cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
eLEKTUM
ISSN : 19795564     EISSN : 25500678     DOI : -
eLEKTUM adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Fokus dan ruang lingkup jurnal eLEKTUM meliputi (namun tidak terbatas pada) Tenaga Listrik Industri, Elektronika Industri, Sistem Kontrol dan Material elektronika.
Arjuna Subject : -
Articles 44 Documents
RANCANG BANGUN ALAT UKUR EMISI PADA GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS MIKROKONTROLER Bahri, Saeful; Fiqih, Ziaul
eLEKTUM Vol 12, No 1 (2016): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.12.1.34-46

Abstract

Emisi adalah zat, energi atau komponen lain yang dihasilkan dari suatu kegiatan yang masuk ataudimasukkannya ke dalam udara yang mempunyai atau tidak mempunyai potensi sebagai unsur pencemar.Sedangkan emisi gas buang merupakan sisa hasil pembakaran mesin kendaraan karena pembakaran yang tidaksempurna. Untuk mengetahui emisi yang ada pada kendaraan digunakan alat uji emisi, namun alat yang ada dipasaran memiliki dimensi yang terlalu besar.Oleh sebab itu dirancang suatu alat ukur kadar karbonmonoksida (CO), karbon dioksida (CO2), dan hidro karbon (HC) pada gas buang kendaraan bermotor yangdapat memberikan hasil secara bersamaan dan waktu nyata dengan bentuk lebih kecil dan mudah saat dibawakemana-mana. Cara pemakaian alat adalah dengan menghadapkan sensor pada alat ke knalpot kendaraan saatmesin hidup kondisi idle.Dari hasil pengujian dengan melakukan perbandingan dengan OTC Star Gas AnalyzerOne 898, alat ini mampu bekerja dan memiliki persentase kesalahan pengukuran HC,CO, dan CO2 secaraberurutan pada Toyota Kijang 2004 (50.8 %, 30.4 %, dan 10.9 %), Toyota Avanza 2008 (63.6 %, 21.8 %, dan13.2 %), dan Toyota Avanza 2007 (29.8 %, 32 %, dan 10.7 %).
DISAIN OPTIMALISASI JARAK GRID DAN GROUND ROD PADA SISTEM PEMBUMIAN Isyanto, Haris; Nurchosid, Nurchosid
eLEKTUM Vol 14, No 1 (2017): ELEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.14.1.32-44

Abstract

Salah satu faktor utama dalam mengamankan sistem tenaga listrik adalah sistem pembumian. Sistem pembumian dalam unit pembangkit berkaitan erat dengan switchyard. Disain sistem pembumian switchyard dilakukan dengan mengatur jarak grid dan panjang ground rod untuk mendapatkan kombinasi mutu dan biaya paling optimal. Definisi keadaan optimal dalam hal ini dibatasi pada keadaan dimana terjadi kombinasi antara mutu yang tidak melewati titik batas toleransi teknis dan mempunyai efisiensi biaya. Disain sistem pembumian switchyard diambil sebagai sebuah studi kasus. Standard teknis dilakukan berdasarkan IEEE Std 80 – 2000. Perhitungan untuk mendapatkan parameter-parameter teknis dan biaya dilakukan satu-per-satu dalam rentang jarak grid dan panjang ground rod tertentu untuk menentukan titik optimum menggunakan MATLAB-GUI sebagai alat pemrograman dan MATLAB R2011a sebagai alat komputasi matematika. Hasil Perhitungan dan analisis menyimpulkan bahwa jarak grid 23 m dan panjang ground rod 6 m adalah pilihan terbaik dalam disain optimalisasi sistem pembumian ini dengan memenuhi kriteria mutu keamanan untuk resistans pembumian adalah Rg=0,13806 Ω kurang dari 0,5 Ω dengan biaya minimal sebesar Rp. 1.220.104.730,-.
ANALISA TRIP GAS TURBIN DARI PROTEKSI FLAME OFF DI PLTGU MUARA TAWAR Muchtar, Husnibes; Agus Prasetyo, Zuli
eLEKTUM Vol 13, No 2 (2016): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.13.2.16-20

Abstract

Turbin gas dapat beroperasi karena adanya udara panas yang bertekanan pada combustor. Salah satu komponen instrument yang mengindikasikan adanya pembakaran dalam combustor adalah sensor flame monitor. Apabila ada permasalahan atau kerusakan pada peralatan ini maka akan mengakibatkan unit gas turbin trip. Unit pembangkit yang handal adalah unit yang jarang terjadi trip pada gas turbin.Untuk menjaga agar gas turbin tidak sering terjadi trip haruslah dilakukan pemeliharaan yang baik.Pemeliharaan haruslah dilakukan dengan benar agar tidak terjadi kerusakan yang berulang pada sistem.
RANCANG BANGUN CENTRIFUGE INFRARED BERBASIS MIKROPROCESSOR AT89S52 Fauzi, Achmad; Bahri, Saeful
eLEKTUM Vol 11, No 2 (2015): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.11.2.40-47

Abstract

Alat cetrifuge infrared ini dimaksudkan untuk menambahkan peningkatkan teknologi dalam sistemradio frekuensi yang berkerja berdasarkan infrared dan menyimpan dari suatu rpm dan waktu digabungkan padasuatu nama sample. Pada alat centrifuge infrared terdiri dari 2 rangkaian mikrocontroler yaitu sebagai penerimadan pengirim sinyal, rangkaian LCD, pipet dan buzzer. Ketika alat sudah berjalan, blok tachometer akanmengukur kecepatan putaran motor, dan nilai kecepatan itu diberikan ke bagian mikrocontroler untukdibandingkan dengan setting kecepatan yang digunakan. Hasil perbandingan itu, akan diberikan ke bagianrangkaian DAC yang nanti akan digabungkan dengan keluaran bagian osilator dan akhirnya akan mempengaruhikecepatan getaran motor sehingga dapat nilai kecepatan yang sesuai. Rangkaian display akan menampilkanwaktu lamanya alat bekerja dan berapa kecepatannya. Nila-nilai tersebut akan diberikan dari bagian rangkaianmikrocontroler. Bagain rangkaian mikrocontroler itu juga menerima data dari blok penerima sanple yangmenandakan sample darah yang diolah sudah terpisah dari zat yang memiliki massa jenis yang terbesar ke yangterendah. Rangkaian infrared akan membaca kondisi dari sample darah saat terjadi gaya sentrifugal, dan jikasample darah sudah terpisah dengan baik maka akan mengirimkan sinyal pada rangkaian mikrocontroler yangkedua dan, mikrocontroler kedua akan memberikan informasi ke rangkaian mikricontroler satu bahwa sampledarah sudah terpisah. Jika uji keakurasian 99,92% dan waktu 99,99% dalam hasil pengujian keakurasian RPMdan waktu berdasarkan dat dari tachometer dsan stopwatch, dengan hasil penelitian tersebut alat centrifugeinfrared telah bekerja sesuai dengan rancangan alat, sehingga dapat digunakan di laboratorium sebagaipengujian dasar sample pada darah, urin dan sedimen.
Perancangan Prototype Proteksi Arus Beban Lebih Pada Beban DC Menggunakan Mikrokontroller Almanda, Deni; Yusuf, Habil
eLEKTUM Vol 14, No 2 (2017): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.14.2.25-34

Abstract

Sistem proteksi pada peralatan tenaga listrik sangat diperlukan untuk  kualitas listrik, sistem proteksi yang baik mampu melokasilisir keadaan dari gangguan seperti kelebihan beban dan hubung singkat. Pengendalian dari sistem proteksi sendiri harus cepat dan sensitif dalam merespon gangguan, sehingga langsung memerintahkan sistem proteksi untuk bekerja. Dalam penelitian ini dibuat Prototipe Proteksi Arus beban lebih terdiri dari komponen seperti Sensor Arus ACS 712 5 Amper, Mikrokontroller Arduino Uno, lcd 16x2, ULN 2003, relay 12Volt DC,Power Supply AC to DC, Buck Converter DC to DC dan komponen pendukung lainnya. Diperlukan pengkalibrasian system, supaya tidak terjadi kesalahan pada proses pengamanan saluran, dengan menggunakan Potensiometer sebagai pengatur dari batas maksimal ampere dan Buck Converter DC to DC sebagai pengatur tegangan . Dalam proses pengujiannya menggunakan lampu dengan daya 50 Watt dengan tegangan 12Vdc. Pada masing-masing Lampu tersebut dibatasi arus maksimal terhadap Arus yang dikehendaki. Apabila terjadi arus lebih dari batas maksimal arus yang ditentukan, maka sistem proteksi akan memutus dengan bantuan kontak relay NC 12Vdc, dan lampu Led akan On yang menandakan bahwa Sedang terjadi arus beban lebih. Pembacaan arus ini akan ditampilkan pada Lcd 16 x 2.
PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM KENDALI GANTRY CRANE UNTUK MEREDAM AYUNAN SECARA REALTIME DENGAN FUZZY LOGIC CONTROLLER Bahri, Saeful; Permana, Febby Angga
eLEKTUM Vol 14, No 1 (2017): ELEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.14.1.23-31

Abstract

Gantry Crane merupakan alat berat yang dapat memindahkan dan mengangkat beban dari suatu titik ke titik lainnya. Gantry Crane biasanya digunakan di pelabuhan dan industri – industri untuk membantu pekerjaan. Pada proses pemindahan barang terjadi ayunan yang disebabkan pergerakan vertikal yang dilakukan crane. Pemindahan barangyang menyebabkan ayunan yang sangat besar akan membahayakan keselamatan bagi operator, alat, dan sesuatu yang didekat crane. Maka, harus dibuat suatu pengendali optimal yang dapat mengendalikan crane untuk meminimalkan besarnya ayunan. Pada penelitian ini digunakan metode fuzzy untuk mengendalikan meredam ayunan saat berpindah. Untuk mengoptimalkan pengendali dibuat dua buah pengendali, yaitu pengendali posisi dan ayunan. Percobaan ini menggunakan prototipe gantry crane sebagai pengganti crane asli.Model gantry crane disesuaikan dengan parameter – parameter yang akan digunakan. Dari hasil pengujian yang didapat, Pengendali menggunakan fuzzy logic lebih efektif dari kontrol manual. Hasil dari percobaan simpangan maksimum dengan pengendali fuzzy terjadi pada panjang tali 50cm yaitu 17o. Untuk simpangan maksimum terkecil ada pada percobaan panjang tali 20cm sebesar 11o. ini dikarenakan momen beban yang disebabkan panjang tali. Simpangan maksimum 18o dan menyebabkan crane berosilasi yang lama.
PERANCANGAN SECURITY SYSTEM KENDARAAN MENGGUNAKAN FINGER PRINT Isyanto, Haris; Muchtar, Husnibes; Burhan, Jefri
eLEKTUM Vol 12, No 1 (2016): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.12.1.47-50

Abstract

Akhir-akhir ini sering sekali kita lihat di koran-koran,di TV, di radio dan berita lain yang menyiarkantentang pencurian kendaraan. Para pencuri beraksi ketika kendaraan kita parkir waktu kita sedang bekerja,belanja atau bahkan ketika kita lagi tidur di rumah. Semakin hari para pencuri kendaraan tersebut semakin ahlidalam mencuri, mulai dari alat yang digunakan atau bahkan kecepatan mereka dalam mencuri semakin cepat.Oleh karena itu perlunya dirancang sebuah alat security system pada kendaraan agar kendaraan kita bisa amandan kita bisa tenang apabila memarkir kendaraan kita. Seiring dengan kemajuan teknologi terutama di bidangelektronika maka dirancang sebuah alat security system dimana alat tersebut akan dirancang menggunakanfinger print agar tingkat keamanannya lebih tinggi. Sistem yang dibuat menggunakan finger print sebagai inputuntuk mendeteksi sidik jari dari pengguna sepeda motor. System ini juga didukung dengan mikrokontrolersebagai otak untuk mengolah data dari finger print,
STUDI PENGARUH BEBAN HARMONIK DAN PENINGKATAN PERAWATAN PADA GEDUNG APARTEMEN SERPONG GREENVIEW BANTEN Sukarman, Sukarman; Almanda, Deni
eLEKTUM Vol 11, No 2 (2015): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.11.2.12-19

Abstract

Makalah inimennjelaskan suatu analisa pengaruh beban harmonik di gedung Serpong Greenview, Banten. Digedung ini terdapat banyak peralatan peralatan electronik.Peralatan-peralatan electronik seperti komputer,printer, scanner, inverter, konverter, dan lain sebagainnya merupakan beban non-linier. Beban non-linier adalahbeban dimana hubungan antara arus dan tegangannya tidak linier. Keberadaan beban non-linier pada sistemtenaga listrik akan menimbulkan gangguan harmonik. Tingkat harmonik yang melewati standar dapatmenyebabkan terjadinya peningkatan panas pada peralatan. Bahkan pada kondisi terburuk dapat terjadigangguan (hanging up) bahkan kerusakan permanen pada beberapa peralatan elektronik yang sensitif termasukkomputer (Personal Computer). Selain itu juga dapat menyebabkan berkurangnya umur peralatan. Padapenelitian ini akan dilakukan pengukuran kandungan harmonik tegangan dan arus listrik di Gedung SerpongGrenview Banten.Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ukur Power Quality Analyzer selama 1(satu) hari kerja berturut-turut pada jam-jam tertentu. Hasil pengukuran selanjutnya akan dibandingkan denganstandar IEEE, sebagai evaluasi terhadap kualitas daya listrikHasil analisis berapa kandungan harmonk tegangandan arus listrik (%THD) baikpada jam sibukataupun pada jam kurang sibukdisajikandalammakalahiniKata kunci : Harmonik,arus,tegangan listrik,non linier,rugi daya
STUDI PARAMETER PADA DIODA P-N Fadliondi, Fadliondi
eLEKTUM Vol 14, No 1 (2017): ELEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.14.1.52-58

Abstract

Operasi divais semikonduktor bisa diprediksi secara teliti dengan memakai perhitungan. Rumus-rumus perhitungan yang digunakan relatif sederhana. Solusinya bisa didapatkan dengan menggunakan persamaan Poisson atau model transportasi difusi drif. Untuk mengerti mekanisme dari operasi divais, simulasi perhitungan merupakan cara yang paling cepat. Sementara, struktur dasar dari divais semikonduktor adalah sambungan p-n. Oleh karena itu, tujuan dari tulisan ini adalah untuk menganalisa secara kuantitatif apakah yang terjadi di dalam sambungan p-n ketika parameter-parameter seperti suhu, konsentrasi doping dan tegangan bias diubah-ubah. Efek dari parameter-parameter tersebut telah dihitung. Hasilnya menunjukkan bahwa potensial elektrostatis, medan listrik dan lebar deplesi paling dipengaruhi oleh konsentrasi doping dan tegangan bias.
PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM PEMANTAUAN PEMAKAIAN AIR SECARA DIGITAL DALAM RANGKA MENINGKATKAN AKURASI PENCATATAN PEMAKAIAN AIR PELANGGAN Bahri, Saeful; Arista Pratama, Putra
eLEKTUM Vol 13, No 2 (2016): eLEKTUM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/elektum.13.2.21-25

Abstract

Alat sistem pemantauan pemakaian air secara digital dimaksudkan untuk meningkatkan akurasi pencatatan pemakaian air pelanggan menggunakan sensor aliran air (Flowmeter) berbasis Arduino Uno.Tujuan perancangan alat ini untuk meningkatkan ketelitian pencatatan pemakaian air pelanggan . Sistem ini terdiri dari beberapa bagian yaitu sensor aliran air G1/2, shield LCD, Arduino Uno, modul GSM dan perangkat komputer. Protipesistem pemantauan pemakaian air secara digital ini menggunakan sensor aliran air G1/2 untuk mengukur laju dan volume air. Sistem kerja sensor ini adalah dengan memanfaatkan fenomena efek Hall. Efek Hall ini didasarkan pada efek medan magnetik terhadap partikel bermuatan yang bergerak sehingga didapatkan nilai frekuensi. Frekuensi kemudian dikalkulasikan menjadi kecepatan laju air dan volume total. Hasil pengukuran kemudian ditampilkan pada LCD 2 x 16 karakter berupa laju air dan volume total sedangkan yang ditampilkan oleh interface pada komputer berupa pulse, laju air, dan volume total, serta hasil tersebut disimpan dalam komputer. Untuk mengetahui ketelitian alat, penulis melakukan ujicoba dengan data pembanding berupa data volume air botol air mineral ukuran 550 ml .penulis melakukan uijcoba sebanyak 5 kali dan didapatkan ketelitian pengukuran sebesar 88.48% untuk pemakaianair dan 83.76 % untuk ketelitian pengukuran tagihan air.