cover
Filter by Year
Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK)
ISSN : -     EISSN : -
Jurnal ini Berisikan Tentang Kajian dan hasil penelitian bidang akuntansi
Articles
76
Articles
Pengaruh Financial Leverage Terhadap Systematic Risk Saham

Pringgabayu, Dematria

Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini meneliti pengaruh financial leverage yang diukur dengan menggunakan rasio-rasio hutang, yaitu Degree of Financial Leverage (DFL), Debt to Total Asset (DTA) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Systematic Risk (Beta) saham, serta meneliti apakah terdapat perbedaan pengaruh rasio-rasio hutang tersebutpada periode normal (tahun 2006, 2007, dan 2009) dibandingkan pada periode krisis keuangan tahun 2008. Penelitian ini menggunakan data perusahaan-perusahaan pada sektor manufaktur yang terdaftar du Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2006 sampai dengan 2009. Dengan menggunakan metode purposive sampling didapatkan 87 perusahaan untuk sampel penelitian. Analisis penelitian menggunakan regresi data panel dengan metode Generalized Least Square (GLS) dan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa DFL, DTA, dan DER berpengaruh positif terhadap systematic risk (beta) dan ditemukan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh rasio-rasio hutang tersebut terhadap systematic risk (beta) pada periode normal dan pada periode krisis keuangan tahun 2008.

Pengaruh Likuiditas, Fixed Assets Intensity, Market To Book Ratio, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Revaluasi Aset Tetap

Nailufaroh, Lulu

Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas, fixed asset intensity, market to book ratio, dan ukuran perusahaan terhadap keputusan perusahaan melakukan revaluasi aset tetap. Bersadasarkan PSAK 16, perusahaan di Indonesia boleh memilih antara model biaya atau model revaluasi sebagai kebijakan akuntansi pengukuran atas aset tetap. Penilaian kembali aset tetap juga diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 191/PMK.10/2015 tentang penilaian kembali aset tetap perusahaan untuk tujuan perpajakan.Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 sampai 2015 dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 perusahaan dalam satu tahun, sehingga total sampel selama periode penelitian sebanyak 222 sampel. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan regresi logistik.Hasil penelitian secara parsial terbukti secara signifikan yang berpengaruh terhadap keputusan perusahaan melakukan revaluasi aset tetap adalah market to book ratio dan ukuran perusahaan. Secara simultan hasil penelitian menggunakan empat variabel fit terbukti signifikan. Sedangkan yang tidak signifikan adalah likuiditas dan fixed asset intensity.Temuan penelitian ini adalah market to book ratio berpengaruh signifikan negatif terhadap keputusan perusahaan melakukan revaluasi aset tetap. Perusahaan manufaktur yang mempunyai rasio market to book ratio yang rendah maka manajemen akan memilih metode akuntansi untuk meningkatkan kompensasi yang mereka dapat (bonus plan hypothesis). Dengan melakukan revaluasi aset performa keuangan perusahaan akan meningkat.

Pengaruh Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden, Profitabilitas Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan

Susila, Made Pradnya, Prena, Gine Das

Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Nilai perusahaan adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan keadaan perusahaan jangka panjang. Indikator dari nilai perusahaan adalah harga saham. Apabila harga saham perusahaan tinggi, itu menandakan bahwa para investor percaya dengan prospek dari perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan, 2) untuk mengetahui pengaruh kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan, 3) untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, 4) untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Lokasi penelitian di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI pada tahun 2016 sampai 2017. Dalam penelitian ini menggunakan populasi jenuh, yaitu seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2016 sampai 2017. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Data diolah menggunakan IBM SPSS.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keputusan pendanaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kebijakan deviden berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dancorporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

Pengaruh Media Richness Terhadap User Trust Dan Persepsi Corporate Social Responsibility

Soerono, Ayu Noorida, Tjahjono, Mzda Eko Sri, Sutjipto, Hady

Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Studi ini meneliti pengaruh media richnerss terhadap user trust dan persepsi corporate social responsibility dengan sensitivitas lingkungan industri sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah  manajer pada perusahaan manufaktur di provinsi Banten yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jumlah perusahaan manufaktur di provinsi Banten sebanyak 45 perusahaan manufaktur. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purpusove sampling. Metode purpusove samping merupakan metode pemilihan sampel yang seseuai dengan penelitian ini yaitu; 1) Perusahaan manufaktur di provinsi Banten yang listing di BEI, 2) Responden dalam penelitian ini adalah manajer keuangan, manajer produksi, manajer sumber daya manusia, manajer pemasaran. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 180 responden. Penelitian ini menggunakan simple regression analysis sebagai alat analisis regresi sederhana dan menggunakan nilai selisih mutlak dengan menggunakan software Statistical Package for Social Science(SPSS). Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif antara media richness terhadap user trust, sensivitas lingkungan industri tidak memoderasi hubungan antara media richness dengan user trust, pengaruh positif namun tidak signifikan media richness terhadap persespi corporate social responsibility.   

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik

Febriyanti, Fenti

Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meguji secara empiris Pengaruh Penghargaan Finansial terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan public, Pengaruh Pertimbangan Pasar Kerja terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan public, Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan public, Pengaruh Personalitas terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan public, Pengaruh Pengakuan Professional terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan public, Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan public. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 129 mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Serang Raya. Instrument penelitian ini berupa kuesioner dengan menggunakan skala likert. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program spss (Statisticial Package For social Science). Alat analisis yang digunakan dalam  penelitian ini yaitu analisis regensi berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa Penghargaan Finansial, Pertimbangan Pasar Kerja, Lingkungan Keluarga, Personalitas, Pengakuan Profesional dan Lingkungan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Minat mahasiswa dalam pemilihan karir sebagai akuntan public.

Keterkaitan Antara Penerimaan Pajak Penghasilan Dan Pbb Terhadap Kesenjangan Pendapatan

FAHMI, ANISA

Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kesenjangan sosial di antara anggota masyarakat yang paling miskin dapat menyebabkan ketidakstabilan politik dan ekonomi suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kesenjangan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi serta menguji pengaruh Pajak Penghasilan dan Pajak Bumi dan Bangunan terhadap kesenjangan pendapatan. Pajak adalah salah satu instrumen yang digunakan untuk memperkecil kesenjangan baik antar wilayah maupun antar kelompok pendapatan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa variabel PDB, PPh, dan jumlah penduduk berpengaruh signifikan terhadap kesenjangan pendapatan. Kondisi perekonomian Indonesia saat ini masih berada pada sisi kiri dari kurva “inverted U curve”. Tingginya PDB menyebabkan kesenjangan pendapatan semakin tinggi. Kondisi ini muncul karena pemerintah masih fokus mengejar pertumbuhan ekonomi. Temuan dalam penelitian juga ini menunjukkan bahwa penerimaan pajak penghasilan berpengaruh positif terhadap kesenjangan pendapatan. Hal tersebut terjadi karena kebijakan perpajakan di Indonesia lebih ditujukan untuk meningkatkan penerimaan negara, bukan sebagai alat untuk meredistribusikan kesejahteraan. .

Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Pendapatan Pembiayaan Bagi Hasil Terhadap Laba Pada Bank Umum Syariah Indonesia

Diana, Nana, Huda, Syamsul

Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di indonesia cukup signifikan, seiring dengan tanggapan masyarakat yang sangat positif yang membutuhkan suatu sistem perbankan alternatif yang selain menyediakan jasa perbankan yang sehat, juga memenuhi prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah data sekunder.Sumber data dalam Penelitian ini adalah Laporan Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2012-2017, sehingga data tersebut menjadi 6 tahun x 6 Bank Umum Syariah = 36 data yang digunakan.Hasil penelitian didapatkan bahwa pengaruh positif dana pihak ketiga terhada laba sebesar 0,757 atau sebesar 75,7% sedangkan pengaruh pengaruh pendapatan pembiayaan bagi hasil terhadap laba sebesar 0,732 atau sebesar 73,2%. Hubungan secara simultan yaitu pengaruh dana pihak ketiga dan pendapatan pembiayaan bagi hasil terhadap laba pada Bank umum syariah Indonesia memiliki hubungan yang signifikan dilihat dari nilai signifikansi yang berada dibawah 0,05 yaitu sebesar 0,003.

Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Kecakapan Manajerial Terhadap Manajemen Laba

Kodriyah, Kodriyah, Putri, Ririn Fitriani

Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perencanaan Pajak dan Kecakapan Manajerial terhadap praktek Manajemen Laba. Penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel 10 perusahaan manufaktur sub sektor pertambangan yang memenuhi kriteria selama tahun 2011-2015 yang terdaftar BEI. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan diolah menggunakan program SPSS 20. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa variabel Perencanaan Pajak memiliki pengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba, hal ini menunjukkan semakin tinggi perencanaan pajak maka semakin besar peluang perusahaan melalukan manajemen laba. Dan variabel Kecakapan Manajerial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Manajemen Laba laba hal ini dikarenakan manajer yang cakap tidak akan melakukan manajemen laba untuk memperbagus laba. Manajer yang cakap mampu mengambil keputusan-keputusan ekonomi yang tepat dan mampu mencapai tingkat efisiensi yang tinggi dalam mengelola sumber daya perusahaan sehingga memperoleh laba yang maksimal sesuai tujuan yang diharapkan oleh pemilik modal.

PEMILIHAN SOFTWARE ANTIVIRUS UNTUK LABORATORIUM KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN METODE AHP ( ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS )

SAPUTRI, SEVTY WAHIDDIRANI

Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Akuntasi
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.484 KB)

Abstract

In this globalization era, there are many activities needed technology helps, computertechnology is one of the sample. Its used to ease data operation or searching informationsespecially on learning program in the accounting computer laboratory. According to supportthat process, its needed to select an antivirus software, to prevent some types of vyrus whichcould absorb the computer system, therefore the computer users will not be annoyed withsome vyrus spreads the computers easily. SMK Jakarta IV nowadays still has some problemsfor getting informations about how to select some kinds of antivirus software such as :Kaspersky Antivirus, Eset Nod32 Antivirus, Avast Antivirus, Avira Antivirus, AVG Antiviruswhich the most effectively to support computer learning at SMK Jakarta IV. This observationuse Analytical Hierarchy Process (AHP) method supported by Expert Choice 2000application program as a media on selecting antivirus program. Based on the observation wehave done, the result is An antivirus software which could help teaching process at school, inthe accounting computer laboratory especially. AVG Antivirus is the right system from thisanalization which could implemented to support learning activities in the accountingcomputer school laboratory at SMK Jakarta IV therefore PC system could be safely protectedfrom the viruses.

ANALISIS PENGARUH 7 DAY RATE REPO, INFLASI, NILAI TUKAR, DAN PDB TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM SEKTOR PROPERTI (STUDI EMPIRIS DI BURSA EFEK INDONESIA)

Wiyanti, Rahma

Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Akuntasi
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.377 KB)

Abstract

Since the introduction of the new 7-day Repo rate formula in 2016, it will be a signal forinvestors, especially the property sector to invest in capital markets. Enforcement isencouraging the property sector to grow because it is expected the new interest rate formulawith a value lower than before can attract consumers to invest in property. With thewidespread demand for property pushed the performance of property entrepreneurs tobecome better in the financial sector. The development of property performance is seen fromthe Stock Price Index in the property sector. Researchers test whether the formula along withother macro variables such as Inflation, Exchange Rate and GDP can affect the valuation ofinvestors in investment in the capital market, especially in the property sector. Analysis testthat has been done by using statistical method of Multiple Linear Regression Test,Correlation Coefficient Test, Determination Coefficient Test, F Test and T Test resulted in 7Days Rate Ratio and exchange rate significantly affect Stock Price Index in property sectorwhile Inflation and GDP did not influence Stock Price Index of property sector, butsimultaneously produce variable 7 Day Rate Repo, Inflation, exchange rate and GDP effecton Stock Price Index in property sector.