cover
Filter by Year
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
S4
Sinta Score
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : -     EISSN : -
Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan Sosial.
Articles
119
Articles
Sebaran Ruko Terbengkalai di Kota Pontianak (Studi Kasus di Jalan Ampera, Husein Hamzah, Dr. Wahidin dan Danau Sentarum)

Bayuardi, Galuh, Equanti, Dian, Suwarno, Agus

Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.316 KB)

Abstract

Perkembangan Kota Pontianak menuju Kecamatan Pontianak Barat berimplikasi pada maraknya pembangunan ruko di sepanjang Jalan Ampera, Jalan Dr. Wahidin, Jalan Husein Hamzah, dan Jalan Danau Sentarum. Pengamatan lapangan menunjukkan banyak ruko dalam kondisi terbengkalai di sepanjang jalan tersebut. Hasil penelitian berupa analisis terhadap objek fotografi, interpretasi citra Google Earth, observasi dan wawancara, sebagai berikut. Pertama, analisis fotografi mengenai kondisi ruko terbengkalai. Kedua, distribusi ruko terbengkalai secara keruangan mengelompok di tepi jalan, dan terdapat ruko yang dibangun dengan spekulasi tinggi di kawasan yang belum rama. Ketiga, pertimbangan berinvestasi ruko didorong asumsi imbal hasil dari harga jual dan sewa bangunan. Ruko sebagai investasi bukan tempat usaha, sehingga tidak dimanfaatkan pemilik ruko sendiri untuk kegiatan ekonomi. Harga jual maupun sewa yang tinggi menyebabkan ekonomi biaya tinggi bagi pengusaha, sehingga ruko tidak diminati, bahkan ditinggalkan penyewanya.

Analisis Pembelajaran Sejarah Dengan Pemanfaatan Media Gambar di SMA Negeri 2 Kendawangan Kabupaten Ketapang

Bohari, Bohari, Wajnah, Wajnah

Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.704 KB)

Abstract

Fokus dalam penelitian ini yaitu bagaimana pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan media gambar di kelas X SMAN 2 Kendawangan. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan kendala yang dihadapi guru dalam mengunakan media gambar di kelas X SMAN 2 Kendawangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi survey. Pengumpul data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan/verifikasi. Perencanaan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan media gambar oleh guru telah dilaksanakan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan media gambar oleh guru terlaksana sangat baik. Kendala yang dihadapi guru dalam mengunakan media gambar yaitu sarana dan prasarana belum memadai dan waktu yang digunakan sangat pendek.

Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas (SMA) Sebagai Pelaksana Kurikulum 2013 di Kabupaten Ketapang

Norsidi, Norsidi, Paiman, Paiman

Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.651 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan pedagogik guru mata pelajaran geografi Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di Kabupaten Ketapang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan berupa data primer yang dikumpulkan melalui angket. Analisis data menggunakan rata-rata dan persentase skor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pedagogik guru pada indikator: a) memahami karateristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural emosional, dan intelektual dikategorikan dengan rata-rata nilai 3,06% baik; b) menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran dikategorikan baik dengan rata-rata nilai 3,25% baik; c) mengembangkan kurikulum terkait mata pelajaran yang diampu dikategorikanbaik dengan rata-rata nilai 3,20% baik; d) menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dengan rata-rata nilai 3,03% baik; e) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan rata-rata nilai 2,76% kurang mampu; f) mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya dengan rata-rata nilai 3,21 baik; g) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan rata-rata nilai 3,21 baik; h) menyelenggarakan penilaian dan evaluasi hasil belajar dengan rata-rata nilai 3,43 baik; i) Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi 2,78 baik; j) melakukan tindakan reflektif dengan rata-rata nilai 3,00 baik.

Analisis Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Siswa

Martin, Martin, Tawila, Nendi

Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.674 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan perhatian orangtua terhadap prestasi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Bengkayang. Metode dan bentuk penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif den bentuk penelitian studi survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Mengah Pertama Negeri 3 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang yang berjumlah 32 orang. Berdasarkan hasil analisis data angket dan wawancara dengan orang tua, dapat disimpulkan bahwa secara umum perhatian orangtua terhadap prestasi siswa SMP Negeri 3 Bengkayang tergolong “Cukup Baik”.

Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Program Studi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak

Sariani, Novita, Nurhakim, Ihsan

Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.228 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendapatkan informasi secara jelas, objektif dan sistematis tentang persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen Program Studi Pendidikan Geografi IKIP PGRI pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan secara deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian, diketahui bahwa Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa nilai kompetensi pedagogik dosen memperoleh nilai rata-rata 85,21% dengan kategori sangat baik, kompetensi kepribadian dosen memperoleh nilai rata-rata 78,38 % termasuk dalam kategori baik.  Hasil penilaian kompetensi sosial dosen  memperoleh nilai rata-rata  84,38 % dengan kategori sangat baik dan Kompetensi Profesional dosen memperoleh nilai rata-rata 83,02 % dengan kategori sangat baik.

Konstruksi Pembelajaran PPKn Menggunakan Metode Pengajaran Kasus untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Rianto, Hadi, Arianti, Beni

Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.743 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk memecahkan masalah kemampuan berpikir kritis siswa yang dikembangkan melalui pembelajaran PPKn dengan menggunakan model pengajaran kasus, dengan menitik beratkan pada aktivitas belajar (berpikir) siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VII B SMPN 8Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Berdasarkan hasil analisa data dan mempertimbangkan temuan-temuan yang diperoleh saat penelitian tindakan dilaksanakan, maka hasil dari penelitian ini adalah 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilakukan dengan menggunakan model pengajaran langsung 2) Perubahan kemampuan berpikir siswa yang ditandai dengan perubahan dari kemampuan berpikir sederhana yang terkesan bermain-main saat pembelajaran berlangsung, menjadi aktivitas belajar yang positif dengan memusatkan kemampuan berpikir menuju kearah berpikir kritis, 3) Adanya perubahan pemahaman pada konsep materi pelajaran yang ditunjukkan dengan keberanian siswa mengemukakan ide dan pendapat pada saat pelaksanaan pembelajaran.

Penerapan Metode Konseling Kelompok dalam Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas XII IPA SMAN 2 Sungai Raya

Miharja, Wira

Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.322 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model bimbingan konseling dalam bimbingan karir pada siswa kelas  XII IPA SMA Negeri 2 Sungai Raya. Penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa kemampuan pemahaman siswa terhadap layanan bimbingan karir masih rendah. Padahal dengan dikuasainya materi ini pada umum siswa tidak mengalami kesulitan untuk mempelajari mata pelajaran lainya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari dan April 2017. Berdasarkan hasil proses penelitian, disampulkan bahwa siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Sungai Raya sangat antusisas dan termotivasi dalam mengikuti layanan bimbingan, dan prestasi mereka juga meningkat.

Peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Menumbuhkan Partisipasi Politik bagi Pemilih Pemula di Kecamatan Pontianak Barat

Novianty, Fety, Octavia, Erna

Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.442 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Gambaran umum tentang realitas partisipasi politik bagi pemilih pemula di Kecamatan Pontianak Barat; (2) Program kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menumbuhkan partisipasi politik bagi pemilih pemula di Kecamatan Pontianak Barat; (3) Hambatan yang dialami Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menumbuhkan partisipasi politik bagi pemilih pemula di Kecamatan Pontianak Barat; (4) Upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mengatasi hambatan untuk menumbuhkan partisipasi politik bagi pemilih pemula di Kecamatan Pontianak Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi deskriptif. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik studi dokumenter, dengan alat pengumpul datanya adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi.

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Geografi IKIP PGRI Pontianak

Rina, Rina, Anggela, Rika, Veriansyah, Ivan

Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.028 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi secara jelas, objektif dan sistematis tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pada mata kuliah pengantar geografi. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi eksperimen dengan model pretest postest control group desaign.Populasi dalam penelitian ini  adalah mahasiswa semester 2 IKIP PGRI Pontianak dan sampel dalam penelitian adalah kelas A dan B. kelas A yang berjumlah 35 orang dan kelas B yang berjumlah 35 orang. Instrumen pengumpulan data berupa soal  tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus rata-rata (mean) dan dengan menggunakan rumus t-test Hasil penelitian, diketahui (1) Hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen adalah 40,14 tergolong kurang baik (2) Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen adalah 82 tergolong baik (3) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar mahasiswa di peroleh hasil H0 di tolak dan Ha diterima, dibuktikan dengan hasil Effect Size  0,63 yang tergolong sedang.

Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modeling Simbolik Di SMP Negeri 1 Sungai Kakap

Atika, Amelia, Aziz, M K

Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.978 KB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitiannya Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, yaitu untuk mendeskripsikan dan melihat kenyataan di lapangan sebagaimana kenyataan yang ada dan sebagai mana adanya mengenai kemandirian belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolic pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Berdasarkan dari hasil penelitian tindakan yang telah dilaksanakan oleh peneliti, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemandirian belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolic pada siswa kelas VIII B  SMP Negeri 1 Sungai Kakap.