Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 26146711     EISSN : -
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan artikel tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan Februari dan Agustus setiap tahunnya.
Articles 22 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat" : 22 Documents clear
Strategi Membangun Brand Awareness Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi UKM Baju Bayi Inda Collection)

Roisah, Riris, Hakim, Lumanul, Mukminin, Amirul

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.189 KB)

Abstract

Abstrak Pentingnya brand awareness terhadap produk UMKM sebagai dasar utama untuk memperkenalkan merek suatu produk. Strategi pengembangan merek yang tepat dapat memudahkan konsumen dalam memilih produk ditengah banyaknya pilihan dan kualitas yang ada serta dapat mengantarkan para pelaku usaha tersebut memasuki pasar nasional dengan citra postif yang melekat pada perusahaan tersebut. Tujuan dilakukannya kegiatan ini yaitu melakukan introduksi pentingnya merek sebuah produk dalam upaya mengembangkan usahanya. Sehingga kajian ini dapat dijadikan masukan untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah, khususnya Indra Collection sebagai strategi brand awareness dalam pengembangan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dalam mengembangkan merek para pelaku usaha perlukan menggabungkan antara peran manjemen merek dalam organisasi sebagai faktor internal dan brand recognition sebagai faktor eksternal.Kata kunci: UMKM, Merek, Kesadaran Merek

Pemberdayaan Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meminimalisir Belanja Rumah Tangga Konsumen Melalui Budidaya Tanaman Hidroponik

Putriyandari, Rofily, Yuliyana, Wulan, Rahayu, Yayu Sri

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.759 KB)

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan peran ibu-ibu rumah tangga RW24 Kecamatan Cimahi Selatan agar mampu berperan produktif dalam mengelola keuangan rumah tangga konsumen melalui pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan mengoptimalkannya sehingga menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota rumah tangga dan meminimalisir belanja rumah tangga konsumen dari aspek kebutuhan pangan. Metode yang digunakan adalah Bintek (Bimbingan Teknologi), pendampingan serta penguatan dalam proses peningkatan produk budidaya tanaman hidroponik dan pengelolaan laporan keuangan rumah tangga konsumen. Hasil dari serangkaian proses Bintek (Bimbingan Teknologi) yaitu meningkatnya peran ibu rumah tangga tidak hanya sebagai pihak yang meminta kepada suami selaku kepala rumah tangga tetapi ibu rumah tangga berperan produktif untuk mengelola keuangan rumah tangga konsumen dan menghasilkan produk dari hasil kegiatan tanaman hidroponik yang dimanfaatkan untuk memenuhi sebagian kebutuhan pangan rumah tangga konsumen dan meminimalisir belanja rumah tangga konsumen sehingga tujuan kemakmuran yang diharapakan oleh rumah tangga konsumen tercapai dengan efektif dan efisien.Kata Kunci :  Ibu Rumah Tangga, Belanja Rumah Tangga Konsumen dan Budidaya Tanaman Hidroponik 

Sistem Informasi Koperasi Berbasis Web

Pribadi, Denny, Wajhillah, Rusda, Wibowo, Agung, Supiandi, Apip, Sumanto, Sumanto

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.848 KB)

Abstract

Belum adanya sistem informasi yang terintegrasi antara satu dengan yang lainnya membuat koperasi mengalami beberapa kendala  dalam  pengolahan  data    diantaranya  adalah  terjadi  inkonsistensi  dan  redudansi data, kurangnya keakuratan data, lamanya proses pencarian data, serta sulitnya menyebarkan informasi mengenai koperasi kepada para anggota. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah sistem informasi koperasi berbasis web. Sistem informasi koperasi ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemograman  PHP  dan  untuk  menggambarkan  hasil  analisis  dan  desain  system  digunakan  teknik pemodelan  terstruktur  dalam  bentuk  UML dan ERD. Output  dari  penelitian  ini  adalah  sistem  informasi  koperasi  berbasis  web  pada  koperasi  PKK Sejahtera Sukabumi. Dengan adanya sistem informasi koperasi ini diharapkan dapat memberikan wadah berupa web yang dapat  melakukan  pengolahan  data  dengan  baik  dan  terintegrasi,  serta  dapat  membantu  penyebaran informasi kepada semua pihak yang berkepentingan.Kata Kunci : Koperasi, Sistem Informasi, Website.

Sosialisasi dan Pemberian Sarana Penunjang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SD Sukawening Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung

Hotmaida, Linda, Fuadah, Fahmi, Buluaro, Kladinda, Febriani, Marliana

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.14 KB)

Abstract

Anak sekolah merupakan kelompok yang rentan terhadap terjadinya masalah kesehatan karena pola hidup yang kurang baik. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus diterapkan di lingkungan sekolah agar siswa tidak mudah sakit. Sekolah Dasar Sukawening merupakan salah satu sekolah dasar yang berlokasi di dekat Balai Desa Sukawening Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Permasalahan kesehatan siswa di SD Sukawening yaitu banyaknya angka kejadian karies gigi pada siswa, dan adanya kebiasaan tidak selalu mencuci tangan sebelum makan. Pentingnya keterlibatan dan komitmen yang kuat antara pihak sekolah dan orang tua untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan PHBS di sekolah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan edukasi dan dukungan sarana penunjang kegiatan PHBS. Tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi ceramah, simulasi, dan pemberian sarana penunjang kegiatan PHBS berupa pemasangan wastafel, pemberian sikat gigi dan pasta gigi. Semua siswa tampak bersemangat dan antusias melakukan praktek mencuci tangan dan menggosok gigi.  Hasil kegiatan yaitu adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa tentang cuci tangan dan gosok gigi. Kegiatan PHBS memberikan manfaat kepada siswa yaitu meningkatkan kesehatan sehingga terlindungi dari ancaman penyakit, meningkatkan semangat belajar yang berdampak  pada prestasi belajar siswa, dan menurunkan angka absensi karena sakit.Kata kunci: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Anak Sekolah

Penggunaan Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Kamampuan Kosakata Bahasa Inggris Pada Tenaga Pengajar Bimbingan Belajar Omega Sains Institut

Widyastuti, Myta, Kusumadewi, Hermariyanti

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.775 KB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peran penting dalam kehidupan, khususnya dalam mempelajari bahasa asing yang dianggap sering kali membosankan. Tidak dapat dipungkiri pendidikan terpengaruholehkemajuan Teknologi, banyak manfaat dari teknologi yang dapat digunakan.Sebagai contoh, dengan mudahnya akses internet guru ataupun tenaga pengajar melalui internet, materi tersebut dapat dengan mudah mencari materi pendukung pengajaran melalui internet, materi tersebut dapat berupa artikel online, dll.Penggunaan media pembelajaran sangat mempengaruhi hasil dari tujuan pembelajaran.Karena para guru tidak perlu merasa kesulitan memahami dan khususnya melatih kosakata (vocabulary), yang sering kali menjadikendalanya adalah para guru, kurang memiliki waktu khusus dalam melatih kemampuan kosakata mereka.Banyak media pembelajaran disekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, dengan kemajuan Informasi dan Teknologi sekarang ini, sebagai contoh dengan aplikasi smartphone Duolingo.Aplikasi ini sengaja mengusung konsep “bermain sambil belajar” agar terasa lebih menyenangkan, dan mudah digunakan oleh semua kalangan umur.Aplikasi ini dapat dibuat sendiri untuk mendukung kegiatan pembelajaran sesuai topik harian, dandapat mempermudah kita khususnya para praktisi pendidikan, untuk melatih kemampuan bahasa Ingris dalam hal tes kosakata (vocabulary).Tujuan diadakannya pelatihan pemanfaatan media storyboards (Duolingo) ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para guru bahasa Inggris. Sehingga nantinya jika kompetensi mereka menigkat, otomatis kemampuan mengajar mereka dikelas pun meningkat. Pada akhirnya akan tercipta suasan kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif khususnya bagi siswa dalam memahami bahasa Inggris.Kata Kunci: Aplikasi Duolingo; Kosakata; Bahasa Inggris.

Penguatan Produk UMKM “Calief” Melalui Strategi Branding Komunikasi

Oktaviani, Femi, Sariwaty, Yulia, Rahmawati, Dini, Gusfiani, Auliana, Ramdani, Dani

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.078 KB)

Abstract

Para pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah masih berfokus pada trading dan melupakan sisi branding, hal ini dapat disebabkan karena ketidaktahuan, ego, atau sifat tertutup para pelaku usaha atas ide baru dan merasa cepat puas. Dalam komunikasi pemasaran, salah satu fungsi branding adalah sebagai sarana untuk menanamkan citra positif di benak konsumen, sehingga perlu dipahami oleh para pelaku usaha, karena branding produk merupakan salah satu poin penting agar produk UMKM akan senantiasa diingat oleh masyarakat atau konsumen dalam jangka waktu. Salah satu UMKM yang berada di kota Bandung adalah CALIEF, bergerak di bidang pembuatan dan penjualan karpet, bantal, kasur, lemari, sofa dan kitchen set.  Pelaku usaha ini, sudah memulai usahanya selama 5 tahun lebih, namun dalam proses usaha yang dijalani saat ini, hambatan dan rintangan yang dihadapi CALIEF dalam meningkatkan kemampuan usaha sangat kompleks dan meliputi berbagai aspek, salah satunya kurangnya kemampuan branding dalam memperkenalkan produk ke konsumen. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah observasi, wawanacara, diskusi dan ceramah, dimana tim pelaksana dan para pelaku usaha melakukan dialog yang membahas branding komunikasi pemasaran UMKM CALIEF. Hasil dari kegiatan ini yaitu penguatan produk Usaha Mikro Kecil dam Menengah dapat membantu proses pelaku usaha dalam meningkatkan eksistensi CALIEF dengan cara membuat branding produk untuk tujuan mengembangkan dan mempromosikan produk serta membangun brand awarenenss masyarakat terhadap produk. Sehingga masyarakat dan calon konsumen lebih kenal dan sadar akan brand yang merupakan hasil produksi dari UMKM CALIEF dibandingkan dengan pelaku bisnis lainnya.Kata Kunci : Strategi komunikasi, branding, UMKM.

Penggunaan Teknik Motion Tracking Untuk Media Promosi di Kedai Ayam Hepi

Priyatna, Ade

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.974 KB)

Abstract

AbstrakPada masa saat ini perkembangan teknologi informasi semakin berkembang sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi. Dalam dunia promosi maupun bisnis sangat dibutuhkan sebuah media promosi sebagai alat untuk mengembangkan perusahaan dan mempromosikan suatu usaha. Layanan informasi dan promosi di setiap perusahaan menjadi peranan yang penting untuk menarik minat konsumen terhadap usaha tersebut.Dengan menjadikan iklan sebagai media promosi, suatu usaha dan bisnis dapat meningkatkan pendapatan mereka. Teknik Motion Tracking yang diterapkan dalam pembuatan iklan adalah salah satu contohnya.Media promosi ini berisikan video tentang berbagai menu makanan di di sebuah usaha dalam hal ini Kedai Ayam Heppi dengan harapan media ini dapat memberikan informasi mengenai berbagai menu makanan di Kedai Ayam Heppi. Calon Customer juga diharapkan dapat merasakan berbagai menu makanan yang diproduksi dengan mengedepankan cita rasa yang berbeda.Kata Kunci : promosi, media,iklan, kuliner

Instagram Sebagai Alat Promosi UKM Jersey Futsal Bandung

Amran, Ali, Kesuma Dewi, Srie Wijaya, Susilawati, Susilawati, Fauzi, Abdurrahman

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.51 KB)

Abstract

Pembekalan pengetahuan dan pelatihan digital marketing tentang penggunaan media sosial Instagram yang tepat dan efektif sangat diperlukan UKM dalam menghadapi era pemasaran digital. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pemilihan media sosial Instagram sebagai topik pelatihan sudah tepat sesuai dengan pilihan pelanggan Jersey Futsal Bandung; media digital mana yang paling mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk; apakah keberadaan media digital mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk; dan apakah konsumen mendapatkan kepuasan dalam membeli produk melalui media digital yang ada. Metode yang digunakan yaitu metode survey dengan menyebarkan kuisoner kepada 20 responden. Hasil penelitian ini yaitu media sosial Instagram sudah tepat dijadikan sebagai topik pelatihan di UKM Jersey Futsal Bandung karena sesuai dengan pilihan responden yang memilih Instagram sebagai pilihan tertinggi. Instagram juga menjadi media yang paling mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk. Keberadaan media digital sangat mempengaruhi keputusan pelanggan dalam pembelian produk. Konsumen mendapatkan kepuasan dengan membeli produk melalui media digital. Kata Kunci: Pemasaran Digital, Media Sosial, Keputusan Pembelian

Pengelolaan Branding Hotel Ponty Melalui Optimalisasi Media Handling

Hidayat, Dasrun, Taufik, Reza Rizkina, Suhartini, Titin, Krisbianto, Sukatno

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.596 KB)

Abstract

AbstrakKeterbatasan sumber daya manusia seringkali menjadi kendala belum optimalnya fungsi media. Padahal di era disruptif saat ini, pengelolaan media tidak membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah banyak. Pengelolaan media berbasis teknologi cukup dipegang oleh satu atau dua orang yang memiliki pemahaman tentang penulisan dan teknologi. Hal ini yang menjadi pemasalahan hotel Ponty dalam mengelola media. Meskipun demikian, dari hasil data lapangan selama kegiatan pengabdian masyarakat, ditemukan bahwa manajemen hotel Ponty sudah menerapkan fungsi media. Selama ini optimalisasi media handling mereka lakukan melalui media sosial facebook. Semua kegiatan berupa release, foto, video diunggah di media berbasis internet tersebut. Face book menjadi alternatif menutupi kekurangan fungsi media relations. Hubungan dengan pihak media eksternal diakui membutuhkan biaya dan sumber daya, sehingga sampai saat ini fungsinya belum berjalan optimal. Optimalisasi media handling tidak terbatas pada media mainstreem, akan tetapi media berbasis teknologi internet justru sangat membantu fungsi media. Media mainstreem yang dikenal sebagai media konvensional, kedudukannya saling menguatkan dengan media modern yang disebut media now atau media dengan teknologi digital.Kata Kunci:  Branding, Hotel Ponty, optimalisasi media relations 

Peningkatan Kemampuan Guru SDN 34 Seberang Palinggam dan SDN 06 Teluk Bayur Padang Dalam Mengembangkan Materi Ajar

Nora, Yulfia, Jusar, Ira Rahmayuni, Armen, Meiriani, Armen, Meiriani

Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas UBSI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.009 KB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilatarbelakangi kondisi di sekolah mitra yang cenderung belum menyiapkan materi ajar yang sesuai dengan jenis dan prinsip pengembangan. Tujuan diadakannya PKM ini adalah agar materi yang disampaikan guru sesuai dengan jenis dan prinsip pengembangan materi ajar (fakta, konsep, pinsip dan prosedur). Dengan demikian, guru dapat dengan mudah menyampaikan materi di kelas. Siswa juga dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran. PKM diadakan dalam bentuk pelatihan bagi guru-guru di SD Negeri 34 Seberang Padang dan SD Negeri06  Teluk Bayur Padang. Hasil dari pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa proses berjalan dengan baik dan guru sudah bisa menyusun materi ajar sesuai dengan prinsip pengembangan materi ajar.Kata Kunci: Guru Sekolah Dasar, Kemampuan, Materi Ajar

Page 1 of 3 | Total Record : 22