PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 23382325     EISSN : 25409697
PALAPA: Jurnal studi Keislaman dan ilmu pendidikan diterbitkan oleh lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LP2M) STIT Palapa Nusantara Lombok Nusa Tenggara Barat melalui Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IV Surabaya. Jurnal ini terbit enam bulanan, yaitu bulan Mei dan November. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman dan ilmu pendidikan yang meliputi Ilmu Pendidikan, Pendidikan Islam, Syari'ah, Pemikiran Islam, dan kajian Islam lainnya.
Articles 167 Documents
Manajemen Peserta Didik Profesional Dalam Praktik

Muhasim, Muhasim

PALAPA Vol 6 No 1 (2018): MEI
Publisher : LP2M STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.134 KB)

Abstract

Manajemen peserta didik haruslah terlebih dahulu memahami tentang manajemen baik pendapat ahli maupun secara etimologis. Dalam pengertian secara umum manajemen sebagai salah satu sistem fungsi-fungsi serta pemanfatan unsur-unsur manajemen dalam organisasi. Pendapat lain memandang manajemen sebagai Ilmu dan Seni, sebagai proses sosial yang memandang fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi penggerakan dan fungsi pengawasan sebagai sebuah siklus. Sebagai proses yaitu dengan melihat fungsi Perencanaan merupakan sebuah keputusan dalam mengaplikasikan fungsi manajemen lainnya. Proses fungsi-fungsi manajemen tersebut sekaligus mengatur hubungan antar fungsi dan akan menjadi gambaran fleksibilitas fungsi perencanaan sebagai sebuah awal pengoganisasian, penggerakan dan pengawasan. Dalam pengertian manajemen sebagaimana diuaikan diatas, maka manajemen peserta didik dapat diartikan sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah. Manajemen peserta didik memusatkan perhatian pada perencanaan, pengaturan, pengawasan dan layanan siswa di kelas dan di luar kelas seperti: pengenalan, pendaftaran, layanan individual seperti pengembangan keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan sampai ia matang di sekolah. Dalam perospektif peseta didik memiliki berbagai macam harapan yang harus dapat diwujudkan ketika mereka telah menamatkan pendidikannya di jenjang persekolahan. Prospektif peserta didik akan berhasil sebagaimana dihajatkan, jika manajemen peserta didik dikelola secara profesional. Pofesional guru dalam pembentukan sikap selain seperangkat kompetensi peserta didik sehingga memiliki Ilmu pengetahuan, dan skill. Untuk mengkaji secara komplek metode yang digunakan dalam tulisan ini, yaitu metode deskriptif artinya memahami apa yang menjadi objek tulisan, mencermati berbagai situasi dan realitas sosial yang ada di masyarakat dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, tulisan, media online yang sesuai objek tulisan. Dengan metode tersebut ditemukan bagaimana pentingnya manajemen peserta di dik profesional dalam praktik, dalam mencetak peserta didik yang memiliki kompetensi sebagaimana yang dihajatkan oleh peserta didik itu sendiri dan lembaga pendidikan dimana peserta didik tersebut belajar.

Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bima Provinsi NTB Tahun 2016

junaidin, Junaidin

PALAPA Vol 6 No 1 (2018): MEI
Publisher : LP2M STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.823 KB)

Abstract

Rumah sakit merupakan sebuah organisasi yang menjual jasa, maka pelayanan yang berkualitas merupakan hal yang harus dipenuhi sehingga para pemakai jasa mendapatkan kepuasan. Kepuasan pasien di RSUD Bima yang masih rendah menjadi dasar pembenahan di RSUD Bima, salah satunya adalah melalui upaya peningkatan mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Bima Tahun 2016. Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap pada bulan Oktober 2016. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang dipilih secara acak(Probability Sampling Method) artinya populasi seluruhnya mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi responden. Teknik analisis data meliputi analisis univariat, analisis bivariat dengan uji Chi Square, dan analisis multivariat dengan menggunakan uji regresi logistik berganda. Hasil penelitian menunjukan dari kelima dimensi mutu pelayanan kesehatan yaitu Reliability,Tangibles, Responsiveness,Assurance,Empathy,semuanya berpengaruh secara signifikan pada kepuasanpasien ( p <0,05 ) dimensiReliability yang dilihat adalah pelayanan yang tepat waktu, handal, mandiri dan profesional. Tangibles yang dilihat adalahkebersihan, ketersediaan fasilitas.Responsiveness yang dilihat adalah kecepatan, kemudahan dan kelancaran dari suatu pelayanan.Assurance yang dilihat adalah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh tenaga medis dan Empathyyang dilihat adalah sikap dalam menyapa pasien, kurang peduli atas keluhan pasien, sikap berkomunikasi dengan pasien. Disarankan bagi para tenaga medis memperhatikan kebutuhan dan keinginan pasien, serta menumbuhkan kepercayaan dalam hal pelayanan cepat, akurat dan pasti sehingga akan meningkatkan kepuasan pasien.

Metode Mimicry-Memorization (Mim-Mem Method) dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Peserta Didik di Madrasah

Aini, Syarifah, Wijaya, Mu'allim

PALAPA Vol 6 No 1 (2018): MEI
Publisher : LP2M STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.356 KB)

Abstract

Penelitian ini menyajikan tentang “Pengaruh Metode Mimicry-Memorization (Mim-Mem Method) Terhadap Penguasaan Mufrodat di Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah”. Tujuan digunakannya Metode Mimicry-Memorization (Mim-Mem Method) ini terhadap penguasaan mufrodat di Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah adalah untuk memudahkan pemahaman dan penguasaan mufrodat peserta didik terhadap materi pembelajaran bahasa Arab. Langkah pertama adalah guru melafalkan kosakata lau diikuti oleh siswa. Penelitian dengan metode kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian eksperimen (uji coba) dengan jenis data ordinal. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan metode tes lisan dengan teknis analisis komparatif (non-parametric) yaitu Mann-Whitney U-test (Uji U). Untuk membuktikan bahwa penelitian ini signifikan atau tidak, peneliti menggunakan data SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Adapun hasil dari data tersebut telah terbukti bahwa ada pengaruh Metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method) terhadap Penguasaan mufrodat di Madrasah Aliyah darul Lughah Wal Karomah. Dengan menggunakan metode tersebut, peserta didik lebih aktif dan lebih efektif dalam mempelajari mata pelajaran bahasa Arab.

Hubungan Antara Masa Pubertas Dengan Perilaku Diet Pada Remaja Putri Di SMAN 2 Woha

wahidah, Wahidah

PALAPA Vol 6 No 1 (2018): MEI
Publisher : LP2M STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.96 KB)

Abstract

Remaja adalah bila seseorang telah mencapai umur 10-18 tahun anak perempuan dan 12-20 tahun untuk anak laki-laki dimana pada masa ini terjadi perubahan fisik yang sangat cepat, pertumbuhan yang terjadi pada masa remaja akan mempengaruhi status kesehatan dan gizi tersebut, pada anak perempuan pertumbuhannya lebih cepat daripada anak laki-laki (Sulistyoningsih, 2012). Penelitian ini termasuk jenis penelitian analtik observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dekskriptif bertujuan mendeskripsikan masing-masing variabel dan penelitian analtik menyangkut pengujian hepotesis . Populasi dalam penelitian ini populasi yang diteliti adalah semua remaja putri SMAN 2 WOHA sebanyak 85 orang. Dari hasil Penelitian dan Pembahasan yang dilakukan di SMAN 2 WOHA Tahun 2017 dapat disimpulkan bahwa : 1. Hubungan antara masa pubertas dengan perilaku diet pada remaja putri di SMAN 2 WOHA Tahun2017 yang terbanyak yang didapatkan adalah 64 siswi (92,8%) pada masa pubertas yang mengkonsumsi, dan terdapat 9 siswi (56,2%) pada masa pubertas yang tidak melakukan perilaku diet. 2. Ada hubungan yang bermakna antara Masa Pubertas Dengan Perilaku Diet Pada Remaja Putri Di SMAN 2 WOHA Tahun 2017 dengan Uji statistik ρ_value = (0,000). Saran dalam penelitian ini diharapkan pada pemerintah untuk selalu memberikan informasi dan menyediakan informasi untuk remaja dan masyarakat.

Hubungan Kunjungan Ibu ke Posyandu dengan Jumlah Balita Bawah Garis Merah (BGM) di Desa Tente Kecamatan Woha Kabupaten Bima

Fitriani, Nurlaila

PALAPA Vol 6 No 1 (2018): MEI
Publisher : LP2M STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.462 KB)

Abstract

Di bawah garis merah (BGM) balita adalah balita yang beratnya sama atau di bawah merah pada Kartu Menuju Sehat (KMS). Ibu yang aktif mengunjungi posyandu setiap bulannya, maka status perkembangan dan gizi dapat dipantau oleh petugas kesehatan melalui KMS yang dapat mengurangi kejadian kasus balita BGM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keaktifan ibu dalam pelayanan kesehatan terpadu dengan pengurangan jumlah balita di bawah garis merah (BGM) di Desa Tente, Kabupaten Woha, Kabupaten Bima. Penelitian ini merupakan penelitian analitik, data diambil dengan cross sectional, subjek penelitian ini adalah dua ratus delapan belas bayi berusia satu sampai lima puluh sembilan bulan. Data dianalisis dengan uji chi-square. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ibu yang secara aktif mengunjungi posyandu namun dengan status gizi BGM pada anak-anak adalah 34,5% sedangkan ibu tidak aktif mengunjungi posyandu namun status gizi BGM pada anak adalah 94,1%. Analisis data penelitian menggunakan uji chi-square, menunjukkan bahwa nilai p = 0,000 dengan tingkat signifikansi (alpha) sebesar 0,05. Dengan demikian nilai p kurang dari tingkat signifikan (p kurang dari alpha), sehingga Ho ditolak yang berarti ada korelasi keaktifan ibu dengan berkurangnya jumlah balita BGM di Desa Tente, Kec. Woha, Kabupaten Bima. Saran dari penelitian ini adalah ibu diharapkan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya fasilitas posyandu setiap bulan, karena selain mudah dan murah untuk mendapatkan perawatan kesehatan tanpa biaya untuk anak-anak mereka, ibu juga dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi secara teratur setiap bulan melalui buku balita KMS, jadi bila ada masalah tentang perkembangan dan perkembangan bayi bisa segera ditangani dan dibantu oleh petugas kesehatan dengan cepat dan tepat.

Analisis Persiapan Pelaksanaan Patient Safety di Ruang Rawat Inap; Study Kasus di RSUD Kabupaten Bima

Budiwibowo, Arif

PALAPA Vol 6 No 1 (2018): MEI
Publisher : LP2M STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.012 KB)

Abstract

The era of globalization brings the very rapid effects in the development of cutting-edge medical technology. These conditions have an impact on medical services is very complex and very potentially cause errors, so that the necessary improvement of the quality of health services. Patient safety is one important component in the quality of health services. Improving patient safety measures needed to prevent and minimize unexpected events (KTD). Nurses are one of the health workers who are at the front of health services have a very important role in improving patient safety. The aim of this research to assess patient safety analysis on the Attitudes of ward nurses in public district general hospital Bima and in particular to know the components of patient safety climate Attitudes include teamwork, job conditions, employment decisions, factors that support and hinder patient safety Attitudes. The study was descriptive qualitative. Subjects were nurses of three subjects and patients with interviews. Data collection techniques in this study are the tape recorder. Qualitative data analysis technique that was using descriptive analysis techniques to describe the data in the field were analyzed and concluded. Attitudes of patient safety component of work climate Attitudes patient safety team showed low, job satisfaction shows high patient safety Attitudes at the components of job satisfaction, working conditions showed low Attitudes patient safety, because of logistical and laboratory support is still lacking. Components of patient safety high Attitudes namely job satisfaction component of patient safety is low Attitudes climate of teamwork and conditions of employment because of logistical and laboratory support is still lacking.

Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (Ioc) Terhadap Prestasi Belajar dengan Memperhatikan Minat Belajar Matematika

Qusyairi, Lalu A. Hery, Sakila, Jannati

PALAPA Vol 6 No 1 (2018): MEI
Publisher : LP2M STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.67 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi (2). untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain dua factorial. Jumlah populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MA NW Palapa Nusantara Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket minat belajar dan tes prestasi belajar matematika. Metode pengujian hipotesis yang digunakan Uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). nilai t hitung > ttabel yaitu thitung = 4,430 lebih besar dari pada ttabel 0.05 = 2,00484 maka H0 ditolak, yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi (2). nilai thitung < ttabel yaitu thitung = 1,703 lebih kecil dari pada ttabel 0.05 = 2,00484 maka H0 diterima, yang artinya tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar rendah.

Pengaruh Kepatuhan Suplementasi Tablet Kalsium Modifikasi Terhadap Kadar Kalsium dan Tekanan Darah Pada Ibu Hamil

Dahniarti, Dhany, Idris, Irfan, Am, Nasrudin

PALAPA Vol 6 No 1 (2018): MEI
Publisher : LP2M STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.33 KB)

Abstract

Asupan kalsium yang rendah menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi dengan merangsang pelepasan hormone paratiroid dan atau renin yang mengarah terjadinya peningkatan konsentrasi kalsium intra seluler dalam vaskuler sel otot polos dan mengakibatkan vasokonstriksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui pengaruh kepatuhan suplemetasi tablet kalsium modifikasi terhadap kadar kalsium dan tekanan darah pada ibu hamil. Penelitian ini dilaksanakan di RSIA Sitti Khadijah I Makassar dengan desain penelitian quasy eksperimen dengan rancangan Pre-post Test Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 ibu hamil prehipertensi pada usia kehamilan > 20 minggu, 12 ibu hamil yang diberikan tablet kalsium biasa dan 18 ibu hamil yang diberikan tablet kalsium modifikasi masing-masing selama 8 minggu. Analisis data menggunankan uji paired t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan perubahan kadar kalsium dan tekanan darah pada ibu hamil antara kelompok intervensi dan kontrol dengan nilai p=0.000 (p<0.05). Setelah intervensi rata-rata kanaikan kadar kalsium pada kelompok intervensi 0.4 mg/dl sedangkan pada kelompok kontrol 0.1 mg/dl, diikuti dengan rata-rata penurunan tekanan darah sistole dan diastole pada kelompok intervensi 15.4/9.6 mmHg sedangkan pada kelompok kontrol 3.5/4.5 mmHg. Dengan demikian, kelompok yang diberikan tablet kalsium modifikasi lebih efektif meningkatkan kadar kalsium dan menurunkan tekanan darahdibandingkan dengan kelompok yang diberikan tablet kalsium biasa. Kepatuhan suplementasi kalsium sangat mempengaruhi peningkatan kadar kalsium dan penurunan tekanan darah pada ibu hamil.

The Relationship Of Smoking Behavior Towards Decreased Appetite (Anorexia) In S1 Nursing Students Stikes Yahyha Bima

ayatullah, Ayatullah

PALAPA Vol 6 No 1 (2018): MEI
Publisher : LP2M STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.307 KB)

Abstract

Smoking behavior is a related issue public health because it can cause various diseases even can cause death for both smokers and people nearby (passive smokers). The purpose of this study was to determine the relationship of smoking behavior to decreased appetite (anorexia). This research is a type of Descriptive Analytical research with Cross Sectional method, the population in this study is the student of S1 undergraduate of Nursing STIKES Yahya Bima in 2017. Sampling using Total Sampling Technique, obtained 50 respondents. The data were collected by using Questionnaire. Data that has been collected and then processed and analyzed using computer program Microsoft Exeldan Statistic program (SPSS) version 16.0. Data analysis included univariate analysis by finding frequency distribution, bivariate analysis with Chi-Square test (p <0,05) to know relation between variable and person test to know correlation strength. The result of bivariate analysis showed the correlation between smoking behavior and decreased appetite (p = 0.125 <0,05). The conclusion in this research is there is no correlation between smoking behavior with decreasing appetite in student of S1 Nursing STIKES Yahya Bima. It is recommended for male students STIKES Yahya Bima to change smoking behavior because it will affect health especially on respiratory system, rubalah healthy lifestyle with exercise and achievement. For nursing profession is expected to always promote healthy lifestyle without cigarette smoke.

Manajemen Layanan Pendidikan Islam

Rusdi, Teddy

PALAPA Vol 6 No 1 (2018): MEI
Publisher : LP2M STIT Palapa Nusantara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.04 KB)

Abstract

Lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta harus memperhatikan layanan pendidikan terbaik yang mampu diberikan oleh semua warga madrasah/sekolah. Memberikan pelayanan yang maksamal akan memberikan kenyamanan dan kepercayaan yang tinggi masyarakat terhadap lembaga tersebut, seorang kepala madrasah harus mampu memberikan pelayanan pembelajaran, pelayanan kepegawaian, pelayanan keuangan dan pelayanan kesejahteraan atau dengan kata lain kepala madrasah harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada orang lain baik jajaran pimpinan, para guru, siswa, para karyawan, para wali murid, para pengguna lulusan dan masyarakat luas. Madrasah atau lembaga pendidika Islam dikatakan berhasil apabila mamapu memberikan layanan yang sama atau melebihi harapan pelanggan seperti peserta didik puas dengan layanan mandrasah, misalnya puas dengan pelajaran yang diterima, puas dengan perlakuan guru, dan puas dengan fasilitas yang disediakan madrasah, intinya peserta didik menikmati situasi di madrasah, orang tua puas dengan layanan terhadap anaknya maupun layanan kepada orang tua. Misalnya, puas karena menerima laporan periodik tentang perkembangan peserta didik maupun program-program madrasah, pihak penerima lulusan (perguruan tinggi, industri dan masyarakat) puas karena menerima lulusan dengan kualitas sesuai dengan harapan, guru dan karyawan puas dengan pelayanan madrasah, misalnya dalam pembagian kewajiban kerja, hubungan antar guru/karyawan/pimpinan, honorarium/gaji dan sebagainya.

Page 1 of 17 | Total Record : 167