cover
Filter by Year
AdBispreneur
Jurnal AdBispreneur adalah jurnal ilmiah di bidang administrasi bisnis dan kewirausahaan yang terbit tiga kali setahun. Diterbitkan oleh Departemen Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Berisi tulisan hasil pemikiran dan penelitian di bidang administrasi bisnis dan kewirausahaan.
Articles
56
Articles
PENGEMBANGAN ACADEMIC ENTREPRENEUR DI PERGURUAN TINGGI : PROSPEK DAN TANTANGAN

RAHARJA, SAMUN JAJA

AdBispreneur Vol 3, No 1 (2018): AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewiraus
Publisher : Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNPAD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.854 KB)

Abstract

ABSTRACT The change in the management paradigm of higher education to become a financially independent institution, no longer relying on government subsidies and budgets, has has triggered efforts to make higher education more independent.  One concept that can be applied in that direction isAcademic Entrepreneur. This paper is intended to describe the various prospects and challenges in the development of Academic Entrepreneur. The method used in this study is qualitative method,Data collected through literature review and other secondary data. The results show that the development of Academic Entrepreneur has both prospects and challenges. It is suggested that universities begin mapping the readiness of academic entrepreneur development by using the scale of readiness calculation or unpreparedness in the development of academic entrepreneur Keywords: development, academic entrepreneur, prospect and challenge  ABSTRAKPerubahan paradigma pengelolaan Perguruan Tinggi untuk menjadi Lembaga yang mandiri secara finansial, tidak lagi mengandalkan subsidi dan anggaran pemerintah, telah memacu berbagai upaya untuk mewujudkan kemandirian perguruan tinggi. Salah satu konsep yang dapat diterapkan ke arah tersebut adalah Academic Entrepreneur. Tulisan ini ditujukan untuk mendeskripsikan tentang berbagai prospek dan tantangan dalam pengembangan Academic Entrpreneur. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif, Data dikumpulkan melalui kajian pustaka dan data sekunder lainnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan Academic Entrepreneur memiliki prospek dan sekaligus tantangan. Disarankan agar Perguruan Tinggi mulai melakukan pemetaan kesiapan pengembangan academic entrepreneur dengan menggunakan skala perhitungan kesiapan atau ketidaksiapan dalam pengembangan academic entrepreneur   Kata kunci : pengembangan, academic entrepreneur, prospek dan tantangan

PERBANDINGAN KINERJA PASAR PADA BISNIS RETAIL DI PASAR TRADISIONAL SEBELUM DAN SESUDAH KEBERADAAN ALFAMART DAN INDOMARET DI KECAMATAN BATAM KOTA KOTA BATAM

Hati, Shinta Wahyu, Novita, Chandra

AdBispreneur Vol 3, No 1 (2018): AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewiraus
Publisher : Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNPAD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1021.556 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the average ratio of market performance in traditional retail business before and after the presence of modern retail Alfamart and Indomaret in Batam Kota subdistrict which is spread in three villages, namely Baloi Permai Village, Belian Village and Teluk Tering Village. The sampling technique used in this research is purposive and accidental sampling with questionnaires obtained from 42 respondents. This study using analysis of paired sample t-test. The output of the paired sample t-test showed a response to hypotheses derived from each of the variables studied. Values obtained for before and after sales turnover tcount is equal to 2.398. Values obtained for before and after profit tcount is equal to 2.380. Values obtained for before and after working hours -tcount is equal to -7.879. The results of each tcount then be compared with ttabel where it is known that tcount each variable > ttabel and significance/P-Value <0,05 so that H0 rejected and Ha accepted. These three variables showed significant results that indicate that the presence of Alfamart/Indomaret give the average change impacts on market performance in Batam City District.ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan rata-rata kinerja pasar pada usaha ritel tradisional sebelum dan sesudah hadirnya ritel modern Alfamart dan Indomaret di daerah Kecamatan Batam Kota yang menyebar di tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Baloi Permai, Kelurahan Belian dan Kelurahan Teluk Tering. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive dan accidental sampling dengan kuesioner yang diperoleh dari 42 responden. Penelitian ini menggunakan analisis paired sample t-test. Hasil output dari paired sample t-test menunjukkan jawaban dari hipotesis yang diambil terkait masing-masing variabel yang diteliti. Nilai yang diperoleh untuk thitung omset penjualan sebelum dan sesudah adalah sebesar 2,398. Nilai yang diperoleh untuk thitung laba sebelum dan sesudah adalah sebesar 2,380. Nilai yang diperoleh untuk -thitung jam kerja sebelum dan sesudah adalah sebesar -7,879. Hasil dari masing-masing nilai thitung kemudian akan dibandingkan dengan ttabel dimana diketahui bahwa nilai thitung masing-masing variabel > ttabel dan signifikansi/P-Value < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Ketiga variabel menunjukkan hasil yang signifikan yang menunjukkan bahwa keberadaan Alfamart/Indomaret memberikan dampak perubahan rata-rata pada kinerja pasar di Kecamatan

GAYA BELANJA: PERBANDINGAN KONSUMEN INDONESIA DAN MALAYSIA

Helmi, R. Arief, Arifianti, Ria, Nugraeni, Wijayanti

AdBispreneur Vol 3, No 1 (2018): AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewiraus
Publisher : Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNPAD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.625 KB)

Abstract

ABSTRAKBerbelanja adalah aktifitas yang menjadi pilihan wisatawan, peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara terutama  dari Malaysia ke kota Bandung, mengisyaratkan perlunya pemahaman kecenderungan perilaku wisatawan sebagai konsumen dalam membeli produk atau berbelanja yang disebut gaya belanja. Dengan menggunakan sembilan gaya belanja yang dicetuskan Sproles dan Kendall (1986) studi komparasi antara kedua kelompok dilakukan, studi ini juga dapat disebut penelitian cross-culture. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa konsumen Indonesia dan Malaysia memiliki gaya belanja yang sama yaitu : perfectionistic, brand conscious,  dan impulsive. Perbedaanya adalah konsumen Indonesia cenderung lebih bergaya belanja: price conscious, habitual, dan confused by over choice. Sedangkan konsumen Malaysia cenderung lebih bergaya belanja novelty conscious dan recreational. Pemahaman ini dapat dimanfaatkan pada pemasaran internasional terutama pada industri retail. Kata kunci : Konsumen, Gaya belanja, Studi Komparasi  ABSTRACTShopping is one of most popular tourist activities.  There is an increasing number of domestic and foreign tourists, especially from Malaysia visiting Bandung. It is valuable to understand the tourist’s behavior especially in their buying behavior which called shopping style. This study employed nine shopping styles from Sproles and Kendall (1986) which comparing domestic Indonesian and Malaysian tourist, this study can also be categorized as cross-culture research. The results show that Indonesian and Malaysian consumers have the same shopping style: perfectionistic, brand conscious, and impulsive. The difference is that Indonesian consumers tend to have shopping style: price conscious, habitual, and confused by over choice. While Malaysian consumers indicated to have shopping style: novelty conscious and recreational. This understanding can be utilized in international marketing, especially in the retail industry. Keywords: Customer, Shopping-style, Comparaive Study

ANALISIS EMPLOYEE EMPOWERMENT DAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN DI SEKTOR PARIWISATA

Pragiwani, Meita, Alexandri, Mohammad Benny, P, Chandra

AdBispreneur Vol 3, No 1 (2018): AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewiraus
Publisher : Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNPAD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.299 KB)

Abstract

ABSTRACT Employee empowerment can spur to increase creativity, motivation, and innovative power of employees in carrying out their duties and responsibilities. Applicability of Employee Empowerment program or employee empowerment will improve employee performance, so that companys goal will be achieved well, fast and flexible. Based on the background of the problems described earlier, it can be identified the problem (a) Employee Empowerment gives influence to the performance of hotel employees (b) Management Knowledge gives influence to the performance of hotel employees. Hypothesis testing results that prove that the Employee Empowerment in the hotel to provide support to the performance of its employees. Another result is that the Management Knowledge that is in the hotel does not give influence to employee performance. Keyword : Employee Empowerment, Management Knowledge, Employee PerformanceABSTRAKPemberdayaan karyawan dapat memacu untuk meningkatkan kreativitas, motivasi, dan kekuatan inovatif karyawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Penerapan program Pemberdayaan Pegawai atau pemberdayaan karyawan akan meningkatkan kinerja karyawan, sehingga tujuan perusahaan akan tercapai dengan baik, cepat dan fleksibel. Berdasarkan latar belakang masalah yang dijelaskan sebelumnya, dapat diidentifikasi masalah (a) Pemberdayaan Karyawan memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan hotel (b) Manajemen Pengetahuan memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan hotel. Hasil pengujian hipotesis yang membuktikan bahwa Pemberdayaan Karyawan di hotel memberikan dukungan terhadap kinerja karyawannya. Hasil lain adalah bahwa Manajemen Pengetahuan yang ada di hotel tidak memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan. Kata Kunci : Employee Empowerment, Management Knowledge, Kinerja Karyawan 

PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (STUDI PADA PENGGUNA KARTU As DI STIA YPPT PRIATIM TASIKMALAYA)

Widodo, Teguh Heri, Tresna, Pratami Wulan

AdBispreneur Vol 3, No 1 (2018): AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewiraus
Publisher : Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNPAD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.772 KB)

Abstract

ABSTRACTResearch on the Influence of Brand Trust on Brand Loyalty conducted on As Sim Card User in civitas academic student of STIA YPPT Priatim Tasikmalaya conducted to answer the question about the influence of trust on the loyalty of citizens of Yppt Priatim College of Tasikmalaya As Sim card users. This is a type of quantitative research using descriptive method for analytical method. The data collection techniques that used in this research are questionnaires, interviews and observations. From the research result obtained by brand trust of citizen STIA YPPT Tasikmalaya influenced brand loyalty. Brand trust variable (X) is 0,000 (sig value <0,05) so H1 is accepted and it can be concluded that customers trust toward a brand will influence customers loyalty level to the brand. The results are statistically significant. The value of determination can also describe the level of total independent variable contribution to the dependent variable changes. Therefore, it can be said that brand trust contributes a total effect of 57% to changes in customer loyalty to a brand on Kartu As users at STIA YPPT Tasikmalaya. Key word: Brand Trust, Brand Loyalty ABSTRAKPenelitian Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek  yang dilakukan pada pengguna kartu AS civitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yppt Priatim Tasikmalaya dilakukan untuk menjawab pertanyaan mengenai pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yppt Priatim Tasikmalaya pengguna kartu AS. Penelitan ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan  menggunakan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian diperoleh kepercayaan merek civitas akademika STIA YPPT TASIKMALAYA berpengaruh pada loyalitas merek tersebut. Variabel kepercayaan merek (X) sebesar 0,000 (nilai sig<0,05) sehingga H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa tingkat kepercayaan pelanggan terhadap suatu merek akan mempengaruhi tingkat loyalitas pelanggan terhadap merek tersebut. Hasil tersebut signifikan secara statistic. Nilai determinasi juga dapat menggambarkan tingkat kontribusi variabel bebas secara total terhadap perubahan variabel terikat. Oleh karena itu, dapat dikatakan pula bahwa kepercayaan merek memberikan kontribusi pengaruh secara total sebesar 57% terhadap perubahan tingkat loyalitas pelanggan terhadap suatu merek pada civitas akademika STIA YPPT TASIKMALAYA.

ANALISIS PENERAPAN E-RECRUITMENT PADA PT. X

Gracia, Anggita, Chan, Arianis, Adinegara, Rivani

AdBispreneur Vol 3, No 1 (2018): AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewiraus
Publisher : Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNPAD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.909 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study aims to analyze e-recruitment or electronic recruitment applied by X, Ltd. In addition, this study also aims to determine the benefits and impacts that companies felt after using e-recruitment method. The research method used in this research is qualitative-descriptive method to describe a state of e-recruitment. The data obtained in this study using the instrument of observation, interview and documentation study. The results of this study indicate that the presence of e-recruitment has contributed to provide positive benefits for X, Ltd. especially in terms of administrative efficiency and cost. Although the utilization is not too often, but the use of e-recruitment has provided many facilities, especially for the recruiters. This is an example of real implementation of effective and efficient technology utilization to support HR function in company. The conclusion that can be taken in this research is that the automation of human resource management function into internet based system requires strategic integration of human resource management with company strategy, structure and corporate culture. To support it X, Ltd. prioritize the implementation of knowledge management in the form of training and coaching to prepare a quality organization and ready to change management. Keywords: E-recruitment, Recruitment, Human Resources. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-recruitment atau rekrutmen elektronik yang diterapkan oleh       PT. X. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui manfaat serta dampak yang dirasakan perusahaan setelah menggunakan metode e-recruitment. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif untuk menggambarkan sebuah keadaan e-recruitment. Data yang didapatkan pada penelitian ini menggunakan instrumen observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hadirnya e-recruitment telah berkontribusi dalam memberikan manfaat positif bagi PT X terutama dari sisi efisiensi administratif dan biaya. Meskipun penggunaannya belum terlalu tinggi, namun penggunaan e-recruitment telah memberikan banyak kemudahan khususnya bagi para rekruter. Hal ini merupakan sebuah contoh implementasi nyata pemanfaatan teknologi yang efektif dan efisien untuk mendukung fungsi SDM pada perusahaan.Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini bahwa, otomatisasi manajemen fungsi sumber daya manusia menjadi sistem berbasis internet membutuhkan integrasi strategis manajemen sumber daya manusia dengan strategi perusahaan, struktur dan budaya perusahaan. Untuk mendukung hal tersebut PT. X mengedepankan implementasi knowledge management dalam bentuk training dan coaching guna menyiapkan organisasi yang berkualitas serta siap akan perubahan manajemen (change management).Kata Kunci: E-recruitment, Rekrutmen, Sumber Daya Manusia  

PEMETAAN UMKM INDUSTRI KREATIF DI WILAYAH PRIANGAN TIMUR: IDENTIFIKASI KEUNGGULAN DAYA SAING LOKAL

Purbasari, Ratih, Chandra, Wijaya, Rahayu, Ning, Maulina, Erna

AdBispreneur Vol 3, No 1 (2018): AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewiraus
Publisher : Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNPAD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.175 KB)

Abstract

ABSTRACT This research tries to improve local competitive advantage through of creative industry potentials development. The research method used is qualitative approach and contextual technique of local competitive advantage development in East Priangan region with the following stages (1) Collecting secondary data through literature review and related intitutions (2) Understanding of local competitive advantage and creative industries concept (3) Mapping creative industries potential (4) Identifying the most potentialy creative industries and analysis. The results showed that the sub-sectors of the most potential creative industry in each region are the Mendong Handicraft Industry (Tasikmalaya City), the Akar Wangi Handicraft Industry (Garut Regency), the Coconut Handicraft Industry (Ciamis Regency) according to the competitive advantage concept. They also have local resources and supported by government protection policies. Moreover they have both domestic and foreign markets. In order to have competitive advantage sustainability, required collaboration and cooperation of all related parties in an entrepreneurial ecosystem of each creative industry regions.  Keywords : Local Competitive Advantage, Creative Industry, East Priangan, ABSTRAKPenelitian ini berupaya untuk membantu meningkatkan keunggulan daya saing lokal melalui pengembangan potensi industri kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan teknik kontekstual mengenai pengembangan keunggulan daya saing lokal di wilayah Priangan Timur dengan tahapan (1) Mengumpulkan data sekunder melalui tinjauan pustaka dan institusi terkait (2) Pemahaman konteks keunggulan daya saing lokal dan industri kreatif (3) Pemetaan potensi industri kreatif (4) Identifikasi industri kreatif yang paling berpotensi dan analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subsektor dari industri kreatif yang paling berpontensi di masing-masing daerah adalah Industri Kerajinan Anyaman Mendong (Kota Tasikmalaya), Industri Kerajinan Akar Wangi (Kab. Garut), Kerajinan Lidi Kelapa (Kab. Ciamis) berdasarkan konsep keunggulan daya saing, memiliki sumber daya lokal dan dukungan kebijakan perlidungan dari pemerintah, serta telah memiliki pasar domestik dan luar negeri. Untuk memiliki keunggulan daya saing berkelanjutan, dibutuhkan kolaborasi dan kerjasama dari semua pihak yang terlibat di dalam ekosistem kewirausahaan di setiap wilayah industri kreatif tersebut.Kata kunci : Keunggulan Daya Saing Lokal, Industri Kreatif, Priangan Tim

PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA KOPERASI “X” BANDUNG

Kostini, Nenden, Dai, Ratna Meisa, Andriani, Evi

AdBispreneur Vol 3, No 1 (2018): AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewiraus
Publisher : Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNPAD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.254 KB)

Abstract

ABSTRACTFinancial services cooperatives are classified as Non-bank Microfinance Institutions (MFIs) and become alternative funding for micro, small and medium enterprises (MSMEs). Non-bank MFIs are believed to play a strategic role in meeting the capital needs of MSMEs. However, the role of non-bank MFIs is still low so that the potential of MSME as a supporter of economic growth can’t be realized. Cooperative "X" is a savings and loan cooperative with its own capital comes from the principal savings and compulsory savings of members, donations or grants in the form of long-term debt and short-term from the Center for Credit Cooperatives of West Java and some funds of remaining business results. Loan disbursement by Cooperative "X" continues to increase but not accompanied by an increase in own capital thus increasing the amount of debt and interest costs to be paid. This disrupts the circulation of working capital of "X" Cooperatives because most of the capital is used to cover the cost of loan interest so that remaining business results becomes lessened. This study aims to determine the effect of working capital on profitability in Cooperative "X". The research method used is descriptive-associative with quantitative approach, and simple linear regression analysis. Cash Conversion Cycle is used to measure working capital while profitability is measured by ROA. The result of the research shows that Cooperative "X" Bandung has used its working capital efficiently and profit from the use of all its assets fluctuating every year in relatively small amount, besides it is also known that working capital negatively affect profitability. Key words: Working Capital, Profitability, Cooperative, Cash Conversion Cycle, ROA ABSTRAKKoperasi jasa keuangan digolongkan sebagai Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Non-bank dan menjadi alternatif pendanaan untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). LKM Non-bank dipercaya dapat berperan strategis dalam memenuhi kebutuhan modal UMKM. Namun kenyataannya peran LKM Non-bank tersebut masih rendah sehingga potensi UMKM sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi belum dapat direalisasikan. Koperasi  “X” merupakan koperasi simpan pinjam dengan modal sendiri berasal dari simpanan pokok dan simpanan wajib anggota, donasi atau bantuan dana berupa utang jangka panjang maupun jangka pendek dari Pusat Koperasi Kredit Jawa Barat dan sebagian dana SHU. Penyaluran kredit oleh Koperasi “X” terus meningkat namun tidak diiringi oleh peningkatan modal sendiri sehingga meningkatkan jumlah utang dan biaya bunga yang harus dibayar. Hal ini mengganggu sirkulasi modal kerja Koperasi “X” karena sebagian besar modal digunakan untuk menutupi biaya bunga pinjaman sehingga SHU menjadi berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas pada Koperasi “X”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dan analisis regresi linear sederhana. Cash Conversion Cycle digunakan untuk mengukur modal kerja sedangkan profitabilitas diukur dengan ROA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koperasi “X” Bandung telah menggunakan modal kerjanya secara efisien dan memperoleh keuntungan dari penggunan seluruh asetnya secara fluktuatif setiap tahunnya dalam jumlah relatif kecil, selain itu diketahui juga bahwa modal kerja berpengaruh negatif terhadap profitabilitasKata kunci: Modal Kerja, Profitabilitas, Koperasi, Cash Conversion Cycle, ROA

ANALISIS MANAJEMEN STRESS PADA PERUSAHAAN PERS (Studi pada PJTV)

Sukoco, Iwan, Bintang, Mohammad Ridha

AdBispreneur Vol 2, No 3 (2017): AdBispreneur
Publisher : Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNPAD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.914 KB)

Abstract

ABSTRACTThe employees are one important asset  in a company to achieve its goal. The employees must be used in company well . In fact, work stress is suffering many employees in companies. This Job is not ruled in  working schedules and many problems may happen in their work. Also it can cause work stress. That is way, the journalist is hoped be able to cope  with their work stress from individual approach and supported by company’s policies. The increase of work stress can cause fluctuation low productivity.The purpose of this study is to understand the strategy used by the company to handle its employees stress at work in news department journalist PT. Esa Visual Padjadjaran Televisi (PJTV). This study uses the quatuative method. The design of this study uses analysis descriptive and the data collecting method uses library research and field study wich includes open observation, unstructured interview, and documentation research. The result of the research showed that the stressors in news department journalist PT. Esa Visual Padjadjaran Televisi (PJTV) are there are no all newsworthy events, departement that includes 30 sub-districts, limited time, and pressure from the boss. The job stress management done by journalist are refrehing, or out of the work place for a moment, smoking, and others. The job stress management done by the company through four categories: organizational communication, employee performance appraisal, employee development, adn employee benefits. Keywords : Employees, job stress management, Journalist ANALISIS MANAJEMEN STRESS PADA PERUSAHAAN PERS(Studi pada PJTV) ABSTRAKKaryawan sebagai kekayaan (asset) utama perusahaan, untuk mencapai tujuan dan sasaran suatu perusahaan, karyawan harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Namun, pada kenyataannya stres kerja kerap dialami banyak pihak di tempat kerja. Secara individu diharapkan wartawan mampu mengelola stres, ditunjang dengan kebijakan perusahaan. Stres secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan kinerja lebih rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen stres kerja pada wartawan divisi pemberitaan PT. Esa Visual Padjadjaran Televisi (PJTV). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi terbuka, wawancara tak terstruktur, studi dokumentasi, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor – faktor penyebab stres kerja pada pada wartawan divisi pemberitaan PT. Esa Visual Padjadjaran Televisi (PJTV) di antaranya: 1) belum ada peristiwa yang layak dijadikan berita; 2) lokasi kerja yang luas karena harus mengcover 30 kecamatan; 3) waktu yang terbatas; 4) dimarahi redaktur. Adapun pengelolaan stres kerja yang dilakukan wartawan adalah dengan refreshing, atau keluar ruangan sejenak, merokok, dan lain – lain. Pengelolaan stres kerja yang dilakukan perusahaan melalui empat kategori yaitu, komunikasi oraganisasional, penilaian kinerja karyawan, pengembangan karyawan, dan kesejahteraan karyawan. Kata kunci: Manajemen stres kerja, stres kerja, wartawan

ENTREPRENEURSHIP DAN PERLINDUNGAN ANAK

Apsari, Nurliana Cipta, Santoso, Meilanny Budiarti, Humaedi, Sahadi, Raharjo, Santoso Tri, Wibhawa, Budhi

AdBispreneur Vol 2, No 3 (2017): AdBispreneur
Publisher : Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNPAD

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.181 KB)

Abstract

ABSTRACT     The rights of children from poor family and geographically unfortunate is violated due to limited access. Assisting families to overcome the access limitation by entrepreneurship is an effort for child protection. The study was conducted at Genteng Village to families with children between 0-18 years old using qualitative methode with in-depth interview technique. The result shows that geographically, the village is located in remote area with limited and unsmooth rocky road. The number of children in the village is high, however the education facilities are not sufficient. The majority of the parents work as farmers which the daily expenses are often greater than the income. These conditions made the children in the village vulnerable of receiving social injustice thus entrepreneurship can be endorsed in addressing poverty in the area. The entrepreneurship potential in the village such as cooperation and various farmers group are supported to enhance the earner of the members to decrease the poor family thus the children can escape from the poverty. Keywords: Entrepreneurship, child protection, social justice   ABSTRAK     Anak dari keluarga miskin dan secara geografis terisolasi mendapatkan ketidakadilan sosial karena keterbatasan akses. Mendekatkan akses atau membantu mengurangi kesenjangan yang dialami keluarga dengan kegiatan kewirausahaan adalah usaha perlindungan anak. Penelitian dilakukan di Desa Genteng kepada orang tua dengan anak usia 0-18 tahun dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara mendalam. Hasil penelitian menemukan lokasi geografis jauh dari pusat keramaian dengan jalan berkelok dan berbatu. Jumlah anak cukup tinggi, namun fasilitas pendidikan minim. Orang tua mayoritas bertani dengan pengeluaran cenderung lebih banyak daripada pendapatan. Keadaan ini membuat anak di Desa Genteng rawan mendapatkan ketidakadilan sosial, sehingga kewirausahaan menjadi cara mengatasi kemiskinan. Potensi kewirausahaan seperti koperasi, dan kelompok tani teridentifikasi dapat meningkatkan pendapatan di Desa Genteng, sehingga anak-anak dapat terlepas dari rantai kemiskinan. Kata kunci: Kewirausahaan, perlindungan anak, keadilan sosial