cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Mosharafa
ISSN : 20864280     EISSN : 25278827     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mosharafa (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan hasil penelitian dan kajian analitis kritis dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Berkaitan dengan hasil-hasil penelitian pendidikan matematika di setiap level, berupa desain pembelajaran, analisis kesulitan siswa dalam pembelajaran, penelitian kuantitatif, kajian teoritis, penelitian kualitatif, Jurnal ini dipublikasikan oleh program studi pendidikan matematika STKIP Garut dan terbit tiga kali setahun yaitu bulan Januari, Mei, dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 3 (2015)" : 5 Documents clear
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pendekatan Problem Posing Sofyan, Deddy; Madio, Sukanto Sukandar
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 3 (2015)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menelaah apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematiksiswa yang mendapatkan pendekatan problem posing lebih baik dibanding yang konvensional.
Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Mendapatkan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Pendekatan Ekspositori Rudiansyah, Rudi
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 3 (2015)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran pendekatan keterampilan proses dan pendekatan ekspositori.
Efektivitas Metode Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Kulaitas Perkuliahan Aljabar dan Trigonometri Maryati, Iyam
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 3 (2015)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah Aljabar dan Trigonometri.
Model Advance Organizer dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Luritawaty, Irena Puji; Nuraeni, Reni
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 3 (2015)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneelaah efektifitas model pembelajaran advance organizer dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di tingkat MTs.
PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA Nazihah, Vini; Rahadi, Moersetyo
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 3 (2015)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VII, sedangkan sampel diambil sebanyak dua kelas (kelas eksperimen , kelas kontrol ). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi berbentuk uraian dan tes skala sikap. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model Numbered Heads Together tergolong tinggi (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model Numbered Heads Together lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. (3) Respon/tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Numbered Heads Together sebagian besar berinterpretasi baik. Abstract This kind of research is a quasi-experimental study. The sample of population in this study are all junior high school students of class VII, while samples were taken of two classes (class experiment, class Control ). Instruments used in this research is a form of communication ability test and a description of the attitude scale tests. From the analysis of the data obtained conclusions: (1) Quality improvement of communication skills students gain mathematical study of mathematics by using active Model Nembered Heads Together is high. (2) The attitude of the students toward learning mathematics by using active learning strategies type of Quiz Team’s result is mostly good. (3) The attitude of students toward learning mathematics by using active model Numbered Heads Together result is mostly very good.

Page 1 of 1 | Total Record : 5