Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : -
The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2018)" : 7 Documents clear
Peran entering behaviour terhadap efektivitas pembelajaran matematika di kota salatiga

Istiqlal, Muhammad

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.89 KB) | DOI: 10.26486/jm.v3i1.643

Abstract

Penelitian ini berusaha menjelaskan pola entering behaviour dengan cara mengoptimalkan kegiatan pembuka dan kegiatan penutup dalam pembelajaran matematika di kelas.  Permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran adalah tidak adanya perencanaan pembelajaran yang baik dari guru. Hal ini mengakibatkan waktu yang disediakan dirasa tidak mencukupi untuk menyampaikan materi yang telah dirumuskan dalam silabus. Guru dapat memangkas waktu pembelajaran dengan teknik memulai dan mengakhiri pembelajaran (entering behaviour) yang tepat. Dengan menjadikan setiap pertemuan menjadi sebuah mata rantai pembelajaran yang tidak terputus maka guru dimungkinkan dapat melaksanakan pembalajaran dengan efisien dan efektif. Optimalisasi kemampuan membuka dan menutup pelajaran juga dimungkinkan untuk menekan atau bahkan meniadakan pekerjaan rumah siswa. Kreativitas guru menjadi bagian yang terintegrasi dengan entering behaviour. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui peran entering behaviour terhadap efektivitas pembelajaran matematika di Kota Salatiga.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dinyatakan berhasil jika nilai rata-rata kelas III atau V MI mencapai lebih dari atau sama dengan 76,00, ketuntasan belajar termasuk dalam kategori baik dari jumlah peserta didik seluruhnya, dan keaktifan guru dan peserta didik termasuk dalam kategori baik berdasarkan hasil pengamatan guru peneliti dan pengamat. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini diharapkan peserta didik dapat menyelesaikan program pembelajaran lebih cepat dari yang sudah direncanakan.Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan pola Entering Behaviour memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, hasil belajar siswa juga meningkat dan dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Nasional. Selain itu, dengan menggunakan pola ini, siswa tidak lagi terbebani dengan banyaknya PR, karena tugas sudah langsung dikerjakan dan selesai saat pembelajaran berakhir.

Pendekatan problem solving pada pembelajaran matematika

Atsnan, Muh. Fajaruddin, Gazali, Rahmita Yuliana

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.541 KB) | DOI: 10.26486/jm.v3i1.651

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solving pada materi statistika. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Banjarmasin yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tak terstruktur untuk mengetahui bagaimana siswa mengecek kembali proses dan hasil penyelesaian masalah secara mendalam. Sedangkan dokumentasi berupa hasil penyelesaian masalah yang disajikan pada LKS 1 dan LKS 2. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan persentase dan kualitatif dengan deskripsi tentang hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan problem solving (pemecahan masalah) pada materi statistika di kelas VIII E SMP Negeri 7 Banjarmasin berjalan 75% Dari empat langkah pendekatan problem solving, 3 langkah yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan menyelesaikan dilaksanakan oleh siswa pada saat berkelompok. Diperlukan pembiasaan menyajikan soal-soal pemecahan masalah (non rutin), agar anak terbiasa dan memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Perbedaan model problem based learning dan discovery-inquiry ditinjau dari hasil belajar matematika siswa

Dinnullah, Riski Nur Istiqomah

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.123 KB) | DOI: 10.26486/jm.v3i1.654

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery-Inquiry pada siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Malang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan dua kelas yang dipilih dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Kedua kelas diberikan perlakuan yang bebeda dengan materi yang sama yakni Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV). Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan tes yang terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sampel T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery-Inquiry pada siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Malang tahun ajaran 2017/2018 dengan diperoleh signifikansi<0,05 yaitu 0,013<0,05. Selanjutnya, nilai rata-rata kelas yang menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada kelas dengan Model Discovery-Inquiry, yaitu dengan nilai rata-rata masing-masing kelas adalah 79,839 dan 71,613. Hal ini menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) lebih unggul daripada Model Discovery-Inquiry

Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa

Nuryadi, Nuryadi, Rahmawati, Peni

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.058 KB) | DOI: 10.26486/jm.v3i1.656

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi lingkaran dan mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa tentang model pembelajaran berbasis proyek materi lingkaran pada siswa SMP negeri 2 Godean kelas VIII yang terdiri dari beberapa aspek, yaitu: (1) kesesuaian model pembelajaran terhadap materi yang diajarkan, (2) kreativitas belajar siswa, (3) hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survey descriptive design.

Pemodelan penderita HIV/AIDS dengan metode arima

Ningsih, Siska Candra, Jana, Padrul

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.722 KB) | DOI: 10.26486/jm.v3i1.648

Abstract

Penanggulangan penyakit yang disebabkan oleh Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) perlu dilakukan dari pihak lain. Sebagai salah satu kontribusi pihak lain adalah memberikan data informasi tambahan hasil peramalan (orang dengan HIV/AIDS) ODHA dibeberapa tahun kedepan. Data dan informasi tersebut dibaca dan dianalisa pihak terkait untuk menentukan arah kebijakan penanggulangan. Peramalan yang digunakan di dalam penelitian ini menggunakan metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) dengan bantuan program R. Langkah yang dilakukan yaitu model kategorisasi, estimasi model dan peramalan. Hasil yang diperoleh adalah model terbaik yaitu ARIMA (1,1,1) dengan hasil ramalan 221 ODHA dalam empat tahun ke depan.

Pengembangan modul statistik berbasis PMR untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa

Hanggara, Yudhi, Agustyaningrum, Nina, hermansah, hermansah

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.327 KB) | DOI: 10.26486/jm.v3i1.583

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas produk berupa modul statistic berbasis PMR yang sesuai dengan kriteria kualitas yang ditetapkan. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Developement, Implementation, Evaluation) yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap Analysis dengan menganalisis kebutuhan, kurikulum, karakteristik mahasiswa DAN ANALISIS MATERI, tahap Design, tahap pengembangan (developement), tahap Implementasi dan tahap Evaluation. Desain penilaian produk yang digunakan adalah desain deskriptif. Penilaian produk dilakukan oleh tiga validator yaitu dosen pendidikan matematika pengampu mata kuliah Statistik. Objek penelitian adalah kualitas bahan ajar berdasarkan kriteria tertentu. Data penelitian berupa data tentang proses penyusunan dan pengembangan bahan ajar serta data kualitas bahan ajar yang disusun. Instrumen penelitian berupa lembar validasi berbentuk check list tentang kualitas bahan ajar. Data kualitas produk yang dihasilkan berbentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor 1, 2, 3, dan 4,  untuk kriteria sangat kurang, kurang, baik, dan sangat baik. Modul yang dikembangkan mencakup 6 pokok bahasan. Hasil penilaian dari 3 validator memperoleh  hasil pencapaian pada aspek kelayakan isi 86,11%, kelayakan penyajian 87,04%, dan kelayakan kebahasaan 89,29%. Rata-rata pencapaian kelayakan adalah 87,48% dan termasuk pada kategori sangat baik. Artinya bahan ajar yang dikembangakan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dan layak untuk digunakan.

Penentuan luas wilayah kabupaten dan kota di provinsi sulawesi tengah menggunakan metode poligon dengan bantuan google earth

Basaria, Romauli, Setiawan, Adi, Sediyono, Eko

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.797 KB) | DOI: 10.26486/jm.v3i1.606

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perhitungan luas suatu wilayah dengan menggunakan metode poligon berdasarkan data yang diperoleh dari Google Earth. Wilayah yang akan diteliti adalah Provinsi Sulawesi Tengah yang beberapa kabupaten dan kota diantaranya ada yang berada di dua zona. Hasil yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan luas yang menjadi acuan. Jika titik batas wilayah dari kabupaten yang ditentukan secara acak, Median Absolute Precentage Error (MdAPE) adalah 7%. Di sisi lain, titik batas wilayah dari kabupaten yang ditentukan berdasarkan arah mata angin, MdAPE akan menjadi 20,4%.

Page 1 of 1 | Total Record : 7