cover
Contact Name
David
Contact Email
david_liauw@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
sisfotenika@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
SISFOTENIKA
ISSN : 20877897     EISSN : 24605344     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA diterbitkan oleh LPPM STMIK Pontianak dan IndoCEISS. Frekuensi Terbit Tengah Tahunan (2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli). Topik yang akan dipublikasikan oleh jurnal SISFOTENIKA berhubungan dengan teknologi informasi, komunikasi dan komputer yang berbentuk kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empirik atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan atau usulan baru.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 1 (2015): SISFOTENIKA" : 8 Documents clear
APLIKASI JURNAL ONLINE ―EKSPLORA INFORMATIKA‖ PADA PERANGKAT MOBILE Suyasa, I Putu Agus; Naseer, Muchammad; Suardika, I Gede
SISFOTENIKA Vol 5, No 1 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30700/jst.v5i1.22

Abstract

AbstrakJurnal Eksplora Informatika merupakan jurnal yang dimiliki oleh STMIK STIKOM BALI yang bersifat Nasional berisi sekumpulan artikel yang sudah diterbitkan oleh para peneliti. Untuk mendapatkan penilaian dari DIKTI, jurnal eksplora informatika harus dicetak sebanyak 300 eksemplar. Hal ini menjadi masalah karena merupakan pemborosan penggunaan kertas dan mengurangi mobilitas seorang peneliti untuk mencari bahan penelitian. Selain itu pada tahun 2016 DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Indonesia) menilai akreditasi jurnal berdasarkan versi online, maka dari itu perlu dibuat sebuah aplikasi jurnal eksplora informatika versi online yang memudahkan peneliti untuk membaca dan mengunduh artikel yang diterbitkan pada jurnal eksplora informatika. Manfaat pembuatan aplikasi ini adalah STIKOM Bali akan memiliki jurnal online bersifat nasional yang dapat dinilai oleh DIKTI, serta memudahkan para peneliti untuk membaca dan mengunduh artikel yang sudah diterbitkan pada jurnal eksplora informatika. Aplikasi ini dibangun pada perangkat mobile android dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA. Perancangan aplikasi menggunakan Unifieded Modeling Language (UML) dan selanjutnya mengimplementasikannya. Aplikasi ini berisi menu pencarian, menu untuk mengunduh artikel jurnal dan menu pemberitahuan jika ada artikel yang baru diterbitkan.Kata kunci— Aplikasi mobile, jurnal, eksplora informatika, android
PENERAPAN METODE FUZZY SAW UNTUK PENERIMAAN PEGAWAI BARU (STUDI KASUS : STMIK POTENSI UTAMA) Verina, Wiwi; Andrian, Yudhi; Rahmad, Iwan Fitrianto
SISFOTENIKA Vol 5, No 1 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30700/jst.v5i1.23

Abstract

AbstrakProses penerimaan pegawai baru yaitu harus sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.Untuk membantu dalam menseleksi penentuan seseorang yang layak menjadi pegawai, maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk sistem pendukung keputusan yaitu menggunakan FMADM (Fuzzy Multiple Addective Decission Making). Dimana pada penelitian ini menggunakan metode SAW (Simple Addictive Weighted) yaitu mencari alternatif terbaik dari beberapa alternatif. Dimana alternatif terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Metode ini dipilih karna mampu memilih alternatif terbaik yaitu pelamar terbaik berdasarkan kriteria yang dimasukkan, kemudian mencari nilai bobot dari setiap atribut, setelah proses mencari perangkingan untuk mendapatkan alternatif terbaik yaitu Pegawai baru.Kata kunci— Sistem pendukung Keputusan, FMADM, metode SAW, Kriteria.
ANALISIS E-CRM (ELECTRONIC-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA SHOWROOM PT.TROPICA NUCIFERA INDUSTRY YOGYAKARTA Rifai, Muhammad; Rosidi, Abidarin; Syahdan, Syamsul A.
SISFOTENIKA Vol 5, No 1 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30700/jst.v5i1.17

Abstract

AbstrakKeberadaan konsumen serta pelanggan adalah bagian penting bagi perusahaan dalam menunjang kesuksesan perusahaan itu sendiri. Dalam dunia bisnis, konsep mengelola pelanggan dikenal dengan nama CRM (Customer Relationship Management). Seiring dengan perkembangan teknologi internet saat ini, proses CRM tersebut kini dapat dikonversikan ke dalam bentuk e-CRM (Electronic-Customer Relationship Management). Membangun suatu prototipe sistem e-CRM dalam bentuk website sebagai alternatif sistem baru merupakan tujuan dari penelitian ini. Hal tersebut didasarkan oleh beberapa kendala yang dialami showroom PT.Tropica Nucifera Industry Yogyakarta pada sistem CRM yang sedang berjalan, utamanya pada sektor pelayanan. Adapun proses yang dilalui untuk menghasilkan prototipe tersebut diantaranya analisis mekanisme sistem lama, pemodelan UML, pemodelan data, pemodelan prototipe, dan terakhir adalah merumuskan layanan e-CRM pada sistem baru. Akhirnya penelitian ini menyimpulkan bahwa penting bagi showroom PT.Tropica Nucifera Industry Yogyakarta untuk memaksimalkan proses CRM yang sedang berlangsung, ke arah e-CRM melalui penggunaan teknologi internet. Adapun prototipe sistem e-CRM yang telah dibuat, merupakan kontribusi penulis untuk memberikan gambaran kepada pihak showroom tentang bagaimana sistem baru bekerja sebagai wujud dalam memaksimalkan sektor pelayanan kepada para konsumen dan pelanggan.Kata Kunci— CRM, e-CRM, konsumen, pelanggan.
EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KEMAHASISWAAN DI STKIP PGRI PACITAN Prihantara, Aditya; Winarno, Wing Wahyu; henderi, Henderi
SISFOTENIKA Vol 5, No 1 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakDengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin meningkat peranan sistem informasi bagi dunia pendidikan sangatlah besar. Penggunaan sistem informasi yang menunjang kegiatan belajar mengajar saat ini telah menjadi suatu kebutuhan pada sebuah institusi pendidikan seperti halnya pada perguruan tinggi. Penelitian ini membahas tentang penerimaan Sistem Informasi Kemahasiswaan di STKIP PGRI Pacitan menggunakan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel UTAUT yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk melakukan akses ke dalam Sistem Informasi Kemahasiswaan di STKIP PGRI Pacitan dan memberikan rekomendasi perbaikan sistem kedepannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik Structural Equation Model (SEM). Tools yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Software Smartpls 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel performance expectancy, effort expectanc, hedonic motivation, behavioral intention dan facilitating condition berpengaruh signifikan positif. Variabel ini mampu mempengaruhi penerimaan sistem sebesar 92,7%. Aspek-aspek ini dapat diperbaiki sesuai dengan rekomendasi yang diperoleh dari analisis data didalam penelitian ini.Kata Kunci— Evaluasi Implementasi SI, UTAUT, Sistem Informasi Akademik
APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT HEWAN TERNAK SAPI DENGAN BAYESIAN NETWORK Tinaliah, Tinaliah
SISFOTENIKA Vol 5, No 1 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30700/jst.v5i1.19

Abstract

AbstrakSapi merupakan hewan ternak yang banyak memiliki potensi ekonominya. Sapi yang berpenyakit sangat memiliki dampak negatif terhadap manusia. Penyakit pada hewan ternak sapi dapat menular dengan cepat, dan dapat berakibat fatal, yaitu kematian. Penyakit tersebut dapat timbul disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan parasit. Untuk mencegah agar penyakit sapi tidak menular, maka peternak sapi harus mengetahui terlebih dahulu mengenai penyakit-penyakit pada hewan ternak sapi, sehingga dapat dilakukan pencegahan dan pengobatan terhadap hewan ternak sapi sedini mungkin. Sistem pakar adalah sebuah sistem yang dirancang untuk dapat menirukan keahlian seorang pakar dalam memecahkan suatu masalah yang ada. Untuk itu perlu dikembangkan suatu sistem pakar agar peternak dan masyarakat umum dapat mengetahui dan mendeteksi sedini mungkin mengenai penyakit hewan ternak sapi, agar dapat dilakukan penanganan yang cepat sebelum berkonsultasi dengan dokter. Pengetahuan mengenai penyakit pada hewan ternak sapi disusun mengacu pada literatur dan wawancara dengan dokter hewan mengenai penyakit hewan ternak sapi yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit berdasarkan gejala penyakit serta cara penanganannya. Penentuan penyakit dalam sistem pakar ini dilakukan melalui proses konsultasi antara sistem dengan pengguna. Sistem akan menampilkan gejala-gejala penyakit pada hewan ternak sapi, kemudian pengguna memilih gejala yang dialami. Gejala yang dipilih pengguna akan disesuaikan dengan rule yang ada sehingga pengguna akan memperoleh hasil diagnosa berupa gejala, tipe penyakit, solusi penanganannya, dan nilai probabilitasnya. Diharapkan sistem pakar ini dapat memberikan informasi dan penanganan secara dini jika hewan ternak sapi terdeteksi mengalami sakit.Kata kunci—Sistem Pakar, Penyakit Hewan Ternak Sapi, Pendeteksian Awal
PREDIKSI MAHASISWA DROP OUT MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE Nurhayati, Siti; kusrini, Kusrini; Luthfi, Emha Taufiq
SISFOTENIKA Vol 5, No 1 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30700/jst.v5i1.25

Abstract

AbstrakTingginya tingkat keberhasilan mahasiswa dan rendahnya tingkat kegagalan mahasiswa dapat mencerminkan kualitas dari suatu perguruan tinggi. Salah satu indikator kegagalan mahasiswa adalah kasus drop out. Untuk mengatasi permasalah, dilakukan prediksi menggunakan metode support vector machine. Support Vector Machine berusaha mencari hyperplane yang optimal dimana dua kelas pola dapat dipisahkan dengan maksimal, parameter yang di gunakan pada Support Vector Machine hanya parameter kernel dalam satu parameter C yang memberikan pinalti pada titik data yang di klasifikasikan secara acak. Dalam Support Vector Machine bobot (w) dan bias (b) merupakan solusi global optium dari quadratic programming sehingga cukup dengan sekali running akan menghasilkan solusi yang akan selalu sama untuk pilihan kernel dan parameter yang sama. Melalui penerapan support vector machine diharapakan untuk mendapatkan parameter Support Vector Machine yang digunakan tepat untuk memperoleh margin terbaik dalam memprediksi mahasiswa drop out.Kata Kunci— prediksi drop out, kernel, support vector machine, unified modeling language
MOBILE BANKING BERBASISKAN ANDROID UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN E-COMMERCE edwar, Edwar
SISFOTENIKA Vol 5, No 1 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30700/jst.v5i1.20

Abstract

AbstrakAplikasi mobile banking ini adalah sebuah program handphone berbasis Android yang digunakan untuk memudahkan nasabah bank dalam melakukan berbagai transaksi perbankan dimanapun dan kapanpun mereka mau tanpa harus mengantri di bank. Selain itu aplikasi ini menggunakan perangkat genggam seperti handphone berbasis Android yang merupakan salah satu inovasi dan alternatif selain menggunakan komputer.Handphone berbasis Android memungkinkan untuk para pengguna dengan mobilitas yang tinggi tetap dapat berkomunikasi dan melakukan berbagai transaksi. Mobile commerce Juga dikenal sebagai m-commerce, mobile commerce adalah kegiatan jual beli barang dan jasa melalui penggunaan telepon seluler atau ponsel, atau smartphone. Sejak munculnya layanan mobile yang mencakup kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan teks, serta akses dan browsing internet, sejumlah perusahaan telah mengembangkan cara untuk memberikan konsumen dengan kesempatan untuk membeli produk menggunakan layanan selular mereka sebagai medium. Hambatan teknologi dan biaya berarti bahwa banyak orang masih tidak memiliki perangkat mobile, sementara akses Internet mobile di negara-negara berkembang sering terbatas pada pusat-pusat perkotaan dan bisa lambat. Meskipun demikian, kecepatan tinggi nirkabel Akses internet (seperti 3G) sekarang tersedia dan perangkat genggam yang memiliki web browser, seperti smartphone, semakin berkembang. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai Perancangan Mobile Banking untuk UKM di Denpasar yang nantinya akan digunakan dalam pengembangan sistem mobile commerce untuk pemetaan UKM..Kata kunci— Mobile Banking, E-Commerce, UKM
ANALISIS KAPASITAS KANAL TERHADAP JUMLAH ANTENA PADA SISTEM MIMO (MULTIPLE INPUT MULTIPLE OUTPUT) Ahmadi, Candra
SISFOTENIKA Vol 5, No 1 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30700/jst.v5i1.21

Abstract

AbstrakMIMO adalah singkatan dari Multiple Input Multiple Output. Teknologi ini diperkenalkan kali pertama oleh seorang ahli dari Bell Laboratories pada tahun 1984. Dengan teknologi MIMO, sebuah receiver atau transmitter menggunakan lebih dari satu antena, tujuannya adalah untuk menjadikan sinyal pantulan sebagai penguat sinyal utama sehingga tidak saling menggagalkan. MIMO juga memilki kelemahan, yaitu adanya waktu interval yang menyebabkan adanya sedikit delay pada antena saat mengirimkan sinyal, meskipun pengiriman sinyalnya sendiri lebih cepat. Waktu interval ini terjadi karena adanya proses dimana system harus membagi sinyal mengikuti jumlah antena yang dimiliki oleh perangkat MIMO yang jumlahnya lebih dari satu. Dalam sistemnya, MIMO tidak hanya menggunakan satu antena tetapi menggunakan dua atau lebih banyak (jamak) baik pada pemancar maupun penerimanya. Dengan menggunakan antena jamak tersebut mengakibatkan kinerja menjadi lebih baik, hal tersebut dapat dibandingkan dengan sistem Singel Input Singel Output (SISO). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi untuk peningkatan efektivitas layanan dan keunggulan layanan komunikasi data dan seluler. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari kerangka berpikir metodologi penelitian sistem informasi yaitu dimulai dari tahap eksplorasi konsep, analisis, pengumpulan dan analisis data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian maka didapatkan bahwa semakin banyak antenna maka kapasitas sistem akan semakin besar pula.Kata kunci— Kapasitas Sistem, Jumlah Antena, MIMO

Page 1 of 1 | Total Record : 8