cover
Filter by Year
Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences
Articles
39
Articles
Aplikasi Metode Penerjemahan dalam Pembelajaran Kitab Kuning

Rohmah, Ainur, Muklas, Muhammad

Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences Vol 10 No 2 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Translation as a process cannot be separated to the activity in foreign language learning despite there is still a controvesial issue abou it.  This article aims to describe the translation process in Bandongan and Sorogan Method as the oldest and the best method in teaching and learning “kitab kuning”. The data are collected by observing, interviewing and studying of documentation. The writer as an instrument to collect the data attended the teaching and learning process. The data are analyzed by comparing the theory of translation method and the application of bandongan and sorogan method. The result shows that in the bandongan method, the teacher apply the word for word and literal method toward text in kitab kuning and also in sorogan method, the students apply word for word and literal method when they are reading kitab kuning.

The Effectiveness of Guess Tool Game to Teach Vocabulary to the Eighth Grade Students at MTs Negeri in OKU Timur

Zulaikah, Zulaikah, Yunawati, Yunawati

Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences Vol 10 No 2 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This article was experimental research, entitled “The Effectiveness of Guess the Tool Game to Teach Vocabulary to the Eighth Students at MTs Negeri in OKU Timur”. The writer used true experimental design. The objective this study was “to find out whether Guess the Tool Game is effective or not to teach vocabulary to the Eighth Grade Students’ at MTs Negeri in OKU Timur. The Populations were all eighth-grade students at MTs Negeri in OKU Timur with total number of 165 Students. The samples were class VIII.1 and class VIII.3. It divided into two class, experimental class and control class. The sample of this research was taken by using cluster random sampling. And independent t-test used for analyzing the data. Based on result analysis, t-obtained mean differences between post-test of experimental class and post-test of control class. From the analyzing the data, and obtained the t-obtained was higher than critical value of t-table. For t-obtained 4.83 and t-table was 1.999. Therefore, the null hypothesis (Ho) was rejected and alternative hypothesis (Ha) was accepted. It meant that the use of Guess the Tool Game was effective to teach vocabulary to the eighth-grade students at MTs Negeri in OKU Timur.

Analisis Kebutuhan pada Model pembelajaran Project Base Learning

Wiratomo, Yogi

Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences Vol 10 No 2 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan dari model pembelajaran Project Base Learning mata kuliah Workshop Matematika dengan tugas pembuatan film animasi matematika SD dengan melihat kemungkinan terjadinya pola kebiasaan siswa dalam memanfaatkan teknologi informasi dan telepon pintar sehingga diperlukan media pembelajaran alternatif yang dapat membantu siswa dalam belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan langkah – langkah analisis kebutuhan (Analize) pada metode pengembangan ADDIE (Analize, Design, Develop, Implement, Evaluatian). Analisis kebutuhan yang dilakukan meliputi validasi kesenjangan kinerja, merumuskan tujuan instruksional, mengidentifikasi karakteristik peserta didik, mengidentifikasi sumber-sumber yang dibutuhkan, menentukan strategi pembelajaran yang tepat, menyusun rencana pengelolaan program/proyek. Hasil analisis kebutuhan ini yang menjadi dasar dalam pembuatan film animasi matematika, Film animasi yang dihasilkan adalah film animasi matematik yang menarik dan sesuai dengan tema dalam kurikulum 2013

Kajian Aksiologi Metode STIFIn dalam Pemetaan Mesin Kecerdasan Manusia

Alindra, Afridha Laily

Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences Vol 10 No 2 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Metode STIFIn ini merupakan penerapan dari konsep STIFIn yang mengkompilasi dari teori-teori psikologi, neuroscience, dan ilmu sumberdaya manusia. Cara mengetahui mesin kecerdasan ini dengan STIFIn Fingerprint, sebuah tes yang dilakukan dengan cara men-scan kesepuluh ujung jari untuk mendapatkan sidik jari dengan alat fingerprint. Sidik jari yang membawa informasi tentang komposisi susunan syaraf tersebut kemudian dianalisa dan dihubungkan dengan belahan otak tertentu yang dominan berperan sebagai sistem operasi dan sekaligus menjadi mesin kecerdasan seseorang yang diberinama STIFIn yang merupakan singkatan dari sensing (disingkat S), thinking (disingkat T), intuiting (disingkat I), feeling (disingkat F), insting (disingkat In). Dengan menggunakan metode kajian literatur menganalisis bahwa keberadaan mesin kecerdasan dan kepribadian genetik ini mendorong pengembangan potensi kecerdasan manusia yang lebih efektif. Pandangan studi aksiologis metode STIFIn perlu dipelajari secara lebih mendalam, terutama penggunaannya dalam bidang pendidikan.

Korelasi antara: Kesadaran Sejarah, Religious Values dan Pemahaman Multi-Etnis terhadap Sikap Toleransi siswa SMA N Banda Aceh

Azis, Abdul, Nurasiah, Nurasiah, Munira, Widia

Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences Vol 10 No 2 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif Correlation Ex Post Facto (CEPF). Penelitian korelasi Ex Post Fakto merupakan jenis penelitian yang berfokus pada analisis hubungan antar variabel, yang diuji melalui statistik korelasional dan analisis regresi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 177 siswa dari SMA Negeri Banda Aceh. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya prilaku sosial, sikap individualistik, hingga krisis harmonisasi dalam diri individualistik siswa. Tahapan penelitian ini meliputi uji analisis korelasi parsial, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukanahwa: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kesadaran sejarah dengan sikap Toleransi siswa SMA N Banda Aceh; (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara religious values dengan sikap toleransi siswa SMA N Banda Aceh; (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman multi-etnis dengan sikap toleransi siswa SMA N Banda Aceh; dan (4) terdapat hubungan secara bersama antara kesadaran sejarah, religious values dan pemahaman multi-etnis dengan sikap toleransi siswa. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyatakan bahwa, peningkatan sikap toleransi disebabkan oleh tingginya sumbangan kesadaran sejarah, religious values dan pemahaman multi-etnis siswa melalui sosialisasi dalam proses pembelajaran sejarah.

Pembuatan Graphic User Interface (GUI) untuk Analisis Ayunan Matematis Menggunakan Matlab

Nurullaeli, Nurullaeli, Astuti, Irnin Agustina Dwi

Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences Vol 10 No 2 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Graphic User Interface (GUI) yang digunakan sebagai alat analisis konsep ayunan matematis. Pokok bahasan yang dibahas mengenai ayunan matematis karena materi tersebut berkaitan dengan persamaan deferensial yang membutuhkan ketelitian tinggi dan keahlian dalam perhitungannya. Metode yang digunakan dalam analisis yaitu metode regresi linier, Rungge-Kutta orde 4 (RK4), dan ode45. Metode tersebut ditulis dalam sintak bahasa pemrograman MATLAB dan disajikan dalam bentuk GUI. Metode regresi linier digunakan untuk menghitung percepatan gravitasi, sedangkan metode RK4 dan ode45 digunakan untuk analisis lebih dalam mengenai konsep ayunan matematis. Pada penelitian ini didapatkan hasil perhitungan untuk percepatan gravitasi 9.5549 m/s2. Metode ode45 pada penelitian ini menunjukkan hasil yang lebih teliti dalam analisis konsep ayunan matematis pada rentang waktu yang panjang. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan alat bantu analisis pada pokok bahasan ayunan matematis untuk meminimalisir kesalahan perhitungan dan menghemat waktu

Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Materi Kalor Berorientasi Peta Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Atas

Saprudin, Saprudin, Hamid, Fatma

Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Artikel ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan model multimedia pembelajaran fisika berorientasi peta kompetensi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di provinsi Maluku Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas penggunaan multimedia interaktif (MMI) dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa SMA khususnya pada materi kalor. Penelitian eksperimen ini menggunakan randomized control group pretest-posttest design dengan sampel siswa kelas X pada salah satu SMA di Kabupaten Halmahera Barat. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yakni uji kompetensi siswa yang berisi kemampuan yang diujinasionalkan terkait materi kalor. Hasil perhitungan Effect Size menunjukkan bahwa besarnya Cohen’s d effect size antara kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol sebesar 3,7 (tinggi) dan antara kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol sebesar 0,7 (sedang). Hal ini berarti bahwa penggunaan MMI secara signifikan efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa pada kemampuan yang diujinasionalkan khususnya pada materi kalor. Besarnya effect size menunjukkan bahwa implementasi MMI lebih efektif jika digunakan dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tertentu dalam hal ini model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD).

Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA di SD Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Helmi, Helmi, Sesrita, Afridha, Laeli, Sobrul

Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Model pembelajaran IPA di sekolah dasar merupakan salah satu mata kuliah yang membekalkan keterampilan dasar bagi seorang calon guru yang meliputi berbagai model pembelajaran IPA yang diterapkan disekolah dasar. Pada kenyataanya ada banyak hambatan dalam proses pembelajaran. Karenanya dilakukan berbagai upaya untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam perkuliahan ini sehingga setiap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dapat mengaplikasikan ilmunya dengan bekal yang cukup. Penelitian ini merupakan langkah perbaikan sistem perkuliahan yaitu perbaikan bahan ajar yang digunakan. Tahap awal yang dilakukan adalah menganalisis kebutuhan modul yang diperlukan oleh mahasiswa meliputi perlu dan tidaknya modul dibuat, bentuk modul yang diharapkan, cakupan isi dan sebagainya. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD di Universitas djuanda Bogor (N=30) dengan menyebarkan angket yang mencakup tingkat pemahaman materi dan analisis kebutuhan modul. Berdasarkan data dari angket, didapatkan bahwa penguasaan mahasiswa terhadap materi masih tergolong rendah, sedangkan modul yang memenuhi kriteria baik, menarik dan memudahkan pembelajaran sangat dibutuhkan oleh mahasiswa.

Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa

Effendi, Effendi, Mursilah, Mursilah, Mujiono, Mujiono

Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi konsep bahwa ketercapaian prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa seperti tingkat inteligensi, bakat, minat, motivasi serta kemandirian dalam belajar. Sikap kemadirian siswa sangat mendukung terhadap keberhasilan dalam belajar, sehingga baik lingkungan keluarga maupun sekolah harus mampu melatih dan mengembangkan rasa kemandirian siswa. Di samping faktor intern tersebut salah satu faktor yang perlu dierhatikan yakni perhatian orang tua. Seorang peserta didik secara psikologis sangat membutuhkan rasa perhatian baik dari orang tua, guru maupun lingkungannya, sehingga sudah sewajarnya orang tua harus lebih intens untuk memberikan waktu kepada anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menhetahui seberapa besar hubungan antara tingkat perhatian orang tua dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan menggunakan jenis kuantitatif korelasional. Variabel bebas pada penelitian ini adalah tingkat perhatian orang tua (X1) dan kemandirian belajar (X2), sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 105. Sampel penelitian adalah diambil 50% dari populasi yaitu 53 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan dokumentasi. Uji instrumen yang dilakukan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah uji normalitas. Adapun analisis data dilakukan menggunakan rumus product moment dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara tingkat perhatian orang tua dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar  siswa dengan indeks korelasi sebesar 0,95 yang berada diantara  0,81 – 1,00. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai F0 = 834,798, F0 > F0,05(2)(50) yaitu 834,798>3,180 sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak sedangkan (Ha) diterima. Dengan demikian maka sebaiknya orang tua senantiasa meningkatkan sikap perhatian kepada anak-anaknya dan seorang pendidik harus berupaya untuk mendesain pembelajaran sehingga peserta didik lebih mandiri dalam proses belajarnya.

Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses di SMPN Kecamatan Belitang Madang Raya

Gunarto, Wahid

Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat dan perhatian siswa tarhadap mata pelajaran IPA, sehingga hasil belajar siswa belum tuntas secara klasikal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar IPA khususnya materi pembelajaran Fisika melalui menerapkan pendekatan pembelajaran keterampilan proses. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik tes. Adapun analisis data yang digunakan adalah teknik deskripsi dari data observasi dan tes. Dari analisis data didapatkan hasil penelitian dari pra siklus sampai ke siklus II yaitu persiapan guru mengalami peningkatan dari 74,0% pada pra siklus, 81,0% pada siklus I dan 96,3% pada siklsu II. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari 50,0% pada pra siklus, 77,1% pada siklus I dan 98,0% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari ketuntasan 67,0% pada pra siklus, 77,8% pada siklus I dan 96,3% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari kriteria cukup, baik dan sangat baik. Dengan hasil tersebut maka peneliti berkesimpulan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran Listrik Statis.