cover
Filter by Year

Analysis
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an National peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion.
Articles
2
Articles
‚Äč
Publikasi

Mayasari, Diana, Ardhana, Nanda Riski

Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UPTT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur sintaksis tuturan masyarakat Manduro di Desa Manduro, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang meliputi, fungsi dan kategori sintaksis. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Dengan subjek penelitian adalah perangkat Desa Manduro. Sampel diambil dengan purposive sampling yakni dengan tujuan mengambil perangkat masing-masing dusun yang terdapat dalam Desa Manduro. Peneliti merupakan instrumen utama dibantu dengan angket Swadesh Morris. Trianggulasi digunakan sebagai penguji keabsahan data. Peneliti menggunakan teknik analisis induktif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah fungsi sintaksis terdiri dari subjek, predikat, objek, keterangan dan pelengkap yang berkategori nomina, verba, dan adjektiva serta adverbia. Berdasarkan hasil penelitian, struktur sintaksis tuturan masyarakat Manduro memiliki keuniversalan dengan struktur sintaksis Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa, hanya struktur yang digunakan bersifat tidak structural. Hal ini dikarenakan kalimat tersebut berupa tuturan yang nonformal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pendukung perkembangan bahasa anak usia dini di SD Manduro melalui peran guru dalam pembelajaran bahasa dengan menggunakan contoh dan komunikasi dengan siswa diluar jam pelajaran dengan bahasa manduro. Dengan demikian terjadilah pembelajaran bahasa dalam konteks alamiah agar bahasa masyarakat tersebut tidak semakin mengalami pergeseran dan kepunahan serta dalam pengajaran sintaksis serta sebagai pemerkaya kaidah bahasa di Indonesia.

PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI: KELUARGA, SEKOLAH, DAN KOMUNITAS?

Prasanti, Ditha, Fitriani, Dinda Rakhma

Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UPTT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tanpa disadari, perkembangan karakter anak tidaklah muncul secara spontan begitu saja. Ada proses yang dialami dan dilewatinya, salah satunya fase perkembangan ini. Masa perkembangan karakter yang paling awal yaitu bagi anak usia dini. Betapa pentingnya para orangtua memerhatikan pembentukan karakter anak usia dini yang mereka miliki. Ketika berbicara mengenai pembentukan karakter anak usia dini, kita menjadi teringat pada faktor lingkungan dan keluarga yang berada dekat dengan anak tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam artikel ini, penulis ingin membahas mengenai proses pembentukan karakter anak usia dini dalam tiga elemen, keluarga, sekolah, dan komunitas. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan, penulis menemukan bahwa proses pembentukan karakter anak usia dini, diawali dari keluarga, kemudian dilanjutkan dengan sekolah, dan komunitas yang diikuti anak usia dini tersebut. Komunitas ini meliputi komunitas bermain, komunitas les atau lembaga kursus pengembangan bakat yang diikuti anak usia dini tersebut. Tetapi faktor utama yang menentukan adalah keluarga sebagai komunitas terkecil dan pertama bagi para anak.