cover
Filter by Year
Creative Information Technology Journal
ISSN : -     EISSN : -
Creative Information Technology Journal (CITEC) merupakan jurnal yang berisi hasil penelitian ilmiah di bidang ilmu komputer, teknik komputer, informatika, sistem informasi, dan teknik industri. Jurnal ini bertujuan untuk menjembatani adanya kesenjangan antara kemajuan teknologi informasi secara faktual dengan hasil penelitian yang ada.
Articles
112
Articles
Pemanfaatan M-Retailing dengan Dukungan Layanan Cash on Delivery pada Swalayan

Gat, Gat

Creative Information Technology Journal Vol 4, No 4 (2017): Agustus-Oktober
Publisher : UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.97 KB)

Abstract

Mengkombinasikan bisnis dengan penerapan teknologi informasi sudah menjadikebutuhan pasar diera digitalisasi saat ini. Penggunaan teknologi mobile dalam mendukungkegiatan bisnis sudah menjadi tren diaat banyak orang memiliki mobilitas sangat tinggi. Berbelanja menggunakan perangkat mobile sudah menjadi hal yang biasa dikalangan masyaratkat, namun penggunaan perangkat mobile untuk kegiatan berbelanja kebutuhan seharihari di pasar swalayan masih belum terlihat. Seharusnya ini bisa dijadikan sebagai inovasi baru bagi pemilik bisnis pasar swalayan dalam rangka meningkatkan layanan yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sistem mobile retailing yang dapat dipergunakan untuk berbelanja pada pasar swalayan. Sistem ini hanya dapat dipergunakan bagi masyarakat yang menggunakan perangkat smartphone. Dengan menggunakan Jquery Mobile Framework dan Web service, penelitian ini berhasil menghadir sistem mobile retailing dimana dengan sistem ini masyarakat dapat menggunakannya untuk memesan barang yang ada di salah satu toko swalayan. Metode pembayaran yang berlaku adalah Cash On Delivery dimana pembayaran dilakukan secara langsung oleh konsumen setelah konsumen mendapatkan barang yang dipesan dengan baik. Pembayaran jasa antar barang ke konsumen diluar sistem ini dan menjadi tanggung jawab pemilik usaha.Kata Kunci — Retailing, Web Service, Mobile, Smartphone, SistemCombine business with the application of information technology has become a market need in the current era of globalization. Then use of mobile technology in business support become a trend where people have highest mobilization. Shopping using mobile devices has become commonplace in society, yet the use of mobile devices for daily shopping activities in supermarket is still not visible. This should be a new innovation for supermarket business owners in order to improve the broader service. The goal of this research is to produce a mobile retailing system which can be used for shopping at supermarket. This system can only be used for society who utilize the smartphone. Using JQuery Mobile Framework and web service, this research succeeded in produce mobile retailing system where with this system people can use it to order goods in one of the supermarkets. Cash On Delivery is the paying method used where the customers pay it directly after having the goods ordered good condition. Payment of intercompany services to consumers outside this system and the responsibility of the business owner.Keywords — Retailing, Web Service, Mobile, Smartphone, System

Penerapan Viewboard Status Validasi Berbasis Yii Framework Pada PESSTA+ Di Perguruan Tinggi

Rahardja, Untung, Handayani, Indri, Syoifana, Yoyo

Creative Information Technology Journal Vol 4, No 4 (2017): Agustus-Oktober
Publisher : UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.615 KB)

Abstract

Dengan perkembangan yang sangat pesat di dunia telekomunikasi yang di tandai dengan era digital, lebih tepatnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian mengacu pada sistem PESSTA+(Penilaian Sidang Skripsi dan Tugas Akhir Plus), PESSTA+ merupakan system yang di gunakan sebagai media submit validasi penilaian objektif sebagai persyaratan sidang Skripsi, dapat di akses dimana saja dan kapan saja. Bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan 10 poin penilaian objektif. Perlu adanya data untuk menggambarkan pengukuran performa pada suatu system, agar dapat di rasakan manfaatnya dari system tersebut. Viewboard merupakan sistem aplikasi yang dapat memonitoring ataupun menampilkan sebuah informasi dalam bentuk grafik sehingga memudahkan pengguna dalam mengendalikan dan menetapkan tujuan yang akan di capai. Selain itu Viewboard juga dapat di jadikan sarana untuk mengevaluasi proses pada sistem yang berjalan saat ini. Dengan adanya Viewboard di harapkan dapat memecahkan permasalahan yang ada sebelumnya yaitu memberikan informasi mengenai performa mahasiswa pada status validasi penilaian objektif di sistem PESSTA+. Kata Kunci— Penilaian Objektif, PESSTA+, Validasi, Viewboard

Sistem Komputerisasi Untuk Pencatatan Laporan Asuhan Keperawatan Untuk Mahasiswa Ilmu Keperawatan

Tuharea, Novan Aries, Payung, Darpianto Sampe, Purnawinadi, I Gede, Rotikan, Reymon

Creative Information Technology Journal Vol 4, No 4 (2017): Agustus-Oktober
Publisher : UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.002 KB)

Abstract

Proses keperawatan tidak terlepas dari peran seorang perawat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dalam memberikan layanan kesehatan terhadap pasien. Salah satu hal yang penting dalam proses keperawatan adalah membuat dokumentasi. Hal ini menjadi penting oleh karena dokumentasi asuhan keperawatan atau proses keperawatan merupakan dokumen yang mencatat tindakan yang dilakukan oleh perawat terhadap pasien. Namun dengan beban kerja yang cukup tinggi membuat banyak perawat tidak dapat menyusun dokumentasi asuhan keperawatan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah metode pencatatan asuhan keperawatan dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat sebuah aplikasi komputer. Adapun dalam penelitian ini menggunakan mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Klabat sebagai objek penelitian, dengan pertimbangan kemudahan dalam melakukan observasi dan wawancara untuk mengetahui kebutuhan dalam pengembangan aplikasi. Aplikasi yang dikembangkan mengikuti standar asuhan keperawatan dari NANDAInternational. Adapun hasil penelitian menunjukkan penggunaan aplikasi dalam membuat dokumentasi dan laporan asuhan keperawatan memberikan kemudahan bagi mahasiswa, dimana dapat mempersingkat waktu penyusunan laporan. Dan walaupun penelitian ini menggunakan mahasiswa sebagai objek penelitian, namun hasil penelitian juga dapat digunakan oleh perawat yang bekerja di Rumah Sakit.Kata Kunci — laporan, asuhan keperawatan, sistem terkomputerisasiThe nursing process is inseparable from the role of a nurse in carrying out its duties and responsibilities in providing health services to patients. One of the things that are important in the nursing process is to make the documentation or the nursing care plan. This is important because this documentation is a document that records the actions taken by nurses to patients. However, the workload is high enough for a nurse to be able to make the documentation.Therefore, in this study an attempt has been made to create a reporting tools for nursing care plan by utilizing information technology with creating a computer application. As in this study, the students at the Faculty of Nursing, Universitas Klabat are becoming the research object, with consideration of ease of observation and interviews to assess the needs in application development. The developed application follows the standards of nursing care documentation of NANDA-International. The research results indicate, that the use of applications in creating nursing care plan report provides convenience for students, which can shorten the time ofpreparation of the report. And although in this study using nursing students as research the object, but the computer application can also be used by nurses who are working at the hospital.Keywords — reporting, nursing care plan, computer-based system

Pengaruh E-Marketing dan E-CRM terhadap Loyalitas Nasabah Menggunakan Internet Banking Bank Syariah Mandiri

Fitriana, Ana

Creative Information Technology Journal Vol 4, No 4 (2017): Agustus-Oktober
Publisher : UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.655 KB)

Abstract

Untuk semakin meningkatkan layanan kepada nasabah, Bank Syariah Mandiri memanfaatkan teknologi internet yang mempermudah pihak bank melayani nasabah mereka selama 24 jam non stop dengan mengusung BSMnet sebagai internet banking. Kehadiran internet memfasilitasi pihak bank untuk melakukan pemasaran dan pelayanan secara elektronik. BSMnet diharapkan dapat memaksimalkan layanan perbankan Bank Syariah Mandiri kepada nasabahmereka di Pontianak khususnya. Maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-Marketing dan e-CRM pada BSMnet terhadap e-Loyalty nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Pontianak, sehingga dalam penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu eMarketing (X1), e-CRM (X2) dan Perilaku Pembelian e-Loyalty (Y). Untuk menjawab tujuan penelitian dilakukan analisa secara eksplanasi-asosiatif dengan uji regresi linier berganda. Penelitian dilakukan terhadap 75 responden nasabah Bank Syariah Mandiri, dimana penarikan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Hasil analisis uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel e-Marketing (X1), e-CRM (X2) berpengaruh positif terhadap eLoyalty nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Pontianak baik secara parsial (sendiri-sendiri) maupun simultan (bersama sama) meskipun perannya belum menunjukkan pengaruh yang tinggi. Kata Kunci — e-Marketing, e-CRM, e-LoyaltyTo further improve the services to customers, Syariah Mandiri Bank make uses of the internet technology to simplify the bank services to their customers within 24 hours non-stop with BSMnet supported as internet banking. The present of internet facilitates the bank to do marketing and electronic service. BSMnet is expected to maximize the banking services of Syariah Mandiri Bank to their customers especially in Pontianak. Then the purpose of this study is to figure out the influence of e-marketing and e-CRM in BSMnet to Syariah Mandiri Bank e-loyalty customers branch of Pontianak, then there are 3 variables, namely e-marketing (X1), e-CRM (X2), and behaviour of purchasing e-loyalty (Y). To answer the goals of this study then associative explanatory analysis is conducted with multiple linear regression test. 79 Syariah Mandiri Bank customers become the respondents in this study, where the sampling is done by purposive sampling method. The result of associatve explanatory analysis with multiple linear regression test indicates that e-marketing (X1) and e-CRM (X2) varibles influence positively to e-loyalty of Syariah Mandiri Bank branch of Pontianak both partially or simultaneously although the role has not indicated the high influence.Keywords — e-Marketing, e-CRM, e-Loyalty

Analisa Perbandingan Jenis N-GRAM Dalam Penentuan Similarity Pada Deteksi Plagiat

Pratama, Zudha, Utami, Ema, Arief, M. Rudyanto

Creative Information Technology Journal Vol 4, No 4 (2017): Agustus-Oktober
Publisher : UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.533 KB)

Abstract

Dampak.akses informasi yang mudah membuat tindakan plagiasi makin marak. Tindakan tersebut dapat dicegah dengan menggunakan sistem deteksi plagiat. Sistem tersebut dapat dibangun dengan menggunakan konsep similarity dengan algoritma rabin-karp sebagai string matchingnya dan n-gram sebagai metode parsingnya. Penelitian terdahulu menggunakan kedua algoritma tersebut menunjukkan hasil sistem yang cukup baik untuk deteksi plagiat. Kemudian hasil penelitian dari luar negeri ada yang melakukan hal serupa mengenai deteksi plagiat serta menghasilkan penemuan baru misalnya cross-language similarity. Selain itu ada temuan faktafakta baru mengenai deteksi plagiat dengan berbagai cara pengujian serta penggabungan berbagai metode yang sudah ada untuk perbaikan hasil deteksi. Sedangkan tujuan kami pada penelitian ini adalah membandingkan metode parsing untuk mengetahui metode parsing yang mana yang dapat memberikan hasil paling cepat dan masih dalam nilai akurasi yang wajar. Kami sebagai kontrol ukuran akurasi kami menggunakan plagiarism checker x free. Kami menggunakan aplikasi tersebut untuk menentukan akurasi instrumen uji kami menggunakan selisih similarity aplikasi ini dengan instrumen uji kami. Hasilnya kami menemukan fakta jika ngram word memiliki akurasi yang paling optimal dibanding n-gram yang lain dan masih relatif paling cepat dibanding lainnya.Kata Kunci — perbandingan, ngram, similarity text, deteksi plagiat The impact of easy information access makes plagiarism more and more prevalent. Such action can be prevented by using a plagiarism detection system. The system can be constructed using the concept of similarity with the rabin-karp algorithm as its matching string and n-gram as its parsing method. Earlier studies using both algorithms show good system results for plagiarism detection. Then the results of research from abroad have done the same about the detection of plagiarism and produce new inventions such as cross-language similarity. In addition, there are new facts about plagiarism detection by various testing methods and incorporating existing methods for improving the detection. While our goal in this study is to compare the method of parsing to find out which parsing method that can provide the fastest results and still in a reasonable accuracy value. We measure our accuracy as accurate using plagiarism checker x free. We use the application to determine the accuracy of our test instruments using the similarity difference of this application with our test instruments. We found that n-gram word has the most optimal accuracy compared to other n-grams and is still relatively fastest compared to others.Keywords — comparison, ngram, similarity text, plagiarism detection

Mendeteksi Kerentanan Keamanan Aplikasi Website Menggunakan Metode Owasp (Open Web Application Security Project) Untuk Penilaian Risk Rating

Ghozali, Bahrun, Kusrini, Kusrini, Sudarmawan, Sudarmawan

Creative Information Technology Journal Vol 4, No 4 (2017): Agustus-Oktober
Publisher : UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.261 KB)

Abstract

Mendeteksi kerentanan keamanan aplikasi berbasis website adalah hal yang penting, dan dapat memperkirakan resiko yang ada terhadap keberlangsungan suatu bisnis.  Terjadinya transisi bisnis tradisional ke dalam lingkup aplikasi berbasis website dimanfaatkan oleh beberapa pelaku kejahatan dunia maya dengan tujuan mencuri informasi rahasia pengguna demi keuntungan pribadi. Walaupun para developer sudah mencari permasalahan keamanan dengan menggunakan code review atau uji penetrasi. Terkadang masalah tidak akan ditemukan hingga aplikasi sudah masuk tahap produksi bahkan hingga aplikasi sudah diretas. Penelitian ini akan menerapkan  mekanisme metode asesmen resiko pada sistem informasi harga komoditas utama yang dibangun oleh PT.Gitsolution. Dimana sistem tersebut merupakan informasi harga pokok untuk kehidupan sehari-hari yang dikelola oleh salah satu instansi pemerintah yang ada di Indonesia. Untuk mengetahui tingkat resiko pada sistem informasi harga komoditas utama menggunakan metode Open Web Application Security Project (OWASP) Risk Rating untuk mendeteksi kerentanan keamanan pada aplikasi berbasis website. Penelitian ini menghasilkan tingkat resiko pada aplikasi berbasis website.Kata kunci— Vulnerability – OWASP, Risk Rating, Security Assessment.

Sistem Pengukuran Kinerja Manajemen Untuk Mengevaluasi Tujuan Perusahaan Menggunakan Model Balanced Scorecard Dan Gamification

Ramandita, Herda Dicky, Utami, Ema, Lutfi, Emha Taufik

Creative Information Technology Journal Vol 4, No 4 (2017): Agustus-Oktober
Publisher : UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.868 KB)

Abstract

Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus–menerus dengan memperoleh keuntungan dan atau laba bersih, baik yang diselenggarakan oleh orang perorangan maupun badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum, yang didirikan dan berkedudukan dalam wilayah negara RI. Kemajuan teknologi yang terus berkembang selalu memberikan perubahan – perubahan baru dalam meningkatkan kualitas dan kinerja suatu perusahaan, dalam era perkembangan teknologi yang semakin kompetitif perusahaan dituntut mampu menyusun menajemen strategis dalam rangka mengembangkan organisasinya agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang penting dalam mencapai tujuan perusahaan, Salah satu model pengukuran kinerja adalah Balance Scorecard. Balance Scorecard adalah pengukuran kinerja perusahaan yang modern dengan mempertimbangan empat perspektif (yang saling berhubungan) yang merupakan penerjemahan strategi dan tujuan yang diingin dicapai oleh suatu perusahaan, yang kemudian diukur dan dimonitor secara berkelanjutan. Model lain yang bisa diadopsi adalah Gamification, gamification merupakan integerasi game element kedalam sistem informasi atau aplikasi non-game. Sistem pengukuran kinerja menggunakan model Balanced Scorecard yang didukung dengan Gamification menjadikan model Balanced Scorecard lebih interaktif. Kata Kunci — kinerja manajemen, balanced scorecard, gamifikasiCompany is any form of business conducting activities on a regular basis and continuously, whether held by individuals or business entities which are legal entities or legal entities, established and domiciled within the territory of the Republic of Indonesia. Technological advancements are always evolving always provide new changes in improving the quality and performance of a company, in an era of increasingly competitive technological development companies are required able to arrange management in the framework of organizational development in order to survive and win. Balance Performance Scorecard is one of the important factors in achieving company goals. Balance Scorecard is a modern enterprise performance measurement with consideration of four perspectives (interconnected) which is a translation of strategy and goals desired by a company, which is then measured and monitored continuously. Another model that can be adopted is Gamification, gamification is an integeration game element in information systems or non-game applications. The Balanced Scorecard system is more interactive. The Balanced Scorecard model is more interactive. Keywords — performance managemet, balanced scorecard, gamification

Pemanfaatan Sistem iMe Berbasis WordPress sebagai Official Site RCEP pada Perguruan Tinggi

Rahardja, Untung, Handayani, Indri, Ningrum, Anggun Aditya

Creative Information Technology Journal Vol 4, No 3 (2017): Mei - Juli
Publisher : UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.228 KB)

Abstract

WordPress merupakan aplikasi sistem terbuka yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL yang dimana keduanya merupakan bagian dari perangkat lunak sistem terbuka. Dengan perkembangan teknologi informasi yang sedemikian canggih, Official Site RCEP dikembangkan dalam upaya mengoptimalkan sistem registrasi dan mendukung kegiatan TOEFL pada Perguruan Tinggi. Pemanfaatan sistem iMe (iLearning Media) berbasis WordPress ini diharapkan mampu membuat implementasi pada Official Site RCEP dapat berjalan dengan efektif dan efisien, dengan terintegrasi pada RinfoApps yang merupakan media cloud computing, salah satunya adalah penggunaan RinfoForm yang dapat digunakan sebagai media Registrasi TOEFL Online yang ada pada Official Site RCEP. Tahapan implementasi penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara kepada ketua pelaksana RCEP, serta metode studi pustaka. Selain sebagai media Registrasi TOEFL Online, Official Site RCEP juga digunakan sebagai wadah yang dapat memberikan informasi-informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan TOEFL secara online pada Perguruan Tinggi Raharja. Dengan adanya Official Site RCEP ini diharapkan mampu mengatasi berbagai persoalan yang sering dihadapi dari registrasi TOEFL yang berjalan secara manual seperti hilangnya data, rusaknya data pendaftar, dan ketidakefisienan waktu.WordPress is an open system application built using PHP programming languages and MySQL database where both are part of open system software. With such a sophisticated development of information technology, the Official Site RCEP is developed in an effort to optimize the registration system and support the TOEFL activity in Higher Education. The use of iMe (iLearning Media) system based on WordPress is expected to make the implementation on Official Site RCEP can run effectively and efficiently, integrated with RinfoApps which is a cloud computing media, one of which is the use of RinfoForm which can be used as an Online TOEFL Register medium on the Official Site of RCEP. Stages of implementation of this study using the method of observation, interviews to the chief executive of RCEP, as well as literature study method. In addition to being a medium of Online TOEFL Registration, Official Site RCEP is also used as a container that can provide information related to the implementation of TOEFL online at Raharja Higher Education. With the Official Site RCEP is expected to overcome many problems that often faced from registration that runs manually TOEFL such as loss of data, damaged data registrant, and inefficiency of time.

Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dalam Upaya Peningkatan Kualitas Objek Wisata

Yanto, Robi

Creative Information Technology Journal Vol 4, No 3 (2017): Mei - Juli
Publisher : UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.17 KB)

Abstract

Objek wisata adalah perwujudan dari ciptaan manusia, tata hidup, seni budaya serta sejarah bangsa dan tempat keadaan alam yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi. Potensi objek wisata yang ada di Kota Lubuklinggau saat ini belum dikelola secara maksimal, sehingga keberadaan objek wisata belum mendapatkan respon positif dari wisatawan yang berkunjung. Hal ini dapat dilihat dari menurunnya jumlah wisatawan yang berkunjung setiap tahunnya. Salah satu faktor menurunnya jumlah wisatawan yang berkunjung adalah sumber daya objek wisata yang kurang memadai. Untuk dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung tentunya dibutuhkan sistem pendukung keputusan peningkatan kualitas objek wisata. Dimana kriteria yang digunakan berdasarkan hasil wawancara di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yaitu daya tarik, aksesibilitas, akomodasi dan sarana pendukung. Sistem pendukung keputusan ini menerapkan metode Analitical Hierarchy Process dengan software pengujian expert choice. Penelitian ini mempunyai tujuan agar dapat mengurangi penilaian secara subyektif terhadap peningkatan kualitas objek, sehingga menghasilkan sistem penilaian yang tepat dan objektif terhadap objek wisata yang akan dikembangkan.Tourist attraction is the embodiment of human creation, lifestyle, art of culture and history of the nation and place of nature that has the attraction to visit. Potential tourist attraction in the city of Lubuklinggau is currently not managed optimally, so the existence of the attraction has not received a positive response from tourists who visit. This can be seen from the decreasing number of tourists who visit each year. One factor of the declining number of tourists visiting is the inadequate tourist attraction resources. To be able to increase the number of tourists visiting the course required a decision support system to improve the quality of tourist attractions. Where the criteria used based on the results of interviews at the Department of Culture and Tourism of attraction, accessibility, accommodation and supporting facilities. This decision support system applies Analytical Hierarchy Process method with expert choice test software. This research has a purpose in order to reduce the assessment subjectively to the improvement of the quality of the object, resulting in a precise and objective assessment system of the tourist attraction to be developed

Case Based Reasoning Diagnosis Penyakit Difteri dengan Algoritma K-Nearest Neighbor

Fatoni, Chavid Syukri, Noviandha, Friandy Dwi

Creative Information Technology Journal Vol 4, No 3 (2017): Mei - Juli
Publisher : UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.23 KB)

Abstract

Akhir tahun 2017, masyarakat Indonesia ramai dengan maraknya kematian pada anakanak dan orang dewasa akibat penyakit Difteri. Ditemukan sebanyak 12 orang meninggal dunia dari 318 kasus Difteri menurut catatan Dinas Kesehatan Jawa Timur. Padahal di tahun 2016 kasus Difteri di Jawa Timur tercatat sebanyak 4 orang meninggal dunia dari 209 kasus. Hal tersebut menjadi perhatian bagi pemerintah dan tercatat sebagai kejadian luar biasa (KLB). Kenaikan angka kasus Difteri ini disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi. Semakin banyaknya kasus Difteri yang terjadi dan minimnya pengetahuan masyarakat tentang Difteri, maka dibutuhkan suatu sistem pakar yang mampu membantu masyarakat maupun pemerintah dalam mendiagnosis penyakit Difteri. Penelitian mengenai Difteri ini menggunakan metode algoritma K-Nearest Neighbour (K-NN) dimana dilakukan perhitungan similaritas pada kasus lama dengan kasus baru. Penelitian penyakit Difteri ini disempurnakan dengan menggunakan penalaran berbasis kasus atau Cased Based Reasoning (CBR) agar hasil diagnosis lebih akurat. Output dari penelitian ini yaitu berupa hasil diagnosa penyakit Difteri berdasarkan gejala-gejala yang dialami dengan hasil akurasi pengujiannya sebesar 95,17%.End of 2017, the people of Indonesia enlivened so many of deaths in children and adults due to Diphtheria. Found 12 people died from 318 cases of Diphtheria according to East Java Health Office records. Whereas in the year 2016 Diphtheria cases in East Java recorded and reported as many as 4 people died from 209 cases. It's of particular concern to government and is noted as an extraordinary event (KLB). The increase in the number of Diphtheria cases is due to a lack of public awareness of the importance of immunization. Increasing number of Diphtheria cases and the lack of public knowledge about Diphtheria, it needs an expert system capable of assisting the public and the government in diagnosing Diphtheria. This research on Diphtheria uses the K-Nearest Neighbors (K-NN) algorithm method in which a similarity case study in the old case with new cases is used. The research of Diphtheria disease is enhanced by using casebased reasoning or Cased Based Reasoning (CBR) to make the diagnosis more accurate. The output of this research is the result of diagnosis of Diphtheria disease based on the symptoms experienced by the result of the accuracy of the test is 95,17%.