Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : -
The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2017)" : 7 Documents clear
Estimasi Value At Risk Dengan Distribusi Normal Untuk Memprediksi Return Investasi

Hermansah, Hermansah

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1890.759 KB) | DOI: 10.26486/mercumatika.v1i2.250

Abstract

Jurnal ini membahas metode untuk mengestimasi Value at Risk dengan distribusi normal untuk return aset tunggal. Distribusi normal memiliki sifat yang thin tailed dan simetris. Sehingga estimasi Value at Risk dengan pendekatan distribusi normal diharapkan dapat memberikan estimasi kerugian yang baik untuk data yang memiliki sifat thin tailed dan simetris. 

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dan Snowball Throwing Ditinjau Dari Hasil Beljar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 51 Batam

Putri, Ika Savira, Agustyaningrum, Nina

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3315.883 KB) | DOI: 10.26486/mercumatika.v1i2.251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas model pembelajaran problem based instruction dan model snowball throwing ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 51 Batam; (2) apakah terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran problem based instruction dengan model snowball throwing ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 51 Batam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 51 Batam tahun pelajaran 2015/2016. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar matematika yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t satu sampel dan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran problem based instruction dan snowball throwing masing-masing efektif ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 51 Batam; (2) terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran problem based instruction dengan model pembelajaran snowball throwing ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 51 Batam.

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Matematika UPY Pada Mata Kuliah Teori Bilangan Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)

ningsih, siska candra

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2425.906 KB) | DOI: 10.26486/mercumatika.v1i2.212

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Matematika UPY pada mata kuliah Teori Bilangan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Yogyakarta pada mata kuliah Teori Bilangan. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah Teori Bilangan dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia baik data kualitatif maupun data kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta pada mata kuliah Teori Bilangan. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah mahasiswa sebelum tindakan adalah 43, 62 dengan ketuntasan belajar 28, 21% (kriteria rendah), setelah tindakan pada siklus I meningkat cukup signifikan menjadi 69, 97 untuk nilai rata-rata kelas dengan ketuntasan belajar 58, 97% (kriteria cukup). Pada siklus II meningkat lagi dengan nilai rata-rata kelas 77,36 dan ketuntasan belajar 76, 92% (kriteia tinggi).Kata kunci : Kemampuan Pemecahan masalah, Creative Problem Solving.

Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe teams games tournament (tgt) pada pokok bahasan peluang sebagai upaya meningkatkan prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas x mia 2 sma negeri 1 sedayu

Nurmahmidah, Nurmahmidah

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2221.865 KB) | DOI: 10.26486/mercumatika.v1i2.252

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa yang mencakup aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sedayu. (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sedayu melalui model kooperatif tipe Teams Games Tpurnament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru. Subjek penelitiannya adalah 32 siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sedayu. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes tertulis berupa kuis dan evaluasi. Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, motivasi belajar siswa mempunyai prosentase 58,06% dan rata-rata nilai hasil tes belajar siswa 64, 77 dengan ketuntasan klasikal 42, 59%. Pada siklus I setelah dilaksanaakn tindakan, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 67,47% dan rata-rata nilai hasil belajar siswa 80,87 dengan ketuntasan klasikal 51,61%. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 71,67% dan rata-rata nilai hasil tes belajar siswa adalah 88,03 dengan ketuntasan klasikal 87,09%. Selain itu, dari hasil wawancara diperoleh keterangan bahwa secara umum siswa termotivasi dalam belajar. Berdasarkan data hasil angket motivasi belajar, hasil tes belajar, dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa prestasi dan motivasi belajar siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif  tipe TGT, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar.           

Penggunaan best candidates method untuk mendapatkan solusi layak awal masalah transportasi

Wulan, Elis Ratna, Bahaudin, Bahaudin

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2612.845 KB) | DOI: 10.26486/mercumatika.v1i2.206

Abstract

Besarnya ongkos transportasi dapat menurunkan maksimasi profit sehingga biaya distribusi perlu ditekan. Salah satu cara untuk menekan biaya transportasi tersebut adalah dengan menggunakan model masalah transportasi dengan mencari solusi layak awal. Salah satu metode untuk mencari solusi layak awal adalah dengan Best Candidates Method (BCM). Pada BCM, kandidat dipilih dengan memilih dua unit ongkos terkecil untuk tiap-tiap baris, kemudian kandidat-kandidat tersebut disusun sehingga membentuk kombinasi-kombinasi yang menghasilkan total biaya terkecil. Best Candidate Method menghasilkan solusi layak awal dengan total ongkos terkecil dengan cara membandingkan total ongkos antara kombinasi yang satu dengan kombinasi lainnya. Pada contoh kasus yang dipelajari, contoh kasus pertama yaitu distribusi pupuk berbentuk model masalah transportasi tidak seimbang dengan total supply sebesar 51 ton pupuk dan demand sebesar 52 ton pupuk. Hasil akhir yang diperoleh yaitu solusi layak awal dengan total cost terkecil adalah $1005. Sedangkan contoh kasus kedua yaitu distribusi air minum berbentuk masalah transportasi seimbang dengan total supply sama dengan total demand yaitu sebesar 12 kilo liter dengan hasil akhir yang diperoleh yaitu solusi layak awal dengan total cost terkecil adalah sebesar $23.Kata kunci : Best Candidates Method, Solusi Layak Awal, Masalah Transportasi, Model Masalah Transportasi tidak Seimbang, Model Masalah Transportasi Seimbang.

Penggunaan Program Geogebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Kusuma, Anggun Badu, Utami, Astri

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (873.319 KB) | DOI: 10.26486/mercumatika.v1i2.259

Abstract

Geometri merupakan ilmu matematika yang berisi materi-materi abstrak, bagi siswa yang memiliki kemampuan abstraksi rendah maka ia akan mengalami kesulitan dalam belajar. Kesulitan tersebut berdampak pada kondisi siswa di dalam kelas, seperti pasif dalam belajar, kurang produktif, ketertarikan belajar menurun, dan motivasi belajar siswa rendah. Untuk itu, perlu adanya suatu media yang dapat menggambarkan materi geometri dalam bentuk lebih real dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Program-program komputer yang dapat digunakan sebagai media tersebut diantaranya adalah program Geogebra dan Casyopee. Kelebihan dari Geogebra dan Casyopee adalah dapat memvisualisasikan materi-materi geometri. Dengan kemampuan visualisasi yang lengkap maka program-program ini diindikasikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 

The implementation of indonesia realistic mathematics learning approach (irml) to increase learning acchievement in the discussion painting and Corner splitting subject On the students grade viie smp negeri I seyegan

Suhartini, Tini, Khuzaini, Nanang

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2590.394 KB) | DOI: 10.26486/mercumatika.v1i2.207

Abstract

The goals of this research are: (1) To describe the implementation of mathematics learning with realistic mathematics learning approach Indonesia (PMRI) in efforts to improve learning achievement of students in grade VII E SMP Negeri 1 Sayegan (2) describe the improvement of student achievement in mathematics graders VII E SMP Negeri 1 Sayegan through a realistic approach to learning mathematics Indonesia (PMRI). This research is a classroom action research conducted collaboratively with teachers. Subject of research is 32 students in grade VII E SMP Negeri 1 Sayegan. Collecting data using observation sheets, and about the avaluation of each cycle. The study was conducted in two cycles, the implementation of the first cycle obtained an average value of student achievement amounted to 83.00%, the second cycle obtained value student achievement by 93, 65%. Thus PMRI approach can improve student achievement.Keywords: Implementation Indonesia Mathematics Realistic Learning Approach(IMRL), learning achievement, mathematics Subjects.

Page 1 of 1 | Total Record : 7