cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal ECODEMICA
ISSN : 25498932     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecodemica menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, sistem informasi manajemen, bisnis internasional, hukum bisnis, dan kewirausahaan. Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ecodemica" : 14 Documents clear
Kewajiban Dan Tanggung Jawab Konsultan Hukum Sebagai Profesi Penunjang Pasar Modal Rohendi, Acep
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.97 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i1.1427

Abstract

ABSTRAKKonsultan hukum pasar modal sebagai salah satu profesi penunjang pasar modal keberadaannya sangat penting dalam proses go public. Konsultan Hukum  tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal serta beberapa ketentuan lainnya. Tersebarnya aturan tersebut dalam beberapa ketentuan yang menyulitkan untuk diketahui, perlu inventarisasi regulasi tentang  kewajiban dan tanggung  Konsultan Hukum  sebagai profesi penunjang di Pasar  Modal. Menggunakan penelitian hukum normatif dengan jenis penelitian inventarisasi hukum positif, data yang digunakan adalah data sekunder,  analisis normatif kualitatif. Konsultan hukum diberi tugas dalam bentuk pemeriksaan hukum (legal audit) dan pendapat hukum (legal opinion).  Konsultan hukum pasar modal diwajibkan mematuhi kode etik dan standar profesi yang ditetapkan oleh asosiasinya.Untuk menjamin agar pendapat dan keterangan yang diberikan oleh konsultan hukum  pasar modal benar-benar sesuai dengan kode etik dan standar profesi, diberikan secara independen serta mendukung prinsip keterbukaan. Temuan penelitian yaitu adanya kewajiban konsultan hukum  untuk  ikut bertanggung gugat atas kerugian yang diderita investor dalam hal pendapat dan keterangan yang diberikan tidak sesuai dengan yang dimaksud, di samping secara perdata juga dapat dikenakan sanksi administratif dan ancaman pidana.Kata Kunci: Capital Market, Legal Consultant, Go Public ABSTRACTCapital market legal consultant as a supporting profession capital market presence is very important in the process of going public. The Legal Consultant regulated in Law No. 9 of 1995 on the Capital Market as well as several other provisions. The spread of these rules in several provisions that make it difficult to know, need to research on the obligations and responsibilities as a legal consultant supporting professionals in the capital market. Using normative legal research with the type of inventory study of positive law, the data used is secondary data analysis qualitative normative. Legal consultants were given the task in the form of public hearings (legal audit) and legal opinion). Capital market legal consultant required to comply with the code of ethics and professional standards set by the association. To ensure that the opinions and information given by the Legal Consultant capital markets completely in accordance with the code of ethics and professional standards, given independently and supports the principle of transparency. The findings of the research that their obligations to take account for the losses suffered by investors in terms of opinion and the information given is not in accordance with, in addition to civil penalties can also be imposed as well as the administrative and criminal threats.Keywords : Capital Market, Legal Consultan, Go  Public
Efektivitas Marketing Public Relation dalam Membangun Citra Merek Perusahaan Jasa Telekomunikasi Abdillah, Fatimah
Jurnal Ecodemica Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.739 KB)

Abstract

ABSTRAKPersaingan di bidang telekomunikasi termasuk merek jasa pelayanannya telah berada pada tingkat internasional. Perusahaan penyedia jasa broadband Internet di Indonesia yaitu PT Smartfren Telekomunikasi harus siap menghadapi berbagai tantangan dalam pasar saat ini salah satunya adalah tingkat pendidikan masyarakat yang menjadi sasaran dan target penjualan dari produk tersebut. Strategi pemasaran marketing public relation (MPR) merupakan alternatif cara untuk memperoleh kesetiaan pelanggan khususnya melalui kegiatan yang bersifat pendidikan. Penelitian bertujuan mengukur peranan MPR dan hubunganya terhadap citra merek Smartfren, dimana berbeda dengan penelitian lainnya peranan MPR diukur berdasarkan persepsi kelompok pelanggan berpendidikan cukup baik. Signifikansi dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi bagi pengetahuan bahwa bagian kegiatan dari MPR yang efektif digunakan bagi komunitas berpendidikan yaitu publikasi. Penelitian ini dilakukan melalui metode survei. Pemilihan responden dilakukan melalui purposive sampling pada 100 mahasiswa yang berasal dari Fakultas Ekonomi Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Hasil membuktikan bahwa publikasi Smartfren adalah kegiatan MPR yang memperoleh respon terbaik. Selanjutnya, telah terbukti bahwa Smartfren adalah merek CDMA yang menjadi top of mind dalam persepsi konsumen dimana kegiatan MPR memiliki peranan khusus. Penelitian ini selanjutnya dapat diaplikasikan untuk menentukan strategi pemasaran yang paling tepat bagi kelompok masyarakat dengan pendidikan yang cukup baik.Kata kunci: Marketing Public Relation (MPR), citra merek, persepsi konsumen ABSTRACTCompetition in telecommunications field keep increasing today including all its brands at international level. PT Telekomunikasi Smartfren, a broadband Internet service provider in Indonesia must be prepared to face the challenges of recently market which is education level of the community target. Marketing public relations (MPR) as marketing strategy is an alternative way to gain customer loyalty, especially through educational activities. The study aimed to find an empirical relationship between MPR and brand image of Smartfren within specific target responden from well-educated community. The significance of this study is contributing the knowledge that an effective way of marketing public relation that can retain educated customers by giving interested publications. This study was conducted through survey method. Sample size of respondents for research selected through purposive sampling constitutes from 100 respondents and these respondents were students from Faculty of Economics at Ibnu Khaldun Bogor University. The results revealed that the publication activities of Smartfren obtain the best response. Furthermore, it has been proven that Smartfren CDMA is a top of mind brand in the perception of consumers affected by the activities of MPR. This study can be applied to next research in determining successful strategy for educated community.Keywords: Marketing Public Relations (MPR), brand image, consumer perceptions
Analisis Kepuasan Pengunjung Museum Sebagai Dampak Dari Implementasi Strategi Physical Evidence Andriani, Rian; Nurdiana, Nanda
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.478 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i1.1385

Abstract

ABSTRAKMuseum Geologi merupakan objek daya tarik wisata edukasi yang berada di Kota Bandung Jawa Barat, secara keseluruhan museum ini memamerkan fosil-fosil yang terdiri dari hewan, tumbuhan, batuan dan manusia. Museum Geologi merupakan salah satu museum yang mengkomunikasikan peninggalan atau fosil-fosilnya dengan menggunakan alat bantu modern seperti TV LED, infokus dan alat elektronik lainnya, dengan demikian seandainya fasilitas fisik mengalami kerusakan tentunya akan membuat operasional kurang maksimal. Pada museum geologi terdapat beberapa koleksi fosil yang sangat digemari oleh para pengunjung diantaranya yaitu fosil Tyranosaurus Rex. Fosil ini menjadi salah satu daya tarik yang banyak dilihat dan diabadikan dengan di foto. Fosil tersebut juga memiliki ukuran yang besar sehingga membuat pengunjung terkagum akan ukurannya. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan verifikatif, teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Pelayanan fisik  serta produk adalah faktor penting bagi suatu museum dalam meningkatkan kepuasan, sehingga peneliti fokus dalam menganalisis kepuasan pengunjung museum sebagai dampak dari implementasi strategi physical evidence.Kata Kunci : Physical Evidence, Atribut Produk dan Kepuasan Pengunjung ABSTRACTGeology of Museum is one of education tourist attraction at Bandung city, West Java, all the museum to exibt the fosil of animal, plants, rocks and humans. Museum Geologi is one of museum that communicates inheritance or fossils with using modern aids like TV LED, in focus, and other electronic tool. Thus if physical facility gets destruction, it will obviously make operational is less maximum. In Museum Geologi, there are some fossil collections that are most favored by visitors, such as fossil of Tyranosaurus Rex. This fossil becomes one of attractiveness which is many seen and captured on photograph. These fossils have also the huge size so it makes visitors amazed of its size. The researcher use quantitative descriptive and verivicative method. This research use multiple regression analysis with 100 respondents. Physical service and also product are the important factor for a museum in improving the satisfaction, so the researcher focuses on the analyze o the  of visitor’s satisfaction as impact from the implementation strategy tphysical evidenceKeyword : Physical evidence, Product Atribut and customer satisfaction
Peranan Store Atmosphere Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Yusiana, Rennyta; Nuraisyah, Putri Ayu
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.137 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i1.1429

Abstract

ABSTRAKBandung merupakan destinasi para wisatawan domestik maupun mancanegara dengan salah satu tujuan yaitu kulinernya. Terdapat banyak restoran dan cafe yang menawarkan berbagai cita rasa kuliner, mulai dari kuliner nusantara sampai kuliner luar negeri. Saat ini konsumen tertarik dengan restoran dan cafe dengan atmosphere yang berbeda. Salah satunya adalah Hummingbird Eatery yang menerapkan store atmosphere homey, dengan Interior restoran yang begitu nyaman dan didominasi furniture yang terbuat dari kayu. Atmosphere (suasana) menjadi faktor penting bagi konsumen dalam memilih tempat bersantap dan bersantai. Atmosphere yang nyaman dengan dekorasi yang unik dan kreatif menjadi daya tarik bagi sebuah restoran sehingga membuat konsumen berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai peranan Store Atmosphere dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif, dengan menggunakan 100 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, wawancara, dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan SPSS V.22 dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa general interior menjadi pertimbangan utama sebagai manfaat bagi konsumen dalam melakukan keputusan beli selain dari sub variabel store atmosphere lainnya. Pengelola dapat memprioritaskan mengelola general interior dengan lebih efektif, karena konsumen lebih mengutamakan hal tersebut dalam store atmosphere.Kata Kunci: Store Atmosphere, Keputusan Pembelian ABSTRACTBandung is a destination for domestic and foreign tourists with culinary goals. There are many restaurants and cafes offering a variety of culinary tastes, ranging from culinary archipelago to abroad. Nowadays consumers are attracted to the restaurant and cafe with a different atmosphere. One of them is the Hummingbird Eatery which implementing store homey atmosphere, with the cozy interior and dominated by furniture made of wood. Atmosphere is an important factor for consumers in choosing where to dine and relax. Cozy atmosphere with unique decor and creative appeal to a restaurant that makes consumers visit. This study aims to determine consumer response regarding the role of Store Atmosphere in increasing consumer purchasing decisions. This type of research is descriptive and quantitative, using 100 samples. Data collection techniques used were questionnaires, observations, interviews, and literature studies. This study uses SPSS V.22 and simple linear regression. The results of this study indicate that the general interior becomes a major consideration as a benefit for consumers in making purchasing decisions apart from other sub variables store atmosphere. Managers can prioritize managing general interior more effectively, because consumers prefer it in the store atmosphere.Keywords: Store Atmosphere, Purchase Decision
Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap Rohmatun, Karina Indah; Dewi, Citra Kusuma
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.503 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i1.1420

Abstract

ABSTRAKPerkembangan industri kosmetik Indonesia telah tumbuh begitu pesat. Sebagai negara dengan populasi kaum Muslim terbesar, seyogyanya masyarakat dalam menggunakan produk kosmetik memperhatikan kehalalannya. Kesadaran masyarakat tentang tingkat keamanan kosmetika yang digunakan sudah meningkat seiring dengan munculnya berbagai kasus dampak penggunaan bahan berbahaya dalam kosmetik. Akan tetapi, kesadaran masyarakat muslim untuk memperhatikan kehalalan kosmetik tersebut masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan, religiusitas dan sikap  terhadap niat beli remaja muslim Indonesia pada produk kosmetik halal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dimana data yang didapatkan melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Kuesioner dibagikan kepada 400 responden remaja muslim Indonesia yang berusia 17-25 tahun yang menggunakan produk kosmetik halal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap sikap secara parsial maupun simultan. Pengetahuan, religiusitas dan sikap berpengaruh signifikan terhadap niat beli produk kosmetik halal secara parsial maupun simultan. Kata Kunci : Pengetahuan, Religiusitas, Sikap, Niat Beli, Kosmetik Halal  ABSTRACTThe development of Indonesian cosmetic industry has grown so rapidly. As a country with the largest population of Moeslems, people should pay attention in using cosmetic products halal. Public awareness about the level of security used cosmetics has increased with the emergence of various cases the impact of use of hazardous substances in cosmetics. However, awareness of the Muslim community to pay attention to the halal cosmetics is still low. The purpose of this study was to determine how much influence the knowledge, religiosity and attitudes towards purchase intention Indonesian Muslim teenager in halal cosmetic products. The method used in this research is quantitative descriptive, where data obtained through questionnaires. The sampling technique in this research is purposive sampling. Questionnaires were distributed to 400 respondents Indonesian Muslim teenagers aged 17-25 years who use halal cosmetic products. Data analysis technique used is path analysis. The results of this study showed that the knowledge and religiosity have significant effect on attitudes both  partially  and simultaneously. Knowledge,religiosity and attitude have significant influence to  purchase intentionof  halal cosmetic product sboth partially and simultaneously.Keywords: Knowledge, Religiosity, Attitude, Purchase Intention, Halal Cosmetic
Meningkatkan Sisa Hasil Usaha Melalui Modal Dan Pemberian Pinjaman Mulyanti, Dwinta; Rina, Rina
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.633 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i1.1431

Abstract

ABSTRAKModal bagi koperasi memiliki peranan penting dalam memperbesar volume usaha yang akan berimbas pada laba yang diperoleh. Selain modal, intensitas pemberian pinjaman pada anggota juga memiliki peran dalam meningkatkan pendapatan Koperasi berupa Sisa Hasil Usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pendapatan koperasi melalui peningkatan modal sendiri dan pemberian pinjaman. Untuk mengkaji hal tersebut, dalam penelitian ini digunakan laporan keuangan Koperasi Simpan Pinjam “Rukun Mekar” periode 2010-2015. Dimana tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang berbanding terbalik antara modal sendiri dan pemberian pinjaman, serta peningkatan Sisa Hasil Usaha dapat ditingkatkan melalui pemberian pinjaman. Penelitian ini menyempurnakan penelitian sebelumnya dengan penambahan jumlah indikator penelitian pada variabel yang diteliti dan memiliki implikasi pada peningkatan sisa hasil usaha pada Koperasi Simpan Pinjam “Rukun Mekar”.Kata Kunci: Modal Sendiri, Pemberian Pinjaman, Sisa Hasil Usaha. ABSTRACTCapital for the cooperatives have an important role to increasing the volume of business that will be gave impact on profits. In addition to capital, lending intensity to the members also have a role to increasing revenues in the form of Business Cooperation. The purpose of this study was to increase the income of the cooperative through increased its own capital and lending. To study this, the study adopted the financial statements of Credit Unions "Rukun Mekar" 2010-2015. Where the type of research is descriptive verification with quantitative approach. These results indicate that the effect is inversely proportional between its own capital and lending, as well as the improvement of Business can be enhanced through the provision of loans. This study enhance previous research by increasing the indicators of research on the variables studied and have implications on improving operating results on Credit Unions "Rukun Mekar".Keyword: Own Capital, Lending and Net Income.
Analisis Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Melalui Kompetensi (Studi Pada Unit SDM PT Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung) Prasetyo, Annisa Intan; Relawan, Ida Nurnida
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.822 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i1.1553

Abstract

ABSTRAK            Pada era perkembangan teknologi saat ini, tuntutan pelanggan mengenai penggunaan jasa layanan semakin kritis, terutama penggunaan alat transportasi cepat dan modern. Berdasarkan artikel yang dilansir VOA Indonesia, pada tahun 2016 akan dibangun kereta cepat dan salah satu perusahaan yang berkontribusi adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero). Sesuai dengan visi perusahaan untuk menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik, KAI melakukan berbagai upaya untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkinerja unggul dan memiliki kompetensi tinggi untuk mendukung pencapaian visi tersebut Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja melalui kompetensi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan, kompetensi, dan kinerja berada pada kategori baik. Pendidikan dan pelatihan berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi, pendidikan dan pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja, kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja, dan pendidikan dan pelatihan berpengaruh terhadap kinerja melalui kompetensi. Kesimpulan yang diperoleh adalah pendidikan dan pelatihan berpengaruh secara langsung terhadap kinerja dan secara tidak langsung melalui kompetensi. Adapun hubungan antara pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja lebih banyak dijelaskan secara langsung dibandingkan secara tidak langsung melalui kompetensi karyawan.Kata Kunci: Pendidikan dan Pelatihan, Kompetensi, Kinerja. ABSTRACT               In the current era of technological development, customer demands regarding the use of services is more critical, especially the use of fast and modern transportation. Based on articles that reported by VOA Indonesia, in 2016 will be built high speed railways and one of the contributing firms are PT Kereta Api Indonesia (Persero). Accordance with the companys vision to become the provider of the best railways, KAI make efforts to produce the Human Resources (HR) superior performance and have high competence to support the achievement of that vision. The purpose of the study was to analyze the effect of education and training toward performance through the competency. The type of this research is descriptive with quantitative approach using descriptive analysis and path analysis. The research results showed that: education and training, competence, and performance are in good category. Education and training influences significantly competency, education and training influences significantly toward performance, competency influences significantly toward performance, and education and training influences significantly toward performance through the competency. The conclusion is the education and training has a direct effect on the performance and indirectly through competency. The relationship between education and training on the performance described more directly than indirectly through employee competence.Keywords:Education and Training, Competency, Performance
Analisa Kenaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak Pada Penerimaan Pajak Penghasilan Apriliawati, Yeti; Setiawan, Setiawan
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.387 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i1.1828

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini menganalisis pengaruh perubahan penghasilan tidak kena pajak terhadap penerimaan pajak penghasilan dengan dataset penelitian tahun 2011-2015. Kenaikan besaran penghasilan tidak kena pajak ini tergambar dalam pendapatan nasional sebagai variabel independen. Adapun variabel dependen penelitian ini adalah penerimaan PPh. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kenaikan penghasilan tidak kena pajak memberikan pengaruh yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa variabel pendapatan nasional berpengaruh positif terhadap penerimaan PPh, yang mana dengan adanya pengaruh positif berarti pendapatan nasional mempengaruhi dengan hubungan searah. Yakni, jika pendapatan nasional ditingkatkan, maka akan meningkatkan penerimaan PPh. Penelitian ini juga menemukan bahwa pada tahun 2015, peningkatan penghasilan tidak kena pajak justru meningkatkan penerimaan pajak penghasilan. Hal ini terjadi karena kebijakan peningkatan besaran PTKP tidak saja memberikan pengaruh langsung ke PPh Orang Pribadi, tetapi juga memberikan pengaruh tidak langsung ke PPh Badan. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi acuan pemerintah untuk mengambil kebijakan dalam meningkatkan PTKP. Kata Kunci : Penghasilan Tidak Kena Pajak, Pajak Penghasilan, Pendapatan Nasional  ABSTRACTThis study examines the impact of the increased non-taxable income on income tax revenue. The dataset encompasses observations during the period 2011 to 2015. The increased non-taxable income is as the independent variable, whereas the dependent variable is income tax revenue. The empirical analysis indicates that the increased non-taxable income has positive effect on income tax revenue and it is significant. If the national income increases, then the income tax revenue increases also. This study also finds that in 2015, the increased non-taxable income increases the income tax revenue. This could be happened because the increased non-taxable income will not also gives a direct effect to personal income tax, but also gives an indirect effect to corporate income tax. Research results are expected to be the reference of the government policy to take in improving non-taxable income. Keywords: Non Taxable Income, Income Tax, National Income
Telaah Hubungan Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention Amran, Ali; Rohendi, Acep
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.062 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i1.1424

Abstract

ABSTRAKKaryawan merupakan elemen yang sangat penting bagi perusahaan. Karyawan sebagai sumber daya manusia adalah penggerak utama berjalannya roda perusahaan sehingga perusahaan harus menjaga kepuasan kerja dan komitmen organisasional agar karyawan tidak berkeinginan untuk berpindah ke perusahaan lain (turnover intention). Hal ini perlu dikaji pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap turnover intention sehingga dapat bermanfaat untuk mengetahui nilai penting dari kepuasan kerja dan komitmen organisasional yang dimiliki karyawan. Metode penelitian deskriptif survey dan verifikatif survey digunakan untuk mengkaji variabel terikat yaitu kepuasan kerja dan komitmen organisasional dan variabel bebas yaitu turnover intention dengan melakukan observasi kepada karyawan PT. Alexindo Bekasi. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap turnover intention. Penelitian ini bersifat improvement dari penelitian yang telah ada, dan model penelitian ini bisa digunakan oleh perusahaan di Bekasi khususnya dan Indonesia pada umumnya terkait dengan sumber daya manusia dalam dunia kerja khususnya yang berhubungan dengan perilaku-perilaku tenaga kerja.Kata kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Turnover Intention ABSTRACT      Employees are the most important resources of company. They are human resources to do and move all of the activities of company. Therefore, company needs to keep and maintain their job satisfaction and organizational commitment in order to reduce the intention to leave the company (turnover intention). It is necessary to study the relationship among job satisfaction, organizational commitment and turnover intention. This will give benefit to determine the important values of employees’ job satisfaction and organizational commitment and its influences on turnover intention. The research methods are descriptive survey and verificative survey that is used to assess the performance of independent variables: those are job satisfaction and organizational commitment,  and dependent variable: that is turnover intention with doing observation to employees of PT. Alexindo Bekasi. The result of this research is there is influence of job satisfaction and organizational commitment on turnover intention. This research is the improvement of existing researches which can be applied in the other companies specially for the human resource or employee behavior field.  Keywords: Job Satisfaction, Organizational Commitment, Turnover Intention
Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Ramadhani, Nova Tiara; Nurnida, Ida
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.182 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v1i1.1515

Abstract

ABSTRAKPengangguran menjadi salah satu masalah serius di Indonesia yang masih sulit diatasi, karena pertambahan jumlah penduduk yang tinggi, tidak diimbangi dengan pertambahan lapangan kerja. Perusahaan semakin selektif menerima karyawan baru, namun minat generasi muda Indonesia dalam berwirausaha saat ini relatif masih rendah. Dalam kondisi ini dunia pendidikan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan minat berwirausaha generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling jenis simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) materi yang di sampaikan secara langsung berpengaruh terhadap minat berwirausaha. 2) Cara penyampaian materi tidak berpengaruh secara langsung terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Hasil penelitian ini memberikan implikasi untuk perguruan tinggi yang menerapkan mata kuliah kewirausahaan dalam bentuk materi yang disampaikan maupun cara penyampaian materi kepada mahasiswanya agar dapat ditingkatkan lagi. Hasil penelitian ini memberikan wawasan bagi mahasiswa untuk melihat apakah dengan adanya mata kuliah kewirausahaan memiliki hubungan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.Kata Kunci : Mata Kuliah Kewirausahaan, Minat Berwirausaha ABSTRACTUnemployment become a serious problem in Indonesia which is difficult to overcome, the reason is population in Indonesia growing higher but the amount of employment is being stuck. Companies are being more selective to hiring new employees, but the entrepreneurship intention of young generation in Indonesia is still low. In this condition, education has a responsibility to increase the entrepreneurship intention of young generation. This research aims to know the influence of entrepreneurship course to student’s entrepreneuship intention. This is a descriptive reasearch using quantitative method. This research uses a probability sampling type of simple random sampling. Data were analyzed using descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results are : 1) Presented materials directly influence to entrepreneurship intention. 2) The way of delivering materials have no direct influence to student’s etrepreneurship intention. These results give a suggestion to the institution that have entrepreneurship course to increase their presented materials and the way they deliver the materials. And also give a knowledge to students how entrepreneurship course influence the student’s entrepreneurship intention.Keywords: Entrepreneurship Course, Entrepreneurship Intention

Page 1 of 2 | Total Record : 14