Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Published by Mercu Buana Yogyakarta
ISSN : -     EISSN : -
The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Articles
28
Articles
Kemampuan spasial sebagai prediktor terhadap prestasi belajar geometri mahasiswa

Hodiyanto, Hodiyanto

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.645 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kontribusi kemampuan spasial terhadap hasil belajar geometri dan korelasi antara kemampuan spasial dengan prestasi belajar geometri mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran sehingga alat pengumpul data yang digunakan adalah tes kemampuan spasial dan tes prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester I dan kelas A pagi sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regeresi sederhana menggunakan SPSS, tetapi sebelum dilakukan uji regresi terlebih dahulu dilakukan uju psrasyarat analisis yaitu uji normalitas dan linieritas. Berdasarkan pembahasan dan kajian teori yang telah diuraikan maka disusun kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut: kemampuan spasial dapat dijadikan prediksi terhadap prestasi belajar geometri dan semakin tinggi kemampuan spasial mahasiswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajar geometri mahasiswa.

Deskripsi kemampuan representasi matematis ditinjau dari peminatan jenjang pendidikan menengah mahasiswa program studi pendidikan matematika pada mata kuliah statistika deskriptif

Untarti, Reni, Subekti, Fitrianto Eko

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1721.586 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan representasi matematis ditinjau dari peminatan saat jenjang pendidikan menengah mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jenis penelitian digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi tiga tahapan utama yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Pada tahap persiapan meliputi: (a) mempersiapkan soal tes kemampuan representasi matematis; (b) menentukan subyek penelitian, yaitu dengan cara purposive sampling, sehingga diperoleh 9 Mahasiswa, 3 mahasiswa dari jenjang SMA IPA, 3 mahasiswa dari jenjang SMA IPS, 3 mahasiswa dari jenjang SMK teknik untuk diwawancarai tentang kemampuan representasi matematisnya; dan (c) membuat pedoman wawancara. Tahap pelaksanaan meliputi: (a) mengambil data jenjang pendidikan menengah mahasiswa; (b) melaksanakan tes representasi matematis; dan (c) melaksanakan wawancara. Tahap analisis data meliputi: (a) tahapan reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) penyimpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti melalui beberapa cara, yaitu: tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) mahasiswa dengan latar belakang SMA IPA mempunyai kemampuan representasi matematis, (b) mahasiswa dengan latar belakang SMA IPS belum memiliki kemampuan representasi matematis, dan (c) mahasiswa dengan latar belakang SMK sudah memiliki kemampuan representasi matematis, walaupun belum sempurna. 

Peranan permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekolah dasar

Siregar, Nurdiana, Lestari, Wiwiek

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.355 KB)

Abstract

Math is never separated from the activities of life, not least the traditional game. The study aims to 1) describe the types of traditional games related to mathematical activities, 2) examine the role of traditional childrens games in the practice of numeracy skills, and 3) examine the role of traditional childrens games in introducing flat shape to children in Hamparan Perak Village. This study used a qualitative approach that the data obtained were analyzed descriptively. The subjects of this study are elementary school children (SD) who are domiciled in Hamparan Perak Village. Data collection techniques are observation, interview, and documentation. The results of the research are: 1) traditional game types that have the mathematical activities of traditional games, complexes, marbles and rocks, 2) traditional games to train children to count, recognize numbers, and numeracy skills such as addition and multiplication, 3) traditional games making children will be lines, rectangles, rectangles, and triangles.

Faktor Mathematical Habits of Mind dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat

Nuurjannah, Putri Eka Indah, Hendriana, Heris, Fitrianna, Aflich Yusnita

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (910.466 KB)

Abstract

Matematika terbentuk sebagai pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran. Manusia hidup selalu berdampingan dengan masalah yang kompleks dan perlu adanya sikap kritis dalam menghadapinya dan mampu memprediksi suatu kejadian yang terjadi, serta mampu menyelesaikan masalah tersebut dengan penalarannya yang baik. Oleh karena itu, sangat diperlukan kemampuan literasi matematis pada diri setiap siswa. Selain kemampuan kognitif yang harus dikembangkan, tetapi juga kemampuan afektif harus dimiliki oleh setiap siswa.  Terdapat hubungan yang positif antara sikap dengan prestasi matematika, salah satunya dengan mathematical habits of mind. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan mathematical habits of mind terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data korelasi. Penelitian ini dilakukan di SMP di Kabupaten Bandung Barat. Subjek pada penelitian ini sebanyak 37 siswa kelas IX yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai korelasi -table sebesar , nilai -test -table sebesar , dan koefisien determinasi sebesar 39,8 %. Dapat diambil kesimpulan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara mathematical habits of mind terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat, dengan pengaruh mathematical habits of mind terhadap kemampuan literasi matematis siswa sebesar 39,8 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Memiliki mathematical habits of mind yang tinggi dalam diri siswa, akan memberikan peningkatan kemampuan literasi matematis yang baik.

Kemampuan mahasiswa calon guru matematika dalam pemecahan masalah pembuktian teorema geometri

Masfingatin, Titin, Murtafiah, Wasilatul, Krisdiana, Ika

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.038 KB)

Abstract

Pemecahan masalah sangat diperlukan baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan. Pemecahan masalah membutuhkan suatu kemampuan berpikir tingkat tinggi. Khususnya dalam geometri pemecahan masalah yang sering dihadapkan adalah masalah pembuktian. Melalui pembuktian selain mengetahui kebenaran suatu teorema juga dapat mengasah kemampuan berpikir logis mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pembuktian geometri oleh mahasiswa calon guru matematika Universitas PGRI Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 2 mahasiswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah yang melakukan pembuktian teorema geometri berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pembuktian geometri mahasiswa berkemampuan tinggi dalam setiap tahap pemecahan masalah adalah mahasiswa mampu menentukan hipotesis dan kesimpulan dengan bahasa matematis sendiri, mengaitkan dan menggunakan definisi, postulat dan teorema yang telah dibuktikan sebelumnya untuk menyusun pembuktian yang logis disertai visualisasi. Mahasiswa berkemampuan tinggi mampu menyusun metode pembuktian yang berbeda dari yang telah dilakukan. Mahasiswa dengan kemampuan rendah belum mampu merumuskan kesimpulan dengan bahasa matematika sendiri dan belum mampu membuat hubungan antar definisi, postulat dan teorema sehingga belum mampu menyusun pembuktian yang logis. Mahasiswa dengan kemampuan rendah belum mampu menyusun pembuktian yang berbeda dari yang telah dilakukan. Berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah ditemukan factor yang sangat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yaitu kemandirian belajar (self regulated learning). 

Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat RPP melalui penerapan model pembelajaran project based learning

Nurjaman, Adi, Purwasih, Ratni, Sari, Indah Puspita

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.612 KB)

Abstract

This study aims to determine the response of students to the implementation of learning-based project learning model to determine the students ability to develop RPP through the application of learning-based project learning model and student response in project based learning learning between experimental class and control class. This research method is quasi experimental method with pretset-posttest control group design design. The study population is all students of STKIP Siliwangi who follow the course of High School Mathematics Learning Planning in the even semester of the academic year 2016/2017 consisting of 3 classes, namely: B1, B2, and B3. For the sample of the study, two classes were selected from the study population, selected B1 class as a control class consisting of 40 students and B2 class as experimental class consisting of 43 students. The sample is selected not random class. Data analysis was done to the difference of mean of student ability test result in preparing RPP and percentage from questionnaire of student response to learning of project based learning. The results showed that most of the students gave positive responses to the application of learning-based learning model with average of pretest and posttest class percentage of experiment respectively 67,49% and 77,09% including strong category. Meanwhile, the average of pretest and posttest percentage of control class were 61.50% and 63.97%, respectively. Improvement of students ability in preparing RPP through the implementation of learning model project based learning average gain of 0.57 experimental class included in the category while the control class of 0.36 medium category; And the improvement of the students ability in preparing the lesson plan that obtained the application of project based learning model is higher than that obtained the application of conventional learning model.

Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor

Jana, Padrul

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.694 KB)

Abstract

Kajian Matematika SMA merupakan salah satu mata kuliah yang sangat penting dalam perkuliahan, sebab akan menjadi bekal mahasiswa ketika sudah menjadi seorang pendidik SMA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, karena peneliti melalui investigasi juga mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan objek yang akan diteliti. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kesalahan dan jenis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal Vektor pada mata kuliah Kajian matematika SMA menurut panduan Polya. Dalam mengetahui dan mengidentifikasi kesalahan dan jenis kesalahan mahasiswa diambil subjek penelitian tiga mahasiswa dari kelas penelitian, selanjutnya dilakukan wawancara untuk menggali informasi lebih detail. Manfaat penelitian ini adalah setelah mengetahui kesalahan dan jenis kesalahan dapat dilakukan penelitian lanjutan untuk mengatasi permasalahan tersebt dikemudian hari. Pengambilan subjek dalam penelitian ini berdasar pada keberagaman jenis kesalahan yang dilakaukan mahasiswa dan soal tes berupa soal uraian sebanyak lima soal. Analisis data yang dilakukan meliputi uji instrumen, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data kesalahan paling sering dilakukan tiap nomor terletak pada kesalahan teknis dalam perhitungan dengan rata-rata 59%, rata-rata kesalahan penggunaan data sebesar 39,6%, rata-rata kesalahan pemahaman konsep sebesar 33%, rata-rata kesalahan interpretasi bahasa sebesar 19,8% dan rata-rata kesalahan dalam penarikan kesimpulan sebesar 46,2%. Hasil tersebut dapat dijadikan bahan diskusi dan penelitian selanjutnya, khususnya pada bagian analisis penyebab kesalahan pada teknis penghitungan karena pada tahap ini persentase kesalahannya cukup besar.

Identifikasi kesulitan mahasiswa dalam memecahkan masalah open ended materi nilai mutlak

Amir, Mohammad Faizal

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.659 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis dan faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika berbasis open ended materi nilai mutlak berbentuk persamaan dan pertidaksamaan, serta memberikan saran untuk dosen. Subjek penelitian terdiri dari 138 mahasiswa PGSD UMSIDA pada matakuliah konsep dasar matematika tahun ajaran 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian terdiri dari Lembar Tes Pengetahun Nilai Mutlak dan pedoman wawancara. Berdasarkan data, jenis-jenis kesulitan mahasiswa meliputi tidak dapat sepenuhnya mengaplikasikan konsep jarak dan definisi nilai mutlak sehingga langkah penyelesaian tidak tuntas; mengalami misunderstanding syarat nilai mutlak; mengalami miskonsepsi berupa anggapan nilai mutlak selalu bernilai positif; mengalami kesulitan dalam hal konseptual, prosedural, dan algoritma. Faktor-faktor penyebab kesulitan diantaranya mahasiswa menghafal rumus dan teorema tanpa memahami konsep dasar jarak dan definisi nilai mutlak; mahasiswa terbiasa menggunakan rumus cepat sebagai bekal untuk masuk perguruan tinggi. Saran penelitian yakni dosen yang akan mengajarkan nilai mutlak harus menanamkan pentingnya konsep dasar dan melakukan pembiasaan pembelajaran konstruktivistik.

Pengembangan perangkat pembelajaran lembar kerja siswa dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa

Pawestri, Estu, Sukoco, Heru

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (947.497 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi kubus dan balok, dan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran LKS berdasarkan pada aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis) melalui analisis kurikulum, Design (Perancangan), yaitu menyusun perangkat pembelajaran, Development (Pengembangan) yaitu memvalidasi perangkat pembelajaran, Implementation (Implementasi) yaitu melakukan kegiatan ujicoba pada proses pembelajaran dikelas VIIIB dan VIIIC MTs Assalafiyyah, dan Evaluation (Evaluasi) yaitu mengevaluasi perangkat pembelajaran.Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa LKS Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran LKS dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. 

Pengembangan buku ajar berbantuan software scilab pada mata kuliah aljabar matriks

Kartika, Hendra, Aini, Indrie Noor

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berbantuan Scilab pada mata kuliah aljabar matriks, menelaah kualitas buku ajar ditinjau dari aspek isi dan desain pembelajaran, serta menelaah respons mahasiswa terhadap buku ajar yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Sedangkan Model yang digunakan dalam pengembangan buku ajar ini adalah model ADDIE. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli mata kuliah, ahli desain pembelajaran, ahli media  pembelajaran dan penilaian perorangan mahasiswa, buku ajar yang dikembangkan dikategorikan baik.