cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal ECODEMICA
ISSN : 25498932     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecodemica menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, sistem informasi manajemen, bisnis internasional, hukum bisnis, dan kewirausahaan. Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Ecodemica" : 14 Documents clear
Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Tempe Widyastuti, Tri
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.094 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i2.2130

Abstract

Customer satisfaction is the level of customer ratings of products or services. Manufacturers and traders need to consider the level of customer satisfaction by improving product quality, service quality, price and customer emotional level, as well as production costs. Customer satisfaction measurement provides information for producers, traders and consumers of the products or services produced. This study uses descriptive quantitative method, distributing randomly questionaire to the “Tempe” customers at Pasar Lembang, Kota Tangerang. The evidence from the results obtained from the calculation showed that there is a significant influence partially and simultaneously of price and product quality to customer satisfaction of tempe at Lembang Traditional Market, Kota Tangerang. It can be concluded that the traders and producers should maintain and improve the quality of their products and give the compatible price of the products ‘Tempe” in accordance with their qualities in order to increase the purchasing power and consumer loyalty in consuming the product. Keywords: Pricing, Product Quality, Customer Satisfaction.
Pengaruh Risiko Kredit Terhadap Likuiditas Melalui Perputaran Piutang Pada Koperasi Harapan Jaya Yokeu Bernardin, Deden Edwar; Chaniago, Meta Silfia
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.883 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i2.1928

Abstract

ABSTRAKKredit adalah kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga. Pengembalian dana pinjaman kredit seringkali mengalami permasalahan apabila pihak kreditur kurang selektif memilih calon debitur maka akan timbul kredit macet. Semakin tinggi resiko kredit maka semakin besar pula resiko koperasi untuk memenuhi segala kewajibannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya risiko kredit terhadap perputaran piutang dan dampaknya terhadap likuiditas secara parsial maupun simultan pada Koperasi Harapan Jaya Bandung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu neraca dan laporan laba rugi Koperasi Harapan Jaya dengan periode 2009-2013. Metode statistik yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) dengan menggunkan program SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan risiko kredit dan perputaran piutang berpengaruh tidak signifikan sebesar 0,219 atau 21,9% sisanya 78,1 % dipengaruhi oleh faktor lain, dan secara parsial menunjukkan bahwa risiko kredit berpengaruh signifikan terhadap likuiditas sebesar -0.889 atau -88,9%, sedangkan perputaran piutang berpengaruh signifikan terhadap likuiditas sebesar -1,016 atau 101,6%. Selain itu secara simultan, risiko kredit berpengaruh signifikan sebesar 0,978 atau 97,8% terhadap perputaran piutang dan likuiditas, sisanya 2,2% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci :    Risiko Kredit, Perputaran Piutang, Likuiditas ABSTRACTCredit is an agreement between bank lending and other parties who require the borrower to pay off the debt after a certain period of time with interest. Refund loans often have problems if the creditors are less selective in choosing prospective borrower will give rise to bad credit. The higher the credit risk, the greater the risk of co-operatives to meet all its obligations. This study was conducted in Koperasi Harapan Jaya. The purpose of this study was to determine the the effect of credit risk on accounts receivable turnoverand its impact on liquidity partially or simultaneously on the Koperasi Harapan Jaya. The population used in this study is the balance sheet and income statement with a Koperasi Harapan Jaya 2009-2013 period. The statistical method used was the analysis of the path (Path Analysis) by using the SPSS 17.0 program. The results of this study indicate that the relationship credit risk and acconts receivable turnover are significant at 0,219 or 21.9% the remaining 78,1% is influenced by other factors, while partial indicates that credit risk significant effect on likuidity of -0.889 or -88.9%, and the accounts receivable turnover does significantly the liquidity of -1,016 or 101.6%. Additionally simultaneously, credit risk amounted to 0.978 or significant effect on accounts receivable turnover and liquidity of  97,8%, the remaining 2.2% is influenced by other factors.Keywords: Credit Risk, Accounts Receivable Turnover, Liquidity
Bentuk-Bentuk Kontrak Psikologis Dan Fungsinya Di Lingkungan Anggota Banser Kota Bandung Suryana, Suryana
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.026 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i2.2151

Abstract

ABSTRAKBentuk-bentuk Kontrak Psikologis dan Fungsinya di Lingkungan Anggota Banser Kota Bandung menjelaskan hasil penelitian tentang ikatan kebersamaan dalam sebuah organisasi merupakan bentuk dari proses manajemen sumberdaya manusia. Dalam situasi seperti ini, maka dialektika dalam roda manajemen sumberdaya manusia bisa berjalam dalam harmonisai kedekatan psikologis bagi para anggota. Hal ini tentunya merupakan  pengembangan dari modal manusia yang ada untuk terus mendapatkan pencerahan atau peningkatan kualitas sumberdaya seperti yang diharapkan oleh organisasi. Kontrak psikologis adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam mencapai harmonisasi demi kemajuan bersama yang melahirkan manfaat yang bisa menjadi tujuan bersama dalam menjalankan tugas-tugas organisasional. Bentuk-bentuk kontrak psikologis  yang dapat diimplementasikan sebagaimana mestinya, haruslah disesuaikan dengan tradisi-tradisi dalam budaya lokal yang berlaku dan menjadi bagian masyarakat tertentu yang tidak bisa dipisahkan, dan selanjutnya menjadi karakter masyarakat itu sendiri. Disini kontrak psikologis akan menemui momentum yang memang sangat dibutuhkan untuk pengembangan-pengembangan dalam membangun sumberdaya manusia bagi sebuah organisasi dengan budaya kerjanya yang khas. Dengan metoda penelitian kualitatif, maka bentuk-bentuk kontrak psikologis dan fungsinya dapat terungkap dan dijabarkan untuk diambil manfaatnya bagi pihak-pihak yang membutuhkan. Kata Kunci: Bentuk-Bentuk  Kontrak Psikologis dan Fungsinya   ABSTRACTThe forms of Psychological Contract and its Implementation at Banser Members of Bandung City explains the bond of togetherness in an organization denotes process of of human resources mangement. In such situation, the dialectic in dynamic human resources should run in harmonization of  psychological bond for the members. It is a development of exist human capital to get enlightenment or the increasing of resources quality as the organization programmed. The psychological is the part of reaching harmozation for the sake of organizational progress in carrying out the organizational tasks. The forms of psychological contract that can be optimally implemented, must be based on the tradition of local culture that is valid for and it is the essential part of  certain society that can not be separated of, and becomes the society character its self. In such atmosphere the pasychological contracts would meet the moment that is needed for the sake of developments in establishing human resources for in an organization with the characteristic culture’s work of organization. By using research qualitative method, the forms of psychological contracts and its functions could be used by whom may need.Key Words: The Form of Psychological Contracts and its Function
Pelaksanaan Personal Selling Dalam Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Suparwo, Adi; Riana, Dwiza; Sari, Ratna Deli
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.16 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i2.2258

Abstract

ABSTRAKIndustri asuransi merupakan salah satu industri yang perkembanganya sangat ditentukan oleh upaya perusahaan dalam memasarkan produknya di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian polis asuransi produk Hario Siaga PT. MNC Life Assurance Cabang Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini dilakukan pada nasabah produk Hario Siaga PT. MNC Life Assurance Cabang Bandung dengan jumlah sampel yang berjumlah 80 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah metode nonprobability sampling dengan teknik sampel insidental. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Penelitian menunjukan bahwa variabel personal seliing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menandakan bahwa semakin baik personal selling yang dilakukan perusahaan mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Kata kunci : Personal Selling, Keputusan Pembelian, Polis Asuransi ABSTRACTInsurance industry is one of the industries whose development is determined by the companys efforts in marketing its products in the community. The purpose of this study is to determine the effect of personal selling on the decision to purchase insurance policy products Hario Siaga PT. MNC Life Assurance Branch Bandung. In this research use descriptive research method and verifikatif. This research was conducted on customer product of Hario Siaga PT. MNC Life Assurance Branch Bandung with the number of samples totaling 80 people. Sampling technique used is nonprobability sampling method with incidental sample technique. Statistical analysis of data used in this study is a simple linear regression analysis. Research shows that the personal variable seliing have a positive and significant effect on the purchasing decision. This indicates that the better personal selling made the company able to improve consumer purchasing decisions. Keywords : Personal Selling, Buying Decision, Insurance Policy
Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Bandung Katarika, Dita Murinda; Syahputra, Syahputra
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.911 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i2.1566

Abstract

ABSTRAKKeanekagaraman kuliner yang semakin berkembang dengan baik memicu potensi wisata kuliner, salah satunya yaitu kopi yang merupakan minuman favorit masyarakat Indonesia khususnya Kota Bandung. Hal ini terlihat dari banyaknya bisnis coffe shop di Bandung. Para pembisnis berlomba-lomba menciptakan suasana yang unik dan nyaman terutama pada Kopi Ireng dan Kopi selasar yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Kopi Ireng dan Kopi Selasar Sunaryo. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini masing-masing 100 responden pada Kopi Ireng dan Kopi Selasar Sunaryo dengan nonprobability(purposive sampling).  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil uji parsial (Uji T) Exterior (X1), General Interior (X2), dan Interior Display  (X4) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan pada Store Layout (X3) berpengaruh positif namun tidak signifikan. Secara simultan (Uji F) diketahui bahwa Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Kopi Ireng dan Kopi Selasar Sunaryo. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney tidak terdapat perbedaan Store Atmosphere pada Kopi Ireng dan Kopi Selasar Sunaryo.Kata kunci : Store Atmosphere, Keputusan Pembelian, Uji Mann-WhitneyABSTRACTThe diversity of culinery keep developing in a positive way which triggering the potential of culinary expirience, one of them was coffee which considered as indonesian favorite drinks especially people in Bandung. This fenomena can be seen by the fact of many coffee shop businesses in Bandung. Many businesses keep competing to one another in order to create uniqueness and creating a comfortable cozy environment  particulary Kopi Ireng and Kopi Selasar Sunaryo which offered beautiful natural scenery view. The purpose of this study is to find the influence of store atmosphere toward decision purchase on Kopi Ireng and Kopi Selasar Sunaryo. The Research methodology that being used in this study are descriptive and quantitative methods. The samples that used in this study each require 100 respodents from both Kopi Ireng and Kopi Selasar Sunaryo with a non probability (purposive sampling). This study using analytics multiple linear regression. Result partially (T test) shown that exterior (X1), general interior (X2), and interior display (X4) influential positively and significantly on the purchasing decision, while store layout (X3) influential positively but insignificant. Simultaneously (F test) shown that store atmosphere influential positively and significantly on the purchasing decision at both  Kopi Ireng and Kopi Selasar Sunaryo. Based on the results of the mann-whitney test there was no different in terms of the store atmosphere on both  Kopi Ireng and Kopi Selasar Sunaryo.Keywords: Store Atmosphere, Purchase Decision, Mann-Whitney test
Peningkatan Kinerja Bisnis Usaha Mikro Melalui Kajian Komitmen Dan Ambisius Pengusaha Sidiqqoh, Siti Ati; Alamsyah, Doni Purnama
Jurnal Ecodemica Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.985 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mengkaji komitmen, jiwa ambisius dan kinerja bisnis pengusaha dari Usaha Mikro yang ada di Kota Bandung. Metode penelitian dilakukan dengan survey pada 100 pengusaha Usaha Mikro di Kota Bandung, melalui analisis regresi linier berganda. Data kuantitatif didapat melalui penyebaran kuesioner dan diolah untuk melihat hasil secara deskriptif dan verifikatif. Temuan penelitian disampaikan bahwa terdapat hubungan antara komitmen, jiwa ambisius pengusaha dengan kinerja bisnis pengusaha. Namun kinerja bisnis pengusaha dari Usaha Mikro di Kota Bandung dapat ditingkatkan lebih optimal melalui komitmen pengusaha. Penelitian bermanfaat untuk Dinas UMKM di Kota Bandung secara khusus dan pengusaha secara umum, bahwa pentingnya memperhatikan komitmen pengusaha berkaitan dengan kinerja bisnis.Kata Kunci : Komitmen, Jiwa Ambisius, Kinerja Bisnis.  ABSTRACTThis study aims to examine the commitment, ambitious and business performance of entrepreneurs from Micro Enterprises in Bandung. The research method was conducted by survey on 100 micro business entrepreneurs in Bandung City, through multiple linear regression analysis. Quantitative data were obtained through questionnaires and processed to see results descriptively and verificatively. The findings of the research are submitted that there is a relationship between commitment, ambitious entrepreneurship and business performance of entrepreneur. However, business performance of entrepreneurs from Micro Enterprises in Bandung can be increased more optimally through the commitment of entrepreneurs. Research is useful for the Office of SMEs in Bandung in particular and entrepreneurs in general, that the importance of paying attention to the commitment of entrepreneurs related to business performance.Keywords: Commitment, Ambitious, Business Performance
Strategi Promosi Dan Store Interior Pada Industri Ritel Sari, Dian Indah
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.205 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i2.1971

Abstract

ABSTRAKUntuk meningkatkan minat beli pelanggan terhadap suatu produk, perusahaan harus secara bersama-sama memaksimalkan secara tepat apa yang dibutuhkan pelanggan. Promosi merupakan faktor yang penting untuk meningkatkan minat beli pelanggan. Store Interior juga merupakan faktor penting untuk meningkatkan minat beli pelanggan. Saat ini industri ritel seperti Alfa Mart Cikarang mengalami penurunan jumlah konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari promosi dan store interior terhadap minat beli pelanggan Alfa Mart Cikarang.Tipe penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Sumber data diperoleh melalui penelitian lapangan dan  penelitian kepustakaan. Jumlah sampel  25 orang diambil dari pelanggan  Alfa Mart Cikarang. Penelitian ini menggunakan SPSS V.17 dan  regresi linear berganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, untuk menganalisis dampak promosi dan store interior terhadap minat beli pelanggan. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel promosi dan variabel store interior mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap minat beli pelanggan  Alfa Mart Cikarang.  Hal ini menunjukkan bahwa   promosi dan store interior  sebagai manfaat bagi pelanggan yang  akan mempengaruhi  minat beli pelanggan untuk melakukan pembelian. Penelitian ini memberikan manfaat bagi perusahaan agar  dapat memprioritaskan dalam  mengelola promosi dan store interior dengan lebih efektif, karena pelanggan lebih mengutamakan promosi dan store interior dalam melakukan pembelian. Kata Kunci : Promosi, Store Interior, Minat Beli   ABSTRACTTo increase  customer   interest  in the purchase of a product,  companies  must jointly maximize appropriately  what is needed customer.  Promotion is important factor to increase the interest of the customer purchase. Store Interior is also an important factor to increase the interest of customer purchase. Currently the retail industry such as Alfa Mart Cikarang has decreased the number of consumers.  The purpose of this study was to determine the effect of promotion and interior toward customer purchase interest  Alfa Mart Cikarang. This type of research is quantitative. Sources of data obtained through field  research and library research. The number of samples taken from 25 people Alfa Mart customers Cikarang. This study used SPSS V.17 and multiple linear regression. Data analysis techniques used in this research is multiple linear regression analysis to analyze the impact of promotions and store interiors to the interest of customer’s purchase. The analysis showed that the variables of sale and store interior  have a significant influence on interest of the customer purchase Alfa Mart Cikarang. This show that promotion and store interior as benefit for customers that will affect the buying interest of customers to maka a purchase.This research provides benefits for compaies in order to prioritize in managing the promotion and store interior more effectively because customers prefer promotions and store interior to make a purchase.Keywords: Promotion, Store Interior, Purchase Interests
Hubungan Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Ptlr Batan Subariyanti, Herudini
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.689 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i2.2102

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, hubungan antara kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan,  hubungan antara motivasi kerja, kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan  pada karyawan PTLR BATAN. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional yaitu penelitian yang berupaya menjelaskan hubungan antara variabel bebas (independent variables)   dengan variabel terikat (dependent variables) melalui pengujian hipotesis. Variabel bebas terdiri dari motivasi kerja dan kepuasan kerja sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja karyawan. Desain penelitian adalah penelitian sampel acak yang dilakukan terhadap 120 sampel karyawan PTLR BATAN, teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan metode statistik dengan bantuan program komputer SPSS 12.00, dengan teknik analisis deskriptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, dan uji asumsi dasar. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja  terhadap kinerja karyawan,   terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepuasan kerja  terhadap kinerja karyawan,   terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan.  Kata Kunci : Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan
Analisis Struktur, Perilaku, Dan Kinerja Industri Makanan Dan Minuman Di Indonesia Yuliawati, Lilik
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.933 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i2.2086

Abstract

Industri makanan dan minuman merupakan cabang industri yang potensial. Di Indonesia, terdapat banyak sekali perusahaan yang bergerak dalam sektor industri makanan dan minuman. Agar dapat terus bertahan, perusahaan-perusahaan yang berada dalam industri ini tidak hanya dituntut untuk mampu bersaing dengan perusahaan lain yang sudah berada dalam pasar, tetapi juga dengan perusahaan potensial yang mungkin akan masuk ke dalam pasar industri. Berdasarkan paradigma Structure-Conduct-Performance, cara para pelaku usaha dalam menyikapi persaingan yang ada dalam suatu pasar industri seperti di atas akan tercermin dalam perilaku perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pasar, perilaku, dan kinerja industri makanan dan minuman di Indonesia selama 2009-2013 serta untuk menguji hubungan kausalitas antara struktur, perilaku, dan kinerja industri. Data yang digunakan merupakan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif. Teknik uji hipotesis yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki bentuk pasar persaingan monopolistik. Perilaku industri tercermin dalam strategi harga produk, strategi pengembangan produk, serta strategi iklan dan promosi. Kinerja industri makanan dan minuman di Indonesia tahun 2009-2013 menunjukkan tingkat profitabilitas yang normal. Struktur pasar industri terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku industri. Perilaku industri terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja industri. Struktur pasar industri terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja industri. Struktur pasar industri dan perilaku industri secara serentak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja industri.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Mild Fachriza, Fazza Ilham; Moeliono, Nadya
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.433 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i2.1332

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan apakah keputusan pembelian konsumen rokok Sampoerna A Mild terpengaruhi oleh bauran pemasaran yang rokok Sampoerna A Mild lakukan. Permasalahan tersebut didasari dengan Peraturan Pemerintah nomor 109 tahun 2012 (PP No 109 Th 2012) tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan dalam usahanya untuk mengurangi konsumsi rokok di Indonesia. Tetapi, meskipun pemerintah menetapkan peraturan untuk membatasi rokok, rokok Sampoerna A Mild bisa menjadi penguasa pangsa industri rokok di Indonesia berdasarkan laporan keuangan mereka dari tahun 2007 sampai tahun 2015. Di Kota Bandung, pada tahun 2016, hampir 30% pangsa pasar rokok Mild dikuasai oleh Sampoerna A Mild. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perokok aktif di Bandung. Jumlah sampel yang didapat adalah 100. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Rokok Sampoerna A Mild mempunyai kekuatan dalam bauran pemasaran di sub-variabel tempat. Dengan begitu, dapat diketahui bahwa konsumen dapat dengan mudah mengakses rokok Sampoerna A Mild. Rokok Sampoerna A Mild memiliki kelemahan didalam harga dimana konsumen tidak dapat menjangkau harga dari rokok Sampoerna A Mild dikarenakan harga rokok sendiri memang telah diatur oleh peraturan pemerintah. Konsumen lebih terpengaruh dalam memutuskan untuk membeli karena produk rokok Sampoerna A Mild yang terkenal akan kualitasnya dan mudahnya tempat untuk mengakses pembelian. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian ABSTRACT This research is motivated by whether the consumer purchase decision Sampoerna A Mild cigarette marketing mix are affected by what Sampoerna A Mild do. Those problems constituted with Government Regulation No. 109 of 2012 (PP No. 109 Th 2012) on securing material containing addictive substances such as tobacco products for health in their efforts to reduce tobacco consumption in Indonesia. But, despite the government set rules to restrict smoking, Sampoerna A Mild cigarette could be the ruler of the share of tobacco industry in Indonesia based on their financial statements from 2007 to 2015. In Bandung, in 2016, nearly 30% cigarette Mild market share held by Sampoerna A Mild. The method used in this research is quantitative method. The population in this study were active smokers in Bandung. The number of samples is 100. The samples obtained in this study using nonprobability sampling using purposive sampling technique. Data were analyzed using descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Sampoerna A Mild cigarettes have strength in the marketing mix in a sub-variables. By doing so, it can be seen that the consumer can easily access the Sampoerna A Mild cigarettes. Sampoerna A Mild cigarettes have a weakness in the price consumers can not reach the price of Sampoerna A Mild cigarette smoking because the price itself is already regulated by government regulations. Consumers are more influenced in deciding to buy as Sampoerna A Mild cigarette products renowned for their quality and how easy it is to access your purchase.. Keywords: Marketing mix, Purchasing decisions

Page 1 of 2 | Total Record : 14