cover
Filter by Year

Analysis
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi)
Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) adalah sebuah jurnal Blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi namun tak terbatas secara implisit serta Bebas biaya dalam Proses Submisi.
Articles
97
Articles
‚Äč
Pengaruh Normalisasi Teks Dengan Text Expansion Dalam Deteksi Komentar Spam Pada Youtube

Thoib, Imam, Setyanto, Arief, Raharjo, Suwanto

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 2 No 3 (2018): Artikel In Press Vol. 2 No. 3 2018
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Popularitas Youtube sebagai website berbagi video terbesar di dunia memberikan celah kepada spammer untuk mendapatkan keuntungan dari Youtube dengan cara yang ilegal. Salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan komentar spam pada video-video yang ada di Youtube. Komentar spam menjadi hal yang sangat meresahkan pemilik channel. Varian komentar spam kian banyak dan menyulitkan untuk dideteksi oleh Youtube. Peneliti melakukan evaluasi beberapa metode klasifikasi dengan menerapkan normalisasi teks pada tahap praproses menggunakan metode TextExpansion untuk mengatasi masalah ini. Dataset yang diuji adalah dataset Youtube Spam Collections dari UCI Machine Learning Library yang terdiri dari 5 dataset dari komentar yang diekstrak dari video Psy, Katy Perry, LMFAO, Eminem dan Shakira. Dataset terdiri dari 1005 komentar spam dan 951 komentar bukan spam. Hasil evaluasi menunjukkan TextExpansion mampu menghasilkan nilai akurasi tertinggi 90.23%. Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode TextExpansion, peneliti melakukan uji beda t-test pada setiap dataset. Hasil uji beda t-test pada setiap dataset menunjukkan nilai P(T<=t) two-tail < 0.05 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan setelah diterapkan normalisasi teks menggunkan metode TextExpansion.  

Pengamanan Ruangan Dengan Dfrduino Uno R3, Sensor Mc-38, Pir, Notifikasi Sms, Twitter

Siswanto, Siswanto, Utama, Gunawan Pria, Gata, Windu

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 2 No 3 (2018): Artikel In Press Vol. 2 No. 3 2018
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Petugas keamanan tidak bisa memantau keamanan ruang keuangan setiap saat terutama saat di luar jam kerja atau malam hari karena ruang keuangan berada di lantai 3. Petugas keamanan tidak mendapat peringatan secara cepat jika ada orang yang tidak punya hak masuk ke ruang keuangan pada saat keadaan kosong atau di luar jam kerja. Tujuan dari penelitian  ini adalah merancang suatu aplikasi yang dapat memantau keamanan ruang keuangan dengan memberikan informasi atau memberikan peringatan berupa alarm dan pengiriman notifikasi SMS dan Twitter kepada petugas keamanan apabila ada orang yang tidak memiliki hak akses masuk ruang keuangan, menggunakan mikrokontroler DFRduino Uno R3, sensor magnet MC-38, sensor PIR, alarm, hp Sony Ericsson Z530i, modem wifi, dan Bluetooth. Jika terdeteksi adanya pembukaan pintu atau gerakan maka komputer akan mengirim perintah ke DFRduino yang kemudian diteruskan ke alarm supaya memberikan peringatan berupa suara. Serta dengan adanya Hanphone Sony Ericsson Z530i dengan koneksi via Bluetooth Handphone bisa terhubung dengan Aplikasi sehingga komputer dapat mengirim notifikasi SMS peringatan kepada nomor yang sudah didaftarkan sebagai penerima SMS dan notifikasi melalui Twitter kepada username yang sudah didaftarkan. Dengan adanya sensor magnet memungkinkan  untuk mendeteksi jika pintu atau jendela dibuka paksa dan PIR sensor digunakan sebagai pendukung jika sensor magnet tidak berfungsi atau jika pencuri masuk ke ruangan tidak melalui pintu atau jendela. PIR Sensor yang dipasang dalam ruangan memungkinkan segala aktivitas yang terjadi akan dapat terpantau dengan baik. Jika ada yang melakukan pelanggaran keamanan atau penyusupan maka akan cepat diketahui karena ada peringatan melalui SMS dan Twitter yang dapat memberikan informasi kepada petugas keamanan untuk melakukan tindakan secara cepat agar kasus dapat diselesaikan dengan tuntas.

Implementasi Analisis NIDS Berbasis Snort Dengan Metode Fuzy Untuk Mengatasi Serangan LoRaWAN

Sandi, Della Vinka, Arrofiq, Muhammad

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 2 No 3 (2018): Artikel In Press Vol. 2 No. 3 2018
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (110.254 KB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara agraris dengan kondisi tanah yang sangat subur, tetapi perlu diketahui bahwa hasil dari pertanian saat ini belum maksimal di beberapa daerah, seperti halnya pada perkebunan stroberi. Tanaman stroberi sendiri membutuhkan tingkat suhu dan kelembaban udara yang tepat, agar hasil panen stroberi lebih maksimal. Kelembaban tanah dan suhu udara sering kali berubah tergantung cuaca, untuk itu penelitian ini akan membuat suatu alat atau portotipe yang disebut Smart Agriculture untuk melakukan monitoring suhu dan kelembaban tanah pada perkebunan stroberi. Data suhu dan kelembaban tanah akan dikirimkan melalui media transmisi nirkabel menuju ke smartphone menggunakan LoRa dan teknologi LoRaWAN. Teknologi ini mampu mengirimkan data dalam jarak yang cukup jauh, namun server rentan terhadap serangan seperti flooding payload data dari LoRa node,  ping flooding dan scanning port. Pada penelitian ini menerapkan serangan itu pada LoRaWAN network server yang berpengaruh pada Bandwidth, Delay, Jitter dan Throughput dari kondisi normal. Untuk melakukan deteksi serangan diimplementasikan metode Snort NIDS dan pengelompokan tindakan serangan (low, medium, high) dengan metode fuzzy logic. Hasil dari penelitian ini adalah berupa tindakan berupa pembacaan suhu dan kelembaban, notifikasi serangan dan blok alamat attacker. Selain itu dapat dibuktikan bahwa dengan adanya fuzzy dan snort mampu mengoptimalkan performa server. 

Prediksi Volume Penggunaan Air PDAM Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation

Satria, Budy

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 2 No 3 (2018): Artikel In Press Vol. 2 No. 3 2018
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.913 KB)

Abstract

Seiring dengan meningkatnya laju pertumbuhan penduduk di kota Duri, kebutuhan akan air bersih pun meningkat sesuai kebutuhan. Di Indonesia, PDAM merupakan lembaga yang  mengatur dan mengelola pengadaan air bersih bagi masyarakat. Jadi jumlah air yang diproduksi dan disalurkan sebaiknya disesuaikan dengan permintaan air. Namun, timbul persoalan berupa pemborosan air di PT. PDAM Kota Duri. Tujuan penelitian ini adalah melakukan prediksi jumlah penggunaan konsumsi air di PT. PDAM Kota Duri dengan menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Variabel data diambil dari data pelanggan yaitu sosial umum, sosial khusus, rumah tangga 1, rumah tangga 2, rumah tangga 3, niaga 1, niaga 2 dan niaga 3. Data yang digunakan dalam proses prediksi adalah data pelatihan tahun 2016 dan data pengujian tahun 2017. Total data aktual pada PT. PDAM Kota Duri tahun 2016 s/d 2017 adalah 2.840.165 sedangkan hasil perhitungan prediksi menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Metode Backpropagation adalah 2,843,388.  Jumlah epoch pelatihan adalah 4595 dan pencapaian MSE (Mean Squared Error) pada pengujian adalah 0,001 serta hasil akurasi yang didapatkan adalah 99,99900000%. Hasil akhir dari penelitian ini adalah jaringan syaraf tiruan menggunakan metode backpropagation dapat memprediksi penggunaan konsumsi air di PT. PDAM Kota Duri untuk tahun selanjutnya.

Sistem Informasi Pelayanan Klinik Berbasis Web (Studi Kasus: Klinik Annisa Medika 2)

Hanifah, Ayu Putri, Fitrisia, Yuli, Hajar, Dewi

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 2 No 3 (2018): Artikel In Press Vol. 2 No. 3 2018
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.609 KB)

Abstract

Klinik sebagai salah satu instansi yang memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat umum yang memerlukan adanya suatu sistem informasi. Dalam memberikan layanan dan informasi pada Klinik Annisa Medika 2 masih belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Layanan tersebut misalnya:  pendaftaran pasien masih dilakukan dengan cara pasien harus datang langsung ke klinik, tidak memiliki sistem antrian dalam berobat, beberapa pasien yang ingin melakukan konsultasi kesehatan sering mengalami kekecewaan, dan pengelolaan data medis pasien (medical record) yang mempunyai banyak kelemahan seperti sulitnya mencari berkas, memungkinkan terjadinya kerusakan dan kesalahan penulisan serta pembacaannya. Oleh karena itu, dibangun sebuah sistem informasi pelayanan klinik berbasis web dengan menggunakan framework laravel dengan desain MVC (Model-View-Controller) yang dapat memberikan informasi mengenai pendaftaran berobat, antrian berobat menggunakan queue with priority dengan ketentuan prioritas yaitu daftar online, offline, dan nomor kursi. Pengujian sistem dilakukan dengan 2 cara yakni pengujian black box dan statisfaction scale. Dari hasil pengujian black box yang sudah dilakukan berdasarkan 33 butir uji menunjukkan bahwa sistem sudah 100% berhasil dibangun sesuai dengan yang diharapkan. Begitu pula hasil pengujian statisfaction scale dengan mengukur pemahaman seberapa puaskah pengguna dalam menggunakan software yang telah dibuat menunjukkan bahwa rata-rata kepuasan pasien yaitu 0.03, kepuasan dokter yaitu 0.13 dan kepuasan petugas yaitu 0.39 dengan nilai besar dari 0, semakin besar nilainya maka kualifikasinya dinilai semakin baik.

Penerapan Metode AHP Untuk Membantu Siswa Memilih Jurusan Yang Tepat Di SMK

Frieyadie, Frieyadie, Ramadhan, Surya Mahendra

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 2 No 3 (2018): Artikel In Press Vol. 2 No. 3 2018
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.001 KB)

Abstract

Siswa/i lulusan SMP yang berencana melanjutkan jenjang pendidikannya ke sekolah menengah kejuruan (SMK) harus memutuskan pilihan, ke bidang atau jurusan apa yang akan dipilih untuk melanjutkan pendidikannya kelak. Dan ini adalah sesuatu yang cukup sulit untuk diputuskan oleh kebanyakan siswa SMP, terutama yang tidak banyak memiliki referensi dan mencari informasi terkait dengan pendidikan SMK. Kebanyakan mereka kurang matang untuk memilih jurusan yang ada sesuai kemampuanya, akibat cukup banyak siswa baru yang gagal di tengah jalan ketika mereka sudah diterima di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hasil analisis dari perhitungan hasil Analytical Hierarchy Process menyatakan bahwa alternatif yang terpilih dan paling sesuai dengan kriteria adalah Broadcast. Dengan hasil AHP yang diperoleh dari 3 responden yang kemudian dihitung dan didapat hasil akhir bahwa Broadcast unggul dengan presentase nilai sebesar 43% berbanding dengan Akuntansi 27% dan Administrasi Perkantoran 31%. Secara global faktor utama yang paling di prioritaskan dalam penilaian pemilihan jurusan adalah nilai tes dengan nilai bobot 0,473 atau 47% dan jurusan yang paling di prioritaskan adalah jurusan Broadcast dengan nilai 47%. Metode Analytical Hierarchy Process dapat membantu sekolah khususnya untuk menentukan beberapa persoalan mengenai pemilihan jurusan. Karena metode AHP yaitu suatu metode yang input utamannya adalah persepsi manusia.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan E-Commerce UKM Kain Tradisional Palembang

Salamah, Irma -

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 2 No 3 (2018): Artikel In Press Vol. 2 No. 3 2018
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.655 KB)

Abstract

Penelitian ini secara empiris menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan e-commerce pada UKM kain tradisional Palembang dengan menggunakan pendekatan DeLone & McLean. Variabel yang dipakai yang dipakai yaitu system quality, service quality, information quality, dan use. Masih banyaknya UKM kain tradisonal kota Palembang yang belum menggunakan teknologi e-commerce dalam proses bisnisnya adalah permasalahan dalam penelitian ini sehingga perlu diselidiki faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan teknologi e-commerce pada UKM kain tradisional kota Palembang. Sampel yang diambil adalah 35 UKM kain tradisional Palembang yang telah menggunakan e-commerce pada proses bisnisnya. Penelitian ini dilakukan dengan studi exploratory dan empiris. Pada studi exploratory dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor kesuksesan SI e-commerce berdasarkan model DeLone&McLean. Selanjutnya membuat hipotesis antara faktor-faktor IS success tersebut. Studi empiris dilakukan untuk memverifikasi hipotesis yang dibuat. Berdasarkan kedua studi ini dan dengan menggunakan metode path analisis, akan didapatkan model e-commerce untuk UKM kain tradisional Palembang.  Hasil yang didapat adalah variabel system quality tidak berpengaruh secara langsung terhadap penggunaan  e-commerce,   service quality berpengaruh langsung terhadap penggunaan e-commerce, dan information quality berpengaruh secara langsung  terhadap penggunaan e-commerce.

Deteksi Bot Spammer Pada Twitter Menggunakan Smith Waterman Similarity Dan Time Interval Entropy

Syafii, Imam, Setyanto, Arief, Raharjo, Suwanto

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 2 No 3 (2018): Artikel In Press Vol. 2 No. 3 2018
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.319 KB)

Abstract

Twitter merupakan media sosial yang berinteraksi melalui postingan tweet yang berbasis teks 140 karakter termasuk foto, video dan hyperlink. Tweet spam  berisi pesan membahayakan yang dikirim secara terus-menerus. Selain mengganggu juga membahayakan bagi yang menerima, diperburuk dengan penggunaan bot yang secara otomatis dan cepat menyebarkan pesan spam yang dapat menyebabkan kerusakan data. Penelitian ini bertujuan mendeteksi bot spam dengan memanfaatkan kemiripan tweets menggunakan Smith Waterman dan Interval waktu posting. Data tweets dikumpulkan menggunakan library scrap di python berupa id, text, time, link, berdasarkan dataset berlabel yang telah tersedia. Data tersebut dilakukan tahapan text preprocessing untuk membersihkan teks kemudian dilakukan perhitungan. Hasil perhitungan dari kedua metode similarity dan interval waktu posting kemudian diklasifikasi dengan k-Neaset Neighbour dengan dataset sebelumnya yang telah berlabel untuk mendapatkan hasil prediksi bot spam atau legitimate. Hasil percobaan klasifikasi dengan beberapa kombinasi k untuk mendeteksi bot spam dengan kriteria similarity dan interval entropy diperoleh hasil terbaik k=3 Neirest Neighbour dan 10 fold Cross Validation dengan nilai prediksi deteksi accuracy sebesar 80%, precission 84% dan recall 84%.

Fuzzy Logic Menganalisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat Adat Kenagarian Kinari

Wisky, Irzal Arief, Saputra, Dhio

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 2 No 3 (2018): Artikel In Press Vol. 2 No. 3 2018
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.325 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi Fuzzy Logic untuk menganalisa pengaruh media sosial terhadap perilaku Masyarakat adat Kenagarian Kinari. Penelitian ini menggunakan metode Fuzzy Logic model Tahani karena dalam metode ini terdapat suatu variabel berupa variabel frekuensi dan variabel aktivitas pada suatu model fuzzy, dimana nantinya variabel tersebut dapat menghasilkan Himpunan Fuzzy sebagai tolak ukur, semakin tinggi hasil Himpunan Fuzzy yang diperoleh maka semakin tinggi pengaruhnya terhadap kita, dimana hasilnya ditampilkan dalam bentuk kondisi Masyarakat yang terkait dengan penggunaan media sosial. Hasil penelitian ini juga dilengkapi dengan representasi derajat keanggotaan Fuzzy dan kesimpulan pemrosesan Fuzzy yang ditampilkan pada aplikasi sistem informasi menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic, sehingga membantu pengguna sistem dalam menganalisa pengaruh media sosial berdasarkan variabel fuzzy, serta dengan adanya aplikasi Fuzzy Logic ini diperoleh hasil seberapa besar pengaruh media sosial terhadap perilaku masyarakat. Sistem ini mampu menyimpan representasi himpunan fuzzy dengan keakuratan 85%.  

Perancangan LTE Menggunakan Metode Coverage Dimensioning di Kabupaten Kuantan Singingi

Sari, Linna Oktaviana, Fauzar, Arif, Safrianti, Ery, Andhi, Rahmat Rizal

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 2 No 3 (2018): Artikel In Press Vol. 2 No. 3 2018
Publisher : Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.097 KB)

Abstract

Kebutuhan jaringan internet LTE  tidak hanya dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan, tetapi juga masyarakat pedesaan. Kuantan Singingi adalah salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi Riau, dimana daerah ini memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan, terutama pariwisata. Untuk mengembangkan potensi tersebut, Kuantan singingi membutuhkan jaringan internet dengan kualitas sinyal yang lebih baik. Untuk memenuhi kebutuhan jaringan internet dengan level sinyal yang  lebih baik di Kuantan Singingi, maka pada penelitian ini telah dilakukan perancangan jaringan internet LTE di daerah Kuantan Singingi dengan menggunakan metode Coverage Dimensioning dengan jenis duplex FDD pada bandwidth 5 MHz. Perancangan dilakukan untuk perencanaan hingga 2020. Dari hasil perancangan yang telah dilakukan diperoleh bahwa Kuantan Singingi membutuhkan 54 eNodeB dengan jari-jari sel sebesar 6690 Meter. Selain itu diperoleh RSRP rata-rata -80dBm dengan  cakupan area terluas mencapai 99,5%. Kemudian service area uplink mencapai 100%  untuk modulasi 16QAM 3/5, sedangkan service area downlink mencapai 71% untuk modulasi QPSK 3/5.