cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Nonformal
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 1 (2017): Maret 2017" : 6 Documents clear
HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DI RUMAH DENGAN KEMANDIRIAN ANAK DI SEKOLAH PADA PAUD SAHABAT ANANDA PUNCAK PERMATA SENGKALING KABUPATEN MALANG Khotimah, Ana Khusnul; Wahyuni, Sri; Widianto, Edi
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 12, No 1 (2017): Maret 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jpn.v12i1.2141

Abstract

Peran orangtua di rumah dapat membantu anak dalam melaksanakan tugas perkembangannya secara optimal khususnya dalam pembentukan karakter mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peran orangtua di rumah dengan kemandirian anak di sekolah pada PAUD Sahabat Ananda Puncak Permata Sengkaling Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, yaitu dengan responden sebanyak  28 orangtua PAUD Sahabat Ananda Puncak Permata Sengkaling Kabupaten Malang, dan 28 anak berusia 2-6 tahun di sekolah PAUD Sahabat Ananda Puncak Permata Sengkaling Kabupaten Malang. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi rho spearman dan analisis regresi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa peran orangtua di rumah termasuk pada kategori sedang dengan persentase mencapai 57%, dan kemandirian anak di sekolah diperoleh 68% anak pada kategori baik. Hasil analisis korelasional menunjukkan bahwa ada hubungan antara peran orangtua di rumah dengan kemandirian anak disekolah yang ditunjukkan dengan rho empirik/hitung (0,804) ≥ rho tabel (0,377), setiap penambahan peran orangtua di rumah nilai kemandirian anak di sekolah bertambah sebesar 0,214
EFEKTIFITAS POLA ON JOB TRAINING PADA DIKLAT TEMATIK TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA Murdani, Murdani
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 12, No 1 (2017): Maret 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jpn.v12i1.2143

Abstract

Penelitian  ini dilakukan untuk    mengetahui  efektitas pola  OJT terhadap peningkatan kompetensi peserta Diklat Tematik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif diskriptif , metoda analisis data menggunakan analisis varian dan untuk membedakan perbedaan diantara kelompok menggunakan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas pola OJT terhadap peningkatan kompetensi peserta di wilayah Kabupaten Propinsi Jawa Timur  secara rata – rata dan dikelompokkan berdasarkan wilayah  yaitu : Jawa Timur barat capaian efektifitas 90,06%  peningkatan kompetensi peserta  mencapai 107,04 %, Jawa timur timur capaian efektifitas 90,48%  peningkatan kompetensi peserta  mencapai 93,24%, Jawa timur  selatan capaian efektifitas 89,16%  peningkatan kompetensi peserta  mencapai 68,60 %, Jawa timur utara capaian efektifitas 88,35%  peningkatan kompetensi peserta  mencapai 71,93 %, Jawa timur  tengah  capaian efektifitas 92,75%  peningkatan kompetensi peserta  mencapai 91,81%. Bila dirangkingkan berdasarkan  Kabupaten pelaksana kegiatan  yaitu Kabupaten : Magetan, Mojokerto, Jember, Bondowoso, Malang, Sumenep, Jombang, Pacitan, Lumajang, Bojonegoro, Gresik, Madiun, Ngawi, Tuban, Ponorogo
PERAN AGEN PERUBAHAN DALAM TAHAPAN PEMBERDAYAAN PEMANFAATAN SUMBERDAYA PESISIR Innisyak, luluk; Sopingi, Sopingi
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 12, No 1 (2017): Maret 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jpn.v12i1.2144

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan tahapan pemberdayaan yang dilakukan oleh agen perubahan Lembaga Sosial Pendidikan Harapan dalam pemanfaatan sumberdaya pesisir di Dusun Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pemberdayaan yang dilakukan oleh Lembaga Sosial Pendidikan Harapan sebagai agen perubahan dilakukan melalui tiga tahapan. Tahapan pemberdayaan yang dilakukan agen perubahan meliputi; penyadaran, pengkapasitasan, dan pendayaan.
PENGASUHAN ORANGTUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI POSITIF PADA MASA GOLDEN AGE Wijayanti, Septya Nova Tri; Destyanti, Ellyn Sugeng; Zulkarnain, Zulkarnain
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 12, No 1 (2017): Maret 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jpn.v12i1.2145

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan tentang pengasuhan orangtua dalam menanamkan nilai-nilai positif pada anak masa golden age dan cara orangtua mengajarkan nilai-nilai positif pada anak masa golden age. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: orangtua menerapkan pengasuhan demokratis dan pengasuhan indulgent, dan cara orangtua megajarkan nilai-nilai positif yaitu: memberikan contoh, kesepakatan pengasuhan, orangtua aktif pendampingan, komunikasi dua arah dengan anak, pengalaman dimasa lalu, dan pembiasaan pengasuhan.
PENGASUHAN IBU BERPERAN GANDA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA 2-4 TAHUN Herdina, Lenny; Rasyad, Ach; Hardika, Hardika
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 12, No 1 (2017): Maret 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jpn.v12i1.2137

Abstract

Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan pengasuhan anak oleh ibu berperan ganda dalam membentuk kemandirian anak usia 2-4 tahun,(2) mendeskripsikan tingkat kemandirian anak usia 2-4 tahun yang diasuh oleh ibu berperan ganda di Palm Kids Prechool Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase. Hasilnya bahwa (1) 61,5% adalah ibu berperan ganda yang melaksanakan pengasuhan otoritatif terhadap anak usia 2-4 tahun dengan baik, (2) 69,2% adalah anak usia 2-4 tahun yang diasuh oleh ibu berperan ganda memiliki tingkat kemandirian yang tinggi. Dari keseluruhan responden, 33,3% adalah anak usia 2-4 tahun yang memiliki kecenderungan aspek kemandirian sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan aspek kemandirian lainnya.
ANALISIS PERAN PEMERINTAH KOTA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN MELALUI PROGRAM DESAKU MENANTI DI KOTA MALANG Rosyidah, Zuhroh
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 12, No 1 (2017): Maret 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jpn.v12i1.2146

Abstract

Rehabilitasi Sosial Bagi Gelandangan dan Pengemis melalui pengembangan model Program Desaku Menanti berusaha menjawab persoalan tentang bagaimana menangani masalah gelandangan dan pengemis, pelibatan banyak sektor sangat diperlukan, tidak hanya pemerintah, tetapi juga masyarakat serta dunia usaha,  dengan berbagai intervensi tersebut diharapkan para warga binaan sosial bisa kembali hidup secara normatif dan tidak kembali kejalan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dan keterlibatan pemerintah Kota Malang dalam Pendampingan Program Desaku Menanti agar warga binaan sosial menjadi warga masyarakat yang mandiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemerintah Kota Malang yang diwakili oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mutlak diperlukan, dan sebagai OPD yang bertanggungjawab di bidang kesejahteraan, maka dalam hal ini Dinas Sosial memegang peran kunci dalam keberhasilan program ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6