cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Computer Science
Published by STMIK Indonesia Padang
ISSN : 23024364     EISSN : 25497286     DOI : -
Core Subject : Science,
The mission of IJCS are to share, develop, and facilitate the output of research paper about computer science, software engineering, information system, information technology, and computer engineering.
Arjuna Subject : -
Articles 75 Documents
Sistem Informasi Berbasis Web untuk Mempercepat Penyeleksian Calon Penerima Beasiswa PPA dan BBP di Politeknik Negeri Bengkalis Hendrianjas, Hendrianjas; Wati, Lidya; Kurniati, Rezki
Indonesian Journal of Computer Science Vol 6 No 1 (2017): April 2017 Issue
Publisher : Indonesian Journal of Computer Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1101.721 KB)

Abstract

Dalam menentukan calon penerima beasiswa PPA dan BBP di Politeknik Negeri Bengkalis, Program Studi Teknik Informatika perlu melakukan pengumpulan berkas persyaratan pelamar calon penerima beasiswa untuk melakukan seleksi. Hal tersebut justru memakan waktu lama untuk menentukan calon penerima beasiswa. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem informasi penyeleksian beasiswa. Pengurutan data dilakukan secara ascending dan descending sehingga data terurut dari nilai prioritas tertinggi sampai terendah atau dari prioritas terendah ke prioritas tertinggi. Pembuatan sistem menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL. Hasil dari penelitan ini adalah sebuah sistem informasi beasiswa yang dapat mengurutkan prioritas penerima beasiswa berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), pengahsilan orang tua,  jenis dan jumlah sertifikat, serta kelengkapan syarat lainnya.
Perancangan Sistem Informasi Pembuatan SIUP di BPMPTSP Kota Padang Anroni, Yopi Eka; Andesti, Fenny Mulya
Indonesian Journal of Computer Science Vol 6 No 2 (2017): October 2017 Issue
Publisher : Indonesian Journal of Computer Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1406.862 KB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kota Padang ini bertujuan untuk menganalisis proses pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan merancang sebuah sistem baru yang mampu mengatasi kendala yang ada. Pembuatan SIUP di BPMPTSP masih dilakukan secara manual, yang artinya belum menggunakan sebuah program aplikasi. Contohnya, dalam membuat laporan, pegawai masih menggunakan Microsoft Excel dan pengarsipan dalam bentuk dokumen. Selain itu, sering terjadi kesulitan dalam pencarian data disebabkan belum adanya database untuk penyimpanan data. Oleh karena itu, perlu dibangun sebuah sistem informasi yang menggunakan bahasa pemograman Visual Basic Net 2010 untuk pemantauan pembuatan SIUP yang berisi dan kosong pada BPMPTSP, sehingga informasi dapat disajikan dengan cepat dan tepat. Kelebihan dari sistem yang diusulkan ini adalah dalam pencatatan dan disimpan dalam sebuah database sehingga memudahkan dalam pembuatan laporan. Dengan demikian pembuatan SIUP menjadi lebih jelas dan tepat.
Sistem Informasi BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) Kab. Muaro Jambi Syah, Tamrin
Indonesian Journal of Computer Science Vol 6 No 2 (2017): October 2017 Issue
Publisher : Indonesian Journal of Computer Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1014.617 KB)

Abstract

BPHTB atau bea perolehan hak atas tanah dan bangunan adalah pajak yang dikenakan atas perolehan perolehan hak atas tanah dan bangunan. Perolehan hak atas tanah dan bangunan adalah perbuatan atau peristiwa hukum yang mengakibatkan diperolehnya atau dimilikinya hak atas tanah dan bangunan oleh orang perseorangan pribadi atau badan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses yang terjadi pada BPHTB Kab. Muaro Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan teknik perolehan data yaitu survei, wawancara, dokumentasi serta studi literatur. Hasil penelitian yang didapat di analisis kemudian dijadikan acuan dalam perancangan dan pembangunan aplikasi BPHTB Kab. Muaro Jambi berbasis web. Kontribusi yang dihasilkan dari program yang dibangun diharapkan dapat menciptakan administrasi BPHTB Kab. Muaro Jambi yang reguler dan kompatibel sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah.  
Aplikasi Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Maintenance pada Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam Muslim, Buhori; Putrawansyah, Ferry
Indonesian Journal of Computer Science Vol 6 No 2 (2017): October 2017 Issue
Publisher : Indonesian Journal of Computer Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1023.434 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi pembelajaran multimedia interaktif pengenalan perangkat keras dan perakitan Personal Computer (PC) pada Maintenance Course di Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam dan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini didasarkan pada proses belajar yang kurang menarik, proses interaksi yang tidak berjalan optimal, dan visualisasi yang masih menggunakan media konvensional. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah expert review untuk menguji validitas produk, pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil validitas produk skor yang diperoleh adalah 4.3 dengan kategori sangat valid sehingga nilai rata-rata hasil pretest adalah 66,77 dengan kategori cukup. Kemudian, setelah proses pembelajaran diimplementasikan, diperoleh rata-rata hasil yaitu 90,56 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 24,31. Selain itu, diperoleh N-Gain sebesar 0,732 yang mengindikasikan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Sistem Informasi Madrasah Aliyah Negeri Pagar Alam Berbasis Web Mukti, Yogi Isro
Indonesian Journal of Computer Science Vol 6 No 2 (2017): October 2017 Issue
Publisher : Indonesian Journal of Computer Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (869.748 KB)

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri Kota Pagar Alam merupakan madrasah yang berbasis kompetensi yang berorientasi ke depan dalam membangun bangsa yang salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi terus diupayakan, seperti sarana untuk penyebaran informasi. Namun saat ini penyebaran informasi yang dilakukan masih terbatas, untuk itu perlu adanya teknologi yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu teknologi penyebaran informasi yang bersifat global adalah website yang bisa dibangun dengan menggunakan metode pengembangan sistem web engineering serta modeling menggunakan UML (Unified Modelling Language) seperti use case diagram, class diagram, activity diagram, sequence diagram. Disamping itu, untuk mempersiapkan implementasi sistem informasi ini, penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.
Membangun Jaringan Local Area Network Menggunakan Untangle 11.0 di Lembaga Quantum Padang Rajab, Rajab; Weafandi, Anggie
Indonesian Journal of Computer Science Vol 6 No 2 (2017): October 2017 Issue
Publisher : Indonesian Journal of Computer Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1648.68 KB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah yang berhubungan dengan jaringan Lokal Area Network (LAN) menggunakan Untangle 11.0. Penelitian ini dilaksanakan pada Lembaga Quantum Padang. Berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan pada Lembaga Quantum Padang maka penulis menemu-kan beberapa masalah diantaranya: pengiriman data dan materi ajar belum menggunakan jaringan komputer yang terpusat pada server, pengendalian bandwith dan filter terhadap situs-situs yang diakses belum diterapkan. Hasil penelitian ini diterapkan di Lembaga Quantum Padang untuk mempermudah pengiriman data dan meteri ajar, pengendalian bandwith dan filter terhadap situs-situs yang diakses melalui jaringan Lokal Area Network (LAN) menggunakan Untangle 11.0.
Analisa dan Perancangan Sistem Keuangan Tandan Buah Sawit (TBS) pada Koperasi Sumber Rezeki Kampung Rantau Hasan, Mhd Arief; Rianto, Rianto
Indonesian Journal of Computer Science Vol 6 No 2 (2017): October 2017 Issue
Publisher : Indonesian Journal of Computer Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1092.567 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sistem keuangan Tandan Buah Sawit (TBS) yang ada di Koperasi Sumber Rezeki Kampung Rantau Kecamatan Minas Kabupaten Siak. Pada dasarnya Koperasi Sumber Rezeki merupakan koperasi yang menjalankan usaha perkebunan masyarakat tatapi saat ini Koperasi Sumber Rezeki mengalami kemajuan sehingga Koperasi Sumber Rezeki membuka unit-unit seperti unit simpan pinjam dan unit penjualan pupuk. Pengelolaan sistem administrasi di Koperasi Sumber Rezeki hingga saat ini masih dilakukan secara manual dengan jumlah pengurus koperasi yang sangat terbatas. Hal ini menimbulkan lambannya kinerja koperasi tersebut dan memungkinkan terjadinya kesalahan yang tidak diinginkan oleh pihak pengelola koperasi. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah sistem baru yang lebih efisien dalam mengurangi masalah ini. Sistem yang dikembangkan adalah sebuah aplikasi simpan pinjam, pencatatan, dan penghitungan hasil penjualan TBS, serta penjualan pupuk. Perancangan aplikasi ini dibuat untuk tujuan memudahkan para pengurus koperasi dalam memantau keuangan yang ada tanpa harus memeriksa setiap buku manual yang dituliskan para anggotanya.
Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Mata Diklat Jaringan Dasar Maulana, Ilham Tri
Indonesian Journal of Computer Science Vol 6 No 1 (2017): April 2017 Issue
Publisher : Indonesian Journal of Computer Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.247 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa CD interaktif pada Mata Diklat Jaringan Dasar Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. CD interaktif ini dirancang  untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Instruksional Development Institute (IDI). Prosedur pengembangan IDI, yaitu define, develop, dan evaluate. Jenis data yang digunakan adalah data primer dimana data yang diberikan oleh ahli media, dosen, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan CD interaktif. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini meliputi: (1) validitas media CD interaktif dinyatakan sangat valid pada aspek materi dan aspek media; (2) praktikalitas media CD interaktif berdasarkan respon guru dan siswa dinyatakan sangat praktis; (3) efektivitas media CD interaktif dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa media CD interaktif ini valid, praktis, dan efektif.  
The Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan (SIFKES) untuk Meningkatkan Integrasi Data Puskesmas di Kota Jambi Berbasis Web Service Puad, Lailyn; Adriana, Windy
Indonesian Journal of Computer Science Vol 6 No 2 (2017): October 2017 Issue
Publisher : Indonesian Journal of Computer Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1531.053 KB)

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu parameter yang seringkali digunakan sebagai tolak ukur kesejahteraan sebuah wilayah. Kota Jambi memiliki 20 puskesmas yang tersebar di 8 kecamatan dan memiliki tugas untuk melayani seluruh masyarakat Kota Jambi. Masalah klasik yang selalu timbul dalam integrasi data menimbulkan ketidakselarasan yang masiv terhadap ketepatan diagnosa pasien. Web service menjadi jawaban yang tepat untuk digunakan sebagai media sentralisasi data, dengan keunggulannya dalam hal kapasitas, kecepatan dan keamanan web service sangat tepat untuk diimplementasikan pada integrasi data krusial seperti data kesehatan ini. Didukung dengan artificial intelligence yang diterapkan untuk dapat digunakan sebagai pembantu peran seorang dokter dalam proses diagnosis, aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan pada setiap lini lembaga kesehatan sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.
Aplikasi Mikrokontroler pada Sistem Penyiram Tanaman Otomatis dengan Menggunakan Sensor Cahaya Dilengkapi dengan Buzzer dan Tampilan LCD Hariyadi, Hariyadi
Indonesian Journal of Computer Science Vol 6 No 1 (2017): April 2017 Issue
Publisher : Indonesian Journal of Computer Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1223.606 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penyemprotan tanaman pada rumah kaca yang terotomatisasi dengan menggunakan mikrokontroler ATMega8535. Manfaat yang diperoleh dari otomatisasi penyemprotan tanaman adalah pengurangan konsumsi waktu dalam proses penyemprotan, pengurangan kebutuhan tenaga manusia, dan peningkatan volume penyemprotan sehingga hasil panen tanaman yang disiram sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan dengan merancang, mambuat, dan mengimplementasikan komponen-komponen sistem yang meliputi: (1) mikorokontroler sebagai pengendali proses, (2) motor DC sebagai penggerak untuk membuka dan menutup atap, (3) LDR sebagai penditeksi cahaya, (4) TGS 2610 sebagai pendeteksi kelembapan udara, dan (5) sensor air untuk menditeksi air hujan.