cover
Filter by Year
Jurnal Kesehatan
Jurnal Kesehatan STIKes Prima Nusantara merupakan jurnal ilmiah berkala yang ditujukan untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian, pengembangan, dan studi pustaka dibidang ilmu keperawatan, kebidanan, kesehatan masyarakat dan ilmu kesehatan pada umumnya.
Articles
145
Articles
PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL RIMPANG TEMU HITAM (Curcuma aeruginosa Roxb.) TERHADAP KEMAMPUAN FAGOSITOSIS DAN JUMLAH SEL LEUKOSIT PADA MENCIT PUTIH BETINA

Vina Hidayana, Vina

Jurnal Kesehatan - STIKes Prima Nusantara Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : LPPM dan Kerjasama STIKes Prima Nusantara Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Temu hitam (Curcuma aeruginosa) termasuk family Zingiberaceae merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak digunakan sebagai obat tradisional. Bagian yang sering digunakan adalah rimpangnya. Sebagai obat tradisional, temu hitam diduga memiliki aktivitas imunostimulan. Untuk melihat aktifitas tersebut, maka dilakukan pengujian terhadap pengaruh pemberian ekstrak etanol rimpang temu hitam (Curcuma aeuginosa Roxb.) terhadap kemampuan fagositosis dengan metoda carbon clearance dan jumlah sel leukosit pada mencit putih betina menggunakan metode hapusan darah. Dari penelitian tersebut diperoleh data yang memperlihatkan indeks fagositosis rata rata pada kelompok dosis 30mg/kgBB, dosis 100 mg/kgBB, dan dosis 300 mg/kgBB besar dari satu (IF > 1) . Dalam perhitungan jumlah sel leukosit adanya perbedaan yang bermakna (F Hitung > 0,05) terhadap jumlah sel monosit. Maka dapat disimpulkan pemberian ekstrak etanol rimpang temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.) dapat meningkatkan kemampuan fagositosis dan jumlah sel darah putih yaitu monosit yang berperan dalam sistem imun non spesifik dan dapat memberikan efek imunostimulan.

HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN INTENSITAS NYERI PADA PERSALINAN KALA I DI BPM “B” BUKITTINGGI TAHUN 2015

Rulfia Desi Maria, Rulfia

Jurnal Kesehatan - STIKes Prima Nusantara Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : LPPM dan Kerjasama STIKes Prima Nusantara Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.796 KB)

Abstract

Dalam bidang kesehatan nyeri persalinan bukanlah hal baru yang dikenal sekarang, namun sejak zaman dahulu. Nyeri yang dihadapi wanita dalam persalinannya berbeda-beda antara satu wanita dengan wanita lainnya, karena nyeri tersebut berbentuk subyektif, yang mana tergantung pada ambang nyeri seseorang. Tujuan penelitian ini adalah Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Intensitas Nyeri Pada Persalinan Kala I di BPM “B” Bukittinggi tahun 2015.Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian ini adalah analitik dengan endekatan yang digunakan yatu cross sectional. Pengumpulan data dalam 2 bentuk yaitu lembar observasi untuk melihat komunikasi terapeutik dan yang kedua lembar observasi untuk melihat intensitas nyeri. Penelitian ini dilakukan selama 24 hari yaitu mulai tanggal 26 agustus sampai tanggal 18 september 2015 dengan jumlah responden sebanyak 30 orang yang memenuhi kriteria sampel dan telah bersedia menjadi responden penelitian.Hasil penelitian didapatkan sebagian besar (60%) responden telah mendapatkan pelayanan komunikasi terapeutik dari bidan. Sebagaian besar (50%) responden mengalami nyeri ringan dalammenjalani kala I. Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutikdengan intensitas nyeri pada ibu bersalin kala I. Setelah dilakukan.Diharapkan kepada bidan untuk mengaplikasikan lagi dalam memberikan komunikasi terapeutik yang efektif bagi ibu bersalin khususnya dalam pengurangan nyeri persalinan.

PENGARUH HYPNOBIRTHING TERHADAP NYERI PERSALINAN DI KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2015

Mutia Felina, Mutia

Jurnal Kesehatan - STIKes Prima Nusantara Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : LPPM dan Kerjasama STIKes Prima Nusantara Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.33 KB)

Abstract

Hypnobirthing adalah salah satu bagian dari hypnosis klinik khususnya hipnosis kebidanan yang bertujuan untuk menciptakan kondisi rileks pada ibu sehingga dapat mengurangi ketegangan, kecemasan dan meminimalkan rasa nyeri saat persalinan. Hingga saat ini diketahui sekitar 600 bidan di Indonesia telah belajar teknik hypnobirthing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik hypnobirthing terhadap nyeri persalinan di Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah datar Tahun 2015.Jenis penelitian ini bersifat observasi dengan pendekatan case control. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar Tahun 2015. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling yang terdiri dari 10 kelompok kasus dan 10 kelompok kontrol, sehingga didapatkan sampel sebanyak 20 orang sampel.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa mayoritas terdapat perbedaan pernyataan verbal, ekspresi wajah, gerakan tubuh dan interaksi sosial antara kelompok yang diberlakukan dan tidak diberlakukan teknik hypnobirthing pada proses persalinan. Setelah dilakukan analisa statistik terdapat perbedaan rata-rata skor nyeri yang nyata antara yang diberlakukan = 5,325 dan tidak diberlakukan = 7,7725 teknik hypnobirthing dengan rata-rata perbedaan skor = 1,95 dan p = 0,002. Artinya terdapat perbedaan tingkat nyeri yang nyata antara kelompok kasus dan kelompok kontrol, dengan kata lain penerapan teknik hypnobirthing berpengaruh terhadap skala nyeri persalinan.Untuk itu perlulah kiranya peningkatan sosialisasi berupa penyuluhan dan pelatihan teknik hypnobirthing, agar pada bidan dan ibu bersalin dapat menerapkan teknik hypnobirthing demi meminimalkan tingkat nyeri persalinan.

HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS KAMPAI TABU DAN KARAMBIE (KTK) KOTA SOLOK TAHUN 2015

Mellia Fransiska, Mellia, Yeffi Masnarivan, Yeffi, Rika Yusfita, Rika Yusfita

Jurnal Kesehatan - STIKes Prima Nusantara Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : LPPM dan Kerjasama STIKes Prima Nusantara Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.555 KB)

Abstract

World Health Oganization menyebutkan tenaga kesehatan memberikan kontribusi hingga 80% dalam keberhasilan pembangunan. Keberhasilan tersebut diukur dengan kinerja pegawai. Menurut Mentri Negara Pemberdayaan Aparutur Negara Faisal Tarmin birokrasi PNS yang multikomplikatif bukan hanya isu belaka hampir (60%) PNS bekerja serebutan dan PNS yang profesional yang bekerja diinstansi pemerintah  (40%). Pada Puskesmas Kampai Tabu dan Karambie (KTK) ditemui ada pegawai motivasi kerjanya rendah sehingga memiliki kinerja kurang memuaskan, terlihat masih ada pegawai yang datang terlambat, kurangnya pelayanan terhadap pasien sehingga kurangnya kerja sama antar rekan kerja. Tujuan Penelitian untuk mengetahui Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Pegawai di Puskesmas Kampai Tabu dan Karambie (KTK) Tahun 2015.Penelitian ini menggunakan desain Observasional Analitik dengan pendekatan Crossectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai November 2015 di Puskesmas Kampai Tabu dan Karambia (KTK). Populasi dari penelitian sebanyak 62 pegawai maka sampel penelitian berjumlah 62 responden diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling. Analisis  data dalam penelitian ini terdiri dari analisis univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi dari masing-masing variabel, analisis bivariat untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan dependen menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil menunjukan bahwa motivasi kerja negatif 36 (58,1%) responden dan yang memiliki kinerja memuaskan 38 (61,3%), penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan motivasi kerja ( P = 0,016 < 0,05) dengan Kinerja pegawai di Puskesmas Kampai Tabu dan Karambia (KTK).Kesimpulan dari sebagian responden masih ditemukan pegawai yang memiliki motivasi negatif sehingga kinerjanya kurang memuaskan. Disarankan kepada Instansi Puskesmas, Dinas Kesehatan agar memonitoring dan evaluasi kembali untuk meningkatkan motivasi dan kinerja terhadap para pegawai.

KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ASKEB IV MAHASISWA TINGKAT III SEMESTER IV PRODI D III KEBIDANAN STIKes PRIMA NUSANTARA BUKITTINGGI TAHUN 2015

Fivi Aulia, Fivi

Jurnal Kesehatan - STIKes Prima Nusantara Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : LPPM dan Kerjasama STIKes Prima Nusantara Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.69 KB)

Abstract

Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Oleh sebab itu, hampir semua negara menempatkan variabel pendidikan sebagai sesuatu yang penting dan utama dalam konteks pembangunan bangsa dan negara. Begitu juga Indonesia menempatkan pendidikan sebagai sesuatu yang penting dan utama. Hal ini dapat dilihat dari isi Pembukaan UUD 1945 alinea IV yang menegaskan bahwa salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa (Kunandar, 2011). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi motivasi terhadap hasil belajar Askeb IV pada mahasiswa Tingkat III Semester IV Prodi D III KebidananSTIKes Prima Nusantara Bukittinggi Tahun 2015.Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik (analytical). Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2015 di STIKes Prima Nusantara Bukittinggi pada mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Tingkat III Semester VI. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 52 Responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sugiyono (2007) menyatakan “Simple Ramdom Sampling adalah pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut.Hasil analisis diperoleh Secara keseluruhan dapat dilihat bahwa motivasi belajar mahasiswa semester IV Prodi DIII Kebidanan pada mata kuliah Askeb IV Patologi berada pada tingkat motivasi cukup, dengan tingkat motivasinya 70,9% . Sedangkan hasil belajar mahasiswa berada pada batas nilai cukup. Hasil uji statistic korelasi product moment menunjukkan terdapat Kontribusi Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Askeb IV Patologi Mahasiswa Tingkat III Semester IV Prodi D III Kebidanan STIKes Prima Nusantara Bukittinggi Tahun 2015 dengan hasil kolerasi 0,70 > 0,354 dengan taraf siignifikan α = 0,01 dan dk 51. Kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah    x 100 % = 0,49 x 100% =49 %, sumbangan motivasi terhadap hasil belajar adalah 49%.

HUBUNGAN GAYA HIDUP DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI DI PUSKESMAS DUMAI TIMUR DUMAI-RIAU

Andalia Roza, Andalia

Jurnal Kesehatan - STIKes Prima Nusantara Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : LPPM dan Kerjasama STIKes Prima Nusantara Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.243 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya hidup dengan kejadian hipertensi di Puskesmas Dumai Timur Dumai-Riau Tahun 2009. Jenis Penelitian ini adalah Cross Sectional dengan responden 101 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan skala guttman untuk variabel gaya hidup dan hasil tekanan darah responden. Analisa bivariat dengan tabulasi silang yaitu Chi Square. Hasil Penelitian menunjukkan sebanyak 50,50% responden memiliki gaya hidup buruk dan 67,33% responden tidak hipertensi. Tidak terdapat hubungan bermakna antara gaya hidup dengan kejadian hipertensi (p>0,05).

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG OBESITAS BALITA DENGAN KEJADIAN OBESITAS PADA BALITA DI NAGARI KOTO RAJO KAB. PASAMAN TAHUN 2015

Darnisah Umala Harahap, Darnisah

Jurnal Kesehatan - STIKes Prima Nusantara Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : LPPM dan Kerjasama STIKes Prima Nusantara Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.549 KB)

Abstract

Obesitas menyebabkan 10,3% dari seluruh kematian di dunia. Menurut WHO, angka tersebut menempati peringkat kelima penyebab utama kematian di dunia. Sebanyak 14% balita di Indonesia mengalami obesitas. Menurut Menkes RI sebanyak 14,2% terjadi pada tahun 2010 balita di Indonesia mengalami  Kegemukan (Obesitas). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan pengetahuan ibu tentang obesitas balita dengan kejadian obesitas pada balita di Nagari Koto Rajo Pasaman 2015.Metode penelitian survey analitik dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan agustus 2015.  Sampel sebanyak 36 orang. Data primer diperoleh dari kuesioner dan penimbangan berat badan , data diolah menggunakan teknik komputerisasi dan uji statistiknya chi-square, kemudian data dianalisa secara analisa univariat dan analisa bivariat.Dari hasil penelitian diketahui ditribusi frekuensi pengetahuan yaitu, tinggi sebanyak 77,8 % dan rendah sebanyak 22,2%, dan distribusi frekuensi kejadian obesitas yaitu, ya 11,1% dan tidak 88,9%. Analisa menunjukan terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan kejadian obesitas P= 0,028.Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu berpengaruh16,200 kali terhadap kejadian obesitas pada balita. Diharapkan kepada orang tua dapat lebih meningkatkan lagi pengetahuan dan pemantauan terhadap balita tentang kesehatan pada balita khusus nya balita dengan kejadian obesitas pada balita.

PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BIOLOGI BERNUANSA KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP

Niken, Niken

Jurnal Kesehatan - STIKes Prima Nusantara Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : LPPM dan Kerjasama STIKes Prima Nusantara Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.243 KB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan pada SMAN di Sijunjung adalah belum terdapat penuntun praktikum khusus dalam melakukan kegiatan praktikum. Penuntun praktikum masih berupa lembar kerja siswa (LKS), buku paket, dan lembar praktikum yang diambil dari internet. Penuntun praktikum tersebut tidak menjadikan praktikum terorganisasi dengan baik, sehingga siswa tidak terbiasa dalam melatih keterampilan proses sains yang dimiliki. Pemahaman konsep Biologi secara utuh membutuhkan pemahaman biologi sebagai produk dan proses. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, untuk menghasilkan penuntun praktikum yang praktis dan mengungkapkan keefektifan penuntun praktikum biologi bernuansa keterampilan proses sains untuk siswa SMA kelas XI semester genap. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar validasi penuntun praktikum, angket praktikalitas untuk guru dan siswa, angket motivasi siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Ujicoba kelompok besar dilakukan pada 22 siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sijunjung, 30 siswa kelas XI IPA SMAN 9 Sijunjung, dan 20 siswa kelas XI IPA SMAN 10 Sijunjung. Data dianalisis secara deskriptif dengan mempersentasekan hasil yang didapatkan di lapangan. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Penuntun Praktikum Biologi Bernuansa Keterampilan Proses Sains untuk Siswa SMA Kelas XI Semester sangat praktis dengan nilai 3,69 oleh guru dan 3,57 oleh siswa dan sangat efektif dengan nilai aktivitas 89,91%, motivasi dengan nilai 89,17%, dan hasil belajar dengan nilai 83,47%. Kesimpulannya adalah bahwa Penuntun Praktikum Biologi Bernuansa Keterampilan Proses Sains untuk Siswa SMA Kelas XI Semester Genap sudah valid, praktis, dan efektif

PERAN PERAWAT DALAM MENGATASI MALNUTRISI PADA ANAK DENGAN KANKER

Dian Sari, Dian

Jurnal Kesehatan - STIKes Prima Nusantara Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : LPPM dan Kerjasama STIKes Prima Nusantara Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.492 KB)

Abstract

Malnutrisi hampir dialami oleh 50% anak dengan kanker terutama anak yang mendapatkan terapi seperti kemoterapi dan radiasi. Malnutrisi sangat berkaitan erat dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan kanker. Perawat sebagai pemberi pelayanan 24 jam menjadi bagian dari sentral dalam perawatan anak kanker yang mengalami malnutrisi. Peran perawat dalam konteks ini terdiri dari tiga aspek yaitu perawat sebagai pemberi pelayanan, perawat sebagai pendidik, dan perawat sebagai advokat. Optimalisasi peran peran diharapkan dapat berkontribusi terhadap perbaikan status nutrisi anak dengan kanker.

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS KUAMANG KECAMATAN PANTI TAHUN 2016

Kurnia Gustin, Rahmi, Putra, Yuhendri, Delita, Novia

Jurnal Kesehatan - STIKes Prima Nusantara Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : LPPM dan Kerjasama STIKes Prima Nusantara Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.621 KB)

Abstract

Motivasi adalah suatu kondisi yang dapat menggerakan dan mempengaruhi pegawai.Puskesmas Kuamang merupakan salah satu dari beberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten Pasaman. Dilihat Rekapitulasi kehadiran di Puskesmas Kuamang kehadiran pegawai masih rendah ditemukan 80% dari 40 pegawai pernah tidak masuk kerja dengan bebagai alasan seperti izin tampa keterangan, alpa, cuti melewati batas. Kinerja Puskesmas Kuamang dilihat dari laporan tahunan 2015 terlihat rendahnya cakupan Program dilaksanakan seperti: terlihat pada Program KIA cakupan Kunjungan Nifas 78% target 90% ,Asi Eksklisif 66,99% target 100%. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi kerja pegawai. Desain penelitian mengunakan cross sectional dilakukan pada bulan Maret-Agustus 2016 di Puskesmas Kuamang Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Populasi penelitian seluruh pegawai Puskesmas berjumlah 40 orang, semua populasi dijadikan sampel dengan mengunakan teknik sampel jenuh. Pengolahan data analisis secara univariat dan bivariat mengunakan uji statistik Chi-Square. Hasil analisis diperoleh adanya hubungan bermakna antara tanggung jawab dengan motivasi kerja (p=0,0001,) hubungan interpersonal dengan motivasi kerja (p=0,011), kondisi kerja dengan motivasi kerja (p=0,006), dan pengawasan dengan motivasi kerja (p=0,002). Dapat disimpulkan, bahwa faktor tanggung jawab, hubungan interpersonal, konsi kerja dan pengawasan berhubungan dengan motivasi kerja pegawai di Puskesmas Kuamang. Untuk itu diharapkan kepada seluruh pegawai agar dapat menerapkan pola motivasi kerja dengan baik.