cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Manajemen & Keuangan
Published by Universitas Samudra
ISSN : 2252844X     EISSN : 26151316     DOI : -
Jurnal Manajemen & Keuangan merupakan wahana hasil penelitian dan telaah konseptual dalam bidang manajemen dan keuangan, diterbitkan sejak tahun 2012 dan terbit 2 kali setahun pada bulan Mei dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 7 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN" : 10 Documents clear
ANALISIS BUDAYA ORGANISASI, PENGEMBANGAN KARIR DAN PENILAIAN KINERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT AKSARA SOLOPOS SURAKARTA Utami, Laras Cahya; Istiatin, Istiatin
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 7 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.566 KB) | DOI: 10.33059/jmk.v7i2.474

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisa adanya pengaruh budaya organisasi, pengembangan karir dan penilaian kinerja terhadap kepuasan kerja karyawan  PT Aksara Solopos Surakarta. Populasi berjumlah 185 orang dan diambil sampel 93 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan membagikan kuesioner kepada karyawan PT Aksara Solopos Surakarta. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa budaya organisasi, pengembangan karir dan penilaian kinerja mamiliki pengaruh pada kepuasan kerja karyawan. Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa variabel pengembangan karir ada pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Variabel penilaian kerja ada pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Sedangkan variabel budaya organisasi tidak ada pengaruh signfikan terhadap kepuasan kerja karyawan.
PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, DAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MARTABAK BRENGOS(D`MRONGOS) SOLO VERONIKA, ELZA; AY, Burhanudin; Aryati, Ida
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 7 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (870.948 KB) | DOI: 10.33059/jmk.v7i2.487

Abstract

ABSTRAKSI  Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh brand image, harga, dan produk terhadap loyalitas pelanggan Martabak Brengos (D`Mrongos). Bagaimana pengaruh variabel dependent terhadap variabel independent. Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan, untuk mencari tahu pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan, dan untuk mengetahui pengaruh produk terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan. Terdapat pengaruh produk terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan untuk variabel harga, tidak terdapat pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan.
PENGARUH PERSONAL SELLING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FITTING PIPA (ELBOW) PADA PT. SEKAWAN ABADI TEKNIK MEDAN Alisan, Alisan; sari, widya
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 7 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.634 KB) | DOI: 10.33059/jmk.v7i2.808

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa pengaruh personal selling dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian fitting pipa (elbow) studi kasus pada PT. Sekawan Abadi Teknik.  Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deksriptif kuantitatif dan metode analisis regresi linier berganda.  Populasi dama penelitian adalah merupakan toko-toko yang menjadi pelanggan perusahaan.  Sampel penelitian ini berjumlah 83 toko yang berada di kota Medan.  Hasil penelitian ini membuktikan bahwa personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana nilai thitung 3,501 > ttabel 1,99 dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana nilai thitung 6,349 > ttabel 1,99 serta secara simultan juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian fitting pipa elbow.    Implikasi dari penelitian ini bahwa PT.  Sekawan Abadi Teknik harus meningkatkan kemampuan personal selling perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan dan menjaga kualitas produk sesuai yang dijanjikan sehingga dapat meningkatkan pembelian pelanggan.
Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PT. Aceh Rubber Industries Kabupaten Aceh Tamiang indah, Dewi rosa; Maulida, Zenitha
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 7 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.321 KB) | DOI: 10.33059/jmk.v7i2.814

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian persediaan bahan baku yang dilakukan oleh PT. Aceh Rubber Industries Kabupaten Aceh Tamiang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari catatan perusahaan selama satu tahun (Januari - Desember 2016). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Economic Order Quantity (EOQ), yang bertujuan untuk mengetahui pemesanan paling paling ekonomis, Total Inventory Cost (TIC), Safety Stock (SS), dan Re Order Point (ROP). Hasil penelitian yang diperoleh adalah pembelian bahan baku yang optimal menurut kebijakan perusahaan yaitu sebesar 113.631 kg dengan frekuensi pemesanan sebanyak 48 kali dalam satu tahun, sedangkan berdasarkan metode EOQ yaitu sebesar 346.588 kg dengan frekuensi pemesanan sebanyak 16 kali dalam satu tahun. Total biaya persediaan menurut kebijakan perusahaan adalah sebesar Rp 4.097.678, sedangkan berdasarkan metode EOQ sebesar Rp 2.426.466. Persediaan pengaman (Safety Stock) menurut kebijakan perusahaan tidak ada, sedangkan menurut metode EOQ adalah sebesar 200.693 kg. Titik pemesanan ulang (Re Order Point) menurut kebijakan perusahaan tidak ada, sedangkan menurut metode EOQ adalah sebesar 323.067 kg.
Analisis Piutang Tak Tertagih Pada PT Astra International Tbk Munandar, Aris
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 7 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (916.69 KB) | DOI: 10.33059/jmk.v7i2.859

Abstract

Penelitian bertujuan untung menganalisis besarnya piutang tak tertagih pad PT Astra Internasional Tbk dari tahun 2012 sampai 2016. Jenis penelitian yang dilakukan deskriptif dengan menggunakan data primer. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis piutang tak tertagih dan uji ­t-test one sample. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa piutang tak tertagih PT Astra Interanasional Tbk rata – rata selama 5 tahun terakhir sebesar 3,36 % yang berarti masuk dalam kategori besar. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa piutang tak tertagih pada PT Astra International Tbk lebih dari 3% dari yang diharapkan. Saran untuk kesempurnaan penelitian selanjutnya adalah diharapkan menambah tahun penelitian dan menggunakan data terbaru dan dapat melakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor yang menyebabkan terjadinya penunggakan pembayaran yang mengarah kepada piutang tak tertagih.
ANALISIS ONE VILLAGE ONE PRODUCT (OVOP) TERHADAP PENGHASILAN TENAGA KERJA WANITA DI KOTA BANDA ACEH Nailufar, Fanny
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 7 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.546 KB) | DOI: 10.33059/jmk.v7i2.869

Abstract

Program One Village One Product (OVOP) merupakan salah satu program yang dijalankan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Banda Aceh yang diluncurkan sejak tahun 2016 dengan tujuan agar setiap desa/gampong mampu memanfaatkan potensi lokal daerah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untu dapat mengetahui perbedaan tingkat penghasilan tenaga kerja wanita pada Unit Usaha Produk Unggulan Gampong di Kota Banda Aceh sebelum adanya pembinaan dari program OVOP dan setelah adanya pembinaan dari program OVOP. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer (Primary data) dan data sekunder (secondary data). Data primer dengan melakukan wawancara terhadap responden yaitu tenaga kerja wanita serta menggunakan daftar pertanyaan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Banda Aceh, Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Provinsi Aceh dan instansi terkait lainnya. Responden dalam penelitian ini adalah angkatan kerja wanita yang bekerja pada unit usaha produk unggulan gampong di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dianalisa dengan menggunakan model analisis paired sampel t-test, yaitu menganalisis uji beda penghasilan tenaga kerja wanita sebelum adanya program OVOP dan setelah adanya program OVOP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan yang diberikan melalui program OVOP memberikan dampak yang signifikan namun  relatif sangat kecil terhadap penghasilan tenaga kerja wanita produk unggulan gampong yang menjadi UMKM binaan OVOP. Hal tesebut menujukkan bahwa program OVOP di Kota Banda Aceh belum memberikan dampak yang memuaskan bagi UMKM binaan OVOP.Menurut responden adapun indikator yang paling penting yang mereka butuhkan adalah fasilitas permodalan, fasilitas HKI dan kegiatan promosi serta pameran. Oleh karena itu diharapkan pihak terkait dapat menfokuskan pembinaan melalui program OVOP dengan memaksimalkan  ketiga indikator tersebut agar dapat memberikan dampak bagi penghasilan responden UMKM binaan OVOP
Analisis Literasi Keuangan Terhadap Keberlangsungan Usaha Kuliner Kota Medan Panggabean, Fitri Yani; Dalimunthe, Muhammad Bukhori; Aprinawati, Aprinawati; Napitupulu, Bangun
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 7 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.422 KB) | DOI: 10.33059/jmk.v7i2.872

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis literasi keuangan terhadap keberlangsungan usaha kuliner. Subjek penelitian merupakan usaha kuliner khas dan beroperasi lebih dari 5 tahun di Kota Medan, sehingga diperoleh 30 usaha kuliner. Pengujian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha kuliner. Para manajer dan karyawan memahami pentingnya literasi keuangan dalam strategi pengembangan usaha. Sikap dan perilaku literasi yang ditunjukkan oleh mereka diatas rata-rata untuk menunjang keberlangsungan usaha. Literasi keuangan yang tepat dan baik memberikan dampak keberlansungan usaha kuliner yang masih tetap dapat bersaing dipasar dalam waktu yang cukup lama, sehingga para pelaku usaha kuliner masih tetap eksis sampai saat ini.
Aliran Penanaman Modal Asing dan Dampaknya terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Amiruddin, Amiruddin
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 7 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.053 KB) | DOI: 10.33059/jmk.v7i2.912

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak aliran penanaman modal asing terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia sejak 2004-2017. Metode yang digunakan dalam studi ini merupakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang bersumber dari publikasi World Bank. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, aliran PMA berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan nilai koefisien determinasi dapat menjelaskan 57,9 persen variasi dalam model ini, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel di luar model penelitian ini. Sesuai dengan penelitian terdahulu dan hasil temuan ini, menunjukkan bahwa aliran PMA merupakan salah satu determinan penting yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk terus berupaya mewujudkan terciptnya iklim investasi yang kondusif, sehingga dapat mendorong investor memiliki ketertarikan berinvestasi di Indonesia.
Gerakan OVOP di Kota Banda Aceh Mutia, Ratna; Aswadi, Khairul; Mardhani, Martahadi; Elidar, Elidar
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 7 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1191.586 KB) | DOI: 10.33059/jmk.v7i2.916

Abstract

Studi ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengembangan produk OVOP di Kota Banda Aceh. Kota Banda Aceh merupakan daerah pertama di Provinsi Aceh yang telah mengembangkan produk industri kreatif melalui pendekatan OVOP. Temuan ini menunjukkan bahwa, pada tahun 2016 telah diidentifikasi sebanyak 368 produk dari 90 gampong. Proses produksi masih dilakukan secara manual, menggunakan mesin semi otomatis hingga mesin otomatis. Pemasaran produk juga telah dilakukan dengan menggunakan berbagai saluran pemasaran, baik dipasarkan sendiri oleh pemiliknya langsung, melalui agen auat distributor, maupun secara online. Di samping itu, wilayah pemasarannya telah menjangkau pasar dalam provinsi, pasar nasional, dan luar negeri. Temuan penting lainnya adalah sebagian besar industri tersebut belum memiliki izin usaha dan izin edar. Diperlukan partisipasi aktif untuk bersinergi dari pemerintah, dunia usaha, dan perguruan tinggi dalam mendorong pengusaha tersebut supaya mampu memproduksi produk lokal yang berdaya saing tinggi dan berkelanjutan.
Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro Daud, Zikriatul Ulya
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 7 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.755 KB) | DOI: 10.33059/jmk.v7i2.981

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan promosi secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari 53 orang responden. Data dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji t dan  uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh Ajusted R Square sebesar 42,3% variabel produk, promosi dan harga  memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian rumah pada Green Avina di Birem Puntong Langsa Baro dan sisanya sebesar 57,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini seperti lokasi dan fasilitas. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro

Page 1 of 1 | Total Record : 10