cover
Filter by Year
Jurnal ECODEMICA
Published by Univeritas BSI Bandung
ISSN : -     EISSN : -
Jurnal Ecodemica menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, sistem informasi manajemen, bisnis internasional, hukum bisnis, dan kewirausahaan. Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.
Articles
147
Articles
PENYAJIAN RELASI KEKUASAAN DALAM NOVEL A FINE BALANCE KARYA ROHINTON MISTRY

Gartika, Gartika

Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam penelitian ini, akan dibahas relasi kekuasaan yang ada dalam movel A Fine Balance karya Rohinton Mistry, seorang penulis Canada keturunan India. Relasi kekuasaan akan dibahas menggunakan teori kekuasaan oleh Michel Faucoult, yang menyatakan bahwa relasi kekuasaan dapat terjadi jika ada bentuk institusionalisai, sistem pembeda, jenis tujuan, dan mode intrumental. Keberhasilan kekuasaan melibatkan penggunaan mode instrumental, seperti pembangkangan sebagai strategi pertahanan diri yang digunakan oleh seseorang yang menjadi subjek kekuasaan pihak lain. Kekuasaan hanya dapat digunakan pada objek yang bebas, selama pihak tersebut ‘bebas’. Kekuasaan yang digunakan mencakup satu elemen penting: kebebasan. Elemen kekuasaan lain adalah alat yang digunakan dalam penggunaan kekuasaan, seperti penggunaan kekerasan. Di sisi lain, terlepas dari fungsinya sebagai alat penggunaan kekuasaan, kekerasan dapat dilihat sebagai hasil dari relasi kekuasaan. Dalam A Fine Balance, relasi kekuasaan dapat dilihat dari hubungan saudara, Dina Dalal dan Nusswan Shroff, yang terjadi dalam institusi keluarga. Sistem pembeda terletak pada kedudukan Nusswan Shroff sebagai kakak yang memiliki posisi yang lebih tinggi dibandingkan Dina Dalal, sang adik. Meskipun demikian, baik Dina Dalal dan Nusswan Shroff sama-sama memiliki kekuasaan pada tingkat yang berbeda. Tujuan Dina Dalal dalam relasi kekuasaan yang diperlihatkannya adalah untuk memiliki kebebasan dalam mengatur hidupnya sendiri tanpa kekangan sang kakak, cara atau mode instrumental yang digunakan adalah dengan cara berkompromi dengan aturan-aturan sang kakak agar mendapatkan rasa aman dan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Di sisi lain, Nusswan Shroff sebagai kakak merasa memiliki kewajiban untuk mengatur adiknya, dengan menggunakan kekerasan dalam menerapkan aturan dengan cara menampar atau memukul menggunakan penggaris.

Telaah Hubungan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan

Amran, Ali

Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Karyawan merupakan human capital dari perusahaan yang perlu dijaga dan diperlihara guna meningkatkan performa perusahaan. Setiap karyawan memiliki kompetensi dalam bekerja, hal ini perlu dikaji hubungannya dengan kinerja perusahaan. Hal tersebut bermanfaat untuk mengkaji nilai penting dari karyawan terkait kompetensinya. Untuk mengkaji variabel penelitian tersebut digunakan pendekatan path analysis (analisis jalur) dengan unit observasi seluruh karyawan PT. Hutama Karya (Persero) Jakarta. Metode penelitian deskriptif survey dan verifikatif survey digunakan untuk mengkaji dependent variabel yaitu kinerja karyawan dan independent variabel yaitu kompetensi. Temuan pada penelitian ini adanya pengaruh antara variabel penelitian yaitu kompetensi memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini bersifat improvement dari penelitian yang telah ada, dan model penelitian ini bisa digunakan oleh perusahaan di Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya terkait perilaku karyawan. 

PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI AKUTANSI S-1 STIE PASUNDAN BANDUNG

Rahmitasari, Chevi Yuliana

Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan mahasiswa memilih Program Studi Akuntansi S1 STIE Pasundan Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Akuntansi STIE Pasundan Bandung sebanyak 1.094 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 92 orang dengan menggunakan teknik pemilihan sampel simple random sampling. Data dikumpulkan dengan metode survey melalui pengisian kuesioner yang diisi oleh 92 responden, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan  analisis  regresi  berganda  dibantu  dengan  aplikasi   Statistical Package for Social Science 17. Berdasarkan hasil penelitian, secara parsial promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Program Studi Akuntansi S1 STIE Pasundan Bandung, sedangkan variabel harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Program Studi Akuntansi S1 STIE Pasundan Bandung. Dari Hasil Uji F diketahui bahwa secara bersama-sama variabel promosi dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih  Program  Studi  Akuntansi  S1  STIE  Pasundan  Bandung.  Hasil  uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan hasil 0,092, hal ini dapat diartikan bahwa variabel yang diteliti mampu menjelaskan 9,2% pengaruhnya terhadap keputusan mahasiswa  memilih  Program  Studi  Akuntansi  S1  STIE  Pasundan  Bandung, sementara 91,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Pengaruh Celebrity Endorser Credibility dan Ad Attractiveness Terhadap Brand Attitude Calon Konsumen Mesz

Jujur, Utang

Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Celebrity Endorser Credibility dan Ad Attractiveness Terhadap Brand Attitude. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan kuesioner. Analisis dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan verifikatif. Hasil penelitian menunjukan Pertama, hasil responden tentang celebrity endorser credibility bernilai positif dan tinggi. Kedua, Hasil responden Ad Attractivness di Mesz menunjukan hasil bahwa daya tarik iklan pada Mesz menarik. Ketiga, brand attitude benilai positif dan tinggi di benak konsumen. Keempat, terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel celebrity endorser credibility terhadap brand attitude. Kelima terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel ad attractivness terhadap brand attitude. Keenam hasil pengujian hipotesis secara simultan di peroleh bahwa variabel celebrity endorser credibility dan ad attractivness  secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap brand attitude.

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS : PT. BANK OCBC NISP, TBK PERIODE 2011-2013)

Chrisyaniardi, Risza

Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Perbankan merupakan salah satu sektor ekonomi yang sangat penting perannya di dalam pembangunan ekonomi Indonesia, di mana memiliki fungsi yaitu untuk menarik uang dari dan menyalurkannya kepada masyarakat. Berdasarkan surat edaran Nomor. 6/ 23/ DPNP/ 2004Tanggal 31 Mei 2004 tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum, maka bank secara periodik wajib membuat laporan keuangan untuk dapat mengetahui tingkat keuangan yang dimiliki dan kondisi keuangan bank tersebut. Sedangkan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis laporan keuangan di dalam mengukur kinerja keuangan terutama pada PT. Bank OCBC NISP, Tbk periode 2011 sampai dengan 2013. Metode analisis data yang digunakan di sini mengacu pada analisis deskriptif komparatif. Di mana laporan keuangan tersebut nantinya akan dianalisis baik dari segi likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas guna memperoleh perbandingan hasil di setiap tahunnya, sehingga akan nampak tingkat keuangan dan kinerja dari bank tersebut. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa dokumen laporan keuangan perbankan dari tahun 2011 sampai 2013 yang diperoleh dari website PT. Bank OCBC NISP, Tbk yaitu www.ocbcnisp.com. Hasil penelitian dan analisis yang didapat yaitu untuk rasio likuiditas dari Bank OCBC NISP menunjukan   adanya   kemampuan   dalam   menghasilkan   laba   yang   meningkat   seiring peningkatan pemberian kredit. Untuk  rasio solvabilitas Bank OCBC NISP sendiri menunjukan adanya kenaikan di setiap tahunnya, hal ini dikarenakan bertambahnya ATMR dibanding modal yang dimiliki. Di mana semakin besar persentase yang dimiliki, maka semakin baik dalam menunjukkan kemampuan permodalan untuk menutupi kemungkinan kegagalan kredit. Dan untuk ratio profitabiltas Bank OCBC NISP menunjukan adanya kemampuan dalam meningkatkan serta memenuhi hasil yang diperoleh dalam menunjang kinerja keuangan yang dimiliki.

PENGARUH BEBAN KERJA, KEPEMIMPINAN TRANFORMASIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN

Mahanka, Ridwan

Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini tentang pengaruh beban kerja, kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja lingkungan kerja fisik dengan melakukan studi kasus pada PT. Asia Penta Garment. Kepuasan kerja adalah keadaan emosional yang menyenangkan atau hasil positif dari pekerjaan penilaian. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini ternyata dari beban kerja, kepemimpinan dan kepuasan kerja secara simultan memiliki pengaruh sebesar 46%, beban kerja memiliki pengaruh negatif sebesar 3,2%, sedangkan kepemimpinan transformasional dan lingkungan kerja fisik memiliki dampak positif sebesar 16,4% dan 15,05%.

STUDI BAURAN PEMASARAN PRODUK YOGHURT BMC PADA PT AGRONESIA BANDUNG

Aisyah, Isah

Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Di era globalisasi setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun, khususnya dalam industri minuman, dituntut mampu bersaing dengan perusahan lain yang sejenis. Salah satu cara yang digunakan untuk bersaing yaitu dengan cara menerapkan bauran pemasaran yang tepat yang terdiri dari produk, harga, saluran pemasaran/distribusi dan promosi. Oleh karena itu, peneliti menganalisis pelaksanaan bauran pemasaran produk yoghurt BMC (Bandoengsche Melk Centrale) di PT Agronesia Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan menggunakan latar alamiah (natural setting) disebut juga metode etnographi karena hasil dan pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi di lokasi penelitian. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa pelaksanaan bauran pemasaran produk yoghurt BMC (Bandoengsche Melk Centrale) dengan menggunakan strategi pemasaran dengan cara mempertahankan mutu/kualitas produk mulai dari bahan baku, proses produksi sampai dengan produk jadi yang sesuai dengan Standar Manajemen Mutu ISO/SNI dan menetapkan harga di bawah pesaing dengan tujuan konsumen berminat untuk membeli produknya serta tidak kehilangan pelanggan tetapnya. 

PENGARUH KUALITAS PRODUK YAMAHA N-MAX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI INTERNATIONAL BRAND IMAGE

Roisah, Riris

Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pemasaran saat ini semakin berkembang. Perusahaan berusaha untuk mengembangkan bisnisnya lintas negara, sehingga pemasaran memiliki standar global untuk memasuki pasar internasional. Beberapa strategi digunakan untuk memasuki pasar internasional, salah satunya adalah meningkatkan kualitas produk disertai dengan memberikan nama merek yang menarik pasar internasional yang mencerminkan kualitas produk yang tinggi sehingga diharapkan konsumen dapat memutuskan untuk membeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh international brand image. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna motor YAMAHA N-Max di lapangan parkir Lippo Plaza Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari konsumen yang telah membeli produk  YAMAHA N-Max. Teknik  pengambilan sampel dalam  penelitian ini  menggunakan teknik  accidental sampling  yang  terdiri  dari  100  orang pengguna YAMAHA N-Max. Data diperoleh dengan cara membagikan kuesioner dan diolah dengan menggunakan SPSS 16 dan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini adalah kualitas  produk  berpengaruh positif  terhadap keputusan pembelian yang  dimediasi secara penuh oleh international brand image.

PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, SEMANGAT KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BANK BUKOPIN BAGIAN MARKETING CABANG BANDUNG

Purwadhi, Purwadhi

Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, semangat kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai Bank Bukopin bagian marketing cabang Bandung. Jumlah populasi sebanyak 42 orang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan jumlah 42 orang responden. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tabel silang, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, uji korelasi dan uji F serta kegunaan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS 20. Dari perhitungan statistik persamaan regresi linier sederhana diketahui ada pengaruh positif secara parsial antar variabel-variabel X terhadap variabel Y. sedangkan dari perhitungan statistik persamaan regresi linier berganda diketahui bahwa secara simultan ketiga variabel X memiliki pengaruh positif terhadap variabel Y. berdasarkan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan trasnformasional, semangat kerja dan motivasi pegawai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai baik secara parsial maupun secara simultan. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya thitung semua variabel lebih besar dari ttabel (2.02) dan Fhitung (16.315) lebih besar dari Ftabel (2.85) dimana semua variabel tersebut diuji pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian hipotesa yang diajukan diterima. Kesimpulan yang diperoleh adalah responden berpendapat kepemimpinan transformasional, semangat kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai sudah baik. Untuk meningkatkan kinerja karyawan Bank Bukopin bagian marketing cabang Bandung, Pimpinan Cabang perlu meningkatkan fasilitas belajar pegawai untuk pengembangan keahlian dan peka terhadap kebutuhan pegawai. Pegawai belum optimal dalam memberikan saran dan kritik untuk kemajuan perusahaan, pegawai belum optimal dalam menetapkan target pekerjaan yang dijalani, dan masih belum optimalnya pegawai dalam memberikan ide positif untuk kebaikan bersama. 

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU

Sukajie, Bambang

Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ECODEMICA
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan Pengaruh Kepala Sekolah terhadap kinerja guru, Pengaruh motivasi untuk bekerja pada kinerja guru, Pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah dan motivasi untuk bekerja pada kinerja guru di SDN 1 Kayuambon, 3 dan Pancasila Lembang, Bandung Barat . Dalam penelitian ini menggunakan tipe data kuantitatif. Penelitian kuantitatif dimaksudkan untuk menggambarkan Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Hasil penelitian pada SDN 1 Kayuambon, 3 dan Pancasila Lembang, Bandung Barat, penulis sampai pada kesimpulan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara Pimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru, dapat dilihat dari koefisien korelasi (r) X1 ke Y adalah 0,477, sedangkan koefisien determinasi (r) X1 ke Y adalah 0,323, sedangkan koefisien determinasi (r2) adalah (0,323) 2 = 0,105. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa Kepala Sekolah Manajerial berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 10,5%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru, dapat dilihat dari koefisien korelasi (r) X1 ke Y adalah 0,408 , sedangkan koefisien determinasi (r2) adalah (0,408) 2 = 0,166. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa 16,6% .dan ada pengaruh positif dan signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan motivasi kerja bersama terhadap kinerja guru dapat dilihat dari koefisien korelasi (r) X1 dan X2 ke Y adalah 0,471, sedangkan koefisien determinasi (r2) adalah (0,471) 2 = 0,222. Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah dan motivasi untuk bekerja bersama pada kinerja guru adalah 22,2%.