Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 26146711     EISSN : -
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan artikel tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan Februari dan Agustus setiap tahunnya.
Articles 28 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat" : 28 Documents clear
Pelatihan Pengelolaan Branding Hotel Ponty Melalui Optimalisasi Media Relations

Herlina, Rita, Susana, Eli, Tyaswara, Baruna, Suhadi, Mahardiansyah

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.774 KB)

Abstract

Media komunikasi adalah pilihan setiap perhotelan dalam menyampaikan informasi hotelnya kepada konsumen. Berbagai upaya promosi melalui media massa telah dilakukan oleh Hotel Ponty. Diperlukan peran Public Relations untuk menciptakan branding perusahaan, maka public relations harus mampu menjalin hubungan baik dengan publik internal maupun eksternal demi terwujudnya citra positif di masyarakat. Media relations adalah salah satu kebutuhan Hotel Ponty, agar bisa menjalin kerjasama dan menjalin hubungan yang baik dengan media massa, melaui upaya memberikan pelayanan kepada media, menegakkan suatu reputasi agar dapat dipercaya, memasok naskah informasi yang baik, melakukan kerjasama yang baik dalam menyediakan informasi, penyediaan fasilitas yang memadai, dan membangun hubungan secara personal dengan media. Media communication is the choice of every hotel in delivering hotel information to consumers. Various promotional efforts through mass media have been carried out by the Ponty Hotel. The role of Public Relations to create corporate branding, then public relations must be able to establish good relations with the internal and external public for the sake of creating a positive image in the community. Media relations is one of the needs of the Ponty Hotel, in order to establish cooperation and establish good relations with the mass media, through efforts to provide services to the media, establish a reputation for trustworthiness, supply good information texts, carry out good cooperation in providing information, providing adequate facilities, and building personal relationships with the media.

Literasi Media Dalam Menanggulangi Berita Hoax (Studi Pada Pelajar SMKN 4 Bekasi dan Mahasiswa AKOM BSI, Jakarta)

Alif, M Ismail, Hardian, Arvin, Kurniawan, Fajar, Triartanto, A Yudo, Suriyanto, Adhi Dharma

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.472 KB)

Abstract

AbstrakArtikel ini membahas tentang pemahaman pelajar dan mahasiswa  literasi media terhadap publikasi hoax yang disampaikan lewat sosial media dalam isu penistaan agama yang mewarnai pilkada di DKI Jakarta. Penelitian ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di SMKN 4, Bekasi. Teknik pengumpulan data melibatkan pelajar di SMKN Bekasi dan mahasiswa AKOM BSI sebagai studi banding. Hasil penelitian menemukan kalau pemberitaan Hoax yang diakses melalui media sosial, khususnya facebook dan WhatApp masih mampu memanipulasi pelajar dan mahasiswa. Pelajar masih mudah terpengaruh dan dapat membedakan berita hoax dengan berita fakta. Tingkat pemahaman mereka lebih teruji setelah diberikan penyuluhan mengenai aspek sosial media, teknik penulisan dan pemahaman photography sehingga mampu membedakan konten yang sifatnya fakta dan imajinatif. Masyarakat yang terliterisasi tidak saja mengetahui cara memproduksi konten berita, namun juga lebih selektif, dalam hal ini dalam memahami informasi yang disampaikan melalui sosial media.                                                          Kata kunci : Sosial media, berita hoax  dan literasi media

Pendampingan Kewirausahaan Melalui Program Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pada UMKM Hijab Jannata

Solihat, Ani, Iskandar, Iis, Trijumansyah, Andry, Susana, Eli, Widyastuti, Nela

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.296 KB)

Abstract

Abstrak UMKM Hijab Jannata merupakan hasil dari pembentukan Wirausahan Baru tahun 2015, sampai saat ini memiliki system produksi yang rutin dalam pembuatan hijab atau kerudung, dengan produk unggulannya adalah khimar atau hijab panjang syar’i untuk wanita muslim dewasa. UMKM yang terletak di pusat kota Bandung tepatnya di wilayah Pasundan dimana daerah ini sangat potensial dan tepat di area pusat pertokoan dan pembelanjaan Alun-Alun Bandung seperti ITC Kebun Kelapa, Pasar Baru, Parahyangan, dan pertokoan di jalan Kepatihan. Adapun kegiatan pelaksanaan pendampingan usaha pada UMKM Hijab Jannata yang terletak di RW 04 Kelurahan Balonggede Kecamatan Regol Kota Bandung dalam bentuk  pelatihan dan pemberdayaan masyarakat sebagai suatu kegiatan yang diarahkan dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM melalui pendampingan kewirausahaan melalui program bimbingan manajemen pemasaran dan keuangan.Kata Kunci : Kewirausahaan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan

Implementasi Triple Helix Pada Inkubasi Bisnis Outwall

Hakim, Lukmanul, Solihat, Ani, Setiawati, Sri Dewi, Roisah, Riris

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.353 KB)

Abstract

AbstrakPemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki target untuk menciptakan seratus ribu wirausahawan baru pada tahun 2014 - 2018. Untuk mencapai target ini, mereka menginkubasi calon wirausaha baru pada sebelas lembaga pemerintah dan inkubator bisnis non-pemerintah di Jawa Barat. Tim Abdimas mengambil inisiatif untuk mendukung program ini dengan menyelenggarakan inkubasi bisnis outwall yang menerapkan model triple helix. Kegiatan ini melibatkan perguruan tinggi sebagai penyelenggara, lembaga pemerintah sebagai regulator dan pendukung keuangan, serta perusahaan swasta sebagai pendukung produksi dan pemasaran. Kegiatan utama pengabdian kepada masyarakat terdiri dari pelatihan produksi, pemasaran dan kewirausahaan selama delapan hari, serta pendampingan bisnis selama tiga bulan. Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya enam belas wirausaha baru yang memproduksi dan memasarkan aksesoris perempuan buatan tangan di Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.Kata Kunci: pengabdian masyarakat, inkubator bisnis, wirausaha baru, triple helix 

Pelatihan Aplikasi Teknis Online Marketplace Pada Sentra UMKM Banyumas “Pratistha Harsa” Untuk Pemasaran Produk Secara Online

Rifai, Zanuar, Oktaviana, Luzi Dwi

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.214 KB)

Abstract

AbstrakPerkembangan peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang pesat ditunjukkan oleh jumlah unit usaha dan pengusaha, serta kontribusinya terhadap pendapatan nasional, dan penyediaan lapangan kerja.Potensi industri kerajinan di Kabupaten Banyumas cukup besar dan bervariasi. Sentra UMKM Pratistha Harsa Banyumas adalah pusat penjualan barang-barang hasil kerajinan para pengrajin diwilayah Kabupaten Banyumas, namun diperlukan promosi yang baik untuk bisa menjual produk yang dibuat sehingga dapat meninggkatkan pendapatan sentra UMKM Banyumas  dan juga minat belanja wisatawan yang datang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen.Kata Kunci : Sentra UMKM, Pratistha Harsa, UMKM

Pencegahan Pengaruh Negatif Siaran Televisi Terhadap Anak-Anak

Syarah, Maya May, Shinta P., Marlina Rahmi, Komariah, Komariah

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.387 KB)

Abstract

Fungsi utama media televisi antara lain adalah informatif, edukatif, rekreatif dan sebagai sarana mensosialisasikan nilai-nilai atau pemahaman-pemahaman. Namun saat ini dengan beragamnya acara televisi seperti sinetron yang bertema kekerasan dan percintaan, acara infotainment yang berdampak pada penontonnya menjadi terobsesi dengan berbagai gosip para artis. Hal ini menjadikan fungsi televisi lebih mengarah pada informatif dan rekreatif saja. Bahkan bila dibiarkan bisa berdampak negatif  bagi penontonnya terutama penonton usia anak-anak. Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Ar Ridho adalah panti asuhan yang sebagian besar adalah anak-anak.  Berdasarkan itulah maka kegiatan penyuluhan mengenai Pengaruh Negatif Televisi Terhadap Anak-Anak dilaksanakan oleh AKOM Bina Sarana Informatika Jakarta. Kegiatan yang berlangsung pada Desember 2017 ini  mampu menjawab beberapa masalah yakni pertama kegiatan ini mampu meningkatkan pemahaman  pengasuh, pengawas, guru dan anak-anak LKS Ar Ridho tentang pengaruh negatif Siaran Televisi. Kedua, penyuluhan ini mampu memberi pengetahuan pada pendamping anak-anak yakni pengasuh, pengawas dan guru bagaimana peran pendamping dapat mencegah pengaruh negatif pada anak-anak. Ketiga, kegiatan ini dapat memberi pengetahuan kepada anak-anak program televisi yang aman dan layak untuk anak-anak.

IbM Pemanfaatan Open Educational Resources Bagi Guru SMA Taruna Terpadu Bogor

Kosasih, Fauzy Rahman, Darminah, Darminah, Suratinah, Suratinah, Riyanti, Rahayu Dwi, Juhana, Juhana

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.339 KB)

Abstract

AbstrakProgram Pengabdian kepada Masyarakat Ipteks bagi Masyarakat (IbM) bertema ”Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pencarian dan Pemanfaatan Sumber Pembelajaran Terbuka (OER) Berbahasa Inggris dari Internet bagi Guru-Guru SMA Taruna Terpadu – Bogor Center School, Bogor” bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru-guru SMA Taruna Terpadu – Bogor Center School, Bogor dalam memanfaatkan sumber-sumber pembelajaran terbuka (OER) di Internet untuk mendukung pembelajaran siswa di kelas. Kegiatan ini melibatkan mitra yaitu kelompok guru-guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan guru-guru mata pelajaran lainnya di SMA tersebut. Kegiatan dimulai dengan kunjungan awal untuk menganalisis situasi dan kebutuhan guru-guru di lokasi. Kegiatan IbM difokuskan pada peningkatan kompetensi guru-guru SMA tersebut dalam pencarian dan pemanfaatan sumber-sumber pembelajaran terbuka (OER). Luaran kegiatan berupa laporan tentang unjuk kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber-sumber pembelajaran terbuka (OER) dalam proses belajar mengajar. Kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan monitoring dan konsultasi untuk menindaklanjuti hasil pelatihan terhadap peningkatan kemampuan guru-guru SMA tersebut dalam proses pembelajaran di kelas.Kata kunci: OER, Sumber Pembelajaran Terbuka, Abdimas UT

Sistem Informasi Penyewaan Peralatan Event Organizer Berbasis Web Pada PT. Adecon Jakarta

Ramdhani, Eka Chandra, Sapitri, Juniarti Eka, Rizkyansyah, Muhammad

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.716 KB)

Abstract

AbstrakPerancangan Sistem Informasi Penyewaan Peralatan Event Organizer merupakan sebuah sebuah sistem untuk mengelola data pemesanan, data pembayaran dan konfirmasi pembayaran yang bertujuan untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan yang optimal terhadap konsumen. Adapun Penyewaan Peralatan Event Organizer pada PT. Adecon Jakarta ini masih menggunakan sistem konvensional, oleh karena itu pemesanan, pembayaran dan konfirmasi pembayaran menjadi kurang efektif dan efisien. Dengan menggunakan website sebagai media promosi dan alat bantu pengelolaan dan pengolahan data pemesanan, data pembayaran dan data konfirmasi pembayaran dengan cara online. Metode yang digunakan dalam membangun aplikasi website ini menggunakan metode waterfall yang dimulai dari analisis, desain, kode, pengujian dan pemeliharaan. Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Peralatan Event Organizer pada PT. Adecon Jakarta diharapkan bisa memberikan solusi dalam mengelola dan mengolah data pemesanan, data pembayaran dan data konfirmasi pembayaran supaya dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan terhadap konsumen.Kata Kunci : Event Organizer, Waterfall, Web

Pemanfaatan Jaringan Internet Sehat Bagi Petani Untuk Kemajuan Ekonomi Desa Sukaharja

Sutisna, Herlan

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.962 KB)

Abstract

Di Era Milienial saat ini, perkembangan teknologi dan komunikasi menghasilkan banyak media komunikasi yang dapat digunakan untuk berbagi informasi. Salah satu media Komunikasi yang digunakan adalah menggunakan media internet, namun adanya media internet harus digunakan dengan tujuan positif atau Internet sehat, Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendiseminasikan penggunaan internet khususnya kepada masyarakat Desa Sukaharja dengan mayoritas berprofesi sebagai petani, mengedukasi masyarakat tentang dampak positif dan negatif dari kemajuan internet , sehingga internet bisa digunakan dengan bijak dan cerdas serta menghasilkan suatu yang bermanfaat bagi penggunanya, , Metode yang digunakan adalah bimbingan teknologi dan penyuluhan, Hasil dari serangkaian kegiatan ini yaitu peningkatkan pemahaman, kemampuan dan Pemanfaatan Internet Sehat sebagai wadah untuk mengakses berbagai ilmu pertanian, pengetahuan dan menjadi jembatan untuk mempromosikan wisata alam yang ada disana sehingga bisa menunjang kemajuan ekonomi Desa Sukaharja

Esensi Perencanaan Bisnis yang Memadai Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Noor, Chairil M, Rahmasari, Gartika

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.651 KB)

Abstract

AbstrakArtikel ini berjudul “Esensi Perencanaan Bisnis Yang Memadai Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)”, ditulis dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada pembaca bahwa sedemikian penting keberadaan UMKM dalam membangun kehidupan ekonomi masyarakat sehingga perlu penanganan yang baik dilihat dari aspek perumusan perencanaan usaha yang memadai bagi UMKM. Artikel ini diolah dari berbagai sumber data terutama studi literatur yang berhubungan dengan judul yang menggambarkan permasalahan yang dibahas. Adapun metode pembahasan dalam artikel ini adalah mendekripsikan berbagai sumber literatur yang dianalisis  dengan melihat kondisi riil yang ada di masyarakat lalu membandingkannya.Kondisi yang harus selalu dijaga oleh UMKM bahwa keberlangsungan usaha (sustainability) dan trust nasabah atau masyarakat perlu dipelihara dengan sebaik mungkin, oleh karena itu sudah saatnya UMKM dikelola secara professional termasuk dalam penyusunan perencanaan bisnisnya. Rencana bisnis merupakan kebijakan berupa konsep yang menggambarkan rencana pengembangan dan kegiatan usaha UMKM dalam jangka waktu tertentu, serta strategi untuk merealisasikan rencana tersebut sesuai target dan waktu yang ditetapkan, yang mencakup rencana dalam jangka pendek, jangka menengah, dan rencana strategis pengembangan jangka panjang (Rensta). Hal penting yang perlu diperhatikan dalam rencana bisnis UMKM yaitu: faktor eksternal dan internal, prinsip kehati-hatian, asas pengelolaan usaha yang sehat, matang realistis dan komprehensif, serta berorientasi pada arah kebijakan pencapaian berupa vision, mission, goal, objective, dan jobs (VMGOJ). Keberhasilan pelaksanaan rencana bisnis UMKM dan terpenuhinya target serta indikator pencapaian  dalam perncanaan ditentukan oleh bagaimana SDM bekerja dalam satu teamwork yang kompak dan profesional.Kata Kunci: Perencanaan Bisnis, Rencana Strategis, UMKM

Page 1 of 3 | Total Record : 28