Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 26146711     EISSN : -
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan artikel tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan Februari dan Agustus setiap tahunnya.
Articles 25 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat" : 25 Documents clear
Aplikasi Pengelolaan Arsip Inaktif Berbasis Android pada Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

Leidiyana, Henny, Ridwan, Deval Saladin

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.075 KB)

Abstract

AbstrakArsip mempunyai fungsi yang sangat penting dalam berjalannya sebuah organisasi, yaitu sebagai sumber informasi dan sebagai pusat ingatan kolektif dalam memutuskan masalah atau dalam memutuskan sebuah kebijakan. Namun masih banyak instansi pemerintah yang belum memperhatikan secara proporsional terhadap penyimpanan maupun pengelolaan arsipin aktif. Salah satu penyebab kondisi ini adalah belum adanya system tata kelola arsip modern yang didukung dengan peralatan yang canggih. Salah satunya adalah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang merupakan instansi pemerintah di bawah kementerian keuangan yang berperan juga sebagai unit organisasi penanggungjawab penyelenggaraaan kearsipan di bidang kepabeanan dan cukai. Saat ini KantorPusat Direktorat Bea dan Cukai memiliki sebuah permasalahan dalam menentukan sistem aplikasi dan perangkat yang cocok untuk digunakan di dalam gudang penyimpanan arsip. Penggunaan personal computer (PC) dianggap kurang cocok sebagai perangkat pengelolaan arsip inaktif karena tidak bersifat portable sehingga kurang praktis apabila digunakan di dalam gudang penyimpanan arsip.  Sistem operasi android saat ini memberikan solusi baru sebagai media pengelolaan arsip-arsipinaktif. Ketersediannya pada perangkat seluler membuatnya bersifat ringan, portable dan lebih praktis digunakan, sehingga dapat digunakan pada saat akses ke komputer personal tidak tersedia. Pada penelitian ini dirancang sebuah aplikasi berbasis andoid yang dapat dijadikan solusi dalam mengurangi permasalahan pada Kantor Pusat Direktorat Bea dan Cukai.Kata Kunci: Arsipinaktif, Sistem tata kelola arsip, Portable

Pengembangan Ecopreneur pada Ibu-Ibu PKK di Perumahan Mustika Karang Satria Melalui Pelatihan Budidaya Tanaman Sayur Hias Organik

yohamintin, yohamintin

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.688 KB)

Abstract

Terkait dengan permasalahan lingkungan, maka pelatihan kewirausahaan berbasis lingkungan (eco-preneur) perlu diberikan kepada semua lapisan masyarakat termasuk Ibu-ibu PKK di Perumahan Mustika Karang Satria Tambun Utara. Dengan budidaya vertikultur yang melibatkan Ibu-ibu PKK di Perumahan Mustika Karang Satria Tambun Utara, selain berdampak langsung bagi penghijauan di lingkungan perumahan, juga dapat menjadi sarana kewirausahaan berbasis lingkungan. Pengembangan eco-preneur pada kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan di salah satu lembaga PKK Ibu di Perumahan Mustika Karang Satria Tambun Utara. Alasan dipilihnya lembaga PKK ibu di lingkungan ini adalah berdasarkan survei, lokasi perumahan berada di kawasan padat penghuni dan mempunyai lahan yang sempit. Keterbatasan lahan berakibat minimnya penghijauan di lingkungan perumahan. Padahal sumber daya manusia (Ibu-ibu PKK) di lingkungan perumahan memiliki potensi untuk pengembangan diri cukup yang besar sebagai agen wirausaha, khususnya eco-preneur. Akan tetapi mereka kurang memiliki pengetahuan serta tidak adanya pelatihan yang mendorong mereka untuk pengembangan diri. Oleh karena itu, lingkungan ini memerlukan bantuan pemecahan persoalan dalam menyediakan media pelatihan eco-preneur; Metode kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini menggunakan metode ceramah, pelatihan  dan  teknik penanaman vertikultur organik serta pengemasan (packaging) produk khususnya untuk tanaman sayur hias organik, yang dipraktekan oleh narasumber serta sesi tanya jawab. Pelatihan ini melibatkan dosen Fakultas Ilmu Pendidikan yang bekerjasama dengan lembaga PKK Ibu di Perumahan Mustika Karang Satria Tambun Utara. Kegiatan pengabdian masyarakat dijadwalkan pada bulan Maret 2018 dan dilaksanakan pada hari/tanggal Senin, 07 Mei 2018, pukul 09.00-17.00 WIB bertempat di Lingkungan Perumahan Mustika Karang Satria Tambun Utara, Kabupaten Bekasi.

Pemanfaatah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreatifitas Warga Sekitar Stie Ahmad Dahlan Jakarta

Aminudin, Aminudin, Nurwati, Nurawti

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.793 KB)

Abstract

 Waste problems are problems that will not run out, because as long as they are alive they will always produce waste. Waste production is always directly proportional to the increase in population. The more population increases, the higher the waste produced. Garbage is often regarded as something that is annoying, dirty, smelly, difficult to decompose into soil, disrupts the eyes, disrupts health and even causes flooding. The objectives to be achieved from the training activities to provide skills and training in the use of plastic waste into handicraft art ranging from design, formation, sequencing, to finishing techniques for the PKK women in Cireundeu and Rempoa villages, South Tangerang City. The reason for choosing housewives in the local area as an object of training was because previously they were also some respondents in the research object Feasibility Study on Establishing a Waste Bank on the STIEAD Jakarta Campus and according to the results of interviews with participants obtained information that most of the participants were housewives. The method applied in this activity is training and direct practice. In this training were given several activities which included the presentation of material, and the practice of making plastic waste art works by instructors who were experienced in their fields. The output of community service activities in terms of art skills training to assemble plastic waste into more valuable work (money) is expected to be a skill.

Pelatihan Pengembangan Strategi Pemasaran Kopi Palasari Melalui Pembuatan Video Kreatif di Kampung Wisata Edukasi Kopi Palasari Bandung

Dewi, Srie Wijaya Kesuma, Hernawan, Yosep, Musafa, Musafa

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.192 KB)

Abstract

Abstrak Kabupaten Bandung tidak hanya menyimpan potensi wisata keindahan alamnya, kawasan inipun memberikan pilihan wisata kuliner yang beragam. Salah satunya adalah kopi. Beberapa kawasan di Kabupaten Bandung sudah mulai dikenal oleh dunia dengan hasil kopinya antara lain Kopi Puntang, Kopi Malabar Pangalengan dan Kopi Kolenang atau disebut dengan Kopi Legok Nyenang di Kecamatan Cilengkrang tepatnya di Bukit Palasari. Kopi Bukit Palasari merupakan kopi jenis Arabika yang sudah banyak menorehkan prestasi di ajang festival kopi dunia mewakili Indonesia. Sehingga akhirnya kawasan ini menjadi kampung kopi sebagai langkah mewujudkan Program Bandung Seribu Kampung. Di setiap rumah akan dijumpai pekarangannya yang ditumbuhi 1 sampai 2 pohon kopi, ini pula yang menjadikan daerah ini pernah beberapa kali menerima penghargaan di bidang lingkungan dari Bupati Kabupaten Bandung. Dengan potensi yang baik ini maka diwujudkanlah oleh pengelola Kopi Bukit Palasari sebuah wisata edukasi kopi di kawasan Desa Legok Nyenang Kecamatan Cilengkrang. Sebagai salah satu upaya edukasi kepada masyarakat terkait budidaya kopi dan informasi mengenai kopi sebagai komoditas unggulan Indonesia yang merupakan penghasil kopi kualitas terbaik di dunia. Fasilitas dari wisata edukasi ini memberikan informasi secara menyenangkan, memberikan kesan yang berbeda bagi peserta dan memberikan nuansa hijau yang segar sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan usia. Salah satu kendala adalah belum ada optimalisasi dari bagian pemasaran untuk mempromosikan kawasan wisata edukasi ini. Promosi sementara masih dilakukan melalui mulut ke mulut dan bebrapa media sosial. Namun langkah-langkah tersebut belum memberikan hasil yang cukup signifikan untuk menarik masyarakat mengunjungi kampung Wisata Edukasi Kopi Palasari. Maka diperlukan sebuah variasi promosi yang lebih menarik dan dapat secara singkat menggambarkan keseluruhan kelebihan-kelebihan dan keunikan yang dapat diberikan oleh Wisata Edukasi Kopi Palasari. Salah satu media yang dapat dipilih adalah dengan menggunakan video promosi. Pada era milenial saat ini fasilitas, media sosial akan lebih menarik dan lebih representative untuk menyampaikan sebuah informasi jika disampaikan melalui media video (image motion) dibandingkan image. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tahap observasi dan wawancara sebagai tahap pra produksi kemudian dilanjutkan dengan produksi dengan menggunakan metode perpaduan antara motion  dan video live shoot. Terakhir adalah pasca produksi merupakan tahap pendistribusian video (launching) kepada masyarakat sebagai target pasar.  Dengan adanya promosi yang menarik dan efektif berupa penyebaran video di media sosial, diharapkan keberadaan Wisata Edukasi Kopi Palasari dapat diketahui oleh msyarakat luas dan menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke kawasan tersebut.Kata Kunci: Kopi, wisata edukasi, pemasaran, promosi, video

Pencegahan Kelelahan Kerja dan Stres Kerja pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Babakan Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung

Yogisutanti, Gurdani

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.745 KB)

Abstract

AbstrakKelelahan kerja masih menjadi salah satu permasalahan di dunia kerja yang harus menjadi perhatian bagi para pekerja itu sendiri. Kelelehan yang  terus-menerus dapat menyebabkan seseorang mengalami stres kerja, sehingga menjadi tidak produktif. Kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Immanuel Bandung dilaksanakan di wilayah desa binaan, yaitu Desa Babakan Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan memberikan penyuluhan dan pengukuran kelelahan kerja dan stres kerja pada guru-guru PAUD yang ada di desa tersebut. Sasaran pengabdian masyarakat adalah peningkatan pengetahuan dan kesadaran guru-guru PAUD tentang kelelahan kerja dan stres kerja. Sebanyak 8 orang guru yang berasal dari 3 PAUD, yaitu PAUD Tadzkiroh, Balqis dan Assyifa. Rerata tiap PAUD terdiri dari 2-3 orang guru dan semuanya adalah perempuan dengan usia antara 29-48 tahun dengan tingkat pendidikan sebagian besar Tamat SMA dan ada yang Sarjana. Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 27 November 2018 tempat dilaksanakan di PAUD Tadzkiroh Desa Babakan.  Kegiatan dimulai dengan pengisian kuesioner stres kerja dan data diri responden serta pengukuran kelelahan kerja menggunakan reaction timer Lakassidaya L77. Penyampaian materi kelelahan kerja dan stres kerja secara santai menggunakan power point dan disampaikan dengan tanya jawab dua arah. Hasil pengukuran kelelahan kerja didapatkan sebanyak 75% guru PAUD mengalami lelah ringan, dan 25% dalam kondisi normal. Stres kerja diukur menggunakan instrumen untuk diagnosis stres kerja dengan beberapa kriteria sebagai berikut penyebab stres kerja. Sebagian besar aspek berdasarkan sumber stres, guru-guru PAUD Desa Babakan termasuk dalam kategori derajat stres sedang. Berdasarkan hasil diskusi diketahui bahwa pengetahuan dan kesadaran guru tersebut tentang kelelahan dan stres kerja masih rendah, sehingga dengan penyampaian materi tentang pencegahan kelelahan kerja dan stres kerja pada guru dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadarannya. Upaya  pengukuran kelelahan kerja dan stres kerja pada guru PAUD belum pernah dilaksanakan, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat mengetahui kondisi kesehatannya. Peningkatan pengetahuan dan kesadaran tentang kelelahan kerja dan stres kerja memberikan manfaat bagi guru PAUD untuk melaksankaan upaya pencegahannya.Kata Kunci: guru; PAUD; kelelahan; kerja; stres; reaction timer

Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Customer Relationship Management (Studi Kasus Pada Point Media Sejahtera)

roisah, riris, Iskandar, Iis, Mahanka, Ridwan, Trijumansyah, Andy, Yunita, Nita

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.307 KB)

Abstract

Abstrak Meningkatnya pertumbuhan UMKM di Bandung khususnya pada bidang konveksi mengakibatkan setiap UMKM bersaing dalam mempertahankan pelanggan agar tidak beralih pada UMKM lain. Persaingan bisnis saat ini tidak hanya bertumpu pada kualitas produk, melainkan pada kualitas pelayanan yang mendorong pelanggan untuk kembali membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan. Kualitas pelayanan menjadi suatu yang penting dalam menghadapi pelanggan yang membutuhkan level of excellent yang tinggi misalnya pelanggan-pelanggan di kelas premium. Salah satu cara yang digunakan oleh Point Media Sejahtera adalah menerapkan Customer Relationship Management (CRM) sebagi stimulus terhadap loyalitas pelanggan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukanan pelatihan dan pendampingan dalam implementasi Customer Relationship Management (CRM) daalm meningkatkan loyalitas pelanggan. Sehingga kajian ini dapat dijadikan masukan untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah khususnya “Point Media Sejahtera” dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  dalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan CRM perpengaruh sebagai upaya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dengan serangkaian proses CRM strategis, CRM operasional, CRM Analitis. Secara esensial, baik pelanggan kelas atas, menengah, bahkan bawah sekalipun membutuhkan pelayanan yang baik dan berkualitas, hanya saja tingkatannya berbeda. Ketika perusahaan menerapkan CRM yang tepat dan baik maka secara otomatis akan dapat meningkatkan kepuasan konsumen yang berdampak pada loyalitas pelanggan. Kata kunci: UMKM, CRM, Loyalitas PelangganMeningkatnya pertumbuhan UMKM di Bandung khususnya pada bidang konveksi mengakibatkan setiap UMKM bersaing dalam mempertahankan pelanggan agar tidak beralih pada UMKM lain. Persaingan bisnis saat ini tidak hanya bertumpu pada kualitas produk, melainkan pada kualitas pelayanan yang mendorong pelanggan untuk kembali membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan. Kualitas pelayanan menjadi suatu yang penting dalam menghadapi pelanggan yang membutuhkan level of excellent yang tinggi misalnya pelanggan-pelanggan di kelas premium. Salah satu cara yang digunakan oleh Point Media Sejahtera adalah menerapkan Customer Relationship Management (CRM) sebagi stimulus terhadap loyalitas pelanggan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukanan pelatihan dan pendampingan dalam implementasi Customer Relationship Management (CRM) daalm meningkatkan loyalitas pelanggan. Sehingga kajian ini dapat dijadikan masukan untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah khususnya “Point Media Sejahtera” dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  dalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan CRM perpengaruh sebagai upaya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dengan serangkaian proses CRM strategis, CRM operasional, CRM Analitis. Secara esensial, baik pelanggan kelas atas, menengah, bahkan bawah sekalipun membutuhkan pelayanan yang baik dan berkualitas, hanya saja tingkatannya berbeda. Ketika perusahaan menerapkan CRM yang tepat dan baik maka secara otomatis akan dapat meningkatkan kepuasan konsumen yang berdampak pada loyalitas pelanggan.

Implementasi Aplikasi Pengenalan Huruf Hiragana dan Katakana Berbasis Android pada Siswa/I

Marita, Lita Sari, Hazairin, Singgih, Mazia, Lia

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1061.064 KB)

Abstract

Abstrak Bahasa merupakan salah satu kemampuan terpenting yang harus dimiliki, karena bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi, menyampaikan pendapat, juga perasaan. Di era globalisasi saat ini penguasaan berbagai bahasa asing sangat penting, hal ini dikarenakan dengan menguasai bahasa asing seseorang dapat berkomunikasi lebih jauh sehingga wawasan akan lebih terbuka dan memiliki modal besar untuk melangkah dalam dunia yang kemajuan teknologinya selalu bergerak maju. begitu besar manfaat smartphone, mulai banyak aplikasi-aplikasi belajar yang dikembangkan. Salah satunya untuk kebutuhan pelajar guna mempermudah proses belajar, sehingga tidak hanya buku yang menjadi sarana belajar,melainkan menggunakan smartphone dengan tampilan yang lebih menarik. Pemanfaatan teknologi smartphone dapat membantu manusia dalam mempelajari suatu bahasa dengan aplikasi berbasis Android. Dalam penelitian ini dirancang aplikasi pembelajaran aksara Jepang huruf Hiragana dan Katakana menggunakan menggunakan Android 4.0.1 (Ice Cream Sandwith). Perancangan implementasi program menggunakan Android Studio. Hasil penelitian berupa aplikasi pembelajaran bahasa Jepang yang menyediakan materi pengenalan huruf Hiragana, Katakana dan kosakata menggunakan suara dan soal kuis.Kata Kunci: Aplikasi belajar Hiragana dan Katakana, Android Studio.

Upaya Stratejik Maksimalisasi Laba Untuk Perusahaan Yang Berbasis Pada Produksi Makanan Camilan

Noor, Chairil M, Rahmasari, Gartika, mubarok, ade, Purwadhi, Purwadhi

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.621 KB)

Abstract

Laba merupakan sesuatu hal yang vital dalam perusahaan, karena itu laba merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar ada atau tidaknya esensinya harus dapat dimiliki oleh perusahaan, bahkan perusahaan harus menetapkan berbagai strategi bagaimana perusahaan dapat memaksimalkan laba, demikian juga untuk perusahaan yang berbasis pada produk makanan camilan.Dalam membahas masalah maksimalisasi laba pada perusahaan yang berbasis pada produk makanan camilan ini menggunakan dua pendekatan stratejik yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu bagaimana perusahaan memaksimalisasi laba melalui pengendalian pusat kegiatan anggaran (cost, revenue, profit, financing) dan upaya memaksimalisasi laba dengan strategi pemanfaatan SDM melalui bagaimana manajer menerapkan goal setting yang demikian penting artinya bagi manajer dan pimpinan perusahaan.Kelangsungan usaha perusahaan agar menjaga dan berusaha yang selalu meningkatkan profitabilitas melalui bagaimana strategi manajemen dengan mencermati strategi pada berbagai kegiatan pada pusat-pusat anggaran yang dapat meningkat Rate of Return on Invesment (ROI).Konsep manajemen SDM untuk perusahaan yang berbasis pada makanan camilan ini membutuhkan SDM yang berkualifikasi kompeten dibidangnya dengan manajer yang menetapkan goal setting yang tepat sasaran sesuai visi dan perencanaan stratejik (renstra) yang telah ditetapkan perusahaan.Keywords: laba, renstra, camilan, revenue

Manfaat Internet Corporate sebagai Media Relations Hotel Java Retro & Suites

Herlina, Rita, Susana, Eli, Widiastuti, Nela, Rahmayani, Rani

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.195 KB)

Abstract

AbstrakSalah satu fungsi praktisi Public Relations adalah menyampaikan informasi yang berkaitan dengan kebijakan, rencana program dan aktivitas organisasi yang terkait dengan kepentingan umum. Untuk mencapai publik yang luas dan berada di banyak tempat, maka kerjasama dengan media massa menjadi penting. Media relations adalah sebagai upaya meningkatkan kerjasama saling menguntungkan antara Public Relations dengan media massa. Kerjasama di antara keduanya tidak hanya dalam berbagai bentuk hubungan yang terjalin secara langsung tatap muka, tetapi Public Relations dapat memanfaatkan internet corporate dalam menjalin media relations. Menjadi tantangan tersendiri bagi Public Relations untuk dapat mengelola media internet atau Cyber PR, manfaatnya publik dapat mengakses dengan mudah berbagai informasi yang dibutuhkan, begitupun Public Relations perusahaan  dapat memanfaatkan internet corporate untuk berbagai publikasi. Media massa/Pers melalui internet corporate akan mendapatkan kemudahan memperoleh informasi secara cepat, tepat, dan terpercaya karena bersumber langsung dari Public Relations nya. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini tim abdimas mengangkat judul “Manfaat Internet Corporate Sebagai Media Relations Hotel Java Retro & Suites”.  Teknik pengumpulan data melalui dua cara, yaitu Penelitian Kepustakaan dan Penelitian Lapangan. Alat pengumpul data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan internet corporate sebagai media relations yang dilakukan oleh Hotel Java Retro & Suites masih perlu diperbaiki lagi.Kata kunci : Public Relations, Media Relations, Internet Corporate

Meningkatkan Taraf Perekonomian dan Kesejahteraan Melalui Perencanaan Investasi Pendidikan

Fajar, Catur Martian, Mulyanti, Dwinta

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.466 KB)

Abstract

AbstrakPertumbuhan ekonomi merupakan masalah jangka panjang yang mempengaruhi perkembangan suatu Negara, dimana pertumbuhan ekonomi menggambarkan tingkat kesejahteraan masyarakat di Negara tersebut. PDB merupakan salah satu indikator yang mencerminkan tinggi rendahnya tingkat kemakmuran disuatu Negara, dalam hal ini tingkat pendapatan perkapita Indonesia masih cenderung rendah dan mengalami ketertinggalan dibandingkan dengan Negara-negara tetangga. Rendahnya pendapatan masyarakat berimplikasi pada rendahnya tingkat investasi yang dapat dilakukan masyarakat itu sendiri, terutama investasi dalam bidang pendidikan. Dalam hal tersebut, pemerintah semakin gencar melakukan perbaikan guna mnedukung pembangunan ekonomi terutama pada sektor pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam memajukan perekonomian suatu Negara, pendidikan memberikan kontribusi yang besar dalam kemajuan Negara pada bidang pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas terutama dalam menghadapi persaingan kerja yang semakin berkembang dan selain itu penerapan free trade area menyebabkan semakin banyaknya peralihan tenaga asing ke Indonesia. Outlook ekonomi Indonesia tahun 2020 mengenai pengembangan sistem ekonomi berbasis digital juga memerlukan tenaga kerja yang terstandarisasi secara global.  Masyarakat harus memiliki kompetensi akademik maupun non akademik yang baik untuk bisa bersaing dengan tenaga kerja asing. Keadaan sosial, kesadaran masyarakat, dan sikap masyarakat Indonesia mengenai pentingnya pendidikan masih cenderung rendah, sehingga diperlukan pengetahuan dan pemahaman bagi orang tua untuk menumbuhkan minat investasi dan perencanaan pendidikan anak sejak dini melalui berbagai alternative yang dapat dipilih. Kata Kunci:  Perencanaan pendidikan, manajemen investasi, Perekonomian dan kesejahteraan.

Page 1 of 3 | Total Record : 25