SinkrOn
ISSN : -     EISSN : -
SinkrOn (jurnal dan Penelitian Teknik Informatika) adalah wadah kajian karya ilmiah Teknologi Informatika dengan pembahasan di bidang Teknik Informatika, Algoritma, Kecedasan Buatan, Data Mining, Machine Learning dan lainnya.
Articles 62 Documents
Pencarian Jalur Terpendek dengan Algoritma Dijkstra

Harahap, Muhammad Khoiruddin, Khairina, Nurul

SinkrOn Vol 2 No 2 (2017): SinkrOn Volume 2 Nomor 2 Oktober 2017
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.773 KB) | DOI: 10.33395/sinkron.v2i2.61

Abstract

Abstrak — Persoalan dalam menemukan jalur terpendek seiring dengan penghematan waktu yang tersingkat. Hal ini menjadi penting dalam kedinamisan masyarakat perkotaan. Jumlah rute yang ditempuh juga menjadi persoalan tersendiri untuk mencapai tempat tujuannya. Kita akan menentukan titik-titik manakah yang harus dilalui sehingga mendapatkan tempat tujuan dengan jarak terpendek dan penggunaan waktu yang tersingkat dengan menggunakan algoritma Dijkstra. Pencarian lintasan terpendek merupakan persoalan optimasi. Nilai pada sisi graph bisa dinyatakan sebagai jarak antar kota. Lintasan terpendek bisa diartikan sebagai proses minimalisasi bobot pada lintasan. Untuk mengatasi permasalahan itu maka diperlukan adanya suatu simulasi yang dapat membantu menentukan jalur terpendek. Algoritma Dijkstra bisa juga dikatakan sebagai algoritma Greedy yang pada pembahasan ini mampu memudahkan kita mencari jalur rute terpendek dan menjadi lebih efekfif. Kata Kunci — Dijkstra, Greedy, Jalur terpendek, Optimasi waktu.

Implementasi Metode Sequential Dalam Pencarian Pendistribusian Barang Pada Cargo Integration System

Muhazir, Abdullah, Fakhriza, Muhammad, Sutejo, Eddy

SinkrOn Vol 2 No 2 (2017): SinkrOn Volume 2 Nomor 2 Oktober 2017
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.35 KB)

Abstract

Pencarian data yang banyak akan memakan waktu lama sehingga berpengaruh terhadap kinerja, Sequential Search adalah pencarian data yang dicari secara urut dari depan ke belakang atau dari awal sampai akhir , berdasarkan key yang di cari kelebihan dari proses pencarian secara berurut, dalam pembuatan aplikasi proses pencarian merupakan salah satu bagian yang penting dalam pemprosesan data. Algoritma dan metode yang di terapkan yaitu Sequential Seacrh. Algoritma Sequential Search merupakan Algoritma pencarian linier, algoritma ini melakukan pencarian lebih cepat karena proses pencarian sudah dalam keadaan terurut. Algoritma dan metode sequential search yang digunakan sangat cocok digunakan dalam aplikasi pencarian data pada barang karena dapat mencari suatu data yang di cari dengan cepat, apabila kata yang dicari tidak ditemukan maka akan berakhir. Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi pencarian data dapat mencari data dengan cepat.

Helpdesk System At PT Himalaya Everest Jaya Jakarta

Wati, Embun Fajar, Maryadi, Dedi

SinkrOn Vol 3 No 2 (2019): SinkrOn Volume 3 Number 2, April 2019
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33395/sinkron.v3i2.10053

Abstract

PT Himalaya Everest Jaya, a company engaged in importers, exporters of electricity and mechanics. In its daily life, PT Himalaya Everest Jaya has used information technology in its operational activities. But problems are often found in supporting operational activities in the field. Where this can hamper the work of every employee who uses it. The problems that often occur include hardware, software, and network connections. Current problem submission is still not effective because employees who have problems must contact the IT directly or by using the telephone. Likewise with recording problems, because the EDP / IT still records every problem using a paper that can be lost or damaged at any time. Therefore, an integrated Helpdesk application is needed and can be accessed quickly by employees and the EDP / IT division. The method used in designing this application is based on the Web, to find out which system is running, the author uses several tools such as Flowmap and UML (Unified Modeling Language), while the system development method uses the Waterfall method. The supporting software used is Xampp, and MySQL as the builder and program documentation. With the existence of a web-based system that has been connected to this database, the process of delivering and handling complaints is expected to be resolved properly and quickly in its handling.

Rancangan Sistem Informasi Data Pasien Puskesmas Pengambiran Kota Padang Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql

Putra, Hendra Nusa

SinkrOn Vol 2 No 2 (2017): SinkrOn Volume 2 Nomor 2 Oktober 2017
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.125 KB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi mengalami peningkatan yang semakin pesat. Efektifitas serta efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap praktisi bisnis merasa perlu menerapkan TI dalam setiap lingkungan kerjanya. Pada saat ini teknologi yang banyak dimanfaatkan diberbagai instansi pemerintah dan swasta. Teknologi komputer dapat dipakai untuk mengatasi masalah dalam melakukan analisa kerja dalam berbagai bidang. Dengan adanya perancangan suatu sistem pengolahan data pada Puskesmas Pengambiran akan memudahkan user dalam melakukan pengolahan data-data.

Menjaga Kerahasiaan Data dengan Steganografi Kombinasi LSB-2 dengan LSB-3 Dan Chess Board Pattern

Khairina, Nurul, Harahap, Muhammad Khoiruddin

SinkrOn Vol 3 No 1 (2018): SinkrOn Volume 3 Nomor 1, Periode Oktober 2018
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.393 KB) | DOI: 10.33395/sinkron.v3i1.217

Abstract

Steganografi merupakan bidang keamanan dengan pola kerja yang menyisipkan data ke dalam beberapa media digital, proses penyisipan ini bertujuan untuk menyembunyikan keberadaan data tersebut dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Penelitian ini, menjabarkan kombinasi algoritma Least Significant Bit yang sudah dimodifikasi yaitu Algoritma Least Significant Bit – 2 dan algoritma Least Significant Bit – 3. Pemaparan yang dilakukan adalah dengan mengkombinasikan kedua metode tersebut yang kemudian disisipkan ke dalam citra, dalam hal ini menggunakan format JPG, bit pesan akan disisipkan ke dalam salah satu piksel warna Red, Green dan Blue. Pola penyisipan yang dilakukan dengan Chess Board Pattern. Tingkat kerusakan citra diukur dengan metode Mean Square Error untuk melihat tingkat kerusakan citra apakah citra tersebut rusak atau tidak dengan batas ambang tertentu. Hasil penelitian ini memperoleh nilai MSE sebesar 1,2 %, dimana tidak terlihat adanya perubahan nilai warna yang signifikan dari citra hasil penyisipan terhadap citra asli.

Aplikasi Media Televisi Online Berbasis Streaming

Nasution, Nurhamidah

SinkrOn Vol 2 No 2 (2017): SinkrOn Volume 2 Nomor 2 Oktober 2017
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kebutuhan masyarakat secara umum akan sebuah hiburan saat ini sangatlah tinggi, salah satu media hiburan yang terpopuler ialah televisi. Namun televise konvensional sudah tidak lagi mampu mengimbangi tingkat mobilitas masyarakat yang semakin meningkat. Selain televisi, kebutuhan masyarakat akan penggunaan internet juga cukup tinggi. Memang sudah ada saluran televisi online yang disediakan tetapi permasalahan yang ditimbulkan ada pada kecepatan karena TV online diakses melalui web dan resource pada web. Terdapat juga iklan pada web, content web dan juga pengaruh jaringan serta web yang pada dasarnya tidak khusus untuk TV online, sehingga membuat TV online menjadi sangat lambat. Untuk mengatasi hal tersebut dirancang sebuah sistem yang bias menyediakan saluran TV online dengan menggunakan fasilitas internet tanpa perlu adanya banner ataupun konten lain seperti halnya pada website TV online. Siaran yang tergambar kemudian disiarkan ke jaringan lokal menggunakan aplikasi Visual Basic .NET 2010. Dengan adanya server televise streaming yang dapat diaplikasikan untuk broadcasting televise sendiri dalam suatu jaringan computer lokal, diharapkan mampu menjawab permasalahan yang dihadapi para pengguna khususnya dalam kemudahan menikmati siaran televisi

Kombinasi Kriptografi RSA dengan Linear Congruential Generator

Harahap, Muhammad Khoiruddin, Rina, Rina

SinkrOn Vol 3 No 1 (2018): SinkrOn Volume 3 Nomor 1, Periode Oktober 2018
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (899.966 KB) | DOI: 10.33395/sinkron.v3i1.211

Abstract

Kriptografi menjadi sebuah teknik keamanan yang terus berkembang dan tak pernah selesai dalam pembahasannya. Keamanan terhadap data juga selalu menjadi perhatian yang sangat penting demi untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan dari data tersebut. Dalam pembahasan ini bertujuan untuk menggabungkan dua buah algoritma yaitu pembangkit bilangan acak menggunakan metode Linear Congruential Generator untuk membuat tabel baru index bilangan ASCII yang kemudian dilanjutkan dengan Enkripsi / dekripsi menggunakan RSA. Melalui pembahasan tersebut didapatkanlah keamanan data menjadi 2 layer, yaitu layer pertama berdasarkan pengacakan code ASCII menjadi tabel baru dan Layer Kedua Enkripsi dan Dekripsi menggunakan metode RSA

Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Pada SMA Padamu Negeri Medan

Romindo, Romindo

SinkrOn Vol 2 No 2 (2017): SinkrOn Volume 2 Nomor 2 Oktober 2017
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.741 KB)

Abstract

SMA Padamu Negeri Medan adalah sekolah yang memiliki dua jurusan yaitu IPA dan IPS. Proses pembelajaran masih bersifat konvensional, bahwa proses belajar mengajar antara siswa dengan guru hanya dilakukan dengan terjadinya pertemuan antara siswa dengan guru di dalam kelas. Jika guru yang bersangkutan tidak hadir dan waktu pembelajaran yang dibatasi pihak sekolah, maka secara otomatis proses pembelajaran pun akan terhambat. Berbagai konsep dan teknik baru dalam pengajaran telah banyak dikembangkan untuk menggantikan metode tradisional yang hanya mengandalkan pada metode pengajaran satu arah di kelas. Salah satu metode pengajaran yang sedang berkembang di masa sekarang adalah e-learning. E-learning dapat membantu parapengajar dalam mendistribusikan bahan ajar mereka tanpa harus berada di kelas dengan menggunakan internet, hal ini dapat memaksimalkan waktu pembelajaran di kelas yang terbatas. Pengembangan sistem informasi dalam pembuatan perangkat lunak menggunakan metode Waterfall dan dalam pembuatan perangkat lunak ini menggunakan PHP sebagai bahasa script yang digunakan untuk membuat halaman website dan MySQL sebagai database tempat penyimpanan data. Dengan adanya e-learning ini dapat membantu proses belajar mengajar agar lebih optimal. Memudahkan para guru untuk dapat mendistribusikan materi pelajaran untuk siswa/i di SMA  Padamu Negeri Medan dan juga siswa/i dapat dengan mudah mendapat materi pelajaran. Website e-learning ini dapat dijadikan media diskusi tambahan untuk membahas materi pelajaran yang belum tuntas serta dapat mengerjakan soal-soal ujian berupa pilihan ganda dan mengumpulkan tugas-tugas yang di berikan oleh guru.

Pengembangan Model Pembelajaran Ilmu Komputer Berbasis Riset Otak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PTIK Universitas Dehasen Kota Bengkulu

Siska, Jumiati, Selviani, Diah, Yul, Fadlul Amdhi

SinkrOn Vol 2 No 2 (2017): SinkrOn Volume 2 Nomor 2 Oktober 2017
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.467 KB)

Abstract

This study aimed to generate a learning model of Computer Science based on brain research to improve learning outcomes of PTIK students of Dehasen University Bengkulu. Type of this research was a development study that generates a brain-based learning model. The syntaxes were a) introduction; b) coreactivities, including (i) problem-giving phase, (ii) investigation phase, (iii) group discussion phase, (iv) class discussion phase, (v) application phase; c) closing. The development design according to Plomp (in Wahyu Widada: 2012), consists of five phases, namely: initial investigation; design; construction (realization); test, evaluation and revision; and implementation. The subjects of this study were students of PTIK Dehasen University of Bengkulu City academic year 2016/2017.Based on the results of the study and from the test that had been conducted once―which was a limited test, it can be concluded that: all aspects used to state that the learning model and all learning devices developed are practical and effective had been fulfilled, then the development cycle to get a practical and effective learning model has ended.But even if all the criteria were met, some revisions needed to do to get the final Prototype. The revisions were related to the use of language in the model book and student activity sheets. After the revisions were done, the final prototype was obtained, which is a valid, practical, and effective Mathematical Learning Model based on brain research.  

Perancangan Program Penilaian Peserta Pusdiklat Pada BPSDM Kemendagri Jakarta

Oktaviani, Anggi, Muthia, Dinda Ayu, Susanti, Melan, Sujatmiko, Fredericus Panji

SinkrOn Vol 3 No 1 (2018): SinkrOn Volume 3 Nomor 1, Periode Oktober 2018
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.599 KB)

Abstract

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri bertugas untuk mengembangakan sumber daya manusia supaya dapat mempelancar pelaksanaan tugas yang diberikan oleh pemerintah dan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Maka dari itu BPSDM Kemendagri banyak melakukan kegiatan Pelaksanan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) untuk aparatur pemerintah sesuai dengan undang-undang. Dalam instansi BPSDM Kemendagri, Diklat merupakan sarana yang diberikan untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki aparatur pemerintah. Dalam proses Diklat terdapat penilaian yang harus diberikan oleh pengajar, akan tetapi dalam proses penginputan nilai yang dilakukan oleh staff masih mengunakan Microsoft Excel dan jika peserta ingin melihat nilai sementara, peserta harus mendatangi staf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode waterfall dapat menyelesaikan masalah mengenai pembuatan web penilaian peserta pusdiklat. Sehingga mempermudah peserta dalam mencari informasi nilai sementara dan dapat membantu meringankan kinerja staf dalam menginput nilai peserta agar lebih efektif dan efisien