cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII (Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia).
Arjuna Subject : -
Articles 50 Documents
Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Rahmawati, Ana Silfiani
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/psej.v4i1.1126

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar fisika . Jenis penelitian ini adalah eksperimental design one group pre test post test dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester 2 SMK Negeri 2 Ende yang terdiri dari 13 kelas dalam 5 program keahlian yang berjumlah 421 orang dan sampel penelitian adalah siswa kelas XC TKJ sebanyak 26 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes prestasi. Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif (MMI) sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar fisika. Hal ini dibuktikan dengan  nilai thitung ˃ ttabel  atau 3,491 > 1,708 dengan derajat kebebasan untuk daftar distribusi t adalah dk = N–1 = 26–1 = 25, dan taraf signifikan 0,05.Kata Kunci : Multimedia interaktif, media pembelajaran,  dan prestasi belajar
Strategy Integrated Learning Through The Model of Deep Discussion Group Activities (DMKK) Based on Local Wisdom as Efforts for Establishing Characters of JHS Students Rohmatillah, Septya; Budiarso, Aris Singgih
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/psej.v4i1.1197

Abstract

Education is an effort to educate the life of the nation. Operationally, education in the process through learning with the output of learning outcomes in the realm of knowledge, skills, and attitudes in this regard is related to the character that has become the problem of the Indonesian nation. With these conditions, the building of student character is needed in the millennial era, especially to build students' readiness in facing the challenges and developments in science and technology. Character building through the learning process can be done by using strategies integrated learning through-based DMKK models local wisdom. The chosen strategy integrated learning aims to have students have a learning experience from various sources with different perspectives so that students get a thorough thinking about a problem and can solve various problems. Through the DMKK model, the teacher does not have to be fixated on the steps of a particular learning model and the teacher is more flexible in teaching and learning activities and the use of media or tools available in the classroom. The DMKK model can provide opportunities for students to think deeply about a problem faced. The use of local wisdom in learning is able to provide experiences directly to students in accordance with the potential of the surrounding area. The method used in this is a study literature study on various related sources. The results of this study are expected to provide solutions related to the utilization of regional potential as a source of learning through an in-depth mindset so as to provide opportunities for students to solve problems from various perspectives while still having positive character. Keywords: character building, strategy integrated learning, and-based DMKK model local wisdom.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Berkarakter Model Inquiry untuk Siswa Kelas IX Kaleka, Melkyanus; Ika, Yasinta Embu
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/psej.v4i1.1112

Abstract

Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat melatih siswa berpikir, bertindak dan bersikap seperti ilmuan muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah LKS IPA berkarakter menggunakan model inquiry dan menganalisis pengembangan LKS tersebut terhadap prestasi belajar dan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Sampel penelitian adalah siswa kelas IXa sebagai kelas eksperimen dan siswa keals IXd sebagai kelas control. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Prosedur penelitian meliputi; pendahuluan, rancangan, dan pengembangan. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan presentase, uji-t, dan uji gain. Hasil analisis disimpulkan bahwa uji kelayakan Lembar Kerja Siswa ilmu pengetahuan alam berkarakter dengan model inquiry sangat layak digunakan sebagai panduan pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa pada kelas eksperimen dengan siswa pada kelas kontrol.Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu media pembelajaran yag dapat melatih siswa berpikir, bertindak dan bersikap seperti ilmuan muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah LKS IPA berkarakter menggunakan model inquiry dan menganalisis pengembangan LKS tersebut terhadap prestasi belajar dan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Sampel penelitian adalah siswa kelas IXa sebagai kelas eksperimen dan siswa keals IXd sebagai kelas control. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Prosedur penelitian meliputi; pendahuluan, rancangan, dan pengembangan. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan presentase, uji-t, dan uji gain. Hasil analisis disimpulkan bahwa uji kelayakan Lembar Kerja Siswa ilmu pengetahuan alam berkarakter dengan model inquiry sangat layak digunakan sebagai panduan pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa pada kelas eksperimen dengan siswa pada kelas control.
Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA pada Topik Azas Kekekalan Energi Ismawati, Riva; Trisnowati, Eli
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/psej.v4i1.1215

Abstract

Azas kekekalan energi merupakan salah satu topik dalam kajian termokimia yang telah dipelajari mahasiswa Program STudi Pendidikan IPA pada saat mereka di bangku SMA. Pengetahuan awal mahasiswa pada topiktersebut akan menjadi dasar bagi mereka untuk mempelajari materi terkait di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengetahuan awal mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA pada topic azas kekekalan energi. Penelitian ini merupakan penelitian deskrivtif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan IPA FKIP Universitas Tidar tahun 2017/2018. Instrumen yang digunakan merupakan tes bentuk testlet terdiri dari 9 pertanyaan dengan 3 soal utama dan 3 soal pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat mahasiswa yang belum dapat memahami konsep azas kekekalan energi dengan baik. 
Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 1 Mauponggo Ika, Yasinta Embu; Toyo, Maria Fridolin
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.977 KB) | DOI: 10.24905/psej.v4i1.1222

Abstract

Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini apakah pendekatan saintifik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri I Mauponggo tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri I Mauponggo tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pre-experimental design dan model one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Mauponggo dengan sampel yaitu siswa kelas X MIPA yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh peneliti berupa nilai keterampilan proses sains dengan analisis data yang digunakan adalah uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri I Mauponggo tahun pelajaran 2017/2018. 
Pengaruh Pembelajaran STAD dan Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah di SMA Rahmawati, Ana Silfiani
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (38.859 KB) | DOI: 10.24905/psej.v4i1.1216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran STAD dan inkuiri terhadap: (1) kemampuan berpikir kritis peserta didik, (2) sikap ilmiah peserta didik, (3) kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan inkuiri mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dan positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan hal ini ditunjukkan dengan output nilai t sebesar 5,83; 7,72 dan 2,71 pada taraf signifikansi 0,00 (signifikansi < 0,05); (2) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan inkuiri mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dan positif terhadap sikap ilmiah peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan hal ini ditunjukkan dengan output nilai t sebesar 4,85; 11,04 dan 7,47 pada taraf signifikansi 0,00 (signifikansi < 0,05); (3) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan inkuiri mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dan positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan hal ini ditunjukkan dengan output nilai F sebesar 61,819 dengan signifikansi sebesar 0,00 (signifikansi < 0,05).
FORMULASI MINYAK ATSIRI DAUN JERUK PURUT (Citrus hystrix D.C.) SEBAGAI SEDIAAN AROMATERAPI Nurcahyo, Heru
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.918 KB) | DOI: 10.24905/psej.v1i1.482

Abstract

Minyak atsiri jeruk purut sangat bermanfaat selain sebagai rasa pada makanan juga bisa dimanfaatkan sebagai sediaan aromaterapi yang sangat bermanfaat sebagai pengembangan produk terapy  non farmakologi. Penelitian ini dilakukan dengan membuat tiga formula secara eksperimen laboratorium dengan konsentrasi minyak atsiri daun jeruk purut (Citrus hystrix D.C.) yang berbeda yaitu 1%, 2%, 3% yang selanjutnya dilakukan diuji sifat fisika untuk mengetahui konsentrasi yang paling baik yang digunakan untuk sediaan aromaterapi. Uji sifat fisika meliputi uji organoleptis, uji pH, uji homogenitas, dan kesukaan.  Berdasarkan penelitian tentang uji fisika bahwa semua formula menunjukkan hasil yang baik yang selanjutnya dilakukan uji kesukaan dengan responden sejumlah 50 orang untuk mencoba masing-masing formula dan didapatkan kesimpulan bahwa Formula III dengan konsentrasi 3% mendapatkan respon peserta sejumlah 50% . 
KENTANG SEBAGAI BIO LISTRIK DENGAN PENAMBAHAN ENZIM PTIALIN SEBAGAI PENGOPTIMAL ARUS Pamungkas, Sigit
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.95 KB) | DOI: 10.24905/psej.v2i1.658

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penambahan enzim ptyalin dalam pemecahan karbohidrat pada bio baterai kentang dan komposisi terbaik antara enzim ptyalin dan ekstrak kentang untuk menghasilkan arus optimum serta tingkat efektivitas bio baterai ini ditinjau dari nilai arusnya.Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penambahan enzim ptyalin terhadap arus yang dihasilkan maka terlebih dahulu dilakukan uji konduktivitas larutan. Setelah itu dilakukan serangkaian percobaan untuk menentukan komposisi terbaik antara ektrak kentang dan larutan enzim ptyalin untuk menghasilkan arus optimum dan efektivitasnya ditinjau dari kestabilan arus. Setiap sel bio baterai kentang berisi 80 ml larutan kentang yang dicampurkan 11 ml, 13 ml, 16 ml, 20 ml, dan 30 ml. untuk mengetahui hubungan antara besar arus listrik yang dihasilkan dan lama waktu arus tersebut dapat bertahan maka dibuatlah grafik hubungan antara dua variable tersebut. Dari grafik ini juga bisa diketahui nilai kestabilan arus.Hasil penelitin juga menunjukkan bahwa enzim mampu memecahkan karbohidrat (pati) kentang. Hal ini ditandai dengan berubahnya rasa larutan yang relative lebih manis. Pada penambahan larutan enzim ptyalin kedalam ekstrak terdapat hubungan yang negative antara arus yang dihasilkan dan waktu daya tahan arus. Komposisi terbaik antara enzim ptyalin dan ektrak kentang untuk hasil optimum ialah 1: 5  
Peningkatan Hasil Belajar Impuls dan Momentum dengan Pembelajaran TSTS Berbantuan Kartu Masalah Herawati, Rosa
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.403 KB) | DOI: 10.24905/psej.v3i1.915

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Impuls dan Momentum kelas X MIPA 1. Menggunakan metode analisis diskriptif komparatif dengan model pembelajaran two stay two stray berbantuan kartu masalah. Penelitian dalam dua siklus, siklus I tiga pertemuan. Akhir pertemuan diadakan evaluasi, hasil analisis dan refleksi siklus I ada dua kompetensi masih kurang. Dilakukan siklus II terdiri dari dua pertemuan, model two stay two stray berbantuan kartu masalah dengan merubah anggota pada masing-masing kelompok. Perolehan nilai kedua kompetensi meningkat. Indikator Hukum Kekekalan Momentum siklus I : 59,4 siklus II : 90, indikator Tumbukan nilai rata-rata siklus I : 25 siklus II : 80,6. Perolehan rata-rata nilai kelompok meningkat, siklus I : 66,43 siklus II menjadi 83,99. Keaktifan peserta didik masing-masing indikator meningkat. Perbandingan evaluasi siklus I dan siklus II disimpulkan pembelajaran two stay two stray berbantuan kartu masalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Impuls dan Momentum kelas X.MIPA 1  SMA  4 Tegal.
ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA FLAVANOID PADA EKSTRAK DAUN SELEDRI (Apium graveolens L.) DENGAN METODE REFLUKS Kusnadi, Kusnadi; Devi, Egie Triana
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.266 KB) | DOI: 10.24905/psej.v2i1.675

Abstract

Kandungan daun seledri memiliki manfaat antara lain menurunkan tekanan darah (hipertensi), memperlancar pengeluaran urin, dan rheumatik. Salah satu kandungan daun seledri yaitu flavonoid. Flavonoid merupakan salah satu golongan fenol alam yang terbesar jumlahnya. Tumbuhan yang mengandung flavonoid dapat digunakan untuk antioksidan, anti hipertensi, dan anti inflamasi.Pada penelitian ini untuk mendapatkan ekstrak digunakan metode refluks dengan etanol 96% sebagai pelarut. Pada uji identifikasi yang digunakan meliputi uji pewarnaan dengan NaOH dan H2SO4, uji KLT, dan uji Spektrofotometri UV-Vis dengan kuersetin sebagai larutan bakunya. Hasil penelitian menunjukkan adanya senyawa flavonoid pada ekstrak daun seledri (Apium graveolens L.). Hasil refluks ditandai adanya perubahan warna menjadi kuning ketika ditetesi NaOH 10 % dan perubahan warna menjadi merah bata ketika ditetesi H2SO4 (pekat). Nilai  rata-rata Rf sampel yang didapat 0,84 cm nilai ini mendekati nilai Rf standar yaitu 0,88 cm. Kadar rata-rata flavonoid yang diperoleh dari ekstrak sampel 5 µl sebesar 16mg/100 g sampel, pada sampel 10 µl diperoleh kadar rata-rata sebesar 20,79 mg/100 g sampel, dan pada sampel20µl diperoleh kadar rata-rata sebesar 22,47mg/100 g sampel, serta pada sampel 25µl diperoleh kadar rata-rata sebesar 24,71mg/100 g sampel.