cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat artikel tentang hasil penelitian dan kajian mengenai Pendidikan Bahasa atau serumpunnya yang terbit setiap Juni dan Desember
Arjuna Subject : -
Articles 138 Documents
PRONOMINA DAN KOHESI LEKSIKAL DALAM CERITA “BATU BALLAH BATU BETANGKUP” (CERITA RAKYAT KABUPATENSAMBAS) KALIMANTAN BARAT Kusnita, Sri
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.562 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pronomina dan kohesi leksikal dalam cerita “ Batu Ballah Batu Betangkup”. Penelitian ini adalah penelitian  kualitatif merupakan penelitian yang memberikan penjelasan paling rendahmengenai gejala yang diteliti jika dibandingkan dengan penelitian-penelitian jenis lain karena penelitian ini tidak berusaha untuk mengetahui sebab akibat, melainkan hanya menghasilkan keterangan yang menggambarkan ciri-ciri gejala saja.Hasil (spasi)penelitian ini yaitu mendeskripsikan jenispronomina dan kohesi leksikal  yang digunakan dalam cerita “Batu Ballah Batu Betangkup”adalah sebagai berikut: (1) jenis pronomina  yang terdapat dalam cerita “Batu Ballah Batu Betangkup” , yaitu (a) (cekselanjutnya) pronomina persona pertama yang ditandai dengan pemakaian kata ganti aku, dan -ku, b) Pronomina persona pertama jamak yang ditandai dengan kata ganti kamu,c) pronomina ketiga tunggal ditandai dengan pemakian kata ganti ia, dia,-nya, d) pronomina ketiga jamak menggunakan kata ganti mereka. (2) Pronomina petunjuk umum ditandai dengan kata ganti ini dan itu, b) pronomina ikhwal ditandai dengan kata demikian. 2)Jenis kohesi leksikal yang digunakan dalam cerita “Batu Ballah Batu Betangkup” yaitu repetisi atau pengulangan. Kata Kunci: Pronomina, Kohesi Leksikal, Batu Ballah Batu Betangkup
ANALISIS KEADAAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DALAM NOVEL PEREMPUAN JOGJA KARYA ACHMAD MUNIF Simarmata, Mai Yuliastri
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.302 KB)

Abstract

Karya sastra adalah kisah kehidupan manusia yang penuh lika-liku. Pengungkapan realitas kehidupan tersebut menggunakan bahasa yang indah, sehingga dapat menyentuh emosi pembaca. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan sosiologi sastra untuk mengkaji novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif. Penelitian ini untuk mendeskripsikan keadaan social budaya masyarakat dalam novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif. Selain itu peneliti juga ingin mengungkapkan beberapa permasalahan tentang suatu kehidupan manusia dalam hubungannya dengan sesama dan lingkunganya yang diwujudkan secara rinci oleh pengarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Kesimpulan dalam novel Perempuan Jogja untuk konteks sosial pengarang dapat dilihat pada tokoh Rumanti yang peneliti gambarkan pada Novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif. Sedangkan gambaran masyrakat yang tercermin dalam kutipan-kutipan seperti mengenal perjodohan, masyarakat yang masih kental dengan adat istiadat, menggambarkan bahwa kekuasaan mengalahkan kemiskinan. Kata Kunci: novel, sosiologi sastra, konteks sosial, pengarang.
LATAR BELAKANG DAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA TAHUN AKDEMIK 2013/2014 PRODI BAHASA INGGRIS Diah Astriyanti, Desi Sri Astuti, Aria Djalil, Ismail Kasim, Abdul Arif,
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.759 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara rinci latar belakang mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Tahun Akademik 2013/2014. Instrumen yang digunakan untuk menemukan jawaban dari penelitian ini adalah kuesioner, tes tertulis PMB, dan tes tertulis pre-test dan post-test matrikulasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, Analisis korelasional, dan Analisis variansi. Dari kuesioner latar belakang mahasiswa terjabarkan  bahwa mahasiswa bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak terdiri dari latar belakang demografis yang berbeda-beda, begitu juga dengan latar belakang pendidikan orang tua, pendapatan orang tua, serta sumber belajar yang mereka miliki. Terhadap kemampuan berbahasa inggris awal mereka sebelum dan sesudah matrikulasi dapat diasumsikan kualitas pengajaran Bahasa Inggris di antara kab/kota juga beragam. Akibatnya  pengetahuan awal mereka dalam bahasa Ingggrispun cukup beragam. Dari hasil keseluruhan latar belakang akademik mahasiswa dengan nilai akademik mereka menunjukkan korelasi yang signifikan. Kemudian dari hasil pre-test dan post-test matrikulasi mahasiswa menunjukkan bahwa program matrikulasi efektif untuk meningkatkan kinerja mahasiswa. Kata kunci: Bahasa Inggris, Latar Belakang Demografis, Matrikulasi, Kinerja Akademik.
AN EVALUATION OF ENGLISH SPEAKING ACCELERATION PROGRAM AT IKIP PGRI PONTIANAK Irwan, Dedi
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.225 KB)

Abstract

This research aimed at finding out the discrepancy existing between the program standard criteria of English speaking acceleration program and its implementation. In order to run the evaluation, program evaluation was implemented at this research, while the model used was the Provus’ discrepancy model. The research subjects involved were the stakeholders in charge at this program such as the key people in charge, program staffs, lecturers and program participants. The program implementation discrepancy was investigated by measuring the discrepancy at program input implementation, program process implementation and program output implementation. Program output variable was investigated from two aspects: interim output and terminal output. The data analyzing technique used was qualitative analysis enhanced by the quantitative measurement. The findings of this research are the program standard criteria and discrepancy score for the input implementation, process implementation and output implementation of the program. The implementation of input criteria is 81.33%, the process criteriais 4.77% and at the ultimate output is 85%. The terminal output evaluation finds the improvement of vocabulary mastery level up to 22.28%, the improvement of speech accuracy is 31.37% and the improvement of the pronunciation is 29.9%. Besides, it is also found that the decrease of the word rate from 2.095 at the pretest which falls to 1.939 at the posttest. Keyword: Program evaluation, Provus’ discrepancy approach, English speaking acceleration program.
KAJIAN PSIKOLOGI DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL MEMAMAH JANTUNGMU KARYA ROHANI SYAWALIAH Lizawati, Lizawati
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.067 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kepribadian tokoh Gilda dalam novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah berdasarkan teori kepribadian Sigmund Freud, (2) konflik psikologi antartokoh novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah, (3) sikap dan reaksi tokoh Gilda dalam menghadapi konflik dengan tokoh-tokoh lain novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah, (4) nilai pendidikan novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kepribadian tokoh Gilda dalam novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah berdasarkan teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud yaitu halusiansi dan naluri kematian, kecemasan (anxitas), dan pengalihan, (2) konflik psikologis antartokoh melahirkan konflik batin antara Gilda dan Kitty, (3) sikap dan reaksi tokoh Gilda dalam menghadapi konflik dengan tokoh-tokoh lain dapat menyelesaikan dan mengambil suatu tindakan yang positif yang tercermin dalam setiap tindakan yang dilakukan oleh Gilda, (4) nilai pendidikan novel mencakup nilai pendidikan agama, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya. Kata Kunci: psikologi, pendidikan, novel Memamah Jantungmu.
ANALISIS VERBA BAHASA MELAYU DIALEK PONTIANAK Melia, Eti Ramaniyar,
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.093 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Verba Bahasa Melayu Dialek Pontianak”.  Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk, makna, dan fungsi verba bahasa Melayu Dialek Pontianak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk, makna, dan fungsi verba bahasa Melayu Dialek Pontianak. Teori yang dalam penelitian ini adalah hakikat verba, fungsi verba, bentuk verba, dan makna verba, . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang berbentuk kualitatif. Data yang diperoleh dari tiga informan yaitu penutur asli BMDP yang tinggal di wilayah Pontianak. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak libat cakap dan teknik komunikasi langsung. Berdasarkan hasil penelitian verba bahasa Melayu Dialek Pontianak, terdapat 168 kata bentuk verba asal dan 155 kata bentuk verba turunan, 102 kata makna verba, dan 134 kata fungsi verba yang terbagi atas: (1) Bentuk verba meliputi verba asal dan verba turunan; (2) Makna verba terdapat 20 makna yang dapat dianalisi; dan (3) Fungsi verba terdapat 7 fungsi yang dianalisis. Kata Kunci: bentuk, fungsi, makna.
THE ANALYSIS OF MAJOR GRAMMATICAL ERRORS IN STUDENTS’ WRITING Paramita, Paulina Erawati
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.19 KB)

Abstract

This study investigates and classifies grammatical errors in writing made by year nine students at SMP Gembala Baik Bilingual Class. The samples of this research were 30 students randomly selected from 61 students. Descriptive qualitative was used to describe the errors made by the 30 students. They were asked to write about their holidays, and then the analysis was conducted to see the errors found in their writings. The results show that There were three errors in  noun endings,  two errors in subject-verb agreement, four errors in  verb tense,  four errors in  verb form, eight errors in  capitalization,  six errors in  sentence fragment, and  two errors in  comma errors.  The information of the types of students’ errors can be used as a guidance to evaluate the weakness or progress of students’ ability in learning English, particularly in writing.Keywords: grammatical errors, error analysis, contrastive analysis, English  learning.
THE EFFECTIVENESS OF METACOGNITIVE INSTRUCTION TO TEACH LISTENING SKILL VIEWED FROM STUDENTS’ SCHEMATA Asman, Hamid
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.022 KB)

Abstract

The objectives of this research are to reveal whether: (1) Metacognitive instruction method is more effective than Cognitive instruction method to teach listening skill; (2) the students with high level of schemata have better listening skill than those with low level of schemata; and (3) there is an interaction between the teaching methods and students’ schemata in teaching listening skill. This experimental study was carried out at the English Education Department of IKIP-PGRI Pontianak in the Academic Year of 2014/2015. Data analysis reveals research findings as follows: (1) Metacognitive Instruction Method is significantly different from Cognitive instruction method to teach listening  skill; (2) The listening skill of the students who have high schemata  is significantly different from that of those who have low schemata; and (3) There is an interaction between teaching methods and students’ schemata for teaching listening skill. Based on the findings, it can be concluded that Metacognitive Instruction Method is effective to teach listening skill. The effectiveness of the method depends on the degree of the students’ schemata. Key word :  Metacognitive Instruction,Ccognitive Instruction,  Listening Skill, Students’ Schemata and Experimental Study.
FAKTOR PENGGANGGU MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS Muhammad Ismail Kasim, Aunurrahman, Citra Kusumaningsih, Diah Astriyanti
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.516 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor yang mengganggu mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Untuk mendapatkan jawaban tersebut, kuesioner dengan bentuk pertanyaan terbuka. Kuesioner diisi oleh 124 mahasiswa STKIP-PGRI Pontianak yang telah dipilih secara purposif. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisa isi yang melibatkan dua rater agar analisa data objektif. Untuk membantu analisa tersebut, disediakanlah panduan koding agar hasil pengolahan data sesuai dengan tujuan dari penelitian ini.Data analisis menunjukkan ada 28 pernyataan yang ditemukan sebagai gangguan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Dari 28 pernyataan tersebut, 17 pernyataan diantaranya dikategorikan sebagai faktor eksternal dan 11 pernyataan lainnya dikategorikan sebagai faktor internal. Lebih jauh, faktor eksternal yang paling banyak ditemui dipenelitian ini adalah berasal dari lingkungan belajar diikuti oleh faktor manusia. Sementara gangguan internal banyak dipengaruhi oleh kesehatan fisik manusia yang diikuti dengan gangguan yang bersifat psikologis. Sebagai tambahan, pengguna teknologi juga tercatat baik sebagai gangguan eksternal ataupun internal walaupun frekuensi pernyataan yang muncul hanya satu.Faktor eksternal dan internal ini memiliki pengaruh negatif terhadap proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dosen harus menerapkan manajemen kelas yang efektif agar gangguan yang muncul dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat diminimalisir. Kata kunci: Bahasa Inggris, Pembelajaran di kelas, Faktor gangguan, Proses belajar, Sumber gangguan
ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE TABLOID PULSA RUBLIK CONNECT (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) Alimin, A A
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.367 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk alih dan campur kode serta penyebab terjadinya campur kode dalam Tabloid Pulsa khususnya Rublik Connect. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik konten analisis dengan bantuan kartu data. Hasil penelitian menunjukkan bentuk campur kode meliputi 18 bentuk kata, diikuti 4 buah berbentuk frasa, 2 buah berbentuk baster, 1 idiom dan terakhir 1 bentuk baster. Alih kode sulit di temukan, berdasarkan analisis hanya terdapat 1 bentuk alih kode di dalam pertuturan. Terdapat tiga penyebab terjadinya alih dan campur kode yaitu; untuk menunjukan identitas kelompok atau sebagai nilai pristise sebanyak 18 buah, diikuti campur dan alih kode akibat kebutuhan leksikal sebanyak 2 buah, dan untuk mengefisiensikan suatu pembicaraan sebanyak 2 buah. Kata Kunci: alih kode, campur kode, Tabloid Pulsa.

Page 1 of 14 | Total Record : 138