cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Nonformal
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 50 Documents
MANAJEMEN PROGRAM PARENTING EDUCATION PADA RA AL-IKHLAS KEPANJEN MALANG Andani, Fitria Dewi; Rasyad, Ach; Ihsan, Moh Ishom
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 10, No 2 (2015): September 2015
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.616 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v10i2.667

Abstract

Manajemen program parenting education merupakan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan yang diperuntukkan kepada orangtua, pengasuh, dan anggota keluarga yang lain berperan secara langsung dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak (parenting education). Parenting education bukan sesuatu yang baru, namun banyak lembaga yang tidak dapat melaksanakannya. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Ikhlas yang merupakan lembaga dengan konsep sekolah alam.
STUDI TOKOH SANAPIAH FAISAL SALEH “KARAKTERISTIK DAN IMPLEMENTASI TEORI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH Dewi, Adin Aryanti; Dayati, Umi; Sucipto, Sucipto
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 10, No 2 (2015): September 2015
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.843 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v10i2.659

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan teori Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi tokoh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Kegiatan analisis data dimulai dengan menemukan pola hingga mencari gagasan yang spesifik. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan proses trianggulasi data untuk memperoleh data yang relevan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut, profil dan penokohan Sanapiah Faisal Saleh, keberadaan teori PLS terkait dengan makna dan hakikat, sejarah dan latar belakang munculnya teori PLS, jenis dan karakteristik masing-masing teori PLS.
KONSTRUKSI REALITAS SOSIAL TATTO Fattahurrosyid, Fattahurrosyid
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 10, No 2 (2015): September 2015
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.985 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v10i2.660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) konstruksi realitas sosial tatoo dan (2) motif yang melatarbelakangi ketertarikan terhadap tatto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori konstruksi sosial Berger dan Luckmann dan data didapatkan melalui mengamati dan mewawancara para informan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). adanya diskriminasi terhadap orang yang bertatto, (2) lingkungan bergaul yang melatarbelakangi untuk bertatto
MANAJEMEN DIKLAT PENYULUH PERPAJAKAN Romadoni, Ferdian Wahyu; Purwito, Lasi
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 10, No 2 (2015): September 2015
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.437 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v10i2.661

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan tiga aktifitas manajemen kediklatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi diklat penyuluh perpajakan yang diselenggarakan di Balai Diklat Keuangan Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: perencanaan diklat dilakukan oleh bidang Renbang Pusdiklat Pajak dengan tetap melibatkan Balai Diklat Keuangan Malang, khususnnya terkait koordinasi pada tahap harmonisasi dan tahap persiapan diklat. Pelaksanaan diklat penyuluh perpajakan dilaksanakan secara terpusat sehingga setiap aspek pelaksanaan yang digunakan sudah ditetapkan oleh bidang Renbang Pusdiklat Pajak. Macam evaluasi, teknik, prosedur, dan laporan telah ditetapkan oleh pihak Renbang selaku perencana diklat dan BPPK.
PENGEMBANGAN BAHAN BELAJAR BUDAYA LOKAL SEBAGAI PENDIDIKAN INFORMAL DALAM MEMBINA KERUKUNAN PADA PEMBELAJARAN PROGRAM KEJAR PAKET B Zulkarnain, Zulkarnain
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 10, No 2 (2015): September 2015
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.074 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v10i2.657

Abstract

Tujuan penelitian: (1)  Identifikasi materi yang disusun sebagai bahan belajar  berbasis tradisi lokal agar dapat membina kerukunan masyarakat desa dalam pem-belajaran Kejar Paket B, (2) Bagaimana proses pengembangan bahan belajar berbasis tradisi lokal masyarakat desa untuk membina kerukunan masyarakat. Kesimpulan: pertama, materi bahan belajar berbasis tradisi lokal sebagai media pendidikan informal pada Kejar Paket untuk meningkatkan kerukunan masyarakat. Identifikasi tradisi  lokal yang masih berjalan di Kabupaten Malang antara lain:  Slametan Jumat Legi,  soyo, rewang, buwuh, nglayat, dan tahlilan. Kedua, Pengembangan bahan belajar dan panduan tutor berbasis tradisi lokal sebagai media pendidikan informal dalam membina kerukunan masyarakat pembelajaran Kejar Paket B yang disusun melalui serangkaian penilaian dari beberapa ahli dan uji coba pemahaman tutor.
TANGGAPAN PESERTA PELATIHAN TENTANG PELAKSANAAN PELATIHAN INFORMATION TECHNOLOGY DASAR Rahmawati, Eli; Hardika, Hardika; Sopingi, Sopingi
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 10, No 2 (2015): September 2015
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.617 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v10i2.664

Abstract

Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan : (1) kurikulum, (2) metode, (3) media, (4) instruktur, (5) tempat, (6) waktu, dan (7) evaluasi pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan peserta pelatihan tentang: (1) kurikulum adalah baik, (2) metode adalah baik, (3) pemilihan dan penggunaan media adalah tidak baik, (4) instruktur adalah baik, (5) tempat adalah tidak baik, (6) pengalokasian waktu adalah baik, dan (7)  evaluasi pelatihan adalah baik.
DAMPAK DIKLAT PUAP (PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISIS PERDESAAN) TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI, PERKEMBANGAN MODAL USAHA, DAN PENDAPATAN PADA SENTRA INDUSTRI OLAHAN TAPAI UBI KAYU Murdani, Murdani
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 10, No 2 (2015): September 2015
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.992 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v10i2.658

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak Diklat  PUAP terhadap peningkatan produksi, modal usaha dan pendapatan pada sentra industri olahan tapai ubikayu di Gapoktan Candi Rahmad Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan selama 6 periode. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif, metoda analisis data menggunakan analisis varian dan untuk membedakan perbedaan diantara kelompok menggunakan uji Tukey dikarenakan jumlah variabel lebih dari satu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan setelah mendapat bimbingnan dari penyuluh pendamping, peningkatan produksi 67,06 %, modal usaha 203,6 %dan pendapatan 93,73%.Peningkatan produksi, perkembangan usaha dan peningkatan pendapatan dari masing–masing kelompok usaha berbeda – beda tergantung dari perkembangan jumlah anggota, jangkauan wilayah kerja dan keberanian dalam menyalurkan modal usaha pada anggotanya. Bila dirangking sebagai berikut : Kelompok tani RukunTani, Margo Rukun, Djoyo Mulyo dan paling  rendah  adalah kelompok tani Tani Mulyo.
PARENTING DAY SEBAGAI AKTIVITAS PENINGKATAN HUBUNGAN ORANGTUA DAN ANAK Nur Puspitasari, Dwi Wahyu; Wahyuni, Sri; Widianto, Edi
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 13, No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.58 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v13i1.3598

Abstract

Parenting Day sebagai Aktivitas Peningkatan Hubungan Orangtua dan Anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menemukenali tentang (a) bagaimana ragam kegiatan parenting day?;  (b) bagaimana keterlibatan orangtua pada kegiatan parenting day?; (c) dan bagaimana manfaat kegiatan parenting day terhadap upaya peningkatan hubungan orangtua dan anak? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) kegiatan parenting day memiliki jenis yang beragam yaitu kegiatan parenting day yang dirancang (by design) dan kegiatan yang bersifat insidental (incidental); (b) keterlibatan orangtua dalam kegiatan parenting day ada dua tipe, pertama orangtua yang terlibat penuh. Kedua adalah orangtua yang terlibat secara insidental; (c) kegiatan parenting dapat memberikan manfaat untuk menambah pengetahuan orangtua dalam mengasuh anak, meningkatkan perkembangan anak yaitu anak lebih percaya diri, dan prestasi dari sekolah
KEMITRAAN ORANGTUA DAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PENGASUHAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS Ramadani, Asri; Redjeki, Endang; Mutadzakir, Ahmad
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 11, No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.448 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v11i1.2951

Abstract

Kemitraan Orangtua dan Lembaga Pendidikan dalam Pengasuhan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengasuhan orangtua dan lembaga pendidikan terhadap anak usia dini berkebutuhan khusus. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik analisis data menggunakan analisis model components of analysis: interactive model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan pengasuhan dan penanganan yang tepat untuk anak usia dini berkebutuhan khusus sangat diperlukan, seperti adanya kerjasama antara lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan sekolah untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangannya.
HUBUNGAN KINERJA TUTOR DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA WARGA BELAJAR KEAKSARAAN USAHA MANDIRI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR Mardiyah, Lailatul; Nurhadi, Nurhadi
Jurnal Pendidikan Nonformal Vol 11, No 2 (2016): September 2016
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.171 KB) | DOI: 10.17977/jpn.v11i2.2908

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kinerja tutor dengan minat berwirausaha warga belajar keaksaraan usaha mandiri. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Data dianalisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif prosentase dan uji rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja tutor dalam pembelajaran kewirausahaan dikatakan tinggi sebesar 50,17%, dan minat bewirausaha warga belajar dikatakan sangat paham sebesar 36,31%. Terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja tutor dengan minat berwirausaha warga belajar.