cover
Filter by Year
JURNAL MANEKSI
Jurnal MANEKSI adalah jurnal yang mempublikasikan tentang bidang ilmu yang berkaitan dengan akutansi dan manajemen, terbit secara berkala dua kali dalam setahun (Juni dan Desember). ISSN (Cetak) : 2302-9560, ISSN (Online): 2597-4599 Jurnal Maneksi berisikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian konseptual (teoritik) yang belum pernah diterbitkan oleh jurnal atau makalah ilmiah lainnya.
Articles
52
Articles
Pengaruh Gender dan Lama Usaha Terhadap Produktivitas

Siahaya, Septina Louisa

JURNAL MANEKSI Vol 7, No 2 (2018): JURNAL MANEKSI
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gender dan lama usaha terhadap produktivitas usaha mikro gula merah Saparua untuk wilayah Desa Itawaka dan Desa Tuhaha. Penelitian ini menggunakan rumus produktivitas total untuk mengukur produktivitas, serta melihat pengaruh variabel gender (X1) dan lama usaha (X2) terhadap produktivitas (Y) menggunakan uji t dan uji F.  Hasil pengukuran produktivitas total menunjukkan tidak terdapat perbedaan nilai produktivitas ditinjau dari sisi gender dan lama usaha. Selain itu secara parsial untuk gender diperoleh nilai signifikansi 0,415 dan untuk lama usaha diperoleh nilai signifikansi 0,865. Sedangkan secara simultan diperoleh nilai signifikansi 0,680. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara gender dan lama usaha terhadap produktivitas baik secara parsial maupun simultan, dikarenakan tidak terdapat perbedaan keahlian atau keterampilan serta pengalaman antara pria dan wanita dalam mengolah gula merah Saparua. 

PENGARUH KUALITAS PENYUSUNAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA DAN EFEKTIFITAS PENGENDALIAN ANGGGARAN TERHADAP KINERJA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Kalauw, Ali Amin

JURNAL MANEKSI Vol 7, No 2 (2018): JURNAL MANEKSI
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas penyusunan anggaran dan efektifitas pengendalian anggaran terhadap kinerja SKPD, dimana penelitian ini dilakukan pada beberapa SKPD di Kabupaten Seram Bagian Barat Propinsi Maluku dengan menggunakan metode survey melalui instrumen kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh karena semua populasi penelitian yang berjumlah 42 SKPD menjadi objek pengamatan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa kualitas penyusunan anggaran dan efektifitas pengendalian anggaran secara simultan maupun parsial berpengaruh terhadap kinerja SKPD.

PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN TINGKAT UPAH TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN MELALUI JUMLAH INVESTASI DI PROVINSI JAMBI

Murniati, murniati -

JURNAL MANEKSI Vol 7, No 2 (2018): JURNAL MANEKSI
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study aims to determine the direct influence between economic growth and wage rates on the amount of investment in Jambi Province and to know the direct influence between economic growth, wage rate and amount of investment on unemployment rate in Jambi Province. And than to determine the indirect effect of economic growth, the level of wages on the unemployment rate through the mediation of investment in Jambi Province. The data used is secondary data and use analysis path. From the research results obtained conclusion as follows: 1. a. Economic growth   (X1) has a significant effect on the investment with t count > t table ie 13,573 > 2,447. b. Wage rate (X2) has significant effect with t count > t table ie 32,026 > 2,447. 2. a. Economic growth (X1) has no significant effect on unemployment rate (Y2) because the value of t arithmetic z table.

Pengaruh Ketersediaan Uang dan Konsumsi Hedonis terhadap Pembelian Impulse produk ole-ole khas Kota Ambon

GOMIES, STEVANUS JOHAN, Tamalene, Abdul Haris, Pattipeilohy, Victor Ringhard

JURNAL MANEKSI Vol 7, No 2 (2018): JURNAL MANEKSI
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pembelian impulse merupakan salah satu perilaku pembelian yang penting untuk dipahami oleh para produsen atau pelaku usaha retail dalam rangka menetapkan strategi pemasaran karena dapat meningkatkan jumlah omzet penjualan dan laba. Pembelian impulse tanpa disadari sering dialami oleh semua konsumen tanpa membedakan umur, budaya, pekerjaan, maupun tingkat pendapatan.Tujuan dari penelitian saat ini adalah untuk menguji pengaruh secara langsung variabel ketersediaan uang dan konsumsi hedonis terhadap perilaku pembelian impulse khususnya produk ole-ole khas Ambon yang biasanya saat dibeli telah direncanakan sebelumnya oleh pelanggan. Penelitian saat ini melibatkan 100 orang responden yang dijadikan sampel. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampel, dengan teknik analisis adalah regresi berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa  konsumen yang merasa meampu untuk berbelanja karena memiliki uang yang merupakan representasi dari variabel ketersediaan uang dan selalu merasa ingin tahu terhadap suatu produk yang merupakan representasi dari variabel  konsumsi hedonis mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulse produk ole-ole khas Ambon.Kata kunci: Ketersediaan Uang, Konsumsi Hedonis, Pembelian Impulse

PENGARUH KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA,KOMITMEN ORGANISASI, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGENDALIAN INTERN AKUNTANSI TERHADAP NILAI INFORMASI PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH PEMERINTAH PROVINSI MALUKU)

Sandanafu, Sally Paulina, Situmeang, Mis Fertyno

JURNAL MANEKSI Vol 7, No 2 (2018): JURNAL MANEKSI
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study aims to determine the effect of human resource capacity, organizational commitment, utilization of information technology and internal control accounting to the value of financial reporting information local government in the scope of SKPD Maluku province.This research is causal asosiatif research with quantitative approach, the sampling technique used is purposive sampling. The analysis used is multiple regression analysis (Multiple regression).The result of hypothesis test shows that variable of human resource capacity, organizational commitment and internal control of accountancy have a positive and significant influence to the value of local financial reporting information while the utilization of information technology has no positive effect to the financial information value of the area it is shown with coefficient value of 0.128 with significance level of 0.060.

ANALISIS FLUKTUATIF TINGKAT PENDAPATAN PETANI SAYUR DESA WAIHERU

Hariyati,SE., MSA, Tri Retno, Hariyanti, Dwi, Masidonsa, Jaelani La, Asrida, Wa

JURNAL MANEKSI Vol 7, No 2 (2018): JURNAL MANEKSI
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan Penelitian adalah mengetahui dan menganalisa faktor apa saja yang menyebabkan fluktuatif tingkat pendapatan petani sayur di Waiheru. Selain itu mampu memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh petani. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Faktor yang mempengaruhi fluktusi pendapatan petani sayur di wilayah Waiheru adalah faktor internal dan faktor ekternal. Faktor internal adalah faktor yang timbul dari dalam diri para petani seperti keahlian menanam tanaman, katrampilan dalam mengeolah tanah , kepiawaian dalam mengurus tanaman dll. Sedangkan kator ekternal berasal dari luar diri petani seperti iklim. Pelindung tanaman dan lain-lain. Dari kedua faktor tersebut, ternyata faktor internal adalah faktor yang telah di miliki oleh petani. Petani telah sering mendapatkan pelatihan dan penyuluhan oleh dinas pertanian. Sedangkan, untuk faktor ekternal adalah faktor yang harus mampu di atasi langsung oleh petani. Faktor ekternal seperti iklim ternyata justru tidak mengurangai jumlah laba atau mendapatan yang di peroleh petani. Namun, yang menjadi kendala kemampuan petani untuk membangun rumah pelindung tanaman. Dengan di bangun rumah tersebut, maka  mampu mendorong meningkatkan hasil panen meningkat. Solusi atas kendala yang dimiliki oleh Petani dalah perlu sinergi program dengan pemerintah dan petani, artinya petani juga perlu swadaya dan kekurangan pemerintah perhatihan dalam membuat rumah pelindung tanaman secara permanen.

Analisis Tingkat Pengembalian Investasi Dalam Perusahaan Karet Kabupaten Maluku Tengah

Dolwoy, Agustina M, Sandanafu, Sally P, Lalaun, Albertus

JURNAL MANEKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.859 KB)

Abstract

Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui berapa besarnya tingkat pengembalian investasi yang dihasilkan oleh PTP.Perkebunan Karet Kabupaten Maluku Tengah. Teknik Analisa Yang digunakan dalam penulisan ini  analisis rasio profittabilitas dengan menggunakan ROI (Return On Invesment). Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus  Return On Invesment ( ROI ) Hasil pengembelian investasi yang dihasilkan oleh perusahanan tahun 2008 sebesar 14,47%, di tahun 2009 naik menjadi 19,34 %, di tahun 2010 naik menjadi 25,14 % di tahun 2011 naik menjadi 36,65 % dan kembali meningkat menjadi 40,32 % di tahun 2012. Hal ini terjadi karena kemampuan perusahanan untuk mengatur dengan baik dan benar produktivitas dari seluruh dana perusahanan, baik modal pinjaman maupun modal sendiri.

Analisis Break Even Point Dalam Kaitan Dengan Pendapatan Spead Boad Kota Jawa

Kotala, Rohma, Hariyati, Tri Retno, Sadubun, Vury L.A.

JURNAL MANEKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.472 KB)

Abstract

           Speadboad businesses that serve sea transport path Mardika Java-City is one source of income for people living in the area were used to serve the communityin order to support their daily activities. Planning on profits from these efforts need to be done as well as possible so that employers speadboad not experience losses due to operational costs are quite high.             The analysis is using the break even point analysis that aimed to quantify the level of production that proceeds equal to the sum of all variable costs and fixed costs.            The result showed that the rste of break even point wiil occur at speadboad entrepreneurs who use premium in the amount of 454 people with a minimum income level of US$1.634 million, then at speadboad which uses kerosene in the amount of 488 people with a minimum income level of US $ 1.7367 million.

Analisis Kinerja Keuangan Pada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Cabang Masohi

Putranubun, Eko Saputra, Patty, Junus Paulus, Hariyati, Tri Retno

JURNAL MANEKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.685 KB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, tingkat perputaran piutang dari tahun 2012 ke tahun 2013 mengalami kenaikan, dimana pada tahun 2012 tingkat perputaran piutang adalah sebesar 2 kali perputaran, sedangkan pada tahun 2013 mengalami kenaikan sebesar 3 kali perputaran atau selisih kenaikan sebesar 1 kali perputaran. Sedangkan dalam tahun 2014 tingkat perputaran sama dengan tahun 2013 yaitu 3 kali perputaran. Untuk tingkat perputaran aset tetap dari tahun 2012 ke tahun 2013 mengalami kenaikan, dimana pada tahun 2012 tingkat perputaran aset tetap terhadap penjualan adalah sebesar 0,45 kali perputaran, sedangkan pada tahun 2013 mengalami kenaikan sebesar 0,52 kali perputaran atau selisih kenaikan sebesar 0,07 kali perputaran.Sedangkan dalam tahun 2014 tingkat perputaran aset tetap mengalami kenaikan sebesar 0,61 kali perputaran atau naik sebesar 0,09 kali perputaran dari tahun 2013. Sementara untuk tingkat perputaran aset dari tahun 2012 ke tahun 2013 mengalami kenaikan, dimana pada tahun 2012 tingkat perputaran aset terhadap penjualan adalah sebesar 0,28 kali perputaran, sedangkan pada tahun 2013 mengalami kenaikan sebesar 0,33 kali perputaran atau selisih kenaikan sebesar 0,05 kali perputaran. Sedangkan dalam tahun 2014 tingkat perputaran aset mengalami kenaikan sebesar 0,36 kali perputaran atau naik sebesar 0,03 kali perputaran dari tahun 2013.

Tingkat Penguasaan Excel Dalam Kaitannya Dengan Pekerjaan Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ambon

Bahar, Yanti, Aponno, Mersyia Fransisca, Sugi, Marines Gabriel Frans

JURNAL MANEKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.354 KB)

Abstract

Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dalam sebuah survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yang menggambarkan tingkat penguasaan program aplikasi Microsoft Excel antara mahasiswa semester 2 dan semester 6, penggunaan fungsi program aplikasi Microsoft Excel yang paling dikuasai, fungsi Microsoft Excel yang paling sering digunakan dan pekerjaan yang dikerjakan menggunakan fungsi Microsoft Excel.Dari hasil analisis deskriptif, ternyata tidak terdapat perbedaan tingkat penguasaan Excel mahasiswa semester 2 dan mahasiswa semester 6 jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ambon.