Jurnal Riset Komunikasi
ISSN : -     EISSN : -
Jurnal Riset Komunikasi (JRK) berisi artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun studi literatur yang berkaitan dengan bidang ilmu komunikasi. JURNAL RISET KOMUNIKASI Diterbitkan sejak Juni 2010 oleh Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Serang.
Articles 14 Documents
Gaya Hidup Hedonisme Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Magnum Versi Pink and Black dan Magnum Indonesia Versi Raisa Hangout)

Dianti, Neni

Jurnal Riset Komunikasi Vol 7, No 1 (2016): JRK Vol 7 No. 1 Juni 2016
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Iklan Magnum versi pink and black dan Magnum versi Indonesia Raisa Hangout sarat akan simbol dan makna gaya hidup hedonis dengan ukuran kesenangan sebagai pusat utamanya dikonstruksi menjadi suatu hal yang semestinya. Penelitian ini menggunakan semiotika lima kode Roland Barthes yang berupa kode hermeneutik, kode semik, kode simbolik, kode proairetik, serta kode gnomik yang terdapat pada iklan magnum. Paradigma pada penelitian ini adalah konstruktivisme dengan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif Hasil penelitian ini adalah a) kode hermeneutik,simbol berperan dalam membentuk makna gaya hidup akan kesenangan b) kode semik,pengkonstruksian nilai-nilai wanita modern dibentuk menjadi kualitas impian kesenangan wanita kini, c) kode simbolik, penggunaan properti seperti pakaian, aksesoris, kesan warna, teknik pengambilan gambar untuk menangkap penggambaran situasi setting tempat suasana yang terbangun serta ekspresi yang menjadi visualisasi daya tarik pesan, d) kode proairetik,simbol kesenangan dipetakan seakan mengiring hidup hanya untuk kesenangan semata, e) kode gnomik ,konstruksi cara hidup bangsa luar yang divisualisasikan oleh simbol dan makna sehingga kita merasa lumrah memandang kebudayaan barat. Kata kunci : iklan magnum versi pink and black dan magnum versi Indonesia Raisa hangout, gaya hidup hedonisme, semiotika, lima kode Roland Barthes.

Seksualitas Dan Komoditas Dibalik Tubuh Perempuan Dalam Iklan (Analisis Semiotika Terhadap Komoditas Tubuh Perempuan Dalam Iklan)

Septa Priana, Ronny Yudhi

Jurnal Riset Komunikasi Vol 7, No 1 (2016): JRK Vol 7 No. 1 Juni 2016
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Komodifikasi seksualitas tubuh perempuan dalam sebuah tayangan iklan dianggap sebagai hal yang lumrah dan diyakini merupakan suatu kewajaran. Hal ini tidak terlepas dari budaya patriaki kita yang sangat kental, yang nyudutkan pada tindakan laki-laki terhadap perempuan semata pada alat pertukaraan, artinya perempuan untuk mendapatkan suatu nilai harus melalui pertukaran. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana kemudian media menempatkan perempuan dalam kaitan ekonomi politik media, dan bagaimana sesungguhnya realitas dan kedudukan perempuan tersebut di masyarakat. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk melihat konstruksi perempuan pada iklan melalui Kode-kode semiotik pada sebuah iklan. Data Penelitian adalah sebuah iklan yang dianggap mengesploitasi tubuh perempuan dan mengkomodifikasikannya dalam betuk tayangan iklan televisi dalam hal ini peneliti memilih Iklan Cat Avian sebagai objek penelitian. Berdasarkan hasil analisis dari kode-kode yang digunakan dalam iklan, memperlihatkan bahwa media lebih cenderung menempatkan diri pada motif ekonomi yang dibangun dalam kapiltalisme media yang berujung pada suksesnya iklan tanpa menghiraukan pada aspek etika, kesan eksploitasi dalam adegan iklan sangatlah kental, serta kecenderungan pelecehan pada perempuan secara tidak sadar menjadi suatu pemahaman yang biasa, baik dalam kalangan perempuan itu sendiri yang baik secara sadar ataupun tidak kemudian tidak empermasalahkannya. Oleh karenanya ketegasan akan regulator terhadap kode etik periklanan haruslah menjadi kunci utama untuk menekan pada pelanggaran iklan seperti ini. Kata Kunci : Komodifikasi, Seksualitas, Semiotika, Roland Barthes,

Pelaksanaan Spacial Event Culture For Peace Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Generasi Muda Terhadap Kebudayaan Bangsa

Ramadhan, Rio Firman

Jurnal Riset Komunikasi Vol 7, No 1 (2016): JRK Vol 7 No. 1 Juni 2016
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan riset, perencanaan, desain, koordinasi, dan evaluasi yang dilakukan oleh panitia pelaksana CIOFF Indonesia dalam mengadakan special event “Culture for Peace” dalam meningkatkan Awareness terhadap CIOFF Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk riset yang dilakukan oleh panitia pelaksana “Culture for Peace” adalah wawancara dengan berbagai organsiasi budaya yang melakukan kegiatan kebudayaan di daerahnya, hal ini dilakukan untuk menentukan jenis acara dan agaimana pengemasan konsep yang harus dilakukan oleh CIOFF Indonesia sesuai dengan tema Culture for Peace yang diwujudkan dalam konten acara, pencahayaan, warna dan pengisi acara yang mewakili keberagaman kebudayaan Indonesia. Untuk menjaga koordinasi dalam tim maka dilakukan rapat besar dan rapat koordinasi secara rutin, selain itu juga koordinasi dilakukan dengan pihak eksternal. Hasil evaluasi pada special event “Culture for Peace” bisa dilihat dari jumlah peserta yang datang, media exposure yang cukup tinggi dan respons penonton yang baik. Kata kunci : Cioff, Cioff Indonesia, Manajemen Special Event, Awareness

Anak Koin dan Kemiskinan Tersturktur

Handanigtias, Uliviana Restu

Jurnal Riset Komunikasi Vol 7, No 1 (2016): JRK Vol 7 No. 1 Juni 2016
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Anak koin adalah istilah untuk menyebutkan sejumlah anak-anak yang beratraksi terjun dari kapal Feri yang sedang bersandar untuk mengejar koin yang dilempar oleh penumpang. Semakin banyak penumpang yang melepar koin maka semakin lama anak-anak tersebut menyelam kedalam laut. Atraksi ini telah dilakukan turun temurun, dari bapak ke anak, dari paman ke keponakan, dan seterusnya. Kengerian penumpang yang menyaksikan anak-anak terjun dari atas kapal Feri, justru disalurkan dengan memberi uang kepada mereka. Hal ini memicu anak-anak tersebut untuk meneruskan aktivitas tersebut sebagai sarana untuk mendapatkan uang walaupun bertaruh nyawa. Penelitian ini secara sederhana akan melihat bagaimana anak koin telah dilestarikan oleh masyarakat agar tetap miskin melalui pendekatan interaksi simbolik Mead dan Blummer. Hasil penelitian menggambarkan bahwa masyarakat secara sosial memiliki kepedulian tetapi secara personal, masyarakat enggan untuk keluar dari zona nyamannya dan melihat realitas sebagai bagian dari kehidupannya. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa faktor uang selalu menjadi alasan bagi masyarakat untuk membenarkan tindakannya terhadap anak koin. Dalam hal ini, anak koin sebagai subjek, memperlihatkan sikap tidak peduli dengan dirinya sendiri dan lebih mementingkan keakraban yang terjalin dengan sesama anak koin dan bagaimana mereka menjadikan aktivitas tersebut sebagai profesi untuk memperoleh uang. Kata kunci: anak koin, interaksi simbolik, kemiskinan terstruktur

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT): Tinjauan Berita Surat Kabar Di Indonesia

Syuderajat, Fajar

Jurnal Riset Komunikasi Vol 7, No 1 (2016): JRK Vol 7 No. 1 Juni 2016
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT): Tinjauan Berita Surat Kabar di Indonesia.” Dengan tujuan untuk (1) mengetahui bagaimana bentuk-bentuk KDRT; (2) mengetahui apa penyebabnya; (3) menganalisis dan merekomendasikan solusi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan populasi terbitan Harian Kompas pada rentang waktu Januari-Agustus 2014. Dari 233 terbitan, terdapat 49 berita mengenai kekerasan domestik yang terdiri dari 12 kasus kekerasan seksual, 1 psikologis, 29 fisik, dan 7 berlatar belakang ekonomi. Kesimpulan penelitian: Bentuk-bentuk KDRT yang terjadi yaitu kekerasan seksual, psikologis, fisik, dan ekonomi; Penyebab terjadinya KDRT ialah sifat agresif manusia yang didukung oleh rasa superioritas yang lahir karena sistem patriarkis serta kemampuan berkomunikasi untuk memecahkan masalah yang rendah; Dan rekomendasi solusinya adalah agar pemerintah membuat undang-undang khusus yang menangani KDRT, serta merubah mind- set patriarkis menjadi mind-set gender yang berkeadilan melalui serangkaian pendidikan dan pembelajaran. Di samping itu juga dibutuhkan regulasi yang ketat tentang tayangan kekerasan dan pornografi di media massa, yang membuat masyarakat menjadi permisif dengan kekerasan dan penganiayaan seksual.

Iket “Ki Mas Jong” Dan Representasi Identitas Banten

Priana, Ronny Yudhi Septa

Jurnal Riset Komunikasi Vol 8, No 1 (2017): JRK Vol 8 No 1 Juni 2017
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Cultural representations of a society can be demonstrated through the symbols used on dress and other cultural products. This not point out of how to the efforts of everyone who read and interpret the symbolism of an object. This research tries to unravel by signs on the body in the form of a bond head with a two significance Roland Barthes. This study uses qualitative descriptive method using semiotic analysis of Roland Barthes. The research data is in the form of iket “Ki Mas Jong” which is a symbol of culture of Banten Province. research shows that there are meanings denotation and connotation that represent the culture of the community. Understanding symbols can be seen and assessed by the reading of meaning through mythical significance.

PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG URGENSI PERLINDUNGAN UMAT BERAGAMA (Studi Kasus Masyarakat Balikpapan)

Nurjuman, Husnan, Rais, Akmal Salim, Muntafa, Farhan

Jurnal Riset Komunikasi Vol 7, No 2 (2016): JRK Vol 7 No 2 Desember 2016
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tulisan ini menggambarkan sua tupenelitian yang bertujuan untuk mengetahui Persepsi masyarakat tentang 1) kebebasan berkeyakinan tentang agama. 2) kebebasan menjalankan ajaran agama. 3) kebebasan menyebarkan ajaran agama. 4) kebasan untuk mendapatkan pendidikan agama. 5) kebebasan beridentitas agama. 6) Persepsi masyarakat tentang kebebasan dari gangguan dan penistaan dalam beragama. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan yang memadukan kuantitatif dan kualitatif,melauii survey yang mendaptkan pendalaman dengan wawancara keada tokoh- tokoh agama tentang problematka kehidupan beragama di Balikpapan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat Balikpapan memandang perlu regulasi pemerintah tentang perlindungan umat beragama yang dapat diidentifikasi dengan beberapa komponen. 1) Kebebasan dalam meyakini agama, terdiri atas Meyakini kitab suci, dan Meyakini rasul/pembawa ajaran. 2) Kebebasan beribadah berupa kebebasan Pendirian rumah ibadah. 3) Kebebasan penyebaran agama dalam bentuk kebebasan cara dan isi materi penyebaran agama.4) Kebebasan dalam mendapatkan pendidikan agama berupa regulasi tentang Peserta dan konten materi pendidikan agama. 5) Kebebasan beridentitas agama melalui penggunaan simbol agama. 6) Kebebasan dari gangguan dan pensitaan agama berupa Penistaan ajaran agama, Penistaan simbol agama dan Penistaan kitab suci agama

Proses Perencanaan Aktivitas Akun Media Sosial Instagram Perusahaanoleh Divisi Humas Taman Mini Indonesia Indah

Akbar, Thoriq Nul, Hafiar, Hanny, Subekti, Priyo

Jurnal Riset Komunikasi Vol 8, No 1 (2017): JRK Vol 8 No 1 Juni 2017
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan aktivitas akun media sosial Instagram yang dilakukan oleh Humas Taman Mini Indonesia Indah. Proses perencanaan aktivitas akun media sosial Instagram Taman Mini terdiri dari proses perencanaan penyampaian pesan (share), optimalisasi (optimize), pengelolaan (manage), dan management (keterlibatan) pada akun Instagram Taman Mini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan sifat penelitan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah keajegan penelitian dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses penyampaian pesan pada akun Instagram Taman Mini belum optimal karena target audiens belum spesifik. Optimalisasi belum optimal karena belum ada social media strategist yang bertanggungjawab penuh mengelola media sosial. Tidak adanya goals dan regulasi juga membuat aktivitas pengelolaan akun media sosial berjalan normatif. Proses perencanaan engagement dilakukan dengan membuat games interaktif, dan selebihnya masih dilakukan secara normatif. Peneliti memberikan saran kepada Taman Mini untuk mengklasifikasikan target audiens mereka terlebih dahulu agar penyampaian pesan lebih efektif. Taman Mini memerlukan peran social media strategist yang dapat bertanggungjawab penuh untuk mengelola media sosial agar aktivitas yang dilakukan dapat optimal. Taman Mini harus membuat goals dan regulasi yang menjadi acuan dalam menjalankan aktivitasnya agar lebih terarah dan mempermudah aktivitas evaluasi. Aktivitas engagement pada akun Instagram Taman Mini juga perlu dikembangkan demi menjaga interaksi dengan audiens mereka

PERANAN HUMAS SMK PASUNDAN 1 KOTA SERANG DALAM MENJALIN KEMITRAAN DENGANDUNIA INDUSTRI (Studi Pada Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Pasundan 1 Kota Serang)

Mulyati, Titi

Jurnal Riset Komunikasi Vol 7, No 2 (2016): JRK Vol 7 No 2 Desember 2016
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan humas SMK Pasundan 1 Kota Serang dalam menjalin kemitraan dengan dunia industri.Adapun konsep peranan humas yang digunakan dalam analisisnya adalah dari Rosady Ruslan yaitu peranan humas sebagai communicator, relationship, back up management dan good image maker.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kemudian data dianalisis berdasarkan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) humas sebagai communicatormereka memiliki Communication skill, Attitude, dan Knowledge level. Dan juga menjadi mediator diantara kepentingan sekolah maupun dunia industri. (2) sebagai pembina relationship dengan dunia industri selalu proaktif melakukan teknik menjemput bola dalam berkomunikasi. (3) sebagai back up management dilakukan dengan melaksanakan management promosi, pemasaran, operasioanal dan personalia. (4) sebagai good image maker dilakukan dengan menciptakan lulusan yang memiliki kualitas di bidangnya masing-masing

EKONOMI POLITIK MEDIA : PEMBERITAAN MENJELANG PEMILIHAN GUBERNUR BANTEN 2017 OLEH RADAR BANTEN DAN BARAYA TV

P, ACHMAD NASHRUDIN

Jurnal Riset Komunikasi Vol 8, No 1 (2017): JRK Vol 8 No 1 Juni 2017
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian tentang Ekonomi Politik Media : Pada pemberitaan menjelang Pemilihan gubernur Banten 2017 oleh Radar Banten dan Baraya TV ini dilatar belakangi oleh fenomena melonggarnya nilai-nilai objektifitas dan independensi media massa dalam menjalankan fungsinya sebagamana di atur dalam UU Pers dan UU Penyiaran. Pada saat kampanye, para kandidat atau calon gubuernur dan wakil gubernur berlomba-lomba untuk mendapatkan ”tempat’ dan dikenal sekaligus mengobral janji kepada calon pemilhan untuk mendapatkan simpati. Pada saat itu, media seolah lupa pada fungsi dan posisinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui fenomena relasi media dengan para kandidat dan bagaimana fenomena ekonomi politik media di kedua lembaga (Radar Banten dan Baraya Pos) tersebut pada saat menjelang pemilihan gubernur Banten tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan paradigma konstruktivis dan menggunakan metode pengumpulan data melalui depth-interview, dari informan terpilih. Hasil penelitian menggambarkan bahwa relasi media (hubungan antara) media dengan para calon relatif longgar, tergambar dari hasil pengamatan dan wawancara yang menunjukkan bahwa kedua media tersebut “begitu mesra” dengan para kandidat, dan kebijakan media dalam mengangkat berita lebih disarakan pada kepentingan ekonomi vis a vis dengan kepentingan politik.

Page 1 of 2 | Total Record : 14