cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
semanTIK
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal "semanTIK" merupakan salah satu media publikasi hasil-hasil penelitian dalam bidang teknologi informasi. Kajian penelitian dalam jurnal yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Sistem Cerdas, Sistem Informasi dan Robotika. Sasaran dalam penerbitan jurnal ini adalah Dosen, Mahasiswa dan para Peneliti dalam bidang TI.
Articles 194 Documents
APLIKASI DATA WAREHOUSE DAN ON-LINE ANALYTICAL PROCESSING (OLAP) (STUDI KASUS: PERMINTAAN DAN PEMAKAIAN OBAT DI PUSKESMAS POASIA KOTA KENDARI) Putra, Fadhil Husni; Statiswaty, Statiswaty; Yamin, Muh.
semanTIK Vol 2, No 2 (2016): semanTIK
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1037.481 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun Aplikasi Data Warehouse dan On-Line Analytical Processing (OLAP) yang dapat digunakan untuk permintaan dan pemakaian obat yang dapat dijadikan sebagai sarana yang dapat membantu dalam proses pembuatan laporan di Puskesmas Poasia kota Kendari.Dalam pembuatan perangkat lunak digunakan sistem operasi Windows 10 pro x64, dengan database menggunakan Microsoft SQL Server 2016, untuk ETL Tools menggunakan SQL Server Integartion Services (SSIS), menggunakan Bahasa Pemograman C#, dan untuk Editor menggunakan Microsoft Visual Studio 2013. Aplikasi yang dibuat diharapkan dapat membantu pihak Petugas dan Pimpinan Puskesmas dalam pembuatan laporan.Dalam pembuatan laporan yang skala besar menyulitkan pihak Puskesmas Poasia dalam melakukan analisis terhadap data tersebut. Untuk dapat menangani data dalam jumlah besar dan memanfaatkannya semaksimal mungkin, diperlukan perancangan teknologi informasi yang lebih lanjut untuk dapat mengatasinya, yaitu Data Warehouse. Kata kunci— Data, Data Warehouse, Informasi.
SIASET FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HALU OLEO DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN METODE WEIGHTED PRODUCT DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB Ramadhan, Azim; Ningrum, Ika Purwanti; Yamin, Muh.
semanTIK Vol 2, No 2 (2016): semanTIK
Publisher : Informatics Engineering Department of Halu Oleo University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.53 KB)

Abstract

Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo memiliki berbagai macam aset. Sistem pengolahan dan pelaporan data aset tersebut masih berupa pembukuan manual dan juga berupa file Microsoft Excel. Data-data yang ada dikelola dalam bentuk arsip-arsip, sehingga relatif lambat untuk melakukan koreksi dan pengawasan terhadap aset, juga mengalami kendala dalam kepraktisan dan efisiensi dalam hal pengecekan oleh pihak Pimpinan.Weigthted Product adalah metode penyelesaian dengan menggunakan perkalian untuk menghubungkan nilai atribut, dimana nilai harus dipangkatkan terlebih dahulu dengan bobot atribut yang bersangkutan.  Metode Weighted Product (WP) merupakan bagian dari konsep Multi-Attribut Decision Making (MADM) dimana diperlukan normalisasi pada perhitungannya. Sistem ini membutuhkan masukan nilai bobot berdasarkan kriteria kelayakan berupa, jumlah, lama pemakaian, fungsi, spesifikasi, dan kondisi fisik barang inventaris.Hasil dari penelitian ini memberikan saran pengusulan penggantian inventaris dengan tingkat akurasi yang tinggi berdasarkan keputusan manual dan perhitungan pada sistem pendukung keputusan pengusulan penggantian inventaris.Hasil perbandingan antara sistem berjalan dan sistem yang diajukan mempunyai akurasi 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Weighted Product dapat digunakan dengan baik untuk SIASET Fakultas Teknik UHO sehingga dapat mempercepat proses pengambilan keputusan. Kata kunci— Sistem Pendukung Keputusan, SIASET, Weighted Product, Sistem Informasi Geografis.
MEDIA EDUKASI PENGENALAN HURUF LONTARA MAKASSAR BERBASIS HTML5 Sidin, Udin Sidik
semanTIK Vol 2, No 2 (2016): semanTIK
Publisher : Informatics Engineering Department of Halu Oleo University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.979 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah pengembangan perangkat lunak yang bertujuan untuk membangun media edukasi pengenalan huruf lontara Makassar berbasis HTML5. Media ini dikembangkan dengan menggunakan model prototyping. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media edukasi pengenalan huruf lontara Makassar berbasis HTML5 yang memudahkan user mengenal huruf lontara Makassar serta mengangkat kearifan lokal karena media ini dapat memperkenalkan huruf lontara Makassar yang berakar dan bersumber dari perkembangan budaya lokal Makassar. Prosedur pengujian yakni menggunakan whitebox testing untuk menguji logika program, blackbox testing untuk menguji fungsi fitur interface dan validasi expert terhadap media ini berada pada katagori layak digunakan. Tanggapan pengguna (user) terhadap media ini berada pada kategori sangat baik. Kata kunci— Media Edukasi, Huruf Lontara Makassar, Prototyping, HTML5.
APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT TB PARU PADA ANAK DENGAN METODE LOGIKA FUZZY BERBASIS ANDROID Jumiyati, Masna; Pramono, Bambang; Hasnuddin, La Ode
semanTIK Vol 1, No 1 (2015): semanTIK
Publisher : Informatics Engineering Department of Halu Oleo University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.255 KB)

Abstract

Penderita TB Paru di Indonesia tidak hanya diderita orang dewasa saja, namun anak-anak juga sangat rentan menderita penyakit ini. Kendala utama dalam tatalaksana TB Paru pada anak yaitu masalah diagnosis. Gejala TB pada anak seringkali tidak khas dan pengambilan dahak pada anak lebih sulit untuk dilakukan, terkadang pasien anak harus melewati serangkaian tes pemeriksaan yang hanya dapat dilakukan di Rumah Sakit, namun tidak dapat dilakukan di Puskesmas ataupun Klinik. Sistem pakar diagnosis TB Paru anak dengan menerapan logika fuzzy metode Sugeno dapat memberikan toleransi terhadap nilai, dengan memanfaatkan kelebihan logika fuzzy dalam toleransi terhadap hal ambigu, dapat menjadikan pendekatan yang efisien dalam mendiagnosis TB Paru anak. Hasil penelitian ini menyatakan logika fuzzy metode Sugeno dapat diimplementasikan ke dalam sistem pakar diagnosis penyakit TB Paru anak. Sistem dapat memberikan hasil diagnosis hampir sama dengan diagnosis yang dilakukan oleh seorang pakar. Hal ini memudahkan para petugas kesehatan untuk melakukan diagnosis dini penyakit TB Paru anak.
SISTEM PENALARAN BERBASIS KASUS UNTUK MENDIAGNOSA KERUSAKAN KOMPUTER Malik, Maulana; Sarita, Muh. Ihsan; Sagala, La Ode Hasnuddin S.
semanTIK Vol 2, No 1 (2016): semanTIK
Publisher : Informatics Engineering Department of Halu Oleo University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Case Based Reasoning is a method of reasoning with its main work system using a similarity measure. The basic idea of this system is that any possible problems are the same have the same solutions as well. The purpose of this study is to implement and test how accurate the Bayesian Theorem method for identifying cases of damage to the computer in case based reasoning system.Case based reasoning process consists of four stages namely retrieve, it means search and matching of the case; reuse, it means reuse of information and knowledge of the case; revise, it means revisiting the solution of the cases; and retain, it means saving the experience of new cases in the base case system.The system in this research will be built using Bayesian Theorem, modeling Unified Modeling Language (UML) and PHP programming languages with a MySQL database as a regulator of the system. Keywords— Case Based Reasoning, Bayesian Theorem, Computer Damage
IMPLEMENTASI SMS GATEWAY DAN PAPAN PENGUMUMAN DIGITAL PENYEBARAN INFORMASI KEGIATAN AKADEMIK (Studi Kasus : Jurusan Teknik Informatika Universitas Halu Oleo) Fachriyah, Ita; Tajidun, L.M
semanTIK Vol 1, No 2 (2015): semanTIK
Publisher : Informatics Engineering Department of Halu Oleo University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1253.939 KB)

Abstract

Informasi akademik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dan dosen disetiap lembaga pendidikan. Pada Jurusan Teknik Informatika penyebaran informasi yang dilakukan masih menggunakan cara manual yaitu dengan memberitahuan secara langsung dan  menempelkan pengumuman pada papan pengumuman yang berada didepan sekretariat jurusan, namun cara tersebut tidak efisien karena tidak semua mahasiswa atau dosen selalu hadir dan mengecek papan pengumuman. Aplikasi SMS gateway dan papan pengumuman digital merupakan aplikasi yang dibangun untuk memaksimalkan penyebaran informasi kegiatan akademik pada Jurusan Teknik Informatika Universitas Halu Oleo. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode Rational Unfield Process (RUP), pemodelan Unified Modeling Languange (UML), tools gammu untuk membangun aplikasi SMS gateway, Php codeigniter sebagai framework pembuatan web dan Mysql sebagai penyimpanan data. Aplikasi ini mengkombinasikan antara teknologi papan pengumuman digital dan SMS gateway. Pada papan pengumuman digital berbasis web menampilkan informasi yang dibagi menjadi empat kategori informasi yaitu, pengumuman yang bersumber dari univeritas, fakultas/jurusan, dosen dan jadwal perkuliahan. Sehingga dengan mudah pengumuman dapat diakses via internet. Informasi juga dapat dikirim dan di request melalui fasilitas SMS gateway dengan format yang telah ditentukan oleh sistem. Kata Kunci : Papan Pengumuman Digital dan SMS Gateway
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROTOTIPE SISTEM PENDETEKSI ASAP DAN PANAS PADA RUANGAN TERTUTUP MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY METODE SUGENO Prayogi, Shabri; Yamin, Muh.; Ramadhan, Rahmat
semanTIK Vol 2, No 2 (2016): semanTIK
Publisher : Informatics Engineering Department of Halu Oleo University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.711 KB)

Abstract

Peristiwa kebakaran dapat terjadi di tempat umum maupun di perumahan. Tingkat kerugian yang dihasilkan oleh bencana kebakaran tentunya sangat besar. Kebakaran yang dapat diatasi, dapat meminimalkan kerugian yang terjadi apabila diketahui gejala-gejala akan terjadi kebakaran sejak dini.Untuk itu dibuatlah suatu prototipe sistem pendeteksi asap dan suhu agar kerugian materiil maupun nonmateriil dapat dihindari. Metode inferensi Fuzzy yang digunakan yaitu metode Sugeno. Metode Sugeno digunakan sebagai dasar pemikiran untuk penentuan keluaran dari sistem ini, baik itu berupa alarm, pompa air ataupun kipas.Hasil pengujian   menunjukkan  bahwa prototipe sistem pendeteksi asap dan panas pada ruangan tertutup menggunakan Logika Fuzzy metode Sugeno ini mampu bekerja dengan baik. Ketika system mendeteksi panas dan asap  maka pompa air, alarm atau kipas yang terhubung ke relay akan bekerja.Sensor suhu mendeteksi panas mulai 15 derajat sampai 60 derajat, sedangkan suhu yang dianggap bahayaa dalah 31 derajat. Sensor asap mendeteksi kumpulan asap mulai 0ppm sampai 100ppm, kumpulan asap yang dianggap bahayaa dalah 36ppm. Diharapkan prototipe ini dapat menjadi patokan untuk penelitian selanjutnya. Kata kunci— Kebakaran, Arduino, Logika Fuzzy, Metode Sugeno, Mikrokontroler.Peristiwa kebakaran dapat terjadi di tempat umum maupun di perumahan. Tingkat kerugian yang dihasilkan oleh bencana kebakaran tentunya sangat besar. Kebakaran yang dapat diatasi, dapat meminimalkan kerugian yang terjadi apabila diketahui gejala-gejala akan terjadi kebakaran sejak dini.Untuk itu dibuatlah suatu prototipe sistem pendeteksi asap dan suhu agar kerugian materiil maupun nonmateriil dapat dihindari. Metode inferensi Fuzzy yang digunakan yaitu metode Sugeno. Metode Sugeno digunakan sebagai dasar pemikiran untuk penentuan keluaran dari sistem ini, baik itu berupa alarm, pompa air ataupun kipas. Hasil pengujian   menunjukkan  bahwa prototipe sistem pendeteksi asap dan panas pada ruangan tertutup menggunakan Logika Fuzzy metode Sugeno ini mampu bekerja dengan baik. Ketika system mendeteksi panas dan asap  maka pompa air, alarm atau kipas yang terhubung ke relay akan bekerja.Sensor suhu mendeteksi panas mulai 15 derajat sampai 60 derajat, sedangkan suhu yang dianggap bahayaa dalah 31 derajat. Sensor asap mendeteksi kumpulan asap mulai 0ppm sampai 100ppm, kumpulan asap yang dianggap bahayaa dalah 36ppm. Diharapkan prototipe ini dapat menjadi patokan untuk penelitian selanjutnya. Kata kunci—Kebakaran, Arduino, Logika Fuzzy, Metode Sugeno, Mikrokontroler.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PESTISIDA PADA TANAMAN JAGUNG BISI 2 MENGGUNAKAN METODE CBR Yaseruddin, Yaseruddin; Sarita, Muh. Ihsan; Sutardi, Sutardi
semanTIK Vol 1, No 2 (2015): semanTIK
Publisher : Informatics Engineering Department of Halu Oleo University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.4 KB)

Abstract

Pemilihan pestisida pada tanaman Jagung Bisi 2 sudah menjadi hal yang seharusnya dilakukan untuk mengefisienkan hasil tanam. Pemilihan pestisida biasanya dilakukan dengan menggunakan pestisida yang tersedia namun tidak tepat penggunaannya, sehingga mengakibatkan hasil panen yang kurang maksimal. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam pemilihan pestisida pada tanaman Jagung Bisi 2 dengan memberikan informasi tentang penggunaan pestisida pada tanaman Jagung Bisi 2 berdasarkan gejala-gejala yang terlihat pada tanaman, serta cuaca dan kondisi tanah yang pada lokasi penanaman Jagung Bisi 2. Dengan menggunakan metode Case Based Reasoning (CBR)  sistem ini dapat memberi informasi kepada pengguna tentang penggunaan pestisida yang tepat pada tanaman Jagung Bisi 2, sehingga dapat digunakan oleh pelajar atau mahasiswa yang sedang melakukan penelitian atau belajar dibidang pestisida pada tanaman Jagung Bisi 2. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Metode Case Based Reasoning (CBR) dan Pestisida.
PENERAPAN METODE LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) DALAM PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME MONOPOLI EDUKASI UNTUK TOKOH PAHLAWAN NASIONAL Marwan, Ady; Sutardi, Sutardi; Ramadhan, Rahmat
semanTIK Vol 3, No 1 (2017): semanTIK
Publisher : Informatics Engineering Department of Halu Oleo University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (939.551 KB)

Abstract

Kurangnya media pendukung dalam memperkenalkan Tokoh Pahlawan Nasional membuat masyarakat kurang mengenal Tokoh Pahlawan mereka sendiri, hal ini disebabkan kebanyakan masyarakat hanya mengenal Pahlawan yang umum diketahui. Padahal semua Pahlawan telah memberikan jasa bahkan nyawa mereka demi bangsa Indonesia, untuk itu diperlukan media yang tepat dalam memperkenalkan Tokoh Pahlawan Nasional, salah satunya melalui Game Monopoli Edukasi yang dapat memberikan informasi tentang Pahlawan Nasional.Metode pengacakan yang dapat dipakai adalah metode Linear Congruent Method (LCM) yang digunakan untuk mengacak pertanyaan pada game monopoli. Pada metode ini, akan terjadi perulangan pada periode tertentu atau setelah sekian kali pembangkitan, hal ini merupakan sifat dari metode tersebut sehingga penentuan konstanta sangat menentukan baik tidaknya bilangan acak yang diperoleh sehingga seakan-akan tidak terjadi perulangan pertanyaan yang sama.Berdasarkan hasil pengujian, metode pengacakan Linear Congruent Method (LCM) dapat diimplementasikan pada game Monopoli Edukasi untuk Tokoh Pahlawan Nasional. Pada penelitian ini tidak terjadi perulangan pertanyaan yang sama pada saat aplikasi dibuka kembali. Kata kunci— Game Edukasi, Linear Congruent Method (LCM), Pahlawan Nasional.
APLIKASI KOMPRESI FILE AUDIO MENGGUNAKAN ALGORITMA ARITHMETIC CODING Mutiara, Annisa Diah; Sutardi, Sutardi; Ramadhan, Rahmat
semanTIK Vol 2, No 1 (2016): semanTIK
Publisher : Informatics Engineering Department of Halu Oleo University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.672 KB)

Abstract

The process of data compression based on the fact that in almost all types of data are always there repetition in the data component has, for example, in a text sentence there will be redundancies letter alphabet of letters ܽ  through  ݖ. Compression of data through the encoding process seeks to eliminate the element of repetition  by  changing  it such that the data size becomes smaller. In this study, an audio  file  compression applications  is  making  by  using  Arithmetic Coding  algorithm. Unified Modelling Language (UML)  is used as system development tools. In making this application is emphasized to compress the audio file extension * .wav.  Compression application testing is done by examining the  files that have different sizes with a sample  rate and bitrate values are the same. It was concluded that the audio  file with a large size takes longer to perform the compression process. The compressed audio  files can not be executed before passing the decompression process that caused a change in the structure of the current audio file decompression process. Keywords—Compression, File Audio, Arithmetic Coding

Page 1 of 20 | Total Record : 194