cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
WACANA DIDAKTIKA
ISSN : 23379820     EISSN : 25798464     DOI : -
WACANA DIDAKTIKA adalah jurnal pemikiran penelitian pendidikan dan sains yang secara khusus memuat artikel ilmiah seputar pendidikan dan sains, baik berupa hasil peikiran konseptual ataupun hasil penelitian. Wacana didaktika terbit setiap semester (dua kali dalam setahun) yaitu setiap bulan Juni dan bulan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 117 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA Andi, Herman Jufri
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.178

Abstract

Penguasaan konsep fisika siswa masih belum memenuhi kriteria ketuntasanminimal, hal ini terjadi karena kurangnya pengembangan pola pikir siswa. Siswadistimulasi untuk melakukan praktikum tetapi tidak mampu memahami materi secara mendalam. Prosedur penyelesaian diberikan secara rinci dan tidak ada proses investigasi dalam menemukan konsep fisika. Penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Intrumen perlakuan berupa Lembar Kerja Siswa yang didalamnya terdapat scaffolding dan instrumen pengukuran berupa tes penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika siswa.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA Suprapto, Hugo Aries
WACANA DIDAKTIKA Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v5i1.241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Penelitian ini memakai metode eksperimen. Subyek penelitian adalah mahasiswa Teknik Industri semester tujuh sebanyak 25. Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran  terhadap peningkatan kreativitas mahasiswa. Data diolah dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan pada, Uji Normalitas, Homogenitas dan T Sampel Berpasangan dengan tingkat signifikan α=5%, Hasil uji normalitas sebelum penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) didapat nilai Kolmogorof-Smirnov Sig. 0.200, dan Shapiro-Wilk 0.190 sehingga pada α= 5%= 0.05 < Sig.= 0, sampel data berasal dari distribusi normal. Sedangkan Hasil uji normalitas sesudah penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT)  didapat nilai Kolmogorof-Smirnov Sig. 0.200, dan Shapiro-Wilk 0.492 sehingga pada α= 5%= 0.05 < Sig.= 0, sampel data berasal dari distribusi normal. Pada Uji Homogenitas Varians Levene Nilai Sig. 0.50, pada tingkat signifikansi α = 5 % =0.05 < Sig.0.50 sehingga dapat dikatakan sampel data berasal dari varians yang Homogen, dapat disimpulkan pada tingkat kepercayaan 95%, rata-rata sesudah penerapan model pembelajaran model Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa mata kuliah kewirausahaan mean sebesar 66,5333) dibanding sebelum penerapan model pembelajaran Team Games Tourament (TGT)  ( mean sebesar 83,5667), naik sebesar 17.03. Dengan kata lain, penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT)  berpengaruh signifikan pada peningkatan kreativitas mahasiswa  95%. Penelitian ini memberikan saran untuk mengatasi masalah yang ditemukan dalam penelitian. 
IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING FLASH CARD AT FORTH GRADE STUDENTS IN SDN LAWANGAN DAYA 2 PAMEKASAN Setiyawan, Arisandi
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.157

Abstract

From the preliminary research of the fourth graders of SDN Lawangan Daya 2Pamekasan, it showed that most of the students had a lack of vocabulary mastery. This research is conducted to find an effective and appropriate strategy to improve students‟ vocabulary mastery by using flashcard. Therefore, the appropriate design for this research is Classroom Action Research (CAR). The researcher implemented the strategy in one cycle, those are: planning, implementing, observing and reflecting. The result of the class vocabulay test is analyzed quantitatively, while the result of the data achieved from observation class is analyzed qualitatively. The finding shows that the students‟ vocabulary mastery increase significantly from the preliminary research. The result can be concluded that (1) teaching and learning process needs an appropriate and effecctive strategy, (2) flashcard is considered as an appropriate technique to improve the students‟ vocabulary mastery.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA Budiyono, Agus
WACANA DIDAKTIKA Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v4i2.185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh signifikansi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk desain eksperimen pretest-posttest kontrol group design. Populasinya adalah kelas X MA Matsaratul Huda Pamekasan dengan sampel sebanyak dua kelas yang dipilih secara random sampling. Pengambilan data menggunakan tes instrumen keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa nilai pretest dan posttest pada kelas kontol 33,13 dan 56,06 sedangkan nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen 31,04 dan 85. Analisis data menggunakan uji t diperoleh data thitung sebesar 8,94, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,01 atau thitung < ttabelartinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai <g> sebesar 0,78 atau berada pada kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai <g> sebesar  0,34 atau berada dalam kategori sedang. 
EFISIENSI TEKNIS USAHATANI PADI (Oryza sativa L.) DENGAN SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI DESA DASOK KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN Sholeh, Mohammad Shoimus
WACANA DIDAKTIKA Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v4i1.195

Abstract

Program sistem tanam jajarlegowo yang memodifikasi sistem pola tanam diharapkan dapat meningkatkan produktivitas padi sehingga pendapatan petani juga meningkat. Penerapan penanaman padi dengan sistem jajar legowo harus efisien secara teknik agar mendapatkan prouksi padi maksimal dengan tingkat pengguaan faktor-faktor produksi tertentu. Dalam pembangunan pertanian, teknologi penggunaan faktor-faktor produksi memegang peranan penting karena kurang tepatnya jumlah dan kombinasi faktor produksi mengakibatkan rendahnya produksi yang dihasilkan atau tingginya biaya produksi. Maka dari itu Untuk meningkatkan produksi, penggunaan faktor-faktor produksi harus efisien dan efektif. Efisien secara teknik apabila produksi padi actual mendekati produksi potensial. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usahatani padi dan tingkat efisiensi teknis penerapan sistem tanam jajar legowo. Analisis yang digunakan yaitu stochastic frontier untuk menganalisis tingkat efisiensi teknis. Dari hasil analisis diperoleh faktor-faktor produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani padi adalah pupuk organik, pupuk kimia dan tenaga kerja. Rata-rata tingkat efisiensi teknis sebesar 0,92, berarti petani sudah mencapai produksi 92% dari potensial produksi padi dan masih terdapat 8% untuk meningkatkan produksi padi. Dengan tingkat efisiensi sebesar 0,92 diperoleh pendapatan usahatani padi sebesar Rp. 4.725.522,- dengan luasan lahan 0,367 ha dalam satu musim tanam. Hal ini menunjukkan bahwa petani masih dapat meningkatkan pendapatan usahatani padi dengan meningkatkan efisiensi teknis.
ANALISIS SINYAL SEISMIK TREMOR HARMONIK DAN TREMOR SPASMODIK GUNUNGAPI SEMERU, JAWA TIMUR – INDONESIA Wildani, Arin
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.163

Abstract

Tremor vulkanik merupakan salah satu aktivitas seismik yang biasa terekam disekiar gunungapi aktif yang dapat menjadi tanda akan adanya suatu letusan. Salahsatu cara untuk mengetahui karakteristik dari aktivitas sutu gunungapi yaitu dengan analisis spektral. Penelitian ini menggunakan data aktivitas seismik gunungapi Semeru yang terekam pada tahun 2009 di tiga stasiun seismik yaitu Leker, Tretes dan Besukbang. Seleksi data dilakukan dengan memilih sinyal yang memiliki kenampakan sinyal yang bagus pada ketiga stasiun. Berdasarkan kenampakan sinyal, data hasil seleksi diklasifikasikedalam dua kelompok yaitu tremor spasmodik dan tremor harmonik. Analisis spektral dilakukan dengan menerapkan Fast Fourier Transform pada sinyal yang terpilih. Berdasarkan hasil analisis didapatkan frekuensi tremor spasmodik G.Semeru berkisar 1,56 Hz - 1,86 Hz dan frekuensi dasar dari tremor harmonik berkisar antara 1,14 - 2,50 Hz. Kejadian tremor vulkanik di gunung Semeru diduga merupakan hasil osilasi gas didalam pipa konduit, dimana kestabilan pulsa tekanan yang terdapat didalam pipa konduit menghasilkan tremor harmonik dan jika kestabilan itu tidak dicapai maka menjadi sumbermunculnya tremor spasmodik
PERBANDINGAN POTENSI STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MEMBERDAYAKAN RETENSI SISWA BERKEMAMPUAN AKADEMIK RENDAH Ramadani, Shefa Dwijayanti
WACANA DIDAKTIKA Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v4i2.214

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membandingkan potensi strategi pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dan Cooperative Script (CS) dalam memberdayakan retensi hasil belajar siswa berkemampuan akademik rendah. Penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group digunakan dalam penelitian ini. Data yang diperoleh pada saat pascates dan tes retensi dianalisis secara statistik menggunakan Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran tidak berbeda secara signifikan dalam memberdayakan retensi pada siswa berkemampuan akademik rendah. Dengan demikian, maka strategi pembelajaran RT maupun CS memiliki potensi yang sama untuk menolong siswa berkemampuan akademik rendah dalam memberdayakan retensi hasil belajarnya. 
The Research of Literary Criticism (Materialism in The Great Gatsby Novel by Fitzgerald) Rohaniyah, Jaftiyatur
WACANA DIDAKTIKA Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v4i1.204

Abstract

The material as the life’s necessities of human changes into prestige of the human himself. Material is no longer interpreted as the life’s necessities but it changes into money. It becomes the symbol of success and happiness. This shift process certainly brings a lot of change to the human nature. Material which at the beginning is considered as the life necessities turns into human obsession to reach the happiness. In the literary criticism, materialism is one of approach to analyze the values in the literary works. Its used by Fitzgerald to view the complexity of the story in the ‘Great Gatsby’ Novel, but unfortunately the fact, its ironic because material satisfaction is only empty happiness as reflected in this paper.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL REACT TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA KABUPATEN PAMEKASAN Wildani, Arin
WACANA DIDAKTIKA Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v4i1.180

Abstract

Penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran merupakan salahsatu parameter keberhasilan dari proses pembelajaran itu sendiri. Namun pada kenyataannya tidak banyak siswa yang berhasil menguasai konsep yang didapatkan dari sekolah. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai ujian siswa yang masih banyak dibawah rata-rata. Salahsatu mata pelajaran yang dianggap susah dalam pemahaman konsepnya yaitu fisika. Rendahnya penguasaan konsep dari siswa dapat disebabkan oleh beberapa hal, salahsatu diantaranya yaitu model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam penggunaan model pembelajaran sehingga penguasaan konsep siswa dapat meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen. Desain penelitian yaitu Pretest-Posttest control group Design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa SMA Kabupaten Pamekasan dan sampel dari penelitian ini yaitu dua kelompok siswa kelas X  SMAN 5 Pamekasan yang diambil teknik cluster sampling.  1 kelas sebagai kelas eksperimen, dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Instrument penilaian yang digunakan berupa instrument perlakuan dan instrument pengukuran. Instrument perlakuan  berupa  RPP dan LKS. Sedangkan instrument pengukuran berupa soal postest. Uji soal menggunakan uji validitas,uji reabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan uji daya pembeda soal. Sedangkan uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis, hipotesis diterima dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kontekstual React terhadap penguasan konsep fisika siswa SMA Kabupaten Pamekasan.
PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI SEBAGAI SALAH SATU JAWABAN DALAM MEMPERSIAPKAN GENERASI MUDA UNTUK MENGGAPAI BONUS DEMOGRAFI fakhriyani, diana vidya
WACANA DIDAKTIKA Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v5i1.249

Abstract

ABSTRAK. Pendidikan karakter memegang peranan yang sangat penting bagi anak usia dini. Pendidikan karakter merupakan salah satu alternatif dalam menghadapi bonus demografi. Indonesia akan menghadapi bonus demografi di tahun 2045. Sehingga, untuk mempersiapkkan generasi pada tahun 2045, maka fokus pendidikan diarahkan pada Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD merupakan The Starting Well Index, karena disinilah karakter anak dibentuk. Pembentukan karakter akan menjadi modal utama bagi kualitas sumber daya manusia pada bonus demografi. Pembentukan karakter sangat penting untuk ditanamkan sejak dini karena merupakan suatu habit (kebiasaan) yang harus terus menerus dipraktikkan serta memerlukan keterlibatan berbagai pihak (stakeholder). Kata kunci: Pendidikan Karakter, PAUD, Bonus Demografi

Page 1 of 12 | Total Record : 117