cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Bindo Sastra
ISSN : 25405305     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Bindo Sastra is a journal of Indonesian Language and Literature Education of Faculty of Teacher Training and Education at Universitas Muhammadiyah Palembang. Journal Bindo Sastra includes articles of Indonesian Language and Literature Education and published in twice a year, march and September. Journal Bindo Sastra focusses on teachers, lecturers, students, reseacrhers who consentrate in Indonesian Language and Literature.
Arjuna Subject : -
Articles 56 Documents
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KOOONG KARYA IWAN SIMATUPANG Haryadi, Haryadi
Jurnal Bindo Sastra Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Bindo Sastra Volume 2 Nomer 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.564 KB) | DOI: 10.32502/jbs.v2i1.924

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terjadi degradasi moral, etika, dan budi pekerti pada peserta didik. Untuk mengatasi degradasi tersebut dibutuhkan penguatan pendidikan karakter peserta didik. Muatan dalam penguatan pendidikan karakter di antaranya melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran tokoh utama dalam novel Kooong karya Iwan Simatupang sebagai penguatan pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Desain penelitian berupa pengajuan pertanyaan, pengumpulan data, dan penginterpretasian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter melalui Pak Sastro sebagai Tokoh Utama adalah sebagai berikut. (1) Sebagai manusia cinta tanah air, (2) Sebagai manusia pekerja keras dan ulet, (3) Orang yang beragama dan taat beribadah, (4) Sebagai manusia dermawan, (5) Suka menolong orang yang sedang kesusahan, kesedihan, dan kematian, dan (6) Manusia yang cermat, seksama, dan rapi. Hasi penelitian ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Dengan demikian, peserta didik memiliki karakter cinta tanah air, belajar dengan giat, taat beribadah, suka menolong, dan terampil.
CAMPUR KODE DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR ALOK MAUMERE PROPISI NUSA TENGGARA TIMUR Nuwa, Gustav G
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 2 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.919 KB) | DOI: 10.32502/jbs.v1i2.752

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah penggunaan bahasa dalam konteks sosial. Bahasa yang menjadi sasaran penelitian adalah bahasa Melayu Maumere-Lio yang terjadi pada interaksi jual-beli di pasar Alok-Maumere. Untuk menjadi pijakan analisis data peneliti menggunakan teori sosiolinguistik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dalam penggunaan bahasa di pasar terjadi campur kode (code mixing). Ada dua campur kode yang terdapat dalam interaksi komunikasi jual-beli, yaitu campur kode intern dan campur kode ekstern. Campur kode intern terjadi pada unsur kata dan struktur frasa, sedangkan campur kode ekstern terjadi karena munculnya dialek Jawa dan bahasa Inggris. Faktor campur kode terdapat dua faktor timbulnya campur kode bahasa, yaitu identifikasi peran dan ragam.
BAHASA PENGANTAR DALAM PENDIDIKAN SERTA FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA STUDI KOMPARATIF: SISWA DI KABUPATEN OKU Sanjaya, Muhammad Rama
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.038 KB) | DOI: 10.32502/jbs.v1i1.665

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang penggunaan bahas pengantar dalamdunia pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode tinjauan pustaka. Teknik pengumpulan datamenggunakan teknik dokumentasi yang bersumber dari beberapa data referensi, seperti buku, jurnal daninternet. Pada analisis data digunakan beberapa langkah, diantaranya reduksi data, seleksi data, sintesis,interpretasi dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh, yaitu penggunaan bahasa asing dan daerah dalamdunia pendidikan dapat disikapi dengan mengubah karakter bangsa melalui bahasa Indonesia,menggunakan bahasa asing dan bahasa Indonesia secara proporsional, menggunakan bahasa Indonesiapada forum-forum resmi, meningkatkan pemakaian bahasa Indonesia secara baik dan benar, menjagakarakteristik bangsa Indonesia melalui bahasa Indonesia
KEEFEKTIFAN MODEL ROUND TABLE DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 TANJUNG ENIM Surismiati, Surismiati
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 2 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.582 KB) | DOI: 10.32502/jbs.v1i2.751

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam menulis sebuah karangan deskripsi adalah model pembelajaran round table. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengetahui keefektifan model pembelajaran round table dalam keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Tanjung Enim. Metode penelitian komparatif antara kelompok perlakuan (memakai model pembelajaran round table) dengan kelompok kontrol, dengan teknik pengumpulan data memakai: (1) tes, (2) angket, (3) wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 81,70 dan kelas kontrol 75,93. Disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran round table dengan kelas yang tidak menggunakan modeltersebut dalam pembelajaran karangan deskripsi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Tanjung Enim. Disaran agar penelitian ini dapat menjadi tolak ukur untuk keberhasilan siswanya dan menjadi strategi alternatif dalam pembelajaran karangan deskripsi.
ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA WANITA DALAM CERPEN MENDIANG KARYA S.N. RATMANA Milawasri, F.A.
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 2 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.327 KB) | DOI: 10.32502/jbs.v1i2.740

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis karakter tokoh utama wanita dalam cerpen Mendiang karya S.N. Ratmana. Masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah karakter tokoh utama wanita dalam Cerpen Mendiang Karya S.N.Ratmana. Tujuan penelitan ini adalah mendeskripsikan karakter tokoh utama wanita yang ada dalam cerpen Mendiang Karya S.N. Ratmana baik secara langsung maupun tidak langsung digambarkan oleh pengarang dari kehidupan tokoh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat terlihat karakter tokoh pada cerpen Mendiang karya S.N. Ratmana. Pelukisan karakter tokoh utama wanita yang bernama Wati dapat dianalisis dengan cara analitik dan cara dramatik. Dengan cara analitik, Wati dilukiskan pengarang sebagai sosok seorang wanita yang mempunyai fisik seperti laki-laki. Sedangkan dengan cara dramatik, pelukisan karakter tokoh Wati dilakukan dengan empat cara yaitu: (1) dengan cara melukiskan reaksi tokoh lain terhadap tokoh utama. Wati bertabiat kurang terpuji. Wati kurang bisa menempatkan diri. (2) dengan cara melukiskan keadaan sekitar tempat tokoh itu tinggal. Sebagai anak bungsu, tabiat Wati bisa dibayangkan, apalagi keluargannya cukup mampu. Hal seperti ini kadang memang tak dapat dipungkiri membuat seseorang menjadi manja. (3) dengan cara melukiskan jalan pikiran dan perasaan tokoh-tokoh dalam cerita. Tokoh Wati merintis perombakan cara-cara bercinta. Tokoh Wati muncul dengan gagasan baru, jika kita membutuhkan sesuatu katakanlah bahwa kita memang butuh. (4) dengan cara melukiskan perbuatan tokoh. Wati mempunyai akhlak yang kurang baik. Tingkah lakunya yang lincah membuat ia kurang disenangi gurunya.
PROBLEMATIKA MENGANALISIS WACANA SECARA TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL MAHASISWA FKIP UNA Maulidayah, Rina Hayati; Nisa, Khairun; Atikah Nasution, Wan Nurul
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 2 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.82 KB)

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi problematika yang dihadapi mahasiswa dalam menganalisis wacana. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika mahasiswa dalam menganalisis wacana secara tekstual dan kontekstual. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI-A dan VIB prodi bahasa dan sastra Indonesia Universitas Asahan yang mengikuti mata kuliah analisis wacana sebanyak 50 orang. Pendekatan penelitian yang digunakan berupa penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berupa hasil tulisan mahasiswa dalam menganalisis wacana secara tekstual dan kontekstual. Teknik pengumpulan data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Model analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa nilai rata-rata kemampuan menganalisis mahasiswa sebanyak 50 orang adalah 82,34, modus diperoleh 80, median diperoleh 82,5, varians diperoleh 10,51, SD diperoleh 3,24, nilai tertinggi diperoleh 88, dan nilai terendah diperoleh 70. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dan hasil wawancara dengan mahasiswa mengenai problematika yang mereka hadapi selama menganalisis wacana secara tekstual dan kontekstual maka dapat disimpulkan problematika yang dihadapi mahasiswa dalam menganalisis wacana, yaitu: (1) kurangnya penguasaan piranti kohesi dan koherensi mahasiswa, (2) pemahaman mahasiswa tentang menganalisis wacana secara tekstual dan kontekstual masih minim, dan (3) kurangnya buku penunjang yang tepat sebagai acuan mahasiswa dalam menganalisis wacana.
ANALISIS STRUKTUR ESAI MAHASISWA PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI IAIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN Helaluddin, Helaluddin
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.769 KB)

Abstract

Salah satu keterampilan menulis pada mata kuliah bahasa Indonesia untuk mahasiswa jurusan nonpendidikanbahasa adalah menulis akademik. Menulis akademik merupakan kegiatan menulis yangberbeda dengan menulis kreatif yang lebih bersifat bebas (karya sastra). Salah satu contoh tulisanakademik adalah menulis esai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untukmendeskripsikan struktur esai mahasiswa pada Prodi Ekonomi Syariah di IAIN Sultan MaulanaHasanuddin Banten. Data ini diperoleh dari tugas menulis esai pada mata kuliah bahasa Indonesia danselanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini dari 30 esaimahasiswa, 6 esai atau 20% esai mahasiswa sudah terkategori sangat baik, 12 esai atau 40% terkategoribaik, 10 esai atau 30% terkategori cukup, dan 2 esai atau 10% terkategori kurang. Beberapa kendala yangdihadapi mahasiswa dalam menulis esai mayoritas di bagian struktur kalimat dan tata bahasa sertapenggunaan diksi (pemilihan kata).
PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PANTUN DALAM BUKU BAHASA INDONESIA 4: UNTUK SD DAN MI KELAS IV KARYA KASWAN DARMADI DAN RITA NIRBAYA Nurulanningsih, Nurulanningsih
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 2 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.229 KB)

Abstract

Pantun merupakan karya sastra lama yang perlu dilestarikan. Pelestariannya dapat dilakukan dengan memasukkan pantun tersebut ke dalam buku pelajaran di sekolah. Salah satu buku pelajaran yang melestarikan pantun adalah buku Bahasa Indonesia 4: untuk SD dan MI Kelas IV Karya Kaswan Darmadi dan Rita Nirbaya Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Melalui pantun ini pula dapat dimasukkan pembinaan watak atau karakter siswa, atau pengajaran yang berdimensi moral. Untuk itu, dalam tulisan ini akan mendeskripsikan pantun-pantun apa saja dan penanaman nilai-nilai karakter apa saja yang terdapat pada buku tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis data digunakan analisis isi. Hasil yang di dapat berupa 7 buah pantun yang terdapat pada halaman 77, halaman 90, halaman 103, halaman 107, halaman 115, halaman 122, dan halaman 123. Pantun halaman 77, 107, 155, 122, dan 123 merupakan pantun nasihat. Sedangkan pantun halaman 90 dan 103 merupakan pantun gembira. Penanaman nilai-nilai karakter pada pantun-pantun tersebut yakni gemar membaca, rasa kasih sayang, cinta damai, rasa tanggung jawab, baik dan rendah hati, hormat dan santun, pertemanan, jujur, disiplin, kerja keras dan pantang menyerah.
PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 PALEMBANG Supriatini, Supriatini
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.834 KB)

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari masalah bagaimana menerapkan media audio visual dalam meningkatkanketerampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Hal ini didasari karena menulispuisi di kalangan siswa biasanya dianggap sebagai suatu hal yang rumit dan membingungkan. Sebagiansiswa biasanya bingung dalam menentukan objek tulisan, sebagian lagi karena siswa kesulitanmengembangkan daya imajinasi. Untuk mengetahui hal ini, peneliti mencoba menerapkan penggunaanmedia audiovisual, khususnya lagu dalam bentuk instrumentalia sebagai salah satu cara membangkitkanketerampilan siswa agar menyukai pembelajaran menulis puisi sehingga dapat meningkatkanketerampilan siswa menulis puisi. Lagu yang digunakan peneliti dalam penelitian ini berjudul “Bunda”(Melly Goeslaw) dan “Ibu” (Iwan Fals). Dalam penelitian ini, memberikan tema kepada siswa tentang“Ibu”. Alasan peneliti memberikan tema tersebut untuk menjadikan siswa memiliki rasa cinta, nilai rasahormat, dan nilai rasa sayang terhadap orang tua, khususnya ibu. Dengan menggunakan metode penelitiantindakan kelas, peneliti berharap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembangmeningkat. Hal ini ditandai dengan pemerolehan nilai siswa yang meningkat daripada sebelumnya secarasignifikan
BAHASA INDONESIA DAN DAERAH SEBAGAI PEREKAT JATI DIRI DAN MARTABAT BANGSA DI ERA GLOBALISASI Sanjaya, Muhammad Doni
Jurnal Bindo Sastra Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Bindo Sastra Volume 1 Nomer 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.238 KB)

Abstract

Pengangkatan status bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan ternyata bukan hanya isu.Bahasa Indonesia bisa menjalankan fungsi sebagai pemersatu bangsa Indonesia. Dengan menggunakanbahasa Indonesia, rasa kesatuan dan persatuan bangsa yang berbagai etnis. Kehadiran bahasa Indonesia ditengah-tengah ratusan bahasa daerah tidak menimbulkan sentimen negatif bagi etnis yangmenggunakannya. Sebaliknya, justru kehadiran bahasa Indonesia dianggap sebagai pelindung sentimenkedaerahan dan sebagai penengah ego kesukuan. Penataan, pemilahan, dan pengalokasian fungsi bahasaIndonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing pada era globalisasi ini merupakan sebuah keniscayaan.Bahasa daerah yang dipelihara oleh para pemiliknya selayaknya tetap dijadikan ciri jati diri dan saranakomunikasi utama dilingkup lokalnya oleh sebagian besar para ahli warisnya.