kawasan terhadap keputusan berbelanja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptive survey dan explanator survey. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder melalui observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Polpulasi penelitian ini adalah seluruh konsumen akhir pengunjung kawasan belanja kain Cigondewah yang berjumlah 2236 orang, sedangkan sampelnya sebanyak 100 orang. Teknik yang digunakan adalah simple random sampling, sedangkan jenis pengukuran menggunakan koefisien analisis jalur dan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa brand equity kawasan belanja kain Cigondewah berpengaruh terhadap citra kawasan dan keputusan berbelanja serta citra kawasan Cigondewah berpengaruh terhadap keputusan berbelanja konsumen. Kata kunci : Brand Equity, Citra Merek, Keputusan Pembelian      ABSTRACT The regional government of Indonesia, today began reviewing the approaches and perspectives in managing the area by giving autonomy to build facilities and infrastructure in support of economic development, social, spatial and environmental management for the region, including in particular the city of Bandung in West Java. The implementation of regional autonomy as possible for the city of Bandung is a formidable challenge, because of the demands to realize the independence of the region. Local independence is largely determined by the ability of all components in Bandung to optimize all the potential and existing resources. One of the potential that could be developed in the city of Bandung is a shopping center that makes the city of Bandung is famous as the city shopping. One of the central government expenditures managed by the city of Bandung is Cigondewah which is the main shopping center of the cloth that sell a variety of local and imported fabrics, but this brand shopping area needs to be improved and built up again so that this region has a strong brand. Strong brand is a brand that has the brand equity (brand equity) is high and able to develop the presence of a product. Therefore, brand equity is one way of strengthening the brand image of the region that will form a higher level and can increase to a cloth shop in the area Cigondewah.This study aims to find out and get an idea of brand equity Cigondewah cloth shopping area, the image of the region Cigondewah, consumer shopping decisions, the influence of brand equity cigondewah cloth shopping area on the image of the region, the influence of brand equity cigondewah fabric shopping and image shopping area against the decision.The method used in this study is a survey research methods and explanator deskriptive survey. The data used are the primary and secondary data through observation, questionnaires and literature study. Polpulasi this research is the ultimate consumer shopping cloth Cigondewah visitors numbering 2236 people, while the sample as many as 100 people. The technique used is simple random sampling, while the type of measurement using the coefficient of path analysis and multiple regression analysis. Based on the hypothesis testing results show that brand equity Cigondewah cloth shopping area and the effect on image-making shop as well as the image of the region Cigondewah effect on consumer shopping decisions Keyword: Brand Equity, Brand Image, consumer buying decisions
Pengaruh Perceived Organizational Support Dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Task Performance (Studi Kasus Pada Divisi HRD PT. ASTRA DAIHATSU SUNTER) Sulastriningsih, Dewi
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Jurnal ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10222.376 KB)

Abstract

ABSTRACTPerceived Organizational Support (Kaufman and Stamper) can be defined as beliefs of worker’s seriousness level of organization in participate a boost to them related to the development of the potential and capacity to achieve higher performance. Perceptions of organizational support as the employees’ beliefs that organization regard and reward their contributions to the success of the organization. Organizational Citizenship Behavior often defined as the individuals behaviour who have the freedom to choose indirectly or explicitly which approved by the reward system, and contribute to the effective and effisience functions of organization (Organ et al,). According to Borman and Motowidlo et. Al. Task performance is the activitiy that directly involve the core tasks fulfillment or support the achievement of the tasks involved organization "technical core". This research conducted at the Division of HRD PT. Astra Daihatsu Sunter. The number of samples are 50 people. By using path analysis, the results show that there were positive and significant effect simultaneously between perceived organizational support and organizational citizenship behavior toward task performance for about 26.8 %, while partially perceived organizational support toward task performance has positive and significant effect for about 44.10 % and organizational citizenship behavior toward task performance has positive effect but not significant for about 16.10 % .Keywords: Perceived Organizational Support, Organizational Citizenship Behavior, Task Performnce
FUNGSI BUDGETER DAN FUNGSI REGULASI DALAM KETENTUAN PERPAJAKAN INDONESIA Rohendi, Acep
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Jurnal ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.306 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i1.1087

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan fungsi budgeter dan regulasi dalam undang-undang perpajakan nasional . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif dengan analisis normatif - kualitatif / normatif . Dalam hukum positif Indonesia yang menjadi dasar hukum pemungutan pajak adalah Pasal 23A UUD 1945 . Fungsi pajak dalam rangka pembangunan , pajak memiliki dua fungsi : 1 ) fungsi budgeter , dan 2 ) fungsi regulasi . Fungsi budgeter adalah bahwa pajak adalah alat ( atau sumber ) untuk memasukkan sebanyak-banyaknya uang ke kas negara yang pada waktunya akan digunakan untuk membiayai pengeluaran negara . Fungsi regulaasi, pajak digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan tertentu yang terletak di luar sektor keuangan. Fungsi budgeter diimplementasikan dalam undang-undang perpajakan di Indonesia , terutama sejak Reformasi 1983. Pembaharuan Perpajakan Nasional tersebut: 1 ) Pembaharuan Nasional Perpajakan I, 2 ) Pembaharuan Nasional Perpajakan II, 3 ) Pembaharuan Nasional Perpajakan III, 4 ) Pembaharuan Nasional Perpajakan IV, 5 ) Pembaharuan Nasional Perpajakan V. Beberapa contoh fungsi regulasi dalam undang-undang yang berkaitan dengan perpajakan : 1 ) Pembaharuan Nasional Perpajakan ; 2 ) Kebijakan Sunset ; 3 ) Penurunan Tarif PPh Pribadi dan Badan . Untuk membangun negara Indonesia harus mampu menyinergikan antara fungsi budgeter dengan fungsi regulasi dari pajak . Kata Kunci : Pajak, Reformasi Perpajakan, Budgeter, Regulasi  ABSTRACT This research aims to analyze the application of budgetary and regulatory functions in the national tax laws. The research method used in this research is normative legal research with normative analysis-qualitative / normative. In Indonesias positive law became the legal basis of tax collection is Article 23A of the 1945 Constitution. Tax functions within the framework of development, the tax has two functions: 1) budgetary functions, and 2) regulate the function / regulation. Budgetary functions is that taxation is a tool (or a source) to include as much money into the state treasury which in time will be used to finance state expenditure. The function set, the tax is used as a tool to achieve certain goals which were located outside the financial sector and regulate the function of many directed against the private sector. Budgetary functions implemented in the tax legislation in Indonesia, particularly since the Tax Reform 1983. Renewal of the National Taxation, including: 1) Renewal of the National Taxation I; 2) National Taxation Reform II, 3) National Taxation Reform III, 4) National Taxation Reform IV, 5) National Taxation Reform V. Some examples of regulatory functions in legislation relating to taxation: 1) National Taxation Reform; 2) Sunset Policy; 3) Personal Income Tax Rate Reduction and Body. To develove the Indonesian state should be able to synergizing between budgeting functions with the regulatory function of the.tax.   . Keyword : Tax, Tax Reform, Budgeter, Regulator

Page 1 of 1 | Total Record : 5