cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal ELTIKOM
ISSN : 25983245     EISSN : 25983288     DOI : -
We are the Editor of Jurnal ELTIKOM, invites Mr. / Ms Lecturer, researcher and practitioner to be able to publish your paper on topics covering Electrical Engineering, Electronics Engineering, Telecommunications Engineering, Computer Engineering, Information Technology.
Articles 33 Documents
Membangun Third Person Game 3D Dengan Unity Berlatar Budaya Lokal SETIYO BUDI NUGROHO, AGUS; Khairani, Khairani
Jurnal ELTIKOM Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.582 KB) | DOI: 10.31961/eltikom.v1i2.24

Abstract

Game engine merupakan salah satu faktor yang berperan besar dalam perkembangan teknologi game 2D maupun 3D,baik PC maupun mobile, salah satunya adalah UNITY. Tahapan awal pembuatan game adalah pembuatan model karakter robot berbentuk bekantan dengan latar belakang arena Politeknik Negeri Banjarmasin. Untuk arena, digunakan software 3D Blender yang akan di gabung ke UNITY. Agar hidup, maka musuh akan dipasang sebuah AI (Artificial intelligence) yang akan otomatis menyerang pemain pada jarak tertentu. Coding Unity yang digunakan menggunakan script C# dengan editor Monodevelop. Game yang dibangun berjalan dengan cukup baik pada platform yang diinginkan yaitu PC (Personal Computer). Pada saat game dijalankan pemain akan melihat splash screen Unity dan dilanjutkan dengan tampilan menu utama. Pada menu utama terdapat pilihan Play, Setting, Help, dan Exit. Saat pemain menekan tombol “Play” maka game akan dimulai, menu “Setting” berfungsi untuk melakukan pengaturan dalam game, menu “ Help” berfungsi untuk memberikan informasi dalam menjalankan game, dan menu exit untuk keluar dari game. AI yang dibuat berfungsi dengan baik. AI akan menyerang mengejar dan menyerang pemain pada jarak tertentu, dan ketika pemain terkena serangan maka Health bar pemain akan berkurang. Sebaliknya, jika pemain berhasil menembak AI hingga health bar habis, pemain akan menang.  
VOL 1 NO 1 2017 COVER admin, admin
Jurnal ELTIKOM Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisa Penggunaan Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak Bolung, Maikel; Tampangela, Henry Ronald Karunia
Jurnal ELTIKOM Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.6 KB) | DOI: 10.31961/eltikom.v1i1.1

Abstract

ABSTRAK Metodologi adalah sebuah pendekatan formal atau rangkaian dari tindakan untuk mengimplementasikan System development life cycle (SDLC) yang merupakan suatu proses pemahaman tentang bagaimana sebuah sistem informasi dapat mendukung kebutuhan bisnis, mendisain sistem, membangun dan menyajikannya kepada sebuah organisasi. Metodologi juga merupakan kerangka pijakan utama dalam perancangan dan pengembangan perangkat lunak untuk menghasilkan sebuah sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis suatu organisasi. Paper ini menjelaskan analisa pemilihan metodologi pengembangan perangkat lunak yaitu: Linear Sequential Model atau waterfall, Parallel Model, Iterative Model, Prototyping Model, RAD (Rapid Application Development) Model, Spiral Model, V-Shaped Model dan Agile Development. Hasil dari paper ini dapat memberikan pertimbangan untuk melakukan pemilihan dan penggunaan metodologi yang tepat berdasarkan kebutuhan, kelebihan dan kelemahan, juga faktor-faktor penilaian yang lain seperti keakraban dengan teknologi, kompleksitas sistem, keandalan sistem, waktu yang singkat dan tepat, hingga mereferensi beberapa jurnal ilmiah.
Perencanaan Strategis Sistem Informasi Faslah, Ronny; Haris, Abdul
Jurnal ELTIKOM Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.049 KB) | DOI: 10.31961/eltikom.v1i1.4

Abstract

Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi, STMIK WICIDA terus berupaya untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi di tengah maraknya persaingan perguruan tinggi sejenis di Kalimantan Timur.  Keunggulan kompetitif tidak hanya didapatkan melalui sumber daya manusia yang tangguh, finansial, dan manajemen tetapi juga bisa didapatkan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.  Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif melalui pemanfaatan teknologi informasi dan  komunikasi, STMIK WICIDA harus mempunyai perancangan strategis sistem informasi, sehingga sejalan dengan visi, misi dan tujuannya.   Penelitian ini menggunakan model IS/IT Strategic yang digagas oleh Ward dan Pepperd.  Analisis dilakukan menggunakan tools PEST untuk analisis lingkungan eksternal, Value Chain untuk analisis lingkungan bisnis internal dan mcFarlan Strategic Grid untuk analisis lingkungan IS/IT internal.  Hasil akhir dari penelitian ini adalah rekomendasi perencanaan strategis sistem informasi pada STMIK WICIDA.                                                                                                                                                         Kata Kunci: perancangan strategis sistem informasi, PEST, value chain anaylisis, mcFarlan Strategic Grid.
Klasifikasi Penyebab Penyalahgunaan Narkoba Dari Berita Online Dengan Menggunakan Naive Bayes Wahyunita, Laili
Jurnal ELTIKOM Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.357 KB) | DOI: 10.31961/eltikom.v1i1.12

Abstract

This research conducted the classification process by applying the method of classification of Naive Bayes. News article document is one form of text data that is not structured so that requires the process of cleaning data and pre-processing first. The Naive Bayes approach is an approach that refers to Bayes's Theorem, where it uses the principle of statistical opportunity to combine previous knowledge. The use of this technique is based on the need of the system to know the probability value of the data to be classified. Waterfall method was used for built this classificaiton system. Accuracy rate up to 60 % with the highest precision and recall is 80% and 90%.
Analisis Dan Simulasi Spektrum Sinyal AM Dengan Menggunakan Matlab Khairunnisa, Khairunnisa
Jurnal ELTIKOM Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1150.317 KB) | DOI: 10.31961/eltikom.v1i1.13

Abstract

Modulasi amplitudo (Amplitude Modulation / AM) adalah proses penumpangan sinyal pembawa terhadap sinyal informasi dimana amplitudo sinyal pembawa yang dipancarkan berubah mengikuti perubahan amplitudo sinyal informasi. Salah satu cara memahami  mekanisme sinyal AM adalah dengan memahami karakteristik fisik sinyal AM. Ini adalah hal yang tidak mudah karena sinyal AM melibatkan persamaan matematika kompleks. Perangkat lunak yang digunakan adalah GUI Matlab. Analisis dilakukan dengan terlebih dahulu menentukan persamaan matematis sinyal AM dan komponen parameter sinyal yaitu amplitudo dan frekuensi. Selanjutnya membuat desain template figure, mengatur properti komponen setiap UIControl, membuat listing programnya untuk kemudian dianalisis dengan memasukkan nilai parameter amplitudo sinyal yang berbeda untuk menghasilkan nilai indeks modulasi (mA) yang bervariasi yaitu 0.25, 0.5, 1 dan 1.5. Frekuensi informasi sebesar 250 Hz dan 500 Hz, frekuensi pembawa 1,5 kHz dan 400 Hz.  Hasil analisis menunjukkan bahwa  batas-batas nilai indeks modulasi (mA) yang ideal adalah : 0 £ mA £ 1 dengan frekuensi sinyal pembawa harus lebih tinggi daripada sinyal informasi.
Sistem Informasi Penjurusan Dan Penerimaan Peserta Didik Baru Menggunakan Metode Weighted Product Fauzan, Reza; Fitri, Rahimi; Fadliansyah, Muhammad
Jurnal ELTIKOM Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.188 KB) | DOI: 10.31961/eltikom.v1i1.15

Abstract

MAN 2 Model Banjarmasin adalah sekolah berbasis Islam, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2014 tentang peminatan pada pendidikan menengah SMA/MA untuk melakukan peminatan saat penerimaan peserta didik baru. Dalam penelitian ini, penulis membahas tentang sistem informasi penjurusan dan penerimaan peserta didik baru menggunakan salah satu cabang ilmu sistem pendukung keputusan berbasis kecerdasan buatan yaitu Metode Weighted Product di MAN 2 Model Banjarmasin berbasis web. Dalam implementasi code program menggunakan bahasa pemprograman PHP dengan framework codeigniter (CI) serta database MySQL. Penyeleksian ini berdasarkan atas beberapa kriteria yang ditetapkan oleh pihak sekolah MAN 2 Model Banjarmasin. Hasil penelitian ini menghasilkan program yang berjalan dengan baik. Bobot awal untuk melakukan perhitungan ketetapan penjurusan data siswa ini berupa nilai rapor sebesar 27%, nilai tes akademik sebesar 33%, dan nilai psikotes dan BTA sebesar 20%. Bobot untuk melakukan perhitungan penerimaan data siswa ini berupa nilai rapor dan nilai psikotes sebesar 20%, nilai tes akademik dan BTA sebesar 30% sebagai perhitungan data yang akan diproses untuk menghasilkan perangkingan penjurusan dan menetapkan status siswa yang diterima sejak peserta mendaftarkan dirinya sebagai calon peserta didik di MAN 2 Model Banjarmasin.
Sistem Informasi Pemeriksaan Pasien Klinik Rozaq, Abdul; Shintia, Novi; Harmini, Yulia; Saraswati, Nadia
Jurnal ELTIKOM Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.407 KB) | DOI: 10.31961/eltikom.v1i1.16

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada Klinik drg. Lili Setiyowati adalah pelayanan yang dilakukan selama ini masih dilakukan secara manual baik dalam pendaftaran pasien, registrasi pasien dan pengarsipan data pasien. Sistem ini sudah dianggap tidak efektif dan efisien lagi. Mengingat jumlah pasien yang mulai bertambah sehingga pelayanan yang dilakukan menjadi lambat dan memakan wartu yang lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang, membangun dan mengimplementasikan Sistem Informasi Pemeriksaan Pasien Klinik drg. Lili Setiyowati.          Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) yang terdiri dari Perencanaan Sistem, Analisis Sistem, Perancangan Sistem, Penerapan Sistem dan Pemeliharaan Sistem. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara untuk desain sistem terbagi menjadi dua yaitu sistem logis seperti perancangan DFD, CDM dan PDM, dan sistem kedua yaitu sistem fisik. sistem informasi yang dibuat mampu menjawab permasalahan yang dihadapi oleh pihak yang bersangkutan, sehingga membuat pelayanan ke pasien menjadi lebih nyaman, mudah dan cepat
Prediksi Harga Emas Menggunakan Metode Neural Network Backropagation Algoritma Conjugate Gradient Sari, yuslena
Jurnal ELTIKOM Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.061 KB) | DOI: 10.31961/eltikom.v1i2.21

Abstract

Artificial Neural Network Backpropagation is known as one of the most reliable methods of predicting. The algorithm used in this research is Conjugate Gradient algorithm, with gold data data of input data for training data. The price of gold becomes an issue in the market, as a precious metal that can be used for investment is very interesting to make a gold price prediction application. Gold prices continue to increase in the world market, making investors interested to invest in this precious metal. The application of gold price prediction will be very useful for investors of precious metals. Gold price data used in this research is daily data, taken 3 (three) last year and divided into test data and data testing. Test data is used to generate new weights for data testing. The parameters used in the measurement of evaluation of predicted results from Conjugate Gradient algorithm Artificial Neural Network Backpropagation method is Meant Square Error (MSE), where the result of MSE from this research is 0.0313651
Penggunaan Komunikasi Bluetooth Pada Smartphone Android Untuk Pengiriman Data Pada Jam Digital Berbasis Arduino Sarifudin, Sarifudin; Manshur, Manshur; Tirtana, Angga
Jurnal ELTIKOM Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (999.511 KB) | DOI: 10.31961/eltikom.v1i2.22

Abstract

The schedule of prayer is very important akan ada.Masa Today many in the mosque as well as in homes that usually have a calendar and the viewer time of eternal prayer, but it looks so small that it can not be seen from a great distance. This prayer timepiece uses a display display dot matrix P4, displaying the date, digital clock as well as the 5th time of the prayer. So that prayer times can be changed in real time according to time and day changes, and can be seen from a great distance and can be used to maximize the time available. This research produces a digital clock time system that uses dot-matrix as display, RTC as real time clock, bluetooth as sender of data from smart mobile device android, and buzzer as alarm. So that the system formed the digital clock time of this prayer. Based on design, implementation and testing, the arduino-based digital time-shaped design tool can be used for digital clocks and bookmarks and prayer time reminders.

Page 1 of 4 | Total Record : 33