cover
Filter by Year
Jurnal Bindo Sastra
Journal Bindo Sastra is a journal of Indonesian Language and Literature Education of Faculty of Teacher Training and Education at Universitas Muhammadiyah Palembang. Journal Bindo Sastra includes articles of Indonesian Language and Literature Education and published in twice a year, march and September. Journal Bindo Sastra focusses on teachers, lecturers, students, reseacrhers who consentrate in Indonesian Language and Literature.
Articles
48
Articles
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KOOONG KARYA IWAN SIMATUPANG

Haryadi, Haryadi

Jurnal Bindo Sastra Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Bindo Sastra Volume 2 Nomer 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terjadi degradasi moral, etika, dan budi pekerti pada peserta didik. Untuk mengatasi degradasi tersebut dibutuhkan penguatan pendidikan karakter peserta didik. Muatan dalam penguatan pendidikan karakter di antaranya melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran tokoh utama dalam novel Kooong karya Iwan Simatupang sebagai penguatan pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Desain penelitian berupa pengajuan pertanyaan, pengumpulan data, dan penginterpretasian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter melalui Pak Sastro sebagai Tokoh Utama adalah sebagai berikut. (1) Sebagai manusia cinta tanah air, (2) Sebagai manusia pekerja keras dan ulet, (3) Orang yang beragama dan taat beribadah, (4) Sebagai manusia dermawan, (5) Suka menolong orang yang sedang kesusahan, kesedihan, dan kematian, dan (6) Manusia yang cermat, seksama, dan rapi. Hasi penelitian ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Dengan demikian, peserta didik memiliki karakter cinta tanah air, belajar dengan giat, taat beribadah, suka menolong, dan terampil.

KEEFEKTIFAN TEKNIK PEMETAAN PIKIRAN PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MADANG SUKU II KABUPATEN OKU TIMUR

Suryadi, Edi

Jurnal Bindo Sastra Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Bindo Sastra Volume 2 Nomer 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektif atau tidaknya teknik pemetaan pikiran (mind map) dalam pembelajaran pada keterampilan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku II Kabupaten OKU Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Madang Suku II Kabupaten OKU Timur yang berjumlah 5 kelas, jumlah keseluruhan siswa 177 orang. Sampel penelitian ini, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X.3 (kelas eksperimen) berjumlah 35 siswa, memperoleh pembelajaran menggunakan teknik pemetaan pikiran (mind map) dan kelas X.5 (kelas kontrol) berjumlah 35 siswa, menggunakan model pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) Ha yang berbunyi teknik pembelajaran peta pikiran lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku II Kabupaten OKU Timur;(2) Ho yang berbunyi teknik pembelajaran peta pikiran tidak lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku II Kabupaten OKU Timur. Untuk menyatakan bahwa hipotesis ditolak dan diterima, hipotesis diuji dengan uji-t (t-test), dengan tarap signifikasi ?=0,05. Apabila “t” hitung lebih dari “t” tabel (nilai titik t) pada <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat diketahui bahwa siswa kelompok eksperimen nilai rata-rata pretes 52. Pada saat postes nilai rata-rata 77,96. Untuk siswa kelas kontrol nilai rata-rata pretes 48,86. Pada saat postes nilai rata-rata 61,5. Dari hasil analisis data tes terbukti bahwa hasil belajar siswayang diajar dengan teknik peta pikiran (mind map) lebih efektif daripada siswa yang diajar dengan model konvesional pada pembelajaran menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku II Kabupaten OKU Timur (taraf signifikan 95%).

EFEKTIVITAS MODEL DECISION MAKING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF SISWA KELAS X SMK TRISAKTI BATURAJA

Awalludin, Awalludin

Jurnal Bindo Sastra Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Bindo Sastra Volume 2 Nomer 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.55 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMK Trisakti Baturaja menulis paragraf persuasif sebelum menggunakan model pembelajaran decision making,(2) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMK Trisakti Baturaja menulis paragraf persuasif setelah menggunakan model pembelajaran decision making, dan (3) mendeskripsikan efektivitas modelpembelajaran decision making dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif siswa kelas X SMK Trisakti Baturaja. Populasi penelitian 123 orang dan sampel 41 orang. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis paragraf persuasif dan teknik analisis data menggunakan teknik statistik dengan rumus uji t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor yang diperoleh pada tes awal adalah 61,29 dan pada tes akhir 77,76 dengan peningkatan skor sebesar 16,47. Dari perhitungan data diperoleh t hitung 8,22 dan t tabe lpada taraf signifikansi 5% sudah diketahui yaitu 2,02. Dalam hal ini, t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel (8,22 > 2,02). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran decision making efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif siswa kelas X SMK Trisakti Baturaja.

NOVEL BELANTIK KARYA AHMAD TOHARI "Pendekatan Sosiologi Sastra"

Safari, Dede Muhtar

Jurnal Bindo Sastra Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Bindo Sastra Volume 2 Nomer 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.427 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang korelasi antara penceritaan novel Belantik dengan realita masyarakat pada waktu novel Belantik diciptakan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan 1) konteks sosial pengarang dalam novel Belantik, 2) gambaran masyarakat yang tercermin dalam novel Belantik, dan 3) fungsi sosial dalam novel Belantik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh kesimpulan bahwa (1) konteks sosial pengarang dalam novel Belantik, yaitu mengungkapkan bahawa latar belakang pengarang baik sebagai santri, redaktur media masa, maupun domisili Ahmad Tohari mempengaruhi penceritaan dalam novel Belantik, (2) gambaran masyarakat yang tercermin dalam novel Belantik, yaitu mengungkapkan adanya korelasi antara gambaran masyarakat dalam novel Belantik dengan realita masyarakat pada waktu novel itu diciptakan, dan (3) fungsi sosial dalam novel Belantik; adalah sebagai penghibur dan perombak masyarakat yang mengamalkan nilai-nilai religiusitas dan nilai moral baik, seperti sifat tolong menolong kepada sesama dan cinta kasih antara keluarga perlu dijadikan panutan, adapun nilai moral yang tidak baik yaitu perilaku penyelewengan tidak pantas ditiru.

ANALISIS TIPE, FUNGSI, DAN FITUR LINGUISTIK DALAM PENGUTIPAN BAGIAN PENDAHULUAN ARTIKEL JURNAL PENELITIAN BERBAHASA INDONESIA BIDANG ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA

Syaputra, Juni

Jurnal Bindo Sastra Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Bindo Sastra Volume 2 Nomer 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.355 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe, fungsi, dan jenis kalimat dalam pengutipan bagian pendahuluan artikel jurnal penelitian berbahasa Indonesia bidang ilmu sosial dan humaniora. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah pengutipan yang mengandung unsur tipe, fungsi, dan jenis kalimat aktif, pasif. Sumber data empat puluh bagian pendahuluan artikel jurnal penelitian berbahasa Indonesia bidang ilmu sosial dan humaniora. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagian pendahuluan artikel jurnal penelitian berbahasa Indonesia bidang ilmu sosial dan humaniora memiliki dua tipe pengutipan yaitu integral dan nonintegral, tetapi yang dominan digunakan adalah tipe nonintegral. Bagian pendahuluan juga memiliki 7 fungsi pengutipan yang berbeda, tetapi yang lebih dominan digunakan adalah fungsi 1 mendukung pentingnya judul penelitian. Sementara penggunaan jenis kalimat aktif, pasif dalam pengutipan bagian pendahuluan artikel jurnal penelitian lebih dominan menggunakan jenis kalimat aktif. Tipe pengutipan yang dominan digunakan dalam hasil penelitian ini adalah tipe pengutipan nonintergral. Fungsi utama pengutipan pada bagian pendahuluan artikel jurnal penelitian berbahasa Indonesia bidang ilmu sosial dan humaniora lebih mengutamakan mendukung pentingnya topik/judul penelitian. Penggunaan jenis kalimat yang dominan digunakan adalah jenis kalimat aktif.

KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI OKU

Inawati, Inawati, Sanjaya, Muhamad Doni

Jurnal Bindo Sastra Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Bindo Sastra Volume 2 Nomer 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.895 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SD Negeri OKU membaca cepat dan pemahaman. Metode yang digunakan deskripsi analisis. Sampel penelitian berjumlah 251 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca cepat dan pemahaman siswa bervariasi dengan kategori sedang dan rendah. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa membaca cepat dan pemahaman yaitu SDN 1 OKU sebesar45,68. SDN 3 OKU sebesar 50,26. SDN 4 OKU mencapai 54,17. SDN 5 OKU mencapai 40,45. SDN 11 OKU mencapai 50,33. SDN 12 OKU mencapai 47,59. SDN 18 OKU mencapai 51,54. SDN 24 OKU mencapai 43,94. Sementara itu, kemampuan membaca cepat siswa SDN 1 OKU diketahui 17 siswa kecepatan membacanya sedang, 23 siswa kecepatannya rendah. SDN 3 OKU sebanyak 12 siswa kecepatannya sedang, 17 siswa kecepatannya rendah. SDN 4 OKU 16 siswa kecepatannya sedang, 6 siswa kecepatannya rendah. SD Negeri 5 OKU sebanyak 6 siswa kecepatannya sedang, 10 siswa kecepatannya rendah. SD Negeri 11 OKU sebanyak 12 siswa kecepatannya sedang, 12 siswa kecepatannya rendah. SD Negeri 12 OKU sebanyak 8 siswa kecepatannya sedang, 13 siswa kecepatannya rendah.SD Negeri 18 OKU sebanyak 7 siswa kecepatannya sedang, 14 siswa kecepatannya rendah. SD Negeri 24 OKU sebanyak 13 siswa kecepatannya sedang, 15 siswa kecepatannya rendah.

KEEFEKTIFAN TEKNIK PEMETAAN PIKIRAN PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MADANG SUKU II KABUPATEN OKU TIMUR

Suryadi, Edi

Jurnal Bindo Sastra Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Bindo Sastra Volume 2 Nomer 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektif atau tidaknya teknik pemetaan pikiran (mind map) dalam pembelajaran pada keterampilan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku II Kabupaten OKU Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Madang Suku II Kabupaten OKU Timur yang berjumlah 5 kelas, jumlah keseluruhan siswa 177 orang. Sampel penelitian ini, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X.3 (kelas eksperimen) berjumlah 35 siswa, memperoleh pembelajaran menggunakan teknik pemetaan pikiran (mind map) dan kelas X.5 (kelas kontrol) berjumlah 35 siswa, menggunakan model pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) Ha yang berbunyi teknik pembelajaran peta pikiran lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku II Kabupaten OKU Timur;(2) Ho yang berbunyi teknik pembelajaran peta pikiran tidak lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku II Kabupaten OKU Timur. Untuk menyatakan bahwa hipotesis ditolak dan diterima, hipotesis diuji dengan uji-t (t-test), dengan tarap signifikasi ?=0,05. Apabila “t” hitung lebih dari “t” tabel (nilai titik t) pada <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat diketahui bahwa siswa kelompok eksperimen nilai rata-rata pretes 52. Pada saat postes nilai rata-rata 77,96. Untuk siswa kelas kontrol nilai rata-rata pretes 48,86. Pada saat postes nilai rata-rata 61,5. Dari hasil analisis data tes terbukti bahwa hasil belajar siswayang diajar dengan teknik peta pikiran (mind map) lebih efektif daripada siswa yang diajar dengan model konvesional pada pembelajaran menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku II Kabupaten OKU Timur (taraf signifikan 95%).

PENGARUH MEDIA ARTIKEL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 19 PALEMBANG

Listini, Listini

Jurnal Bindo Sastra Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Bindo Sastra Volume 2 Nomer 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Masalah dalam penelitian ini apakah media artikel berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 19 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimensemu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 19 Palembang sebanyak 435 siswa. Sedangkan, pengambilan sampel peneliti menggunakan sampel kelompok atau sampel kelas(Cluster Sample). Sehingga, terpilihnya kelas X MIPA 4 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 1 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen. Data yang dikumpulkan melaluites menulis teks eksposisi, angket untuk siswa, dan wawancara untuk guru. Hasil dari penelitian adalah pada kelas eksperimen (kelas X MIPA 1) nilai tertinggi adalah 90, nilai tengahnya 80, nilai terendahadalah 63, dan nilai rata-rata yang dicapai 75,1 dengan deviasi tes siswa kelas eksperimen (?x2) adalah 1374. Sedangkan pada kelas kontrol (kelas MIPA 4) nilai tertinggi adalah 77 nilai tengahnya 65, nilaiterendah adalah 50, dan nilai rata-rata yang dicapai 64,8dengan deviasi tes siswa kelas kontrol (?y2)adalah 1398. Kesimpulan penelitian ini adalah media artikel berpengaruh dalam pembelajaranketerampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 19 Palembang. Pengaruh ini terbukti bahwa uji hipotesis t0lebih besar dari pada “t tabel” pada taraf signifikan 0,05% yaitu 7,68 >1,665, denganDK (Derajat Kebebasan) 78. Hipotesis yang dikemukakan yaitu, media artikel dalam keterampilan menulis teks eksposisi siswa SMA Negeri 19 Palembang terbukti kebenarannya. Berdasarkan jawabanangket siswa ketersediaan buku pelajaran tentang menulis teks eksposisi kurang lengkap.Guru bahasa Indonesia, berpendapat bahwa siswa mengalami sedikit kesulitan dalam memahami materi menulis tekseksposisi. Saran peneliti, Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam pengajaran, dan dapat dijadikan salah satu sarana yang menunjang untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dan menjadimotivasi bagi guru untuk mampu berinovasi dalam menggunakan media pembelajaran yang menarik terutama dalam pengajaran bahasa Indonesia.

PENGEMBANGAN BUKU TEKS PRAGMATIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BATURAJA

Contessa, Emillia

Jurnal Bindo Sastra Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Bindo Sastra Volume 2 Nomer 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar berbentuk buku teks dalampembelajaran pragmatik yang akan dijadikan bahan pengembangan pembelajaran, (2) mengembangkan bahan ajar berbentuk buku teks pragmatik di semester VII, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja, dan (3) mengetahui pengaruh potensial pengembangan bahan ajar pragmatik terhadap hasil belajar. Untuk memperoleh informasi tentang kelayakan bahan ajar hasil pengembangan ini, peneliti melakukan uji validasi ahli dan uji coba buku teks pada mahasiswa. Validasi bahan ajar ini dilakukan dari segi kelayakan isi/materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Data pada uji coba buku teks diperoleh melalui tes pilihan ganda sebanyak 55 soal, dan subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja sebanyak 24 orang mahasiswa. Berdasarkan dari hasil tes buku teks Pragmatik Bahasa Indonesia yang dilakukan menunjukkan nilai rata-rata 53,20 menjadi 71,70 (selisih 18,5). Dengan demikian, peneliti menyimpulkan buku teks Pragmatik Bahasa Indonesia hasil pengembangan ini memiliki pengaruh potensial dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa terhadap materi-materi Pragmatik Bahasa Indonesia.

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KOOONG KARYA IWAN SIMATUPANG

Haryadi, Haryadi

Jurnal Bindo Sastra Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Bindo Sastra Volume 2 Nomer 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terjadi degradasi moral, etika, dan budi pekerti pada peserta didik. Untuk mengatasi degradasi tersebut dibutuhkan penguatan pendidikan karakter peserta didik. Muatan dalam penguatan pendidikan karakter di antaranya melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran tokoh utama dalam novel Kooong karya Iwan Simatupang sebagai penguatan pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Desain penelitian berupa pengajuan pertanyaan, pengumpulan data, dan penginterpretasian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter melalui Pak Sastro sebagai Tokoh Utama adalah sebagai berikut. (1) Sebagai manusia cinta tanah air, (2) Sebagai manusia pekerja keras dan ulet, (3) Orang yang beragama dan taat beribadah, (4) Sebagai manusia dermawan, (5) Suka menolong orang yang sedang kesusahan, kesedihan, dan kematian, dan (6) Manusia yang cermat, seksama, dan rapi. Hasi penelitian ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Dengan demikian, peserta didik memiliki karakter cinta tanah air, belajar dengan giat, taat beribadah, suka menolong, dan terampil.