cover
Filter by Year
Teknika
Teknika adalah jurnal Fakultas Teknologi Informasi, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya.
Articles
65
Articles
Implementasi Decision Tree C4.5 Untuk Menentukan Status Berat Badan dan Kebutuhan Energi Pada Anak Usia 7-12 Tahun

Supangat, Supangat, Amna, Anis R., Rahmawati, Titasari

Teknika Vol 7 No 2 (2018): November 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Decision Tree 4.5 merupakan salah satu algoritma klasifikasi yang banyak digunakan untuk memperoleh hasil klasifikasi non biner. Dibanding algoritma sejenis, Decision Tree 4.5 memiliki kelebihan pada kemampuan untuk mengelola data dalam berbagai format. Kelebihan inilah yang dicoba dimanfaatkan untuk memperoleh hasil klasifikasi kebutuhan nutrisi bagi anak usia sekolah dasar. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Decision Tree terhadap 360 siswa sekolah dasar berusia 7-12 tahun, diperoleh hasil bahwa 79,7% siswa memiliki berat badan normal, 12,5% siswa mengalami kekurangan berat badan, dan 7,8% siswa mengalami kelebihan berat badan. Dari kondisi tersebut, pengujian lebih lanjut menggunakan Decision Tree menunjukkan bahwa faktor usia, berat badan, tinggi badan, BMR, dan BMI memiliki kontribusi pada penentuan kebutuhan energi pada anak, dan jenis kelamin mempengaruhi pada proses penentuan kebutuhan konsumsi karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Motion Comic Dongeng Agama Buddha Untuk Anak Umur 4-6 Tahun

Widiasri, Monica, Lisana, Lisana, Liantara, Suwendi

Teknika Vol 7 No 2 (2018): November 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Cerita dongeng agama Buddha atau disebut jataka adalah cerita dongeng yang menceritakan kelahiran masa lalu Buddha, yang mengandung pesan moral dan pengertian tentang dhamma. Dongeng agama Buddha biasanya diajarkan untuk anak-anak di sekolah minggu Buddhis yang ada di vihara. Namun, penyampaian cerita dongeng agama Buddha masih kurang menarik minat anak-anak dalam memperhatikan cerita dongeng agama Buddha. Buku dongeng agama Buddha dalam bahasa Indonesia sulit didapatkan, kurang menarik, dan kurang mudah dimengerti oleh anak-anak. Oleh karena itu dibuatlah suatu aplikasi cerita dongeng agama Buddha yang menggunakan motion comic supaya meningkatkan minat anak-anak dalam membaca, mendengarkan, serta memahami dongeng agama Buddha. Motion comic yang dibuat memberikan tampilan secara visual 2D, terdapat unsur suara, dan dapat menceritakan dongeng secara lebih baik. Motion comic ini diujicobakan di sekolah minggu Buddhis, kemudian dilakukan wawancara dengan responden guru dan pembagian kuisoner kepada anak-anak usia 4-6 tahun. Hasil dari ujicoba menyatakan motion comic yang dibuat mendapatkan respon positif dari responden. Motion comic membuat anak-anak lebih mengerti dan tertarik membaca dongeng agama Buddha. Selain itu, pesan moral yang terdapat di cerita dongeng agama Buddha tersampaikan dengan baik.

Penggunaan Nilai dan Vektor Eigen Untuk Menentukan Prioritas Faktor-Faktor Penentu Pemilihan Tempat Makan (Restoran)

Pranata, Erick, Gunawan, Tjwanda Putera

Teknika Vol 7 No 2 (2018): November 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam memilih tempat makan (restoran) banyak faktor yang harus dipertimbangkan, antara lain harga, rasa, kuantitas (porsi), dekor ruangan, jarak, kepemilikan (misal milik saudara atau teman), tempat parkir yang luas, dan pelayanan (service) yang ramah. Diantara semua faktor tersebut, bagi mahasiswa-mahasiswi suatu perguruan tinggi, faktor harga, rasa, pelayanan, dan jarak yang paling dominan untuk dipertimbangkan dalam membuat keputusan akan makan dimana baik saat makan sendiri maupun bersama teman-teman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui diantara keempat faktor di atas (harga, rasa, pelayanan, dan jarak) mana yang paling dipilih oleh mahasiswa-mahasiswi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan kuesioner yang berisi perbandingan antara faktor yang satu dengan yang lain, misal antara faktor harga dan rasa atau faktor pelayanan dan jarak dan seterusnya. Responden memberikan faktor mana yang dipilih dan juga memberikan bobot untuk setiap pilihan. Kemudian dihitung Nilai Eigen dan keputusan yang diambil berdasarkan vektor Eigen yang dinormalkan yang merupakan rata-rata dari nilai Eigen tiap faktor terhadap faktor yang lainnya.

Pengenalan Traffic Light Pada Robot Mobil Duckietown

Loeminto, Erwin Sanjaya, Khoswanto, Handry, Lim, Resmana

Teknika Vol 7 No 2 (2018): November 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Duckietown adalah sebuah proyek penelitian yang berfokus pada self-driving vehicle dan high-level autonomy. Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan Duckiebot saat menemukan adanya traffic light. Duckiebot terdiri dari Raspberry Pi 3 sebagai controller, fisheye lens camera sebagai sensor, dan motor DC sebagai aktuator. Raspberry Pi 3 menerima dan memproses gambar yang didapat oleh kamera menggunakan library OpenCV. Dalam pemrosesan gambar, pertama adalah penentuan lokasi traffic light. Kemudian pengambilan range warna traffic light yang akan diproses untuk menghasilkan aksi kontrol aktuator agar berjalan atau berhenti. Aksi kontrol aktuator dilakukan dengan menggunakan Robot Operating System (ROS). Pengujian dilakukan dengan cara melihat hasil deteksi, menjalankan mode lane following, mengubah-ubah pencahayaan, dan memberi gangguan berupa spanduk yang sewarna. Berdasarkan hasil pengujian, kamera dapat digunakan sebagai sensor Duckiebot untuk mengenali traffic light, tapi kamera sangat sensitif terhadap perbedaan pencahayaan sehingga untuk kondisi terang, gelap, dan backlight akan memiliki hasil yang berbeda.

Jaringan Syaraf Tiruan Dalam Memprediksi Tingkat Pertumbuhan Industri Mikro Dan Kecil Berdasarkan Provinsi

Revi, Ahmad, Solikhun, Solikhun, Parlina, Iin

Teknika Vol 7 No 2 (2018): November 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Peran usaha mikro dan kecil di Indonesia yaitu sebagai dasar pondasi pembangunan nasional. Usaha industri mikro dan kecil merupakan motor inovasi dan pertumbuhan ekonomi nasional mengingat bahwa usaha mikro dan kecil adalah penyedia lapangan kerja utama serta memberikan kontribusi dalam pembentukan PDB nasional. Kontribusi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap produk domestik bruto meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen dalam lima tahun terakhir. Serapan tenaga kerja pada sektor ini juga meningkat, dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen pada periode yang sama. Penelitian ini berguna untuk memberikan gambaran tentang keadaan dimasa mendatang sehingga dapat menjadi sebuah tolak ukur kepada pemerintah untuk menciptakan tindakan-tindakan lebih yang dapat meningkatkan perekonomian nasional. Adapun metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Jaringan Syaraf Tiruan (JST) . Dalam JST terdapat teknik peramalan yang dapat digunakan untuk melakukan prediksi yaitu backpropogation. Data yang digunakan adalah data Pertumbuhan Industri Mikro dan Kecil berdasrkan Provinsi tahun 2012 sampai tahun 2017 yang didapatkan dari Badan Pusat Statistik Nasional (online: bps.go.id). Di gunakan 5 model arsitektur Jaringan Syaraf Tiruan yaitu 5-10-1, 5-12-1, 5-14-1, 5-16-1 dan 5-18-1. Didapatkan hasil terbaik yaitu model arsitektur 5-14-1 dengan akurasi kebenaran 100% dan MSE 0.0009999984 yang kemudian digunakan untuk prediksi.

Estimasi Arah Tatapan Mata Menggunakan Ensemble Convolutional Neural Network

Sugiarto, William, Kristian, Yosi, Setyaningsih, Eka Rahayu

Teknika Vol 7 No 2 (2018): November 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Studi arah tatapan mata adalah salah satu masalah dalam bidang computer vision. Pengetahuan akan arah tatapan mata dapat memberikan informasi berharga yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan dalam bidang lainnya, khususnya dalam bidang interaksi manusia dengan komputer. Dalam paper ini nantinya akan meneliti arah tatapan mata menggunakan Ensemble Convolutional Neural Network dengan menggunakan dataset CAVE (Columbia Gaze Dataset). Convolutional Neural Netwok (CNN) merupakan sebuah bidang keilmuan dalam bidang machine learning yang berkembang cukup pesat khususnya untuk mengklasifikasi citra. Nantinya, paper ini akan menganalisa dan membandingkan hasil F1 score dan weighted kappa (w-kappa) score serta error dari klasifikasi dengan menggunakan 3, 9, dan 21 kelas. Dengan sama-sama menggunakan kanal RGB sebagai gambar input, maka dapat dibandingkan dan disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Ensemble Convolutional Neural Network dengan koefisien 1 untuk mata kiri, 1 untuk mata kanan, dan 3 untuk kedua mata untuk klasifikasi dengan 3 dan 9 kelas, serta dengan koefisien 1 untuk mata kiri, 1 untuk mata kanan, dan 5 untuk kedua mata untuk klasifikasi dengan 21 kelas dapat menghasilkan hasil F1 score dan w-kappa yang lebih baik, serta tingkat error yang lebih rendah daripada menggunakan koefisien dengan nilai lainnya.

Sistem Informasi Forum Diskusi Programmer Berbasis Web Menggunakan Rapid Application Development

Supriyatna, Adi, Nugroho, Mas Aji Sapto

Teknika Vol 7 No 2 (2018): November 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Programmer merupakan sebuah profesi yang bertanggung jawab terhadap pengembangan aplikasi atau sistem informasi. Aplikasi-aplikasi yang dibuat tentu memiliki banyak manfaat terutama terhadap user. Saat ini, ada banyak sekali bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh para programmer. PHP, C#, VB. NET, dan Java merupakan beberapa contoh bahasa pemrograman yang saat ini banyak digunakan oleh para programmer. Oleh karena itu seorang programmer tentu harus bisa menguasai banyak bahasa pemrograman agar dapat menunjang suatu pekerjaan. Sebuah aplikasi terdiri dari berbagai macam kasus–kasus ataupun kondisi khusus agar aplikasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna. Namun bagaimana apabila programmer menemukan kasus yang sulit untuk diselesaikan terkait source code, syntax ataupun logika algoritma. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem informasi forum diskusi online yang dapat mendokumentasikan dengan baik syntax–syntax dan kasus yang telah diselesaikan. Mampu menyediakan media sharing dan diskusi secara online serta memberikan kemudahan dalam berbagi ilmu dan pengetahuan antar programmer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rapid Application Development (RAD). Dalam hal ini dengan adanya forum diskusi online ini tentu akan bermanfaat karena segala sesuatu yang dibahas oleh programmer akan otomatis terdokumentasi sehingga programmer ketika menemukan sebuah kasus yang sulit dapat dengan mudah untuk mengatasinya. Dengan begitu programmer dapat meningkatkan kualitas terhadap aplikasi yang dikembangkan.

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Mendukung Posyandu Terkait Dengan Tumbuh Kembang Anak

Liliana, Liliana, Absari, Dhiani Tresna

Teknika Vol 7 No 2 (2018): November 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tumbuh kembang anak di usia masa emas, yaitu 0 hingga 5 tahun, memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pertumbuhannya di masa mendatang. Untuk itu, orang tua wajib memantau perkembangan anaknya dengan teliti, salah satunya dengan memanfaatkan kegiatan Posyandu. Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan oleh masyarakat guna memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan pada ibu hamil dan balita. Melihat pertumbuhan pengguna internet yang meningkat, maka hal ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif solusi untuk membantu Posyandu dalam meningkatkan kesadaran orang tua, ibu secara khusus, dalam memantau tumbuh kembang anak. Saat ini, data tumbuh kembang anak sebagai dasar penilaian status gizi anak dicatat manual dalam bentuk Kartu Menuju Sehat (KMS) ataupun buku Register Kohort sehingga menimbulkan kesulitan jika catatan tersebut tidak tersedia pada saat kegiatan Posyandu berlangsung. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa untuk membantu proses yang terjadi dalam Posyandu, dibutuhkan suatu sistem terintegrasi. Aplikasi website dapat digunakan oleh semua user yang terdaftar, terutama petugas puskesmas dan Posyandu, untuk membantu entri data pada sistem. Sedangkan aplikasi mobile, dapat digunakan oleh anggota Posyandu, untuk membantu pendistribusian informasi kegiatan, pencatatan kegiatan anak, serta pengingat jadwal yang dibutuhkan.

Aplikasi Multimedia Untuk Media Pembelajaran Menggambar Grafik Fungsi Dengan Operasi Penskalaan, Pergeseran, dan Pencerminan

Limanto, Susana, Dinata, Hendra

Teknika Vol 7 No 2 (2018): November 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Salah satu materi dari mata kuliah Matematika adalah menggambar grafik fungsi melalui operasi pergeseran, penskalaan, dan pencerminan. Materi ini disampaikan dalam waktu kurang lebih 100 menit tatap muka. Berdasarkan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) soal menggambar grafik fungsi dari 10 kelas paralel mata kuliah Matematika semester Gasal 2016 – 2017 diketahui bahwa sekitar 79.6% mahasiswa mendapat nilai di bawah 55 (batas nilai C). Beberapa penyebab tingginya persentase mahasiswa yang mendapat nilai di bawah C adalah keterbatasan waktu penyampaian materi sehingga materi disampaikan secara satu arah, yaitu dari dosen ke mahasiswa dan kebanyakan mahasiswa kurang berlatih di luar jam kuliah karena setelah berlatih tidak tahu apakah yang dikerjakannya benar atau belum. Untuk mengatasi permasalahan yang ada dikembangkan sebuah aplikasi multimedia pembelajaran yang dilengkapi dengan simulasi proses menggambar grafik fungsi melalui operasi pergeseran, penskalaan, dan pencerminan secara langkah demi langkah. Metode yang digunakan dalam penelitian terapan ini adalah prototyping yang yang terdiri dari komunikasi dengan pengguna untuk mengetahui kebutuhan pengguna, membuat prototipe, mengevaluasi prototipe berdasarkan umpan balik dari pengguna, menyempurnakan prototipe, pembuatan aplikasi, dan ujicoba aplikasi. Ujicoba aplikasi dilakukan kepada 10 orang mahasiswa peserta mata kuliah Matematika di mana materi menggambar grafik fungsi ini disampaikan dengan cara meminta para responden mencoba aplikasi secara mandiri kemudian mengisi kuisioner umpan balik. Hasil ujicoba aplikasi menunjukkan bahwa minimal 70% responden setuju bahwa aplikasi membantu untuk lebih memahami materi dan berlatih secara mandiri. Fasilitas simulasi menggambar grafik fungsi yang disajikan langkah demi langkah membantu mengkoreksi pekerjaan responden sehingga menambah kepercayaan diri responden dalam mengerjakan soal-soal selanjutnya.

Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Terpadu (SIDU) Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya

Setyoadi, Eddy Triswanto, Rahmawati, Titasari

Teknika Vol 7 No 2 (2018): November 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tingkat keamanan dan keakuratan penyajian data menjadi sangat penting terlebih menyangkut nilai historis atau riwayat data tertentu. Perguruan tinggi menjadi salah satu lembaga yang harus mengedepankan unsur keamanan dan keakuratan data, terutama yang terkait dengan data mahasiswa dan administrasi akademik. Sebagai perguruan tinggi yang berbasis pada pengajaran bidang teknologi informasi, selayaknya memiliki sebuah sistem yang terintegrasi atas seluruh proses bisnis yang terjadi sehingga dapat memberikan laporan yang dapat digunakan sebagai analisa dan penentuan strategi pengembangan perguruan tinggi. Dalam penelitian ini, diupayakan untuk dapat dihasilkan sebuah sistem informasi terpadu yang mampu menangani seluruh proses bisnis dalam administrasi dosen dan karyawan, penerimaan mahasiswa baru, administrasi keuangan, dan administrasi akademik.