cover
Filter by Year
Jurnal Manajemen & Keuangan
Published by Universitas Samudra
Jurnal Manajemen & Keuangan merupakan wahana hasil penelitian dan telaah konseptual dalam bidang manajemen dan keuangan, diterbitkan sejak tahun 2012 dan terbit 2 kali setahun pada bulan Mei dan November.
Articles
58
Articles
PENGARUH PELATIHAN, REWARD, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT KUSUMAHADI SANTOSA KARANGANYAR

Pawastri, Nur, Istiatin, Istiatin, Kustiah, Eny

Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 7 No 1 (2018): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, reward, dan kepuasan kerja baik secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT Kusumahadi Santosa Karanganyar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah semua karyawan PT Kusumahadi Santosa yang berjumlah 700 orang dan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan program SPSS 23 for windows, diketahui bahwa Fhitung sebesar 18,786 secara bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelatihan, reward, dan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. Sedangkan hasil thitung variabel pelatihan 4,592 mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan, variabel reward sebesar 1,074 tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan, dan variabel kepuasan kerja 2,057 mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan.  

Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Perpindahan Merek (Studi Kasus pada Produk Oriflame di Kota Langsa)

Meutia, Rahmi

Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 6 No 2 (2017): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan perpindahan merek oriflamme di kota langsa. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen yang sebelumnya tidak memakai oriflamme kemudian berpindah menggunakan oriflamme. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Y= 2,183 + 0,152X1 + 0,323X2 +  0,009X3. Hasil uji t menunjukkan secara parsial hanya variabel kualitas produk yang memiliki pengaruh signifikan terhadap perpindahan merek. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel bebas mempunyai pengaruh signifikan terhadap perpindahan merek. Nilai Adjusted R square didapat sebesar 8%, sedangkan sisanya sebesar 92% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Pengaruh Antara Rasio Kecukupan Modal (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR), dan Rasio Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Kinerja Profitabilitas Industri Perbankan

zulfahri, budi

Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 6 No 2 (2017): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The influence between Capital Adequancy Radio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Operating Cost To Operating Income Ratio on Profitability Performance of Banking Industry. Contribution of banking is very important to encourage economic development especially to increase industry. The important of contribution of bank to economic growth make many parties more concern about profitability performance of banking. Because of that objectives of the research are to know how the influence some of financial ratio which is represented by Capital Adequancy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Operating Cost To Oprating Income Ratio on Profitability Performance that proxy by WA. The banking population in this research using all of general banking in Indonesia in 2008 amont 123 banking. This research using purposive sampling method to choose “My sample and based on the criteria, has known that 65 banks in Indonesia have a good financial ratio. The research used multiple regression analysis that have been access in normality test and assumption classic test. Based on the results of data hypothesis shoes that LDR has significantly and positively relation on ROA but BOPO has significantly and negatively relation on ROA. Whereas CAR has no significantly on ROA. The contribution of CAR, LDR, and, BOPO influenceses are 69,6% and the remained is influenced by the other factors which is no described.

Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Konsumen pada Produk Kosmetik Pixy (Studi Kasus pada Mahasiswi Universitas Samudra)

Dewi, Meutia

Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 6 No 2 (2017): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek (karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen merek) terhadap loyalitas konsumen pada produk kosmetik Pixy. Persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Y = 2,866 + 0,202 X1 + 0,179 X2 + 0,488 X3. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,72 berarti bahwa karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen merek mempengaruhi loyalitas konsumen pada produk kosmetik Pixy sebesar 72,00 % dan sisanya 28,00 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa variabel karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada produk kosmetik Pixy. Dari hasil uji F dapat dinyatakan bahwa variabel karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada produk kosmetik Pixy dapat diterima.

Penggunaan Metode Inkuiri pada Mata Kuliah Statistik Ekonomi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

AMILIA, SURI

Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 6 No 2 (2017): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Metode pembelajaran adalah siasat dosen dalam mengefektifkan, mengefisienkan serta mengoptimalkan fungsi dan interaksi antara mahasiswa dengan komponen pembelajaran dalam suatu kegiatan peembelajaran untuk mencapa tujuan pembelajaran untuk mencapai tujuan pengajaran. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 43 orang yang merupakan mahasiswa tingkat II EKM A Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra Tahun Akademik 2016/2017. Metode analisis data dengan menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari 43 mahasiswa mata kuliah Statistik Ekonomi terdapat 15 mahasiswa memperoleh nilai diatas 85 (34,8%) dan 13 mahasiswa mamperoleh nilai diatas 70 (30,2%). Secara umum nilai rata-rata kelulusan adalah B (75,81) sebesar 65%.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Baru Memilih Program Studi padaFakultas Ekonomi Universitas Samudra

sah, Syardian

Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 6 No 2 (2017): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor dominan apa saja yang mempengaruhi mahasiswa baru memilih program studi pada Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Faktor-faktor yang diindikasikan memiliki pengaruh terdiri dari 4 faktor yang terdiri dari faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi. Dari ke 4 faktor-faktor tersebut dijabarkan kedalam 12 faktor yang telah lulus uji validitas dan reabilitas yang terdiri dari faktor kebudayaan karena adanya muatan lokal, faktor kebudayaan karena pengaruh dari lingkungan tempat tinggal, faktor kebudayaan karena persamaan segi budaya dan lingkungan, faktor kebudayaan karena dapat bermanfaat bagi pengembangan budaya dan lingkungan, faktor  sosial karena komunitas lingkungan sepermainan dan teman sekolah, faktor sosial karena pendapat anggota keluarga  dan faktor  sosial karena status keluarga dalam masyarakat, factor pribadi karena pendapatan orang tua, faktor pribadi karena melihat keberhasilan lulusannya, faktor psikologi karena meningkatkan status sosial, faktor psikologis karena mudahnya penyelesaian studi, dan faktor psikologis karena tenaga pengajar (Dosen) yang berkualitas. Dari hasil pengolahan data dan pembahasan diperoleh bahwa ke dua belas faktor yang dianggap menjadi faktor-faktor mahasiswa baru memilih program studi pada Fakultas Ekonomi Universitas Samudra terdapat 5 faktor dominan yang sangat mempengaruhi yaitu faktor budaya karena adanya muatan lokal, pengaruh lingkungan tempat tinggal, persamaan segi budaya dan lingkungan, pengembangan budaya dan lingkungan dan faktor sosial karena komunitas lingkungan sepermanian dan teman sekolah.

Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa

Yunaida, Erni

Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 6 No 2 (2017): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image (Citra Merek) terhadap loyalitas konsumen produk oli pelumas evalube di kota Langsa. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 96 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Uji hipotesis yang dilakukan melalui uji parsial (uji t), dan uji koefisien determinasi (R2).Hasil uji t, brand image (citra merek) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen produk oli pelumas evalube di kota Langsa Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,375 atau 37,5% yang artinya variabel brand image (citra merek) memberikan pengaruh terhadap loyalitas konsumen sebesar 37,5% dan sisanya 62,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Depot Air Minum Isi Ulang Tirta Tamiang di Kecamatan Tenggulun

safrizal, safrizal

Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 6 No 2 (2017): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian) secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada depot air minum isi ulang Tirta Tamiang di Kecamatan Tenggulun. (2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian) secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada depot air minum isi ulang Tirta Tamiang di Kecamatan Tenggulun. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen air isi ulang berdasarkan catatan pihak depot air minum isi ulang Tirta Tamiang dari Januari 2016 sampai Desember 2016 yang jumlahnya 936 konsumen. Hasil analisis data yaitu KK = 2,193 + 0,065BF + 0,166K + 0,032DT + 0,075J + 0,164E. Koefisien determinasi (Adjusted R Square) yaitu 0,219. Artinya, bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati mempengaruhi kepuasan konsumen pada depot air minum isi ulang Tirta Tamiang sebesar 21,9%.  

Pengaruh Positioning terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Kota Langsa

Mauliansyah, Roni

Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 6 No 2 (2017): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh positioning terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Langsa. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana, uji t dan analisis koefisien determinasi. Dari analisis data diperoleh persamaan regresi linear sederhana yaitu KP = 2,232 + 0,505P. Nilai konstanta yaitu 2,232 yang berarti jika positioning bernilai 0 maka keputusan pembelian adalah sebesar 2,232 satuan. Nilai koefisien regresi positioning mempunyai pengaruh positif yang berarti jika positioning meningkat sebesar satu satuan maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,505 satuan. Dari analisis koefisien determinasi diketahui bahwa positioning  mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Langsa sebesar 35,0% sementara sisanya 65,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti promosi dan harga. Positioning berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Langsa yang dibuktikan dari hasil uji t dimana diperoleh t sig 0,000 < 0,05sehingga hipotesis diterima.

Pengaruh Label Halal dan Bonus dalam Kemasan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kinder Joy pada Masyarakat Kota Langsa

Bulan, Tengku Putri Lindung, Fazrin, Khairul, Rizal, Muhammad

Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 6 No 2 (2017): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal dan bonus dalam kemasan secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada produk Kinder Joy pada masyarakat Kota Langsa. Berdasarkan hasil uji t variabel label halal dan bouns dalam kemasan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Kinder Joy pada masyarakat Kota Langsa. Hasil uji F, secara simultan label halal dan bonus dalam kemasan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelianpada produk Kinder Joy pada masyarakat Kota Langsa..