cover
Filter by Year
WACANA DIDAKTIKA
ISSN : 23379820     EISSN : 25798464
WACANA DIDAKTIKA adalah jurnal pemikiran penelitian pendidikan dan sains yang secara khusus memuat artikel ilmiah seputar pendidikan dan sains, baik berupa hasil peikiran konseptual ataupun hasil penelitian. Wacana didaktika terbit setiap semester (dua kali dalam setahun) yaitu setiap bulan Juni dan bulan Desember.
Articles
100
Articles
Peningkatan Kompetensi Guru SMPN 3 Pademawu Dalam Menyusun Instrumen Penilaian Autentik Melalui Workshop

azal, abdul qadimul

Wacana Didaktika Vol 6 No 01 (2018): Juni 2018
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.699 KB)

Abstract

Pada hasil supervisi akademik dan hasil evaluasi diri sekolah diperoleh data bahwa masih banyak guru SMPN 3 Pademawu Pamekasan yang kurang memahami cara menyusun instrumen penilaian autentik. Guru SMPN 3 Pademawu Pamekasan merasa sulit untuk menyusun instrumen penilaian autentik sesuai tuntutan kurikulum 2013. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kompetensi Guru SMPN 3 Pademawu dalam menyusun instrumen penilaian autentik melalui workshop. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS). Analisis data kualitatif digunakan prinsip-prinsip analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Sedangkan untuk data kuantitatif dilakukan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru SMPN 3 Pademawu meningkat dalam menyusun instrumen penilaian autentik dari siklus 1 ke siklus 2.  Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 73,68% menjadi 95,65% dan nilai rata-rata klasikal meningkat pula dari 53,20 menjadi 66,63. Kesimpulan penelitian ini adalah kompetensi guru SMPN 3 Pademawu Pamekasan dalam menyusun instrumen penilaian autentik meningkat melalui workshop

Teaching Descriptive Writing Using Think Talk and Writing (TTW) at English Education Department Teacher Training and Education Faculty Madura Islamic University

Rijal, Samsi

Wacana Didaktika Vol 6 No 01 (2018): Juni 2018
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.266 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis deskriptif dengan menggunakan Think Talk and Write (TTW) pada semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Islam Madura. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi seperti daftar observasi untuk siswa, hasil tulisan siswa, dan menggambarkan situasi kelas selama pengamatan. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus sederhana seperti data numerik untuk mendukung penelitian. Hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Think Talk and Writing (TTW) untuk mengajar menulis terutama teks deskriptif sangat efektif dan membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam menulis, hal ini ditunjukkan oleh respon siswa (78,26% siswa menikmati kelas), dan itu juga didukung oleh skor keterampilan menulis siswa dalam menulis teks deskriptif (82,7% siswa mendapat skor target).

The Development Of E-Tefl (Eepis Test Of English As A Foreign Language) With Web And Android-Based Simulation At Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Sumarsono, Irwan, Kusumawati, Eny, Nurisma, Radina Anggun

Wacana Didaktika Vol 6 No 01 (2018): Juni 2018
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.257 KB)

Abstract

English is one of the essential factors to gain access to global information and knowledge of science and technology. The rapid expansion of technological education and knowledge in developing countries, such as Indonesia, calls for the need into foreign language proficiency, especially English to meet the demand of global market. Seeing the current challenges of global competition, many higher education institutions set the graduation requirements by assigning the students to follow TOEFL (Test of English as a Foreign Language) in order to measure and determine the capability or proficiency in English-speaking graduates. Considering TOEFL as one of the most ideal test in assessing English skill, this study aims to generate product in the form of E-TEFL (EEPIS Test of English as a Foreign Language) which is established as an evaluation tool to meet the academic needs in Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (PENS). Research and development (R&D) is a method used in this study. The study was conducted through several stages namely (1) need analysis, (2) System design, (3) E-TEFLdevelopment, (4) expert validation (lecturers) and first revision, (5) try-out, (6) final revision. The use of technology in developing E-TEFL application is expected to give another alternative in learning TOEFL and E-TEFL can be used as an ideal assessment tool for proving students’ language proficiency as graduation requirement.

Gaya Kepemimpinan Dalam Novel Sang Guru Karya Kahlil Gibran

Ardila, Rahmawati

Wacana Didaktika Vol 6 No 01 (2018): Juni 2018
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.691 KB)

Abstract

Gaya Kepemimpinan dalam Novel Sang Guru Karya Kahlil Gibran merupakan pengetahuan tentang sifat dan perkembangan masyarakat dari atau mengenai sastra karya para kritikus dan sejarawan yang terutama mengungkapkan pengarang yang dipengaruhi oleh status lapisan masyarakat tempat ia berasal, ideologi politik dan soaialnya, kondisi ekonimi serta khalayak yang ditujunya. Dengan pendekatan sosiologi sastra, peneliti hendakmelihat sejauh mana karya sastra itu memiliki Gaya kepemimpinan.(1) Supportive Leadership, misalnya: perilaku tokoh sang guru yang selalu memberi motivasi kepada sang murid, bersikap ramah terhadap sang murid, memberi contoh yang baik, menjadikan dirinya sebagai teladan. (2)Participate Leadership.adanya keterlibatan sang guru secara aktif dalam mengupayakan kesuksesan sang murid, ikut memecahkan masalah yang dihadapi sang murid, tidak apatis dalam menyikapi respon balik sang murid.

Desain Materi Ajar Bahasa Inggris Untuk Promosi Pariwisata Madura

Ulfa, Siti Maria, Ridwan, Arfiyan

Wacana Didaktika Vol 6 No 01 (2018): Juni 2018
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.385 KB)

Abstract

English for Specific Purposes (ESP) merupakan pembelajaran bahasa Inggris yang memasukkan unsur kebutuhan khusus pembelajar dan konteks lingkungan kerja. ESP untuk Promosi Pariwisata Madura belum dikembangkan secara konkret dalam mata kuliah English for Tourism di program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Bangkalan. Potensi pariwisata Madura yang kian berkembang dan banyak menarik wisatawan domestik dan mancanegara perlu disikapi dengan cermat dalam persiapan SDM penduduk pribumi dalam pengelolaannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar yang khusus untuk mempersiapkan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Bangkalan untuk mampu membekali diri dalam kompetensi komunikasi dan manajemen pariwisata dengan bahasa pengantar bahasa Inggris.Materi ajar yang dihasilkan melalui proses needs assessment yang melibatkan banyak pihak dalam pengambilan data terkait dengan kompetensi komunikasi seperti apa yang diperlukan dalam pengelolaan dan promosi pariwisat Madura. Model R&D yang digunakan adalah systems approach model (Dick & Carey, 2001) dengan sepuluh runtutan tahapan yang ada. Dalam tahapan pengembangan materi, peneliti juga memberlakukan expert validation dengan melibatkan dua dosen ahli dalam bidang yang terkait, yaitu curriculum and instructional materials development dan tourism management.Untuk mendapatkan empirical validation, peneliti melakukan uji coba di kelas sehingga diperoleh revisi desain pembelajaran apabila dirasa ada yang kurang tepat. Materi ajar yang dihasilkan nantinya akan menjadi bahan ajar yang tepat dan profesional dan bisa diproduksi secara massal untuk membantu meningkatkan kualitas SDM Madura dalam bidang pariwisata.

The Effect Of Using Physical Line-Up Game On Students’ Grammar Achievement At The Eleventh Grade Of SMAN 3 Pamekasan

Rosidi, Nita Lia, UMMAH, Sumihatul

Wacana Didaktika Vol 6 No 01 (2018): Juni 2018
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.937 KB)

Abstract

This research applied experimental design with a quantitative approach. It was quasi-experimental research type. The instrument research used test (pre-test and post-test) and documentation. The population of this research was the whole number of the eleventh grade students of SMAN 3 Pamekasan and the sample of this research was XI-MIPA3 as control group and XI-MIPA4 as experimental group of the eleventh grade of SMAN 3 Pamekasan. The control group was 33 students and either the experimental group. So, the sample of this research was 66 students. the The data collected were analyzed by using t-test formula to find whether any effect of using physical line-up game on students’ grammar achievement at the eleventh grade of SMAN 3 Pamekasan effect of using physical line-up game on students’ grammar achievement at the eleventh grade of SMAN 3 Pamekasan. The result of this study showed that t-value ( ) is higher than t-table ( ) either 5% or 1% where (5% = 1,67 < 3,33) or (1% = 2,39 < 3,33). But in this case, the researcher used significant on 5% (5% = 1,67 < 3,33) with Df 60 because Df 58 is nothing in t-table. Thus, it can be concluded that Ha (Alternative Hypothesis) was accepted and the Ho (Null Hypothesis) was rejected. So, the effect was far in achieving the student’s ability of grammar comprehension by using physical line-up game.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA

Andi, Herman Jufri

WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penguasaan konsep fisika siswa masih belum memenuhi kriteria ketuntasanminimal, hal ini terjadi karena kurangnya pengembangan pola pikir siswa. Siswadistimulasi untuk melakukan praktikum tetapi tidak mampu memahami materi secara mendalam. Prosedur penyelesaian diberikan secara rinci dan tidak ada proses investigasi dalam menemukan konsep fisika. Penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Intrumen perlakuan berupa Lembar Kerja Siswa yang didalamnya terdapat scaffolding dan instrumen pengukuran berupa tes penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika siswa.

IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING FLASH CARD AT FORTH GRADE STUDENTS IN SDN LAWANGAN DAYA 2 PAMEKASAN

Setiyawan, Arisandi

WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

From the preliminary research of the fourth graders of SDN Lawangan Daya 2Pamekasan, it showed that most of the students had a lack of vocabulary mastery. This research is conducted to find an effective and appropriate strategy to improve students‟ vocabulary mastery by using flashcard. Therefore, the appropriate design for this research is Classroom Action Research (CAR). The researcher implemented the strategy in one cycle, those are: planning, implementing, observing and reflecting. The result of the class vocabulay test is analyzed quantitatively, while the result of the data achieved from observation class is analyzed qualitatively. The finding shows that the students‟ vocabulary mastery increase significantly from the preliminary research. The result can be concluded that (1) teaching and learning process needs an appropriate and effecctive strategy, (2) flashcard is considered as an appropriate technique to improve the students‟ vocabulary mastery.

ANALISIS SINYAL SEISMIK TREMOR HARMONIK DAN TREMOR SPASMODIK GUNUNGAPI SEMERU, JAWA TIMUR – INDONESIA

Wildani, Arin

WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tremor vulkanik merupakan salah satu aktivitas seismik yang biasa terekam disekiar gunungapi aktif yang dapat menjadi tanda akan adanya suatu letusan. Salahsatu cara untuk mengetahui karakteristik dari aktivitas sutu gunungapi yaitu dengan analisis spektral. Penelitian ini menggunakan data aktivitas seismik gunungapi Semeru yang terekam pada tahun 2009 di tiga stasiun seismik yaitu Leker, Tretes dan Besukbang. Seleksi data dilakukan dengan memilih sinyal yang memiliki kenampakan sinyal yang bagus pada ketiga stasiun. Berdasarkan kenampakan sinyal, data hasil seleksi diklasifikasikedalam dua kelompok yaitu tremor spasmodik dan tremor harmonik. Analisis spektral dilakukan dengan menerapkan Fast Fourier Transform pada sinyal yang terpilih. Berdasarkan hasil analisis didapatkan frekuensi tremor spasmodik G.Semeru berkisar 1,56 Hz - 1,86 Hz dan frekuensi dasar dari tremor harmonik berkisar antara 1,14 - 2,50 Hz. Kejadian tremor vulkanik di gunung Semeru diduga merupakan hasil osilasi gas didalam pipa konduit, dimana kestabilan pulsa tekanan yang terdapat didalam pipa konduit menghasilkan tremor harmonik dan jika kestabilan itu tidak dicapai maka menjadi sumbermunculnya tremor spasmodik

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF DENGAN METODE PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MA SABILUL MUTTAQIEN

Kholida MS, S. Ida

WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa khususnya kelas XI MA Sabilul Muttaqien padamata pelajaran fisika disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep fisika, selain itu metode pembelajaran yang digunakan juga kurang tepat, serta sistem belajar siswa masih individual. Upaya untuk menuntaskan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model kooperatif dan metode peta konsep. Penelitian ini bertujuan: (1). Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa di kelas XI MA Sabilulmuttaqien dengan diterapkannya model kooperatif dengan metode peta konsep. (2). Untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MA Sabilul Muttaqien tahun pelajaran 2014/2015. Analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa dari Siklus I sampai Siklus III sudah mencapai kriteria ketuntasan dengan persentase yaitu, Siklus I (55%), Siklus II (80%), Siklus III (90%) dan aktivitas siswa sangat antusias di mana dapat dilihat di lampiran aktivitas siswa. Hasil evaluasi pretespostesyaitu dari 10,00% (tidak tuntas) menjadi 95,00%(tuntas). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan metode peta konsep dapat menuntaskan hasil belajar fisika dan aktivitas siswa MA Sabilul Muttaqien pada pokok bahasan Gerak Melingkar.