cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Nonformal
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 11, No 2 (2016): September 2016" : 6 Documents clear
HUBUNGAN KINERJA TUTOR DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA WARGA BELAJAR KEAKSARAAN USAHA MANDIRI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR Mardiyah, Lailatul; Nurhadi, Nurhadi
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 11, No 2 (2016): September 2016
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.171 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v11i2.2908

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kinerja tutor dengan minat berwirausaha warga belajar keaksaraan usaha mandiri. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Data dianalisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif prosentase dan uji rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja tutor dalam pembelajaran kewirausahaan dikatakan tinggi sebesar 50,17%, dan minat bewirausaha warga belajar dikatakan sangat paham sebesar 36,31%. Terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja tutor dengan minat berwirausaha warga belajar.
SIKAP IBU DALAM LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK Darojat, Risa Umami Zakia; Sucipto, Sucipto; Redjeki, Endang Sri
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 11, No 2 (2016): September 2016
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.933 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v11i2.2904

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) sikap ibu dalam menerapkan kedisiplinan pada anak di lingkungan keluarga, (2) kedisiplinan anak di lingkungan sekolah, (3) hubungan sikap ibu dalam lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan anak di sekolah, (4) pengaruh sikap ibu dalam lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan anak di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yaitu analisis regresi. Hasil penelitian ini  (1) sikap ibu memberikan konstribusi pada kualitas kedisiplinan anak; (2) kedisiplinan anak cukup baik dalam lingkungan sekolah; (3) terdapat hubungan yang kuat antara sikap ibu dalam lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan anak di sekolah; (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap ibu dalam lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan anak di sekolah
KEBERDAYAAN MASYARAKAT DESA HUTAN DALAM PELAKSANAAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA HUTAN BERSAMA MASYARAKAT (PHBM) Setiyowati, Endah; Hambali, Imam; Widianto, Edi
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 11, No 2 (2016): September 2016
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.212 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v11i2.2909

Abstract

Keberdayaan Masyarakat Desa Hutan Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Sumberdaya Hutan Bersama Masyarakat (PHBM ). Penelitian bertujuan mendeskripsikan keberdayaan masyarakat desa hutan dalam pelaksanaan PHBM. keberdayaan tersebut meliputi 4 (empat) yakni : kesadaran kritis, akses informasi dan sumberdaya, partisipasi dan kesejahteraan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus. Hasil dari penelitian diketahui bahwa keberdayaan masyarakat desa hutan dalam pelaksanaan PHBM memiliki perbedaan. Seperti kesadaran kritis sudah cukup baik pada kalangan tertentu saja. Kemudian akses informasi dan sumberdaya yang dimiliki cukup terbatas namun merata diantara pihak yang terlibat. Partisipasi dalam pengelolaan lahan hutan sudah baik namun dalam pengambilan keputusan masih kurang. Kesejahteraan telah didapatkan dari sumberdaya hutan yang dikelola dengan optimal
PERSEPSI WARGA BELAJAR TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN WIDYAISWARA PADA DIKLAT TEKNIS UMUM TATA NASKAH DINAS Rika, Intan Widia; Purwito, Lasi; Sucipto, Sucipto
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 11, No 2 (2016): September 2016
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.326 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v11i2.2905

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan persepsi warga belajar tentang kompetensi kepribadian widyaiswara pada Diklat Teknis Umum Tata Naskah Dinas yang meliputi kepribadian yang mantap, stabil, dan dewasa; kepribadian yang arif dan berwibawa; kepribadian yang menjadi teladan; serta kepribadian berakhlak mulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Widyaiswara pada Diklat Teknis Umum Tata Naskah Dinas memiliki kompetensi kepribadian dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber data untuk memanfaatkan kompetensi kepribadian widyaiswara semaksimal mungkin dan dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi lainnya yaitu kompetensi pedagogik, social, dan professional
ANALISIS JEJARING AGEN PERUBAHAN DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA EDUKATIF Rohmah, Nasyikhatur; Ishom, M
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 11, No 2 (2016): September 2016
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.573 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v11i2.2906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis jejaring yang dilakukan oleh agen perubahan dalam mengembangkan desa wisata edukatif. penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data yang sudah didapat dianalisis dengan menggunakan anaisis data interaktif dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agen perubahan mampu untuk melakukan jejaring kerja dengan lembaga yang terkait dengan pengembangan desa wisata edukatif
PROSES BELAJAR KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM PENGEMBANGAN KAMPOENG EKOWISATA Wijaya, Surya Arif; Zulkarnain, Zulkarnain; Sopingi, Sopingi
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 11, No 2 (2016): September 2016
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.894 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v11i2.2907

Abstract

Proses Belajar Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Dalam Pengembangan Kampoeng Ekowisata. Tujuan penelitian ini ialah menjabarkan proses belajar yang dilakukan anggota Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dalam kegiatan pengembangan Kampoeng Ekowisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan peneliti ialah dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi serta audiovisual menjadi pendukung dari proses pengumpulan data. Analisis data ini dimulai dengan tahap pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, tahap reduksi data, tahap penarikan kesimpulan dengan pemeriksaan kebenaran data, tahap pemaparan data. Hasil penelitian dari proses tersebut ialah masyarakat mendapatkan ilmu akan sadar wisata dan Sapta Pesona, pengembangan akan wahana wisata desa, dan membuka peluang bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kampoeng Ekowisata

Page 1 of 1 | Total Record : 6