cover
Filter by Year
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII (Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia).
Articles
34
Articles
Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Kognitif IPA melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw

Sari, Nursina, Rahman, Nanang

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 1 (2018): In Press (April)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Rerata peningkatan motivasi (2) Rerata peningkatan kemampuan kognitif, dan (3) Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA pada peserta didik PGSD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mengadaptasi model Kurt Lewin yang dilakukan dalam tiga siklus pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar observasi motivasi, dan lembar soal serta lembar observasi keterlaksaana pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menerapkan pembelajaran kooperatif  tipe jigsaw dapat (1) Peserta didik lebih termotivasi dalam prose pembelajaran ditinjau dari hasil angket yaitu pada rerata gain skor tiap siklus I, II, dan III yaitu 0.32, 0.58, 0.63 dengan kategori sedang, dan (2) Efektif dalam meningkatkan hasil belajar kemampuan kognitif peserta didik ditinjau dari perolehan rerata gain skor pada tiap siklus I, II, dan III sebesar 0.49, 0.53, dan 0.6, dengan kategori sedang, (3) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA terlaksana dengan baik.Kata Kunci: Motivasi, kognitif, Pembelajaran kooperatif, jigsaw

Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Pencapaian Keterampilan Proses Siswa

Murniyati, Murniyati, Winarto, Winarto

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 1 (2018): In Press (April)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaaan model PjBL dengan model PBL ditinjau dari keterampilan proses sains siswa kelas V. Metode penelitian ini adalah Quasy Exsperimental tipe Non equivalent Control Group Pretest- Posttest Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SD Islam Ta’allumul Huda yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan test  dan obeservasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes dalam bentuk uraian. Pengujian hipotesis  menggunakan analisis T-test sampel independent dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis  diperoleh Sig. (2-tailed) nilai pencapaian keterampilan proses IPA adalah 0,029 lebih kecil dari 0,05 (0,029 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpuan penelitian ini terdapat perbedaan penerapan model Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari  pencapaian keterampilan proses siswa pada pelajaran IPA kelas IV di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu.Kata Kunci: Problem Based Learning, Project Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Sekolah Dasar.

Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri Saintifik

Basam, Fajri, Rusilowati, Ani, Ridlo, Saiful

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 1 (2018): In Press (April)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profil kompetensi sains siswa dalam pembelajaran literasi sains berpendekatan inkuiri saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian experiment  pretest-posttest control group design dengan sampel sebanyak 86 orang dari 2 kelas masing-masing di SMPN 1 Lilirilau dan MTs DDI Pattojo Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi selatan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa kompentensi sains berdasarkan aspek PISA yaitu aspek penjelasan fenomena ilmiah mendapatkan rata-rata persentase tertinggi sebesar 81% dibandingkan kedua aspek lainnya yaitu identifikasi isu sains dengan rata-rata persentase sebesar 76% dan penggunaan fakta-fakta sains sebesar 71%. Sedangkan hasil analisis kompetensi sains berdasarkan aspek literasi sains, di antara keempat aspek, aspek batang tubung pengetahuan memperoleh rata-rata persentase tertinggi sebesar 80% dibandingkan ketiga aspek lainnya yaitu aspek cara menyelidiki sebesar 79%, cara berpikir sebesar 76%, dan interaksi antara SETS sebesar 78%.

Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hewan Berbasis Game - Offline Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang

Rachmawati, Rivanna Citraning, Nurwahyunani, Atip

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 1 (2018): In Press (April)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian “Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hewan Berbasis Game - Offline Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang“ dilaksanakan dengan tujuan menyediakan bahan ajar yang tepat untuk meningkatkan pemahaman konsep dan klasifikasi tentang vertebrata khusus nya Amphibia. Metode penelitian ini merupakan metode Pengembangan  media pembelajaran, diawali dengan tahapan  analisis kebutuhan yang selanjutnya dikembangkan story board, pengembangan maket game edukasi, CD interaktif game offline dan buku panduan. Hasil penelitian bahan ajar berupa media Game Edukasi Amfibia telah dinyatakan memiliki validitas aspek media dengan kriteria kelayakan sangat layak dengan skor yang diperoleh 3,5. Sehingga dapat disimpulkan media Game Edukasi “Amfibia” sangat layak dan direkomendasikan untuk menunjang pembelajaran keanekaragaman hewan khususnya materi “Class Amphibia”.

Aspek Biologi dan Lingkungan Polychaeta Nereis sp. di Kawasan Pertambakan Desa Jeruklegi Kabupaten Cilacap: Potensinya Sebagai Pakan Alami Udang

Wibowo, Eko Setio, Palupi, Endah Sri, Puspita Sari, I Gusti Agung Ayu Ratna, Atang, Atang, Hana, Hana

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 1 (2018): In Press (April)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Cacing Nereis Sp. merupakan hewan invertebrata anggota Familia Nereidae, Classis Polychaeta yang hidup di ekosistem estuarin, sebagai benthik.  Nereis Sp. dapat dimanfaatkan untuk pakan udang karena mengandung asam amino dan asam lemak tak jenuh yang tinggi, untuk menyempurnakan mutu sel gamet pada induk udang dan meningkatkan mutu larva.  Cacing ini banyak terdapat di daerah pertambakan Cilacap tetapi masih belum banyak informasi tentang aspek biologi cacing Nereis Sp. yang di hidup di wilayah ini, sehingga perlu dilakukan  studi tentang aspek biologi cacing Nereis Sp. di wilayah ini untuk informasi usaha pengembangan budidaya cacing lur.  peneiltian ini dilakukan dengan metode survei. Pengambilan sampel di daerah pertambakan desa Jeruklegi kabupaten Cilacap dalam empat stasiun dengan tiga titik pengambilan sampel dan di ulang tiga kali setiap dua minggu sekali.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi aspek biologi cacing Nereis sp. dari empat stasiun pengambilan, yaitu jumlah segmen; berat tubuh dan rasio kelamin tidak berbeda nyata (p>0,05).  Kondisi Lingkungan masih mendukung kehidupan Nereis sp. untuk tumbuh dan berkembang biak.

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa

Sari, Desi Novita Anggun, Rusilowati, Ani, Nuswowati, Murbangun

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.977 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains siswa yang memperoleh pembelajaran proyek berbantuan modul bila dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ceramah disertai percobaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA di Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data kemampuan literasi sains dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang telah divalidasi ahli dan diuji reliabilitasnya. Rata-rata kemampuan literasi sains siswa yang memperoleh pembelajaran proyek pada penelitian ini adalah 433, sedangkan rata-rata kemampuan literasi sains siswa yang memperoleh pembelajaran ceramah disertai percobaan adalah 263. Profil kemampuan literasi sains siswa menunjukkan bahwa pembelajaran proyek berbantuan modul lebih baik pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa dibandingkan pembelajaran ceramah disertai percobaan. Kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah pada kedua kelompok siswa dalam penelitian ini lebih tinggi dibandingkan dua kompetensi literasi sains lainnya yaitu kemampuan mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah serta kemampuan menafsirkan data dan bukti ilmiah.Kata Kunci: Literasi sains, Pembelajaran berbasis proyek.

Pengembangan Media Komik Misugi Anaya Pembelajaran IPA Kelas III Materi Sumber Energi dan Kegunaannya

Wakhyudin, Husni, Permatasari, Raden Roro Novita

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.495 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan media yang layak digunakan dalam pembelajaran tentang sumber energi dan kegunaannya pada kelas III SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang semester II. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner, observasi, dan wawancara yang sebelumnya dilakukan uji validasi terhadap seluruh instrumen. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Prosedur pengembangan media komik menggunakan model ADDIE yang dikelompokkan dalam lima tahap, yakni analisis, rancangan, pengembangan, implemetsi dan evaluasi. Pengembangan Media komik secara kuantitatif dan kualitatif layak diterapkan dalam pembelajaran. Hasil penilaian oleh validator didapatkan penilaian oleh pakar media 1 diperoleh persentase 88%, hasil penelitian oleh pakar media 2 diperoleh persentase sebesar 83%, dari hasil penilaian ahli materia 1 diperoleh hasil 88%, bahan expert assessment 2 diperoleh 80%. Sementara itu, penilaian yang diberikan oleh siswa diperoleh 90,71% dan praktisi guru memperoleh persentase 87,15%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik “Misugi Anaya” mampu meningkatkan minat belajar siswa, mempermudah siswa dalam belajar, dan mempermudah siswa mengingat materi pembelajaran.Kata Kunci: Pengembangan, Komik, Misugi Anaya

Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik

Oktaviani, Pratiwi, Hartono, Hartono, Marwoto, Putut

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.765 KB)

Abstract

 Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang mendukung kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik dan menganalisis multimedia interaktif  bervisi SETS model PBL yang efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan divalidasikan untuk selanjutnya direvisi dan diimplementasikan. Subyek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan terhadap perangkat pembelajaran 88,33% dan multimedia interaktif yang dikembangkan 79,37%. Tingkat keefektifan ditunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan nilai N-gain mencapai 0,59 dengan kategori sedang. Keterampilan sosial peserta didik sebesar 84,50% dengan kriteria baik. Tingkat kepraktisan ditunjukkan dengan respon guru dan peserta didik sangat positif terhadap produk yang dikembangkan. Simpulan dari penelitian ini, perangkat pembelajaran valid, efektif, dan praktis digunakan sebagai alat bantu model PBL serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial pada kelas eksperimen.Kata Kunci: PBL, multimedia interaktif, kemampuan berpikir kritis, keterampilan sosial.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kemagnetan melalui Penerapan Peta Konsep Kemagnetan dalam Program Remedi dan Pengayaan

Khomariyah, Siti

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.255 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan menerapkan peta konsep kemagnetan dalam program remedi dan pengayaan untuk meningkatkan hasil belajar kemagnetan pada siswa kelas 9D SMP N 1 Gringsing Tahun Pelajaran 2014/2015 semester 2. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Alat evalusi yang digunakan adalah model C close untuk program pengayaan dan model S untuk program perbaikan.Terjadi peningkatan hasil belajar pada jumlah siswa yang tuntas belajar dari 32,14% pada pra siklus menjadi 92,85% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2. Peningkatan nilai rata-rata kelas pada KD 4.1 dan 4.2 adalah 67,64 pada pra siklus menjadi 89,14 pada siklus 1 menggunakan model C close untuk pengayaan dan model S untuk remedi. Sedangkan nilai-rata-rata pada siklus 2 untuk KD 4.3 dan dengan model C close semua siswa adalah 86,64. Jadi, dapat disimpulkan bahwa peta konsep kemagnetan dapat meningkatkan hasil belajar konsep kemagnetan.Kata Kunci: Hasil Belajar, Peta Konsep Kemagnetan, Remedial, Pengayaan

Analisis Asesmen dalam Bahan Ajar Biologi terhadap Potensi Pemberdayaan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas XI

Sasmito, Anggit, Suciati, Suciati, Maridi, Maridi

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.716 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis asesmen dalam bahan ajar biologi terhadap potensi pemberdayaan kemampuan berkomunikasi siswa kelas XI salah satu SMA Negeri di Kabupaten Madiun. Penelitian menggunakan metode deskriptif. Asesmen yang dianalisis meliputi soal pilihan ganda dan essay dalam bahan ajar biologi kelas XI dari dua penerbit yang berbeda pada materi sistem ekskresi manusia. Analisis asesmen dalam bahan ajar terhadap potensi memberdayakan kemampuan berkomunikasi menggunakan 12 indikator penilaian kemampuan berkomunikasi. Analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis asesmen dalam bahan ajar didapatkan kemunculan 12 indikator yang meliputi 1) deskripsi data berbagai cara 0%, 2) deskripsi hubungan data 42,86%, 3) memaknai data berbagai cara 14,29%, 4) melihat isi materi dari berbagi sudut pandang 0%, 5) menunjukkan kebenaran data 0%, 6) membedakan fakta dan kesimpulan 0%, 7) mengklarifikasi pernyataan 0%, 8) memastikan pernyataan teman 0%, 9) merespon pernyataan teman 0%, 10) memisahkan ide 14,29%, 11) memperbaiki pendapat berdasarkan masukan teman 0%, 12) menarik kesimpulan dari berdiskusi 28,56%. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen dalam bahan ajar biologi kelas XI belum memberdayakan kemampuan berkomunikasi siswa dengan optimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan perlu adanya pengembangan asesmen yang memiliki potensi pemberdayaan kemampuan berkomunikasi siswa.Kata Kunci: Asesmen dalam bahan ajar, kemampuan berkomunikasi