cover
Filter by Year
Teknika
Teknika adalah jurnal Fakultas Teknologi Informasi, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya.
Articles
55
Articles
‚Äč
Penerapan Klasifikasi Bayes Untuk Memprediksi Jenis Latihan Siswa Pencak Silat (Studi Kasus Pencak Silat PSHT)

Setiadi, Tedy, Jamaludin, Jamaludin

Teknika Vol 7 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Perguruan Pencak Silat PSHT saat ini memiliki ratusan siswa dengan berbagai latar belakang dan kemampuan yang berbeda. Selama ini pelatih dalam penentuan jenis latihan pencak silat di PSHT hanya menggunakan perkiraan intuisi semata, akibatnya sering terjadi ketidaksesuaian antara calon siswa dengan jenis latihan yang diikuti. Kondisi ini menyebabkan siswa sering tidak bisa maksimal dalam berlatih, disamping berdampak prestasi siswa tidak optimal dalam kompetisi. Dalam penelitian ini telah dikembangkan aplikasi untuk memprediksi jenis latihan siswa berdasarkan karakteristik yang sesuai menggunakan klasifikasi Naive Bayes. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pelatih dalam meningkatkan kemampuan siswa sesuai karakteristiknya sehingga mampu meningkatkan prestasinya. Hasil pengujian menggunakan confussion matrix, dengan 400 data training dan 20 data testing menghasilkan nilai presisi sebesar 95 %, nilai akurasi sebesar 95 % dan nilai recall sebesar 98%.

Prototipe Layanan Video on Demand (VoD) Pada Jaringan OpenFlow

Hamidi, Eki Ahmad Zaki, Ismail, Nanang, Jalaludin, Rizka

Teknika Vol 7 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sistem distribusi Video on Demand (VoD) saat ini umumnya masih menggunakan sistem transmisi konvensional. Perkembangan jaringan yang makin kompleks menuntut manajemen yang semakin handal. Software-Defined Networking (SDN) hadir untuk mengatasi kompleksitas sistem dengan memisahkan control plane dan data plane. Salah satu protokol SDN adalah OpenFlow. Makalah ini membahas tentang simulasi layanan VoD melalui jaringan OpenFlow. Realisasi OpenFlow menggunakan OpenvSwitch. Sistem disimulasikan dengan 1 PC server, 1 PC untuk switch dengan OpenvSwitch, dan 3 PC client. Hasil simulasi menunjukan QoS VoD melalui jaringan OpenFlow sudah memenuhi standar ITU-T G.1010 dengan delay sebesar 3,31 ms, jitter sebesar 0 ms, packet loss sebesar 0%, dan throughput sebesar 2,71 Mbit/s. Penilaian Mean Opinion Score (MOS) juga sudah memenuhi standar ITU-T P.800 dengan nilai 3417,06 dan termasuk kategori baik.

Rancang Bangun Prototipe Mobil Penjelajah Dengan Kendali Jarak Jauh Melalui Jaringan Wi-Fi Berbasis Antarmuka Web

Rohman, Qisthi Al Hazmi Hidayatur, Salahuddin, Nur Sultan

Teknika Vol 7 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Perkembangan teknologi berkembang sangat cepat, khususnya pada bidang robotika. Perkembangan teknologi telekomunikasi juga memiliki peran dalam perkembangan robotika, yaitu dalam hal teknologi komunikasinya. Mobil penjelajah merupakan aplikasi dari dunia robotika. Robot sudah banyak digunakan untuk banyak kasus, khususnya untuk penjelajahan suatu wilayah. Menjelajah suatu area yang tergolong berbahaya, seperti daerah kebakaran atau daerah yang memiliki tingkat kadar gas yang berbahaya cukup tinggi. Prototipe robot penjelajah ini bertujuan untuk membantu manusia dalam melakukan penjelajahan di area yang berbahaya tersebut. Pada robot penjelajah ini, digunakan beberapa perangkat yang dapat mendukung penjelajahan dengan jarak jauh, yaitu penggunaan Raspberry Pi sebagai komputer di robot ini, penggunaan wireless router yang berfungsi untuk komunikasi antara manusia dengan mobil penjelajah, sensor GPS yang bertujuan memberikan lokasi mobil, dan sensor kualitas udara yang bertujuan untuk mengetahui kadar gas pada area sekitar mobil. Halaman Web digunakan untuk antarmuka kendali mobil penjelajah.

Evaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar Menggunakan Metode Usability Testing

Sabandar, Vederico Pitsalitz, Santoso, Harry Budi

Teknika Vol 7 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam mengembangkan suatu sistem, suatu prinsip utama yang dijadikan ukuran keberhasilan dari sistem tersebut ialah usability. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar (AMPSD) serta memperoleh rekomendasi guna pengembangan selanjutnya. Evaluasi yang dilakukan, berfokus pada aspek usability yang terdiri dari efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Selanjutnya, rekomendasi yang diperoleh kemudian disusun menggunakan prinsip desain interaksi. Penelitian ini menggunakan metode usability testing dengan target pengujian terdiri dari kelompok dosen dan mahasiswa sebanyak 30 responden. Selanjutnya, untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna, digunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi yang dilakukan, menunjukkan bahwa AMPSD telah memenuhi tiga aspek usability, yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil analisis terhadap tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan aplikasi menunjukkan bahwa baik pada kelompok dosen maupun mahasiswa, sukses (tidak mengalami kegagalan) dalam menyelesaikan tugas dengan lamanya waktu yang dibutuhkan dikategorikan sangat cepat. Selanjutnya, hasil analisis terhadap tingkat kepuasan pengguna menggunakan kuesioner SUS, menunjukkan bahwa aplikasi tersebut dapat diterima (acceptable). Rekomendasi yang diperoleh yaitu terkait dengan tampilan interface dan konten yang terdapat pada halaman beranda, game education, dan materi, dimana perlu dirancang kembali agar lebih memudahkan user dan tidak menimbulkan kejenuhan selama menggunakan aplikasi tersebut.

Perhitungan Jarak Nyata Antara Dua Objek Pada Suatu Foto Dengan Metode Edge Detection

Prasetyo, Vincentius Riandaru

Teknika Vol 7 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Gambar adalah sebuah artefak yang menggambarkan atau merekam persepsi visual. Gambar juga dapat diartikan sebagai pemetaan objek 3D ke media tertentu. Banyak informasi dapat ditemukan dari foto, misalnya: model kamera, perangkat lunak yang digunakan, kedalaman foto, fokus kamera, dan sebagainya. Ada beberapa informasi yang tidak dapat ditemukan dalam foto, yaitu jarak nyata antara objek dalam foto dan posisi kamera, dan jarak nyata antara 2 objek dalam foto. Sistem yang dibangun berguna untuk menghitung jarak nyata antara objek di foto dengan posisi kamera dan juga jarak nyata antara 2 objek pada suatu foto. Struktur data tree digunakan untuk menyimpan nilai-nilai abu-abu (hasil rata-rata nilai merah, hijau, dan biru). Edge detection dengan operator Sobel digunakan sebagai metode utama untuk mendapatkan margin (atas, bawah, kiri, dan kanan) dari objek dalam foto.

Analisis Hasil Implementasi Konsep Context-Aware Pada Aplikasi Mobile Family Tracking Untuk Platform Android

Agustian, Agustian, Trisnadoli, Anggy, Lestari, Indah

Teknika Vol 7 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pada bulan Juni 2017, dilakukan survei terhadap 44 orang tua yang bekerja dan pengguna smartphone di Pekanbaru, diketahui bahwa orang tua membutuhkan aplikasi untuk memantau keberadaan anak, namun belum ada orang tua yang menggunakannya. Pada penelitian ini dikembangkan aplikasi yang dapat memantau keberadaan anggota keluarga yang menerapkan konsep Context-Aware dimana penalaran yang digunakan adalah rules. Ada 3 rules yang digunakan dimana ketika rules terpenuhi maka akan memunculkan notifikasi kepada pengguna. Aplikasi ini dikembangkan pada platform Android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, IDE Android Studio, dan Firebase sebagai database. Dilakukan 3 pengujian pada penelitian ini, pertama pengujian fungsionalitas yang dilakukan dengan metode blackbox dengan mengacu pada standar ISO 9126-2, dimana diperoleh bahwa aplikasi berfungsi dengan benar, diimplementasikan sesuai spesifikasi, dan fitur sesuai dengan tugasnya yang artinya secara fungsional aplikasi sudah berkualitas baik. Kedua adalah pengujian aplikasi kepada 5 keluarga untuk membuktikan context-aware berjalan semestinya. Dari hasil uji context-aware yang dilakukan diperoleh bahwa context-aware sudah berjalan dengan baik yang dibuktikan dengan notifikasi yang sesuai dengan rules context-aware dan setiap keluarga dapat memantau lokasi dan waktu kegiatan setiap anggota keluarga secara realtime. Ketiga adalah pengujian performansi, dimana diperoleh bahwa semakin banyak aktivitas dikerjakan semakin besar memori digunakan. Penggunaan CPU tidak bergantung pada aktivitas dan penggunaan data pada aktivitas yang sudah pernah berjalan akan lebih kecil dibanding pertama kali dijalankan.

Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis

Wirapraja, Alexander, Aribowo, Handy

Teknika Vol 7 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Proses peralihan bisnis dari konvensional menjadi digital menyebabkan perusahaan perlu memikirkan langkah strategis untuk membuat bagaimana proses bisnis yang ada di dalamya menjadi keberlanjutan. Salah satu caranya adalah memanfaatkan perkembangan teknologi pada bidang pemasaran yang mengubah cara pengerjaan suatu pekerjaan dari cara konvensional mengarah kepada teknologi digital dengan memanfaatkan e-commerce. Pertumbuhan pengguna internet yang semakin pesat pada tahun 2017 sebesar 143,26 juta juga menjadi faktor utama pergeseran perilaku belanja masyarakat menjadi lebih dinamis, dimana konsumen menginginkan distribusi produk yang lebih cepat dengan hasil yang lebih baik. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan konseptual, yaitu metode yang dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan potensi pasar, perubahan perilaku konsumen dan bagaimana memanfaatkan teknologi e-commerce sebagai solusi alternatif dalam melakukan inovasi pada strategi pemasaran dengan tujuan untuk menjaring potensi pasar yang lebih besar.

Sistem Prediksi Transaksi Nasabah Bank Swasta Memanfaatkan Fuzzy Time Interval Sequential Pattern Mining

Rahmawati, Titasari, Supangat, Supangat

Teknika Vol 7 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Layanan perbankan saat ini memang dirancang sebagai salah satu cara untuk memuaskan para nasabah. Pelayanan operasional adalah pelayanan yang penting karena terjadi secara langsung. Kebutuhan seorang nasabah yang terjadi sewaktu-waktu sehingga bank harus siap dalam hal dana tunai. Transaksi yang terjadi pada sebuah bank tidak dapat diprediksi dengan kasat mata dikarenakan situasi dan kondisi perekonomian yang labil sehingga bank harus memperhatikan jumlah dana tunai yang tersedia. Oleh sebab itu perlu dibangun sebuah sistem prediksi yang dapat memprediksi transaksi nasabah guna untuk mengetahui pada saat momen apa, transaksi apa yang akan dilakukan serta dalam waktu atau tempo yang sebentar, sedang atau lama transaksi kedua akan dilakukan. Sistem ini menggunakan metode fuzzy time interval sequential pattern yang dapat memprediksi transaksi nasabah dikolaborasi dengan momen.

Sistem Kriptografi di Komputasi Awan Untuk Kebutuhan Data Medis

Louk, Maya Hilda Lestari

Teknika Vol 7 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Komputasi awan adalah sebuah metode komputasi yang sedang berkembang saat ini untuk berbagi data dan pemrosesan data baik secara terbuka/umum atau pribadi. Komputasi awan adalah jawaban atas lingkungan komputasi yang lebih efektif dan efisien. Hal itu akan mengurangi biaya komputasi dan tenaga ahli komputasi. Komputasi awan dapat digunakan tidak hanya untuk tujuan bisnis tetapi juga untuk tujuan medis/kesehatan yang akan digunakan oleh pasien, spesialis, apoteker, perawat, dokter, dan pegawai administrasi rumah sakit. Sebagai implikasi pada sisi yang lain, keamanan adalah isu penting di dalam Komputasi awan. Perlindungan privasi data dan kontrol penerimaan data adalah tantangan keamanan di dalam Komputasi awan. Penulisan ini secara singkat membuat sketsa penggunaan sistem Kriptografi untuk kebutuhan data medis menggunakan Komputasi awan, khususnya fungsi enkripsi ulang (re-enkripsi fungsional) "tag" dan "tanda" untuk melakukan akses data. Penulisan ini memberi solusi alternatif untuk keamanan data pada Komputasi awan berdasarkan layanan enkripsi dan dekripsi dengan re-enkripsi fungsional untuk kebutuhan data medis dan data pelayanan kesehatan. Data dapat diakses dari mana saja dan oleh siapa saja yang memiliki hak akses untuk mengakses data sesuai dengan kebijakan akses tersebut. Penulisan ini diusulkan dan terdiri dari pembahasan terhadap ide dari penggunaan Komputasi awan dan keamanan data pada data medis dan data pleayanan kesehatan.

Penerapan Profile Matching di Dalam Aplikasi Penyedia Jasa

Christie, Jonathan, Gantini, Tiur

Teknika Vol 7 No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah terhadap suatu keputusan yaitu di dalam pemilihan penyedia jasa bagi para pengguna jasa. Jasa yang disediakan adalah jasa pembuatan aplikasi (software). Metode yang digunakaan adalah metode profile matching, hal pertama yang dilakukan adalah menentukan kriteria yang akan dinilai untuk pemetaan GAP kompetensi dari setiap penyedia jasa, kemudian menentukan aspek-aspek yang akan digunakan di dalam memproses nilai penyedia jasa. Nilai penyedia jasa tersebut selanjutnya diubah berdasarkan pemetaan GAP kompetensi penyedia jasa. Terdapat dua parameter penting dalam metode ini seperti faktor inti dan faktor sekunder. Nilai-nilai ini diubah menjadi persentase sehingga menghasilkan keputusan akhir sebagai penentu data yang akan lebih dekat dengan target yang telah ditentukan. Dengan melakukan metode ini, menyortir data terhadap kriteria tertentu dapat dilakukan secara dinamis dan dikarenakan metode profile matching menggunakan sistem ranking, maka sistem dapat menampilkan penyedia jasa berdasarkan ranking tertinggi. Dengan menampilkan penyedia jasa berdasarkan ranking tertinggi, penerima jasa dapat lebih mudah untuk menemukan penyedia jasa terbaik.